cara agar nasi tidak menempel di magicom

Saat memasak nasi menggunakan magicom, Sedulur mungkin agak kesal jika ada sebagian nasi yang menempel di magicom. Selain tentu bisa merusak panci magicom, nasi yang menempel pun tidak bisa disantap dan hanya membuang-buang beras saja.

Untuk mencegah hal tersebut, Sedulur perlu mengetahui tips dan cara agar nasi tidak menempel di magicom. Dalam kesempatan kali ini, Sedulur bisa simak tips dan caranya agar nasi tidak menempel di magicom. Yuk, tanpa berlama-lama langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Mudah Memasak Nasi di Kompor, Dijamin Pulen!

1. Cuci beras dengan benar

cara nasi agar tidak menempel di magicom
iStock

Tips dan cara agar nasi tidak menempel di magicom yaitu dari cara mencuci beras. Bulir beras yang berukuran panjang dapat dicuci dengan mudah serta mudah dimasak juga. Gesekan antara beras dapat menggosok sebagian pati dari beras saat dimasak. Lapisan pati tersebut yang dapat membuat nasi menjadi lengket saat matang. Maka cara yang paling tepat yaitu saat mencuci beras, pastikan dilakukan dengan benar.

-->

2. Oleskan mentega ke panci magicom

cara agar nasi tidak menempel di magicom
iStock

Cara agar nasi tidak menempel di magicom kedua yaitu dengan mengoleskan mentega ke panci magicom. Ini dapat membantu mencegah nasi menempel di permukaannya. Cara ini sangat membantu jika panci rice cooker tidak memiliki lapisan antilengket, atau jika lapisannya tergores dan sudah aus.

3. Gunakan takaran air yang tepat

cara agar nasi tidak lengket di magicom
iStock

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan takaran air yang tepat saat memasak nasi. Jika memasak beras merah, biasanya mereka membutuhkan lebih banyak air. Sementara itu, beras putih membutuhkan lebih sedikit air. Semakin banyak air yang digunakan, nasi akan semakin lembut dan semakin mudah menempel di panci rice cooker.

4. Diamkan nasi setelah matang

iStock

Sedulur bisa mendiamkan nasi terlebih dahulu setelah matang, jangan langsung memindahkan nasi ke wadah lain, terutama jika Sedulur ingin membawa bekal makan untuk ke sekolah atau ke kantor. Mendiamkan nasi setelah matang dapat mencegah nasi lengket.

Uap yang masih terperangkan akan menyebar ke seluruh butir nasi dan nasi yang menempel di dasar panci akan mengendur perlahan karena menyerap uap. Hal ini yang menyebabkan nasi lengket dalam panci.

5. Pindahkan nasi ke wadah

iStock

Jika ingin memindahkan nasi ke wadah setelah matang, cabut colokan magicom. Kemudian, diamkan dulu nasi di pancinya selama sekitar 15 menit. Dengan cara ini, uap panas akan menyebar lebih rata ke seluruh bulir nasi. Sehingga nasi tidak akan menempel atau lengket ke permukaan panci.

BACA JUGA: 6 Cara Masak Nasi Biar Tetap Putih, Pulen, dan Tidak Mudah Basi!

6. Isi panci dengan air dan diamkan

Sajian Sedap

Dalam usaha menjaga kualitas panci dan membuatnya agar tetap terawat, saat membersihkan panci magicom Sedulur bisa mengisi panci dengan air dan diamkan. Diamkan sekitar 1 jam atau sampai kerak nasi yang menempel di permukaan panci lunak.

Setelah itu, panci bisa dicuci dengan sabun dan spons lembut sampai bersih. Kerak-kerak nasi yang menempel pada panci pun akan mudah dibersihkan sehingga Sedulur tidak perlu susah payah membersihkannya.

7. Jaga kualitas panci magicom

Detik

Cara agar nasi tidak menempel di magicom selanjutnya yaitu dengan menjaga kualitas panci rice cooker. Biasanya, nasi matang akan cenderung untuk menempel pada panci magicom, terutama yang permukaan panci tergoreng, terlepas atau terkikis.

Hal tersebut berarti antilengket dari panci sudah mulai hilang. Maka dari itu penting untuk menjaga kualitas panci rice cooker. Caranya yaitu dengan menggunakan sendok kayu, nilo atau silokon saat akan mengambil nasi. Jangan gunakan sendok logam atau material yang bisa merusak panci.

Nah itulah cara agar nasi tidak menempel di magicom plus dengan cara merawat panci magicom agar mudah dirawat dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Karena nasi merupakan makanan pokok, maka peralatan untuk membuatnya sangat penting untuk dijaga.

Agar nasi yang Sedulur buat di rumah berkualitas, Sedulur bisa beli Beras Karya Alam Hijau atau Beras Buncit. Beras kualitas premium yang menyuguhkan rasa dan wangi khas nusantara. Sedulur bisa mendapatkan kedua merk beras tersebut dengan beli di Aplikasi Super!

Makanya jangan lupa download Aplikasi Super dan gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dapur dan kebutuhan memasak Sedulur, ya!