Weton jodoh dipercaya dapat memberikan gambaran mengenai seberapa besar kecocokan dari sepasang dua insan yang berencana ingin  segera menikah. Memang dalam tradisi jawa, weton ini sangat penting apalagi untuk sebuah acara pernikahaan yang dianggap sangat sakral.

Weton jawa adalah sebuah sistem penanggalan tradisional di masyarakat suku jawa dan sudah ada sejak jaman dahulu. Sistem perhitungan jawa ini, sepintas sangat mirip dengan penanggalan dalam tionghoa, hijriah serta  sistem-sistem serupa lainnya. Namun dalam sistem weton jawa memiiki sedikit perbedaan yang bernaman pancawarna.

Pancawarna merupakan istilah dalam penyebutan lima hari pasaran seperti Pahing, Pon, Wage, Kliwon dan juga Legi. Sejatinya, weton jawa bisa dipakai untuk penanda kelahiran, hari baik dalam bercocok tanam, urusan bisnis sampai menentukan pasangan dan pernikahan. Meski demikian, semua harus sesuai dengan  perhitungan jawa yang tepat.

Dari pada penasaran seperti apa cara menghitung weton jawa jodoh, simak ulasannya di bawah ini:

Bagaimana cara menghitung weton jodoh?

Dalam pandangan masyarakat Jawa sendiri menjelaskan bahwa perhitungan weton jodoh dianggap dapat meminimalisir  sebuah bencana atau kesialan dari masing-masing watak dari masing-masing dua insan tersebut. Apabila perhitungan weton dari dua orang kurang baik, dan selanjutnya tetap melangsungkan pernikahan, maka untuk menangkal kesialannya dapat dilakukan dengan cara  ruwatan atau bisa memilih hari pernikahan khusus supaya bisa menangkal kesialan.

Adapun cara menghitung weton jodoh jawa  yang wajib Sedulur ketahui. Yuk simak ulasannya berikut di bawah ini:

TABEL PENANGGALAN ISLAM, JAWA DAN NEPTU

Penanggalan Islam

Neptu

Penanggalan Jawa

Neptu

Minggu

5

Pahing

9

Senin

4

Pon

7

Selasa

3

Wage

4

Rabu

7

Kliwon

8

Kamis

8

Legi

5

Jumat

6

 

Sabtu

9

Cara hitungan weton jodoh sebenarnya tidak terlalu sulit dan cukup mudah lho Sedulur. Sedulur hanya perlu mencocokkan hari lahir kamu dan pasangan sesuai dengan tabel di atas. Untuk menghitung weton ini, pertama jumlahkan neptu dari penanggalan islam dengan neptu dari penanggalan jawa.

Neptu adalah sebuah angka-angka tertenty terkait hari kelahiran dan pasara yang berguna dalam sebuah perhitungan weton. Neptu dihitung dengan cara menjumlah neptu hari lahir dan pasaran milik Sedulur dan pasangan. Lalu selanjutnya jumlahkan  kembali neptu kamu dan pasanganmu untuk selanjutnya melihat hasil akhirnya.

Misalnya, apabila Sedulur lahir pada hari minggu wage, maka artinya weton minggu wage dan neptumu adalah 5+4= 9.

Sementara itu, apabila pasanganmu lahir di hari Senin Pon, itu artinya wetonnya Senin Pon dan neptu pasanganmu adalah 4+7 = 11. Hasil penjumlahannya neptu kamu dan pasanganmu adalah 9+11 =20.

BACA JUGA : 9 Fakta Unik Sugar Glider, Peliharaan Unik di Rumah

8 Arti Hasil Perhitungan Weton Jodoh

1. Pegat  (1,9,10,18,19,27,28,36)

Begini Cara Menghitung Weton Jodoh sesuai Primbon Jawa
GenPI

Apabila hasil perhitungan neptu muncul dengan jumlah di atas, maka hubungan kamu dan pasangan kamu masuk dalam kategori pegat. Sebenarnya, pegat menurut primbon Jawa memberikan indikasi adanya kemungkinan kamu dan pasanganmu akan sering mendapat ujian atau masalah dalam kehidupan. Jadi, wajib hati-hati ya.

BACA JUGA : 6 Manfaat Ikan Betok Untuk Kesehatan, Baik untuk Tulang

2. Ratu (2,11,20,29)

Begini Cara Menghitung Weton Jodoh sesuai Primbon Jawa
Linetoday

Jika hasil dari perhitungan weton jodoh kamu keluar angka 2,11, 20 atau 29, maka kamu termasuk orang sangat beruntung. Bersiap-siaplah mendapat kabar baik dalam  waktu dekat. Dalam kategori ratu, bisa ditafsirkan kamu dan pasangan kamu adalah jodoh  yang sejati. Tidak hanya itu, kamu akan memiliki hubungan yang sangat harmonis, bahagia dan bahkan membuat iri banyak orang di sekelilinngmu.

BACA JUGA : Syarat Hewan Kurban yang Wajib di Ketahui dan Cara Memilihnya

3. Jodoh  (3,12,21, 30)

Begini Cara Menghitung Weton Jodoh sesuai Primbon Jawa
HamilPlus

Dalam primbon jawa, kategori jodoh memiliki arti bahwa kamu dan pasanganmu akan berjodoh. Bahkan lebih dari itu, kamu dan pasanganmu dapat memiliki kehidupan rumah tangga yang  selalu rukun setiap waktu. Dan ini masuk dalam weton jodoh yang baik

BACA JUGA : Fakta Kucing Munckin Kaki Pendek, Harga & Cara Merawatnya

4. Topo  (4,13,22, 31)

https://www.rumah.com/panduan-properti/hitungan-jawa-48221
Rumah

Selanjutnya apa arti dari neptu weton 13,4,22 dan 31? Nah, jika yang keluar angka tersebut, maka akan masuk dalam kategori topo. Jadi kamu harus ekstra waspada, sebab primb on jawa meramal dirimu dan juga pasangan kamu, akan  mendapat kesulitan saat awal mengarungi rumah tangga.

BACA JUGA : 12 Camilan untuk Diet yang Sehat Enak & Mudah Dicari

5. Tinari  (5,14, 23, 32)

Begini Cara Menghitung Weton Jodoh sesuai Primbon Jawa
Tribunnews

Dalam hasil pertandingan weton tinari ini, maka jika Sedulur mendapatkan waktu ini, maka bersyukurkan sebab Sedulur termasuk dalam akan mendapat suatu kabar yang bahagia. Kebahagian terebut biasanya hadir dalam sebuah wujud kecukupan rezeki dalam  berumah tangga kelak. Tidak hanya itu, kamu dan segenap keluargamu akan diberi kemudahan dalam urusan rezeki. Jadi, bersyukurlah jika mendapat  weton tinari ini.

BACA JUGA : 15 Produk Salep Luka Bakar Terbaik yang Aman dan Ampuh

6. Padu  (6,15, 24, 23)

Begini Cara Menghitung Weton Jodoh sesuai Primbon Jawa
Popbela

Selanjutnya ada weton jodoh padu dimana pada hal ini maka akan mengindikasikan sebuah ramalan yang buruk untuk kehidupan rumah tangga kamu dan juga pasanganmu. Namun, meski demikian, hal tersebut tidak akan sampai atau berujung pada perceraian. Jadi, tetap tenang dan selalu bersyukur ya sobat Sedulur.

BACA JUGA : Ciri Ayam Pakhoy Petarung Handal Berkualitas Tinggi

7. Sujanan  (7,16,25,34)

Begini Cara Menghitung Weton Jodoh sesuai Primbon Jawa
BACA

Di posisi ketujuh ada  weton bernama Sujanan. Nah, apabila Sedulur mendapat hal ini yang hasil perhitungan wetonnya berjumlah 7,16, 25 atau 34 maka juga harus benar-benar wajib waspada. Menurut primbon jawa, mereka yang sedang berada dalam kategori ini, sebenarnya sedang berada dalam sebuah ancaman pertengkaran besar dalam rumah tangga akibat perselingkuhan.

8. Pesthi  (8,17, 26, 35)

Begini Cara Menghitung Weton Jodoh sesuai Primbon Jawa
BACA

Pada posisi terakhir  ada yang namanya Pesthi. Nah, menurut sebuah perhitungan weton jodoh, mereka yang berada dalam kategori Pesthi.  Maka, bagi Sedulur yang mendaptkan nasib ini, maka konon akan memiliki rumah tangga yang rukun damai dan juga tentram. Tidak hanya itu, kamu dan pasangan kamu nantinya disebut akan memiliki kehidupan keluarga yang rukun dan harmonis.

Demikian  tadi ulasan mengenai perhitungan weton jodoh sesuai ajaran primbon jawa.  Sedulur boleh mempercayai atau tidak itulah sebuah pilihan. Namun, ritual ini memang selalu dipakai saat acara penting seperti pernikahan dan lain sebagainya. Semoga menambah  wawasan dan informai buat Sedulur ya.