manfaat daun salam dan kayu manis

Terdapat manfaat daun salam dan kayu manis untuk kesehatan tubuh yang perlu Sedulur ketahui. Di tengah musim hujan dan musim pancaroba saat ini, kondisi kesehatan seringkali tidak menentu dan imun dalam tubuh menjadi lemah sehingga terserang penyakit.

Maka dari itu, penting bagi Sedulur untuk mencegah hal tersebut terjadi. Salah satunya yaitu dengan menggunakan manfaat daun salam dan kayu manis. Kedua bahan alami tersebut terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak daftar manfaat dari air rebusan daun salam dan kayu manis yang dimaksud.

BACA JUGA: Manfaat Ikan Lele yang Tinggi Protein untuk Ibu Hamil  

1. Baik untuk kesehatan hati

manfaat daun salam dan kayu manis
iStock

Manfaat daun salam dan kayu manis yang pertama yaitu baik untuk kesehatan hati, hal tersebut disebabkan oleh kandungan potasium, antioksidan dan zat besi yang kuat yang terdapat dalam dua bahan alami tersebut.

Hati sendiri berfungsi untuk membuang racun yang terdapat dalam tubuh, oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatannya agar tubuh bisa tetap sehat dan melakukan aktivitas seperti biasanya.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

iStock

Manfaat daun salam dan kayu manis yang kedua adalah dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Daun salam bermanfaat untuk secara efektif menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida, sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan diabetes tipe 2, dan juga menjaga keseimbangan kadar gula dalam tubuh. Akan lebih baik dijika dikombinasikan dengan kayu manis.

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat air rebusan daun salam dan kayu manis tersebut, Sedulur  bisa mengeringkan daunnya dan menjadikannya bubuk, kemudian mengkonsumsinya secara rutin dengan menambahkan satu sendok teh menjadi dua ke dalam air sebanyak 200 ml. Selain itu  Antioksidan dalam daun salam mendukung tubuh untuk memproses insulin dengan lebih efisien.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

iStock

Manfaat daun salam dan kayu manis selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut disebabkan dalam daun salam dan kayu manis terdapat banyak vitamin C dan vitamin A. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh bisa meningkat pesat.

4. Bersifat antibakteri

iStock

Manfaat daun salam dan kayu manis selanjutnya memiliki khasiat antibakteri yang dapat membantu mencegah penyakit. Tidak hanya bersifat antibakteri dan anti jamur, Sedulur bisa memaksimalkan manfaat air rebusan air daun salam sebagai kompres untuk menyembuhkan serta mempercepat infeksi kulit.

5. Baik untuk sistem pencernaan

manfaat daun salam dan kayu manis
iStock

Daun salam memiliki dampak yang baik dan sangat kuat untuk sistem pencernaan kita. Kandungan dari daun salam dapat membantu Sedulur untuk melancarkan buang air kecil, serta menurunkan kadar racun dalam pencernaan Sedulur.

Selain itu, daun salam juga dapat secara efektif meredakan sakit perut bagi Sedulur yang sering mengalami sakit perut. Kandungan yang terdapat dalam rebusan air daun salam juga sangat efektif untuk mengatasi iritasi usus besar dan mengurangi gejala penyakit celiac yang merupakan penyakit autoimun akibat konsumsi gluten.

Manfaat tersebut akan lebih baik lagi jika daun salam direbus dengan kayu manis sehingga bisa lebih berfungsi dan memaksimalkan kesehatan tubuh.

6. Menghilangkan hidung tersumbat

iStock

Manfaat rebusan daun salam selanjutnya yaitu dapat membantu meringankan gejala batuk dan pilek karena membantu meredakan hidung tersumbat. Daun salam memiliki kandungan antibakterial yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Tidak heran jika daun salam digunakan pengobatan uap. Sebab, daun salam memiliki efek yang mirip dengan aromaterapi dan dapat mengilangkan pilek maupun dahak.

7. Mengatasi permasalahan kulit kepala

manfaat daun salam dan kayu manis
iStock

Cara mengatasi kulit kepala kering, bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami, salah satunya daun salam. Rebusan 4 lembar daun salam dalam 1 liter air juga dapat digunakan sebagai pembilas rambut setelah keramas untuk menjaga kulit kepala tetap sehat dan membantu mengatasi ketombe.

8. Menghilangkan rasa sakit dan nyeri

iStock

Manfaat air rebusan daun salam dan kayu manis untuk kesehatan adalah dapat secara efektif menghilangkan rasa sakit. Hal tersebut disebabkan oleh minyak atsiri daun salam bernama Eugenol dan Methyl chavicol yang mampu membunuh bakteri dan jamur. Juga sangat baik untuk mengobati peradangan dan nyeri umum seperti keseleo, artritis dan rematik.

Memijat tubuh dan kulit kepala dengan minyak daun salam juga diketahui dapat membantu meredakan migrain dan sakit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberi rasa nyaman. Dan tentu saja dapat menghilangkan rasa sakit secara ampuh dan cepat.

9. Menurunkan berat badan dan tekanan darah

manfaat daun salam dan kayu manis
iStock

Manfaat daun salam dan kayu manis dapat menurunkan berat badan, hal tersebut disebabkan karena metabolisme tubuh yang baik karena kandungan dari daun salam dan kayu manis itu sendiri. Sedulur hanya perlu mengkonsumsi sebanyak 2 atau 3 kali.

Selain itu, daun salam dan kayu manis mengandung minyak atsiri, sitrat, euganol, tannin serta flavanoid yang dipercaya mampu untuk menurunkan tekanan darah.

10. Mengobati asam urat

iStock

Penyakit asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Penyakit asam urat dapat diobati dengan mengonsumsi obat herbal dari daun salam. Kandungan flavonoid pada daun salam bekerja mengurangi kadar asam urat di dalam darah.

11. Menghilangkan sakit gigi

manfaat daun salam dan kayu manis
iStock

Air rebusan daun salam dan kayu manis dapat mengobati sakit gigi, hal tersebut disebabkan karena daun salam mengandung tanin yang bersifat antiinflamasi dan antimikroba. Kedua zat tersebut yang bertugas mengobati sakit gigi. Selain itu, kandungan minyak asiri juga dapat memiliki efek analgesik.

Bukan hanya itu, daun salam dan kayu manis juga dapat menjaga kebersihan gigi dan dapat mengurangi risiko gigi untuk mengalami gangguan kesehatan. Caranya dengan memanfaatkan bubuk daun salam selama tiga kali sehari dan mengkonsumsinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menjaga kesehatan gigi.

12. Menjaga kesehatan jantung

iStock

Menjaga kesehatan jantung juga merupakan salah satu manfaat daun salam dan kayu manis. Bagi Sedulur yang memasuki usia 50 tahun, mulai mengkonsumsi air rebusan daun salam adalah pilihan yang tepat. Karena, air rebusan daun salam mengandung asam caffeic dan senyawa organik yang penting yang mampu meningkatkan kesehatan jantung secara efektif.

13. Menangkal penyakit kanker

manfaat daun salam dan kayu manis
iStock

Menangkal penyakit kanker merupakan manfaat daun salam dan kayu manis selanjutnya adalah menangkal penyakit kanker. Hal tersebut disebabkan oleh kombinasi antioksidan dan senyawa organik yang terdapat dalam daun salam. Termasuk di dalamnya yaitu fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide.

Kandungan dan senyawa tersebut telah terbukti secara ilmiah mampu untuk menahan perkembangbiakan sel kanker serviks dan membantu tubuh terlindung dari efek radikal bebas. Radikal bebas dapat membuat sel sehat bermutasi menjadi sel kanker, dan daun salam secara efektif ampuh mencegah hal tersebut terjadi.

BACA JUGA: Mengenal Bulu Perindu: Pengertian, Asal-Usul, Ciri & Manfaatnya

14. Mengurangi kecemasan

iStock

Terdapat juga manfaat daun salam dan kayu manis yaitu dapat mengurangi kecemasan yang dialami. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan yang terdapat dalam daun salam, yaitu zat linalol yang mampu menurunkan hormon stress dalam tubuh. Zat ini biasanya banyak terkandung di dalam aromaterapi.

15. Membuat tidur lebih nyenyak

iStock

Manfaat air rebusan daun salam dan kayu manis yang terakhir yaitu dapat membuat tidur lebih nyenyak. Selain kecemasan dan stress perlahan hilang, Sedulur juga bisa beristirahan secara maksimal dan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Manfaat ini didapatkan karena kandungan daun salam yang dapat memberikan efek penenang yang dapat membantu Sedulur untuk dapat tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Bagi Sedulur yang mengalami insomnia, hal ini bisa Secara efektif membantu Sedulur untuk kembali mendapatkan waktu tidur yang normal, dan membuat tidur Sedulur menjadi lebih nyenyak.

Nah itulah tadi daftar manfaat daun salam dan kayu manis yang bisa Sedulur dapatkan untuk tubuh Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk senantiasa mendapatkan kesehatan yang maksimal di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.