bumbu masak

Bagi seorang ibu rumah tangga, bumbu masak merupakan kebutuhan yang tidak boleh terlewatkan sama sekali. Persedian seperti merica, garam, lada hitam, sampai kemiri tidak boleh nihil di dapur. Karena dengan bahan-bahan tersebut, sebuah makanan lezat akan sangat mudah dibuat untuk hidangan keluarga.

Keberadaan bumbu masak juga biasanya bisa memberikan solusi ketika Sedulur bingung memasak apa. Misal, tidak adanya bahan rempah, tapi masih ada garam dan merica, Sedulur sudah bisa menciptakan telur dadar yang lezat. Namun, agar bisa tetap menjaga kreativitas saat memasak, setidaknya ada 21 bumbu dapur yang wajib ada di rumah Sedulur. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 14 Inspirasi Model Rak Bumbu Dapur dari Kayu Terbaik

Garam

garam
Pexels

Garam adalah bumbu masak paling sederhana yang harus Sedulur sediakan di rumah. Barang satu ini memang terlihat sepele, tapi dalam dunia memasak, garam adalah kunci dari kelezatan sebuah makanan bisa keluar dengan maksimal.

-->

Bahkan, keberadaan garam yang begitu penting ini juga digambarkan dalam istilah sastra ‘Bagai sayur tanpa garam’ dimana rasa masakan yang tidak menggunakan garam lebih mudah membuat bosan lidah seseorang.

Penyedap rasa

bumbu masak
Pexels

Bumbu masak pertama yang wajib ada di rumah Sedulur adalah penyedap rasa. Bumbu satu ini memang menjadi solusi dan inovasi dalam dunia kuliner yang memiliki banyak manfaat. Karena, dengan bumbu sederhana ini Sedulur sudah bisa mengeluarkan beberapa rasa yang biasanya muncul dari kaldu hewan atau tumbuhan.

Ada beberapa jenis penyedap rasa yang biasanya dijual dan digunakan, seperti penyedap rasa dengan rasa kaldu ayam, sapi, dan jamur. Beberapa brand pun cocok jadi pilihan Sedulur seperti Masako, Royco, maupun Sasa.

Sedulur bisa belanja kebutuhan dapur ini dengan mudah dan murah lewat Aplikasi Super lho. Cukup download aplikasinya, semua kebutuhan memasakmu bisa terpenuhi hanya dengan sentuhan jari di layar ponsel. Tak hanya itu, banyak sekali promo menarik seperti cashback hingga gratis ongkir  yang bisa Sedulur dapatkan. Jadi buruan rasakan kemudahan berbelanja dengan Aplikasi Super ya!

Tepung bumbu

Bumbu masak
Better Homes & Gardens

Salah satu bumbu masak modern yang juga memiliki efektivitas dalam dunia kuliner sekarang ini adalah tepung bumbu. Jika orang zaman dahulu perlu mencampur tepung terigu biasa dengan garam dan kaldu agar bisa membuat kompleksitas rasa pada makanan, maka sekarang Sedulur cukup menggunakan tepung bumbu saja.

Pada tepung bumbu, biasanya sudah ada campuran garam dan kaldu sehingga membuat bahan yang dilumuri tepung ini memiliki rasa gurih. Sedulur bisa mencoba beberapa produk seperti Sasa tepung bumbu atau Sajiku yang juga memiliki varian tepung bumbu.

Bubuk cabe

bubuk cabe
Pinterest

Bumbu masak selanjutnya adalah bubuk cabe. Bumbu ini tidak boleh terlewat karena bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Khususnya untuk menciptakan masakan yang memiliki dominasi rasa pedas.

Bubuk cabe sendiri memang sudah banyak digunakan dalam berbagai macam masakan di dunia. Namun, belum banyak produsen bumbu masak yang membuat produk kemasan ini di Indonesia. Sedulur bisa mencoba menggunakan bubuk cabe seperti Bon Cabe yang bisa dibeli langsung lewat Aplikasi Super.

BACA JUGA: Khasiat Ketumbar, Rempah-Rempah Paling Istimewa di Indonesia

Bubuk lada

merica
Pexels

Lada atau merica merupakan bumbu yang tidak boleh dilewatkan juga. Dikenal dengan istilah pepper dalam bahasa Inggris, bubuk satu ini bisa memberikan kedalam rasa pada sebuah masakan. Tak hanya itu, ada sensasi hangat dan pedas ketika Sedulur memasak menggunakan lada.

Bahan masakan satu ini juga menjadi salah satu kunci agar masakan bisa memiliki kelezatan karena ketika dimasak, lada akan menguatkan rasa dari beberapa bumbu lainnya.

Kecap manis

Kecap manis
Pinterest

Selanjutnya ada kecap manis. Bumbu masak satu ini merupakan hasil fermentasi dari kedelai yang dicampur dengan berbagai macam bahan dasar lain seperti gula dan garam. Kecap menjadi salah satu bumbu masak yang cukup sering digunakan di Indonesia khususnya untuk membuat masakan dengan cita rasa manis.

Tak hanya jadi campuran dalam memasak, kecap juga sering dipakai secara langsung baik itu untuk cocolan maupun disiramkan pada sebuah masakan. Ada beberapa produk kecap yang bisa Sedulur dapatkan langsung di Aplikasi Super seperti Kecap Bango dan Kecap ABC.

Saus tiram

Saus tiram
Hot Thai Kitchen

Saus tiram merupakan bumbu masak yang penting juga. Memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan kecap manis yaitu berwarna hitam dan kental, tapi saus tiram memiliki rasa yang lebih kompleks. Saus tiram didominasi rasa asin manis yang berasal dari kerang.

Untuk penggunaan dan manfaatnya dalam dunia kuliner, saus ini sering dijadiakn bahan utama untuk menu tumis. Salah satu jenis masakan yang banyak menggunakan bumbu satu ini adalah Chinese food.

Santan

Bumbu masak
The Asian Parent

Santan adalah bahan masak berbentuk cair yang berwarna putih seperti susu. Cairan ini sendiri didapatkan dari hasil parutan daging kelapa tua. Biasanya bumbu masak ini banyak digunakan untuk mengentalkan sebuah masakan.

Namun, dalam beberapa kondisi, santan juga bisa dipakai untuk menciptakan rasa gulih alami pada sebuah masakan. Misalnya terjadi pada opor, sayur lodeh, hingga rendang. Untuk selalu memiliki santan di rumah, Sedulur tidak perlu bingung karena ada banyak santan kemasan yang bisa dibeli. Beberapanya seperti SunKara dan Sasa.

BACA JUGA: Resep Mie Aceh Goreng Kaya Rempah Bikin Nagih!

Mentega

Mentega dan butter
Endeus TV

Salah satu bumbu masak yang sangat fleksibel adalah mentega. Bahan satu ini tak hanya bisa dijadikan sebagai bumbu marinasi, tapi juga bahan pengganti minyak goreng. Mentega juga memiliki banyak kandungan yang bisa meningkatkan rasa gurih.

Mentega sendiri adalah bahan masak yang berasal dari olahan susu yang diemulsikan. Sehingga akan memiliki tekstur yang padat saat dalam kondisi dingin, tapi akan meleleh dengan cepat saat terkena panas.

Gula

Gula
Pexels

Gula merupakan bumbu masak yang sangat penting. Tak hanya untuk membuat makanan memiliki rasa manis, tapi gula juga bisa memperkuat rasa lain yang ada pada sebuah masakan. Kombinasi gula dan garam misalnya, bisa menciptakan rasa gurih yang dalam sehingga makanan terasa lezat.

Jadi sebagai salah satu bumbu masak utama, Sedulur tidak boleh kelewatan membuat persediaan gula di rumah.

Jahe

bumbu masak
Epicurious

Bumbu masak tak hanya berasal dari rempah atau bahan kering saja, Sedulur juga perlu menyediakan kunci-kuncian seperti jahe. Bumbu masak satu ini sangat bermanfaat ketika Sedulur ingin membuat masakan yang menggunakan bahan ikan atau daging.

Dalam jahe terdapat kandungan, zat keton bernama zingeron yang mampu menghilangkan bau amis dari daging maupun ikan. Zat ini juga bisa memberikan sensasi pedas saat seseorang memakan jahe.

Terasi

terasi
Kompas

Terakhir adalah terasi. Bahan masak satu ini merupakan bumbu tradisional yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Terasi bermanfaat untuk memberikan rasa gurih dari udang atau ikan pada masakan. Biasanya bahan ini dipakai pada menu seperti sambal, nasi goreng, sampai tumis-tumisan.

Biasanya terasi hanya dijual di pasar tradisional, namun dengan semakin berkembangnya zaman sudah ada produk terasi kemasan yang bisa Sedulur jadikan persedian di rumah. Walaupun rasanya tidak sekuat dengan terasi tradisional, produk kemasan tetap bisa memberikan kedalaman rasa pada masakanmu.

Demikian tadi deretan bumbu masak yang wajib Sedulur sediakan di rumah. Tak hanya berguna untuk membuat kebutuhan makanan sehari-hari, bahan-bahan di atas juga bisa memberikan kreatifitas pada Sedulur dalam mengeksplorasi dunia kuliner.

Namun, agar Sedulur bisa belanja dengan mudah dan murah tanpa perlu repot harus keluar rumah, sebaiknya pakai Aplikasi Super aja. Ada banyak sekali bumbu masakan dan bahan pokok yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga yang murah.

Aplikasi Super juga memberikan banyak promo menarik seperti cashback, potongan harga, sampai gratis ongkir untuk Sedulur semua. Jadi download aplikasinya dan rasakan manfaat Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan dapurmu!