Cara membuat roti bakar

Makanan roti bakar lebih terkenal berasal dari Bandung. Namun, ternyata di Jawa Timur, khususnya di Surabaya juga memiliki roti bakar dengan ciri khasnya sendiri. Bahkan, rasanya lebih spesial dibandingkan roti bakar lainnya. Cara membuat roti bakar khas Surabaya juga mudah.

Roti bakar khas Surabaya sendiri memiliki keunikan pada tingkat kematangan roti dan isiannya. Pada bagian luar, kulit roti terasa renyah dan krispy. Sementara pada bagian isiannya memiliki rasa beragam seperti milo avocado, cream cheese jagung, sampai greentea mozarella.

Jika Sedulur tertarik untuk mengetahui cara membuat roti bakar khas Surabaya, yuk simak tipsnya berikut ini ya!

BACA JUGA: 11 Spot Nasi Goreng Surabaya Yang Legendaris!

-->

Cara membuat roti bakar

Cara membuat roti bakar
Eggs CA

Salah satu alasan roti bakar jadi menu favorit banyak orang tidak lepas penyajiannya yang selalu fresh. Pada kondisi ini, roti bakar memang memiliki rasa yang maksimal karena teksturnya sangat renyah dan isiannya masih meleleh.

Agar cara membuat roti bakar yang Sedulur lakukan bisa efektif dan hasilnya maksimal, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan seperti pemilihan bahan, penggunaan mentega yang tepat, dan atur pemanggangan dengan teliti.

Berikut ini beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat roti bakar khas Surabaya yang bisa Sedulur coba.

  • Satu bungkus roti tawar (bisa roti dengan pinggiran atau tanpa pinggiran).
  • Pilihan selai untuk isian, bisa strawberry, blueberry, coklat, atau nanas.
  • Keju parut.
  • Susu kental manis.
  • Mentega.
  • Bubuk kayu manis.

Lalu untuk langkah memasaknya, Sedulur bisa mengikuti urutannya berikut ini.

  • Siapkan roti tawar. Olesi dua sisi roti dengan mentega dan taruh ke piring terpisah. Lakukan pada semua roti yang ingin Sedulur masak.
  • Pada tiap roti, Sedulur bisa berikan kombinasi selai, keju parut dan susu secukupnya. Tutup dengan dengan roti lain.
  • Mulai panaskan loyang atau pan yang sudah diberi sedikit mentega.
  • Masukkan roti dan bakar selama kurang lebih 5 menit. Selama proses memasak, jangan lupa bolak balik sisi roti agar tidak gosong.
  • Bila semua roti sudah selesai dimasak. Potong roti menjadi segitiga dan taburi bubuk kayu manis di atasnya. Roti bakar khas Surabaya sudah jadi.

BACA JUGA: Enak! 6 Minuman Khas Surabaya Segar Yang Wajib Dicoba

Rekomendasi roti bakar paling enak di Surabaya

Cara membuat roti bakar
Table Spoon

Bila Sedulur tidak sempat mempraktikan cara membuat roti bakar di atas dan tidak ingin repot, tenang, Sedulur bisa coba mendatangi beberapa toko roti bakar yang ada di Surabaya.

Toko roti bakar yang sudah dipersiapkan ini memiliki menu yang sangat spesial. Apalagi toko-toko ini juga sudah sangat legendaris sehingga memiliki rasa makanan yang sangat enak.

1. Kedai Roti Bakar 543

Roti bakar Surabaya
Detik Food

Tempat makan roti bakar terbaik di Surabaya adalah Kedai 543. Berlokasi di Jalan Nginden Semolo, Kota Surabaya, Kedai 543 memiliki cara membuat roti bakar yang unik dan khas. Salah satunya ada pada menu Sweet Monster yang memiliki ukuran hingga 40 centimeter. Roti bakar ini memiliki campuran toping strawberry, blueberry, coklat, dan ditaburi dengan keju.

Jika Sedulur tertarik untuk mencicipi kelezatan roti bakar di Kedai 543, harga yang dibanderol juga tidak terlalu mahal. Harganya mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 45.000 aja!

2. Roti Bakar Ropang 76

Roti Bakar Ropang 76
Anak Kota

Kedai roti bakar terkenal selanjutnya adalah Ropang 76. Untuk anak muda, ini merupakan salah satu tempat nongkrong sambil makan roti bakar terbaik karena tempatnya memiliki fasilitas indoor dan outdoor.

Berlokasi di Jalan Ngagel Jaya Utara, kedai ini memiliki satu menu spesial roti bakar yaitu roti panggang strawberry toping oreo crumbs. Dijmain rasa roti bakar Ropang 76 nggak bakal bikin Sedulur nyesel!

3. Roti Bakar Joni

Roti bakar unik Surabaya
Pergi Kuliner

Untuk Sedulur yang tinggal di sekitar Wiyung, Surabaya, wajib mencoba Roti Bakar Joni. Kedai roti bakar ini memiliki roti yang sepesial karena tampilan rotinya yang tidak biasa. Roti Bakar Joni memiliki varian roti berwarna hitam yang terbuat dari resep khusus.

Varian roti bakar hitam dari Roti Bakar Joni juga sangat beragam, ada rasa Nutella, wijen, keju, hingga nanas.

BACA JUGA: 8 Nasi Bebek Madura Bumbu Hitam, Wajib Kamu Coba di Jakarta

4. Roti Bakar La Ros

Cara membuat roti bakar
Pinterest

Kedai satu ini memiliki menu original roti khas Bandung, namun pada beberapa menu lainnya ada kombinasi roti bakar khas Surabaya. Roti Bakar Lar Ros sendiri buka dari jam 3 sore sampai 11 malam dan cukup terkenal di wilayah Jalan Raya Lontar, Sambikerep.

Untuk harga, kedai satu ini juga sangat murah meriah karena harganya mulai dari Rp 9.000 sampai Rp 17.000 saja lho.

5. Roti Bakar Patria

Qraved

Tempat makan roti bakar terenak dan paling legendaris di Surabaya adalah Roti Bakar Patria. Kedai ini memiliki cara membuat roti bakar yang unik karena dilakukan secara sederhana dan teliti. Sedulur bisa mencoba membeli Roti Bakar Patria di sekitar Jalan Ketintang, Gayungan, Surabaya.

Itu tadi tips dan cara membuat roti bakar khas Surabaya yang bisa Sedulur lakukan. Berbeda dengan beberapa jenis roti bakar lain, makanan yang banyak ada di Surabaya ini memiliki tekstur yang lebih renyah dan isian beragam.

Roti bakar ini sangat bisa Sedulur coba buat sendiri di rumah. Apalagi bahan-bahannya bisa dibeli langsung lewat Aplikasi Super yang merupakan aplikasi terbaik untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dari sembako sampai cemilan ringan.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena berbelanja kebutuhan akan semakin mudah dan murah. Terutama dengan banyaknya promo menarik dari Aplikasi Super seperti cashback dan gratis ongkir. Jadi buruan download aplikasinya sekarang juga dan rasakan kemudahan belanja di era digital!