ulat sagu

Bagi sebagian orang, ulat sagu merupakan serangga yang menjijikkan karena identik dengan sesuatu yang kotor atau busuk. Seperti diketahui, ulat sagu banyak ditemukan di pohon sagu yang sudah membusuk.

Meski begitu, tidak sedikit pula masyarakat yang menjadikan serangga satu ini sebagai santapan sehari-hari. Mulai dari diolah menjadi sate ataupun dikonsumsi secara langsung dalam keadaan mentah. Bukan tanpa alasan, ulat sagu dinilai memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti protein, karbohidrat, dan kalsium.

Lantas, apa saja ya manfaat ulat sagu untuk kesehatan? Berikut ini Super telah merangkum informasi selengkapnya.

BACA JUGA: 15 Manfaat Rebusan Daun Salam & Kayu Manis Bagi Kesehatan

Mengenal kandungan nutrisi ulat sagu

ulat sagu
Detik

Sebelum mencari tahu apa saja manfaat ulat sagu untuk kesehatan, ada baiknya Sedulur menyimak informasi kandungan nutrisi dari serangga tersebut.

Ulat sagu merupakan larva dari kumbang merah kelapa atau umum dikenal kumbang sagu yang memiliki nama latin Rhynchophorus ferrugineus. Mengutip laman Data Komposisi Pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setiap 100 gram ulat sagu mentah mengandung nutrisi berupa protein, energi, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat vesi, natrium, dan vitamin B1 dan B2. Berikut informasi kandungan nutrisi ulat sagu selengkapnya.

  • Air (Water) : 65,9 g
  • Energi (Energy) : 241 Kal
  • Protein (Protein) : 5,8 g
  • Lemak (Fat) : 21,6 g
  • Karbohidrat (CHO) : 5,8 g
  • Serat (Fibre) : 2,8 g
  • Abu (ASH) : 0,9 g
  • Kalsium (Ca) : 20 mg
  • Fosfor (P) : 70 mg
  • Besi (Fe) : 0,5 mg
  • Natrium (Na) : 210 mg
  • Kalium (K) : 210 mg
  • Tembaga (Cu) : 1 mg
  • Seng (Zn) : 7,7 mg
  • Thiamin (Vit. B1) : 0,17 mg
  • Riboflavin (Vit. B2) : 1,45 mg
  • Niasin (Niacin) : 0,1 mg

BACA JUGA: Penting! ini Nutrisi dan Manfaat Chestnut untuk Kesehatan

Manfaat ulat sagu bagi kesehatan

Dengan berbagai nutrisi seperti yang dipaparkan pada poin sebelumnya, ulat sagu memiliki beragam manfaat yang jarang diketahui orang. Nah, berikut ini 10 manfaat ulat sagu untuk kesehatan yang dapat Sedulur simak!

1. Meningkatkan massa dan kekuatan otot

manfaat ulat sagu
Alodokter

Manfaat ulat sagu yang pertama adalah meningkatkan massa dan kekuatan otot. Manfaat ini diperoleh dari kandungan nutrisi berupa protein yang cukup tinggi pada ulat sagu. Seperti yang telah disebutkan, terdapat 5,8 gram protein dalam setiap 100 gram serangga ini.

Di samping berguna untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot, kandungan protein pada ulat sagu juga memiliki manfaat lainnya. Termasuk meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Memperbaiki suasana hati

Meski kerap dianggap sebagai serangga yang menjijikkan, ulat sagu ternyata memiliki manfaat untuk memperbaiki mood alias suasana hati. Hal ini diperoleh dari adanya kandungan asam amino esensial, yaitu tirosin dan lisin. Kedua jenis asam amino tersebut berperan merangsang tubuh untuk memproduksi hormon dopamin. Sebagai informasi, dopamin adalah zat kimia di dalam otak yang disebut sebagai pengendali emosi. Hormon dopamin ini berperan untuk meningkatkan atau memperbaiki suasana hati (mood) dan mengurangi stres sehingga orang akan merasa lebih senang.

BACA JUGA: 10 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Kenali!

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Freepik

Manfaat berikutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat tersebut diperoleh dari adanya kandungan mineral zinc pada ulat sagu. Kandungan nutrisi tersebut diketahui berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan mendukung pembentukan sel imun baru. Dengan begitu, tubuh dapat melawan patogen atau kuman yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi.  

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan masalah yang banyak dialami masyarakat dan sekaligus menjadi penyebab berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung. Menariknya, ulat sagu rupanya memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan demikian, risiko berbagai penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi juga dapat berkurang.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Halodoc

Selain zinc dan antioksidan, ulat sagu juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Untuk diketahui, kalium atau potasium adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuh, termasuk untuk melindungi tubuh dari risiko berbagai penyakit.

Salah satu manfaat kalium yaitu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan kalium dapat membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah sehingga tekanan darah juga menurun. Selain itu, kalium juga berperan untuk mengurangi kadar garam berlebih dalam tubuh dengan mengeluarkannya melalui urine.

6. Meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh

Sebelumnya diterangkan bahwa kandungan asam amino pada ulat sagu bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati karena dapat merangsang tubuh untuk memproduksi hormon dopamin. Di sisi lain, kandungan asam amino ternyata juga dapat membantu proses penyerapan kalsium pada tubuh. Seperti diketahui, kalsium memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, sehingga tulang tidak cepat rapuh.

BACA JUGA: 10 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan Tubuh Manusia

7. Memperkuat tulang dan gigi

Beauty Journal

Selain dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, ulat sagu juga memiliki kandungan berupa magnesium. Kandungan mineral ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang maupun gigi. Hal ini dikarenakan magnesium berperan dalam pembentukan sel tulang baru sehingga dapat menjaga kepadatan tulang. Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa mencukupi kebutuhan magnesium harian bisa mengurangi risiko terjadinya pengeroposan tulang dan penyakit tulang seperti osteoporosis.

8. Melancarkan pencernaan

Kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam ulat sagu adalah serat atau fiber yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Serat sendiri merupakan jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat dipecah menjadi molekul gula oleh tubuh.

Adapun salah satu manfaat serat untuk kesehatan yaitu melancarkan pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Dengan begitu, risiko terjadinya konstipasi atau sembelit dapat dicegah ataupun diatasi.

Selain membantu menjaga kesehatan dan mengatasi masalah pencernaan, serat juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Mulai dari memaksimalkan penyerapan nutrisi, menjaga daya tahan tubuh, dan menjaga kadar gula darah sehingga dapat mencegah risiko diabetes.

9. Melawan infeksi akibat mikroba

Tekno Tempo

Menurut studi medis yang dipublikasikan Cambridge University pada 2018 silam, ulat sagu memiliki kandungan nutrisi yang dapat mendukung tubuh dalam melawan infeksi akibat mikroba. Hal ini dikarenakan serangga satu ini disebut memiliki sifat antimikroba sehingga dapat melindungi tubuh dari mikroorganisme berbahaya.

Di sisi lain, serangga ini juga memiliki kandungan zat besi dan zinc. Kedua nutrisi ini diketahui berperan dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk terhindar dari berbagai infeksi bakteri.

10. Mencegah berbagai penyakit

Manfaat ulat sagu untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah risiko berbagai penyakit. Hal ini didasarkan pada hasil studi yang diterbitkan dalam Asia Pacific journal of clinical nutrition (2017). Dikatakan, bahwa larva dari kumbang sagu ini kaya akan kandungan protein, karbohidrat, asam lemak omega 3, omega 6, omega 9, dan juga asam amino. Kandungan nutrisi tersebut diyakini dapat mengurangi peradangan sehingga menurunkan risiko berbagai macam penyakit, termasuk alzheimer, depresi, asam, dan rematik.

Di sisi lain, kandungan asam lemak juga diketahui memiliki manfaat untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh. Hal ini berdampak pada menurunnya risiko atas penyakit jantung.

Demikian tadi pembahasan mengenai kandungan nutrisi ulat sagu hingga berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Apakah Sedulur juga tertarik untuk mengkonsumsi serangga tersebut?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.