Nasi goreng surabaya

Bila bicara soal kuliner Surabaya, pasti Sedulur selalu teringat dengan masakan seperti rawon dan bebek goreng. Dua menu itu memang identik dengan ibu kota Jawa Timur tersebut. Namun, ternyata selain dua menu itu ada juga lho masakan legendaris yang tak kalah sedap yaitu nasi goreng Surabaya.

Berbeda dengan varian nasi goreng yang populer hampir di seluruh nusantara, nasi goreng Surabaya memiliki satu ciri khas yang tidak dimiliki nasi goreng lainnya, yaitu warnanya yang merah menyala. Jadi, tidak heran jika menyantap masakan yang satu ini seperti merasakan suasana kota pahlawan. Merdeka! Hehehe.

Ada banyak pedagang yang mencoba menyajikan menu nasi goreng merah sebagai andalannya. Tapi, jika ingin merasakan kenikmatan paling legendaris, maka Sedulur bisa mencoba 11 spot nasi goreng merah Surabaya berikut ini!

BACA JUGA: Resep Mie Aceh Goreng Kaya Rempah Bikin Nagih!

1. Nasi goreng Pak Kumis

Nasi goreng surabaya
Surabaya Foodies

Spot nasi goreng Surabaya legendaris yang pertama adalah Nasi goreng Pak Kumis. Untuk pecinta kuliner Surabaya, pasti sudah akrab dengan warung makan satu ini. Lokasi warung yang berada di kawasan Jalan Taman Apsari, Genteng, Surabaya, memang cukup strategis karena berada di wilayah perkotaan.

Nasi goreng Pak Kumis sendiri juga dikenal dengan nama Nasi Goreng Joko Dolog karena letaknya yang berada tepat di samping Arca Joko Dolog.

Bila memesan menu nasi goreng di sini, sudah pasti Sedulur akan mendapatkan satu porsi nasi goreng berwarna merah khas Surabaya. Warna merah ini muncul karena Pak Kumis menggunakan saus tomat khas Surabaya yang berwarna merah terang.

Untuk porsi, dijamin Sedulur tidak bakal kecewa. Karena dalam satu porsi nasi goreng yang dibuat Pak Kumis, Sedulur akan mendapatkan campuran nasi dan mi goreng serta telur goreng yang dimasak secara terpisah.

2. Nasi goreng Cak Tohir

Nasi goreng surabaya
Surabaya Foodies

Setelah Pak Kumis, nasi goreng Surabaya terenak selanjutnya ada di kawasan Manyar Kerta Adi, Kota Surabaya. Di sini terdapat warung nasi goreng milik Cak Tohir yang memang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Jadi tidak heran, banyak pecinta kuliner yang memberikan label legendaris pada setiap masakan yang dibuat oleh Cak Tohir.

Salah satu menu paling istimewa yang dibuat Cak Tohir adalah masakan nasi goreng merah Surabaya. Meskipun warung ini hanya berupa gerobak sederhana, tapi rasa yang disajikan benar-benar otentik dan nikmat.

Jika Sedulur penasaran, langsung saja coba menu nasi goreng buatan Cak Tohir ini. Selain karena rasanya yang memang mantap, nasi goreng Cak Tohir ini banyak menggunakan sayur-sayuran. Ada juga variasi menu seperti Nasi Goreng Mawut yang juga layak untuk dicoba.

3. Nasi goreng Pak Niti

Nasi goreng surabaya
IDN Times

Selanjutnya ada nasi goreng khas Surabaya yang dicampur dengan mi goreng. Campuran dua menu ini biasa disebut dengan istilah krengsengan. Nah, salah satu warung nasi goreng Surabaya terenak yang menyajikan menu ini adalah Nasi goreng Pak Niti.

Tempat makan ini berada di wilayah Karang Empat Besar, Tambaksari, Kota Surabaya. Jadi bagi Sedulur yang berasal dari luar daerah bisa mengunjungi nasi goreng ini dengan mudah karena akses jalannya yang besar.

Nasi goreng Surabaya Pak Niti sendiri memang sudah sangat terkenal. Selain karakter nasi goreng merah dengan porsi yang besar, kombinasi krengsengan mie yang memiliki cita rasa manis juga jadi ciri khas di warung Pak Nitip. Recommended deh buat dicoba!

4. Nasgor Jancuk Surabaya Plaza Hotel

Nasi Goreng Jancuk
Carimakanaja

Jika Sedulur adalah pecinta nasi goreng pedas, maka nasi goreng merah Surabaya yang ada di dekat Surabaya Plaza Hotel adalah pilihan yang wajib dicoba. Warung nasi goreng ini memiliki nama yang mencolok yaitu Nasi Goreng Jancuk.

Bukan tanpa alasan, nama ini diambil karena reaksi para pelanggannya yang sering kepedasan usai menyantap menu yang disajikan. Namun tenang, bukan hanya rasa pedas saja yang menonjol, gurih manis ala nasi goreng Surabaya juga berpadu dalam setiap sendokannya.

Jika Sedulur tertarik mengunjungi nasi goreng legendaris satu ini, maka bisa langsung ke Jalan Pemuda Nomor 33 di Surabaya.

BACA JUGA: 10 Resep Nasi Goreng Pedas, untuk Makan Malam di Rumah

5. Nasi Krengsengan Cak Tommy

Nasgor Cak Tommy
IG Horizonhoman

Nah, kali ini ada lagi warung yang menyajikan menu nasi goreng Surabaya terenak yaitu krengsengan. Warung ini dimiliki oleh Cak Tomy yang buka di wilayah Taman Apsari.

Jika Sedulur datang ke warung ini, Sedulur bisa merasakan nikmatnya nasi goreng merah yang rasanya sangat unik. Selain itu, porsi dan rasa yang diberikan oleh Cak Tomy sangat worth it dan gak bakal bikin Sedulur nyesel!

6. Nasi Cak Mo

Kuliner surabaya
Surabaya Foodies

Nasi goreng Surabaya terenak berikutnya adalah Nasi Cak Mo. Nasi goreng ini berada di wilayah Kertajaya Indah. Walaupun tempatnya kecil, rasa nasi goreng Cak Mo ini tak boleh dianggap enteng lho Sedulur.

7. Nasgor Jawa Cak San

Nasi goreng surabaya
Surabaya Foodies

Selanjutnya ada nasi goreng jawa Cak San. Warung nasgor jawa Cak San merupakan salah satu tempat makan nasi goreng paling terkenal di Surabaya. Bertempat Jalan Raya Rungkut Mapan, nasi goreng yang disajikan memiliki karakter merah dengan rasa manis pedas yang mendominasi.

8. Nasi Jagad 25

Nasi Goreng Jagad 25
Surabaya Foodies

Nah, kalau Nasi Goreng Jadag 25 berada di Jalan Raya Dharma Husada Indah Nomor 2, Kota Surabaya. Warung makan ini buka dari sore sampai malam jadi cocok untuk Sedulur yang ingin berburu kuliner bersama teman sepulang kerja.

Selain karena rasanya yang super lezat, nasi goreng Jagad 25 juga terkenal dengan harganya yang murah meriah. Sedulur juga bisa tambah kerupuk sepuasnya saat makan di warung ini.

BACA JUGA: Resep Nasi Goreng Hongkong Ala Restoran Chinese, Praktis!

9. Nasi Goreng Ujung Pandang

Nasi goreng surabaya
Surabaya Foodies

Selanjutnya ada Nasi Goreng Ujung Pandang. Meskipun nama warung ini jauh berada di wilayah Sulawesi, ternyata menu yang disajikan memiliki ciri khas yang Surabaya banget.

Sedulur bisa mendapatkan varian menu nasi goreng merah yang sangat otentik dan lezat. Namun, menu masakan di Nasi Goreng Ujung Pandang termasuk masakan non-halal karena ada campuran daging babi di tiap menunya.

10. Nasgor Pak Gatot

Nasi Goreng Pak Gatot
IDN Times

Kalau nasi goreng satu ini memang tidak memiliki karakter merah seperti nasi goreng lainnya. Pasalnya, nasi goreng yang disajikan Pak Gatot justru berwarna hitam legam. Namun, jangan salah karena ini juga menjadi salah satu kuliner paling legendaris dengan menu nasi goreng Surabaya terenak.

Warna hitam yang disajikan dalam menu nasi goreng Pak Gatot berasal dari tinta cumi. Yup, nasi goreng di sini adalah salah satu jenis menu nasi goreng seafood dengan komponen utamanya adalah daging cumi.

Warung nasi goreng Pak Gatot sendiri cukup sederhana dan berada di wilayah Rungkut Mejoyo Utara. Namun, jangan remehkan rasa nasi goreng cuminya karena sekali sendok masuk ke dalam mulut, Sedulur akan langsung merasakan gurihnya nasi berlumur tinta cumi dengan daging cumi yang kenyal dan lembut.

11. Nasi Goreng Nobita

Nasi Goreng Nobita
Restaurant Guru

Nasi goreng enak di Surabaya terakhir adalah Nasi Goreng Nobita. Nasi goreng ini sangat ramai karena memiliki ciri nasi goreng ala kaki lima yang dijual dengan gerobak. Jadi dari segi harga, nasi goreng di sini tergolong murah meriah.

Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa khususnya dari UPN Veteran yang menjadikan Nasi Goreng Nobita sebagai tempat makan favorit ketika malam hari. Meskipun hanya nasi goreng biasa, tapi rasa Nasi Goreng Nobita ini benar-benar nendang! Bahkan, pembeli rela antri untuk mendapatkan nasi goreng murah ini.

Jika Sedulur tertarik, bisa mencoba berkunjung ke nasi goreng nobita yang ada di Jalan Medokan Asri, Rungkut, Surabaya.

Buat nasgor merah sendiri?

Masakan khas Surabaya
Pinterest

Namun, jika Sedulur tidak sempat untuk berkunjung ke Surabaya atau rindu dengan nasi goreng merah khas Kota Pahlawan ini, bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini resep nasi goreng merah yang bisa Sedulur coba.

Bahan:

  • 3 piring nasi putih
  • 2 potong daging ayam
  • 3 sdm minyak sayur
  • 2 telur

Bumbu:

  • 3 sdm saus tomat merah
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 siung daun bawang cincang

Cara masak:

  1. Tumis bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan daging ayam dan telur. Tumis sampai daging berubah warna dan wangi.
  3. Masukkan nasi putih.
  4. Masukkan semua bahan bumbu yang tersisa. Aduk rata.
  5. Masak hingga semua bahan bumbu tercampur rata. Angkat dan sajikan dengan kerupuk dan acar.

Agar nasi goreng merah Surabaya bisa semakin mantap. Sedulur sebaiknya mempersiapkan bahan, khususnya beras yang memiliki kualitas premium. Pastikan Sedulur memilih beras premium yang terbukti memiliki karakter tidak mudah lembek ketika dimasak untuk nasi goreng.

Beras Buncit
Aplikasi Super

Salah satu produk beras yang bisa Sedulur coba untuk membuat nasi goreng merah khas Surabaya adalah Beras Buncit dan Beras Karya Alam yang didistribusikan oleh Super. Beras ini sudah terbukti menjadi beras dengan kualitas terbaik, termasuk untuk diolah menjadi nasi goreng.

Toko kelontong
Aplikasi Super

Untuk bisa mendapatkan beras ini, Sedulur bisa mencarinya di toko kelontong Super Agen yang tersebar di berbagai wilayah di Surabaya. Atau, jika Sedulur ingin yang lebih mudah maka bisa menggunakan Aplikasi Super untuk membelinya lewat ponsel secara online.

Demikian tadi deretan spot nasi goreng Surabaya paling legendaris yang bisa Sedulur coba. Warung makan di atas memang sudah berdiri puluhan tahun sehingga untuk urusan rasa, memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Jadi, selamat mencoba sajian kuliner khas Surabaya di atas Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.