Dalam proses menulis sebuah makalah, tak jarang Sedulur akan mengalami kebingungan pada saat menentukan tujuan penulisan makalah. Tujuan penulisan tersebut menjadi sangat penting karena ia merupakan esensi utama dari dibuatnya sebuah makalah. 

Tujuan pembuatan makalah yang paling utama adalah untuk menginformasikan suatu hal, menganalisis suatu ide dan membujuk pembaca untuk ikut berpikir secara kritis tentang ide atau topik yang dibahas dalam makalah. Karena sifatnya yang sangat signifikan, wajar apabila banyak di antara kita yang terkadang kesulitan untuk menentukan apa yang menjadi tujuan dibuatnya karya tulis ilmiah tersebut.

Kalau sudah begitu, harus bagaimana kira-kira? Jangan khawatir! Pembahasan pada artikel berikut ini akan membantu Sedulur untuk merangkai tujuan penulisan makalah. Selain itu, terdapat juga beberapa contohnya yang dapat dijadikan sebagai referensi. Yuk, langsung simak ulasan di bawah, Sedulur!

BACA JUGA: Apa Itu Cosplay? Ini Arti, Sejarah, dan Jenis-jenisnya. Harus Tahu!

Makalah, apa itu?

tujuan penulisan makalah
Depositphotos

Bagi Sedulur yang saat ini duduk di bangku sekolah menengah atau pendidikan tinggi, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tugas pembuatan karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah tersebut dapat berupa bermacam-macam, mulai dari artikel, paper, skripsi, tesis, dan disertasi. Selain jenis-jenis karya tulis ilmiah tersebut, salah satu yang paling lazim dibuat adalah makalah.

Apa yang dimaksud dengan makalah? Mengutip dari Sedulurs Besar Bahasa Indonesia, makalah memiliki dua arti yang dapat Sedulur pahami. Pengertian makalah yang pertama yaitu tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Sedangkan pengertian kedua dari makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Dengan kata lain, makalah dapat kita sebut sebagai karya tulis ilmiah yang pembahasannya berfokus pada suatu masalah tertentu, diteliti secara seksama, dan juga dilengkapi observasi dan riset lapangan secara benar dan faktual. Pembahasan isi masalah dalam makalah berhubungan dengan suatu mata kuliah, atau bidang spesialisasi tertentu.

BACA JUGA: Mengenal Arti Mutualan, Bahasa Gaul yang Populer di Sosmed

Manfaat yang diperoleh dari makalah

tujuan penulisan makalah
Depositphotos

Sebagai sebuah karya tulis ilmiah, pembuatan makalah tentunya tidak dilakukan dengan sia-sia. Ia sendiri memiliki berbagai macam manfaat yang dapat dibedakan bagi penulis dan juga pembaca. Bagi penulis atau peneliti, makalah dapat secara tidak langsung menambah wawasan. Otak akan dilatih untuk terus berpikir dengan teliti dan kritis.

Selain itu, seorang peneliti yang sedang menggarap makalah diharuskan untuk menguasai materi atau subjek penelitian. Dengan begitu, kemampuan riset akan diasah secara perlahan-lahan di tiap-tiap proses penelitiannya.

Bagi pembaca sendiri, tentunya ia akan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang baru dari hasil makalah tersebut. Makalah yang Sedulur buat pun dapat menjadi bahan pertimbangan dari penelitian yang linear. Alhasil, manfaat makalah yang Sedulur buat akan terus menyambung dari satu penelitian ke penelitian yang lain.

BACA JUGA: Mengenal Act of Service, Bahasa Cinta yang Bikin Meleleh

Struktur makalah adalah

tujuan penulisan makalah
Depositphotos

Layaknya karya tulis ilmiah yang lain, makalah memiliki beberapa struktur di dalamnya. Struktur sebuah makalah dapat kita simpulkan sebagai sampul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan diakhiri dengan daftar pustaka. Simak informasi lengkapnya berikut ini, ya Sedulur!

  1. Sampul

Sampul dari makalah biasanya akan memuat judul, logo, identitas penulis, serta tempat dan tahun terbit. Untuk bagian sampul, sebaiknya Sedulur menggunakan penulisan rata tengah (center) agar ia terlihat lebih rapi dari luar.

  1. Kata pengantar

Kata pengantar sebagai pengantar agar pembaca memiliki pandangan umum terhadap makalah yang Sedulur tulis dan berisikan sambutan atau ucapan syukur karena telah menyelesaikan  makalah tersebut  terselesaikan dengan baik.

  1. Daftar isi

Daftar isi susunan sebuah halaman yang memuat informasi halaman dari isi makalah yang Sedulur buat. Daftar isi sangat bermanfaat untuk memudahkan pembaca dalam menemukan informasi tertentu. Sedulur dapat memberikan keterangan halaman pada setiap bab maupun sub-bab di makalah yang telah dibuat.

  1. Bab 1 (Pendahuluan)

Pada bagian pendahuluan biasanya terdiri atas tiga sub-bab, mulai latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Latar belakang harus ditulis dengan jelas dan mudah dimengerti, selain memuat jawaban dari sebuah pertanyaan, latar belakang juga harus memuat data-data atau fakta yang mendukung. 

Di bagian rumusan masalah, Sedulur bisa mengisinya dengan beberapa pertanyaan yang nantinya akan Sedulur jelaskan di bagian pembahasan nanti. Pada tujuan penulisan, Sedulur bisa menuliskannya secara singkat dan menggambarkan secara jelas tujuan dari makalah yang dibuat.

  1. Bab 2 (Pembahasan)

Pembahasan merupakan bagian yang paling penting dari sebuah makalah. Ini adalah bagian yang berisi uraian pokok dari permasalahan yang akan Sedulur bahas. Bagian pembahasan harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan membuat makalah seperti yang telah dibuat sebelumnya. Lazimnya, pembahasan mencakup tentang landasan teori uraian materi, solusi, dan penyelesaian dari suatu permasalahan.

  1. Bab 3 (Penutup)

Pada bagian penutup biasanya berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisikan tentang ringkasan dari hasil pembahasan rumusan makalah. Pada bagian ini, Sedulur bisa mengambil pembahasan yang penting sajat pada setiap bagian sebelumnya untuk menghasilkan sebuah kesimpulan. 

Selain kesimpulan, saran juga bisa diselipkan pada bagian makalah ini. Saran merupakan suatu bagian dalam makalah yang ditujukan untuk si penulis. Saran dapat berisikan harapan Sedulur sebagai penulis agar makalah yang Sedulur buat bisa bermanfaat untuk pembaca.

  1. Daftar pustaka

Daftar pustaka berisikan daftar referensi yang Sedulur pakai sebagai sumber atau bahan penelitian di dalam penulisan makalah. Referensi dapat berupa buku, jurnal, atau informasi kredibel yang Sedulur dapatkan dari internet maupun dari perpustakaan.

BACA JUGA: Manfaat & Bahaya Bunga Telang yang Harus Diwaspadai!

Cara membuat makalah yang dapat Sedulur terapkan

tujuan penulisan makalah
Depositphotos

Guna membuat sebuah makalah yang baik, Sedulur harus mampu menerapkan langkah-langkahnya dengan benar. Apa saja langkah atau cara membuat makalah yang bisa Sedulur terapkan?

  1. Persiapkan segala hal yang dibutuhkan dengan seksama

Langkah yang pertama adalah mempersiapkan segala yang dibutuhkan. Hal-hal tersebut dapat berupa referensi yang kredibel, membuat kerangka rumusan masalah, memperluas wawasan terkait subjek penelitian, dan juga persiapan dalam perkara teknis (laptop, internet, dan lain-lain). 

  1. Penulisan makalah harus dilakukan sesuai dengan pedoman yang berlaku

Setelah semuanya dipersiapkan, langkah yang kedua adalah mulai menulis makalah. Penulisan dapat dilakukan sesuai dengan pedoman yang berlaku. Sedulur dapat mengkaji berbagai sumber yang dijadikan referensi. 

Selain itu, perhatikan juga Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) agar tulisan Sedulur sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar. Uraian terkait pemahaman Sedulur akan subjek penelitian juga sangat penting untuk dipertimbangkan agar makalah tidak menjadi rancu.

  1. Menentukan judul makalah

Judul makalah merupakan bagian yang tidak bisa ditinggalkan dari keseluruhan proses penulisan makalah ini. Dalam pembuatan judul ini harus sesuai dengan pembahasan atau isi makalah. 

Selain itu, sebaiknya judul dibuat semenarik mungkin agar banyak orang yang ingin membaca isi dari makalah yang telah dibuat. Setelah membuat judul makalah, barulah Sedulur membuat isi dari makalah sesuai sumber data yang sudah diperoleh.

  1. Tulis makalah sesuai dengan kerangka yang telah dibuat sebelumnya

Sedari tadi sudah disebutkan mengenai kerangka dalam pembuatan makalah. Kerangka yang dimaksud dalam hal ini adalah draft. Ia dapat bermanfaat untuk merangkai permulaan ke arah mana pembahasan makalah akan berlangsung.

Dengan begitu, pembahasan pada makalah tidak akan melebar dan tetap sesuai dalam rumusan masalah dan tujuan penulisan makalah. Maka dari itu, Sedulur perlu menulis makalah sesuai dengan kerangka yang telah dibuat sebelumnya.

  1. Periksa kembali hasil makalah secara keseluruhan

Apabila makalah dirasa sudah selesai, periksa kembali hasilnya secara menyeluruh. Pemeriksaan tersebut ditujukan untuk meminimalisir kesalahan yang ada.

BACA JUGA: Cara Kerja Penangkal Petir Beserta Sejarah, Fungsi & Jenisnya

Contoh tujuan penulisan makalah

Depositphotos

Bagaimana Sedulur? Apakah sampai pembahasan ini Sedulur sudah paham mengenai makalah dan juga tujuan penulisannya? Nah, untuk melengkapi pemahaman Sedulur, yuk langsung simak beberapa contoh tujuan penulisan makalah berikut!

1. Contoh makalah tentang kebudayaan

Rumusan masalah:

  • Bagaimana unsur-unsur kebudayaan etnis Bali yang ada di wilayah Lombok?
  • Mengapa etnis Bali dapat bertahan dengan masyarakat suku Sasak di Lombok padahal mereka mayoritas beragama Islam?
  • Apa saja perbedaan etnis Bali di wilayah Lombok dengan etnis Bali asli yang ada di pulau Bali?

Tujuan penulisan makalah:

  • Menjelaskan unsur-unsur kebudayaan etnis Bali yang ada di wilayah Lombok.
  • Memaparkan bagaimana etnis Bali bisa bertahan di tengah-tengah masyarakat suku Sasak yang mayoritas menganut agama Islam.
  • Menjelaskan perbedaan yang ada di antara etnis Bali di pulau Lombok dengan yang ada di pulau Bali.

2. Contoh tujuan penulisan makalah tentang politik

Rumusan masalah:

  • Apa definisi dari sistem kepartaian?
  • Apa saja jenis-jenis sistem kepartaian di Indonesia?
  • Bagaimana perkembangan partai politik di Indonesia?
  • Apa saja contoh permasalah dalam sebuah partai politik di Indonesia?

Tujuan penulisan makalah:

  • Menjelaskan pengertian sistem kepartaian.
  • Menjelaskan jenis-jenis sistem kepartaian di Indonesia.
  • Menjelaskan perkembangan partai politik di Indonesia.
  • Menjelaskan contoh permasalahan dalam partai politik di Indonesia.

3. Contoh makalah tentang teknologi

Rumusan masalah:

  • Apa itu teknologi komunikasi?
  • Bagaimana sejarah perkembangan teknologi komunikasi dari waktu ke waktu?
  • Bagaimana hubungan perkembangan teknologi komunikasi dengan fitur-fitur yang ada di dalam sebuah smartphone?
  • Apa saja dampak-dampak positif serta negatif dari perkembangan teknologi komunikasi?
  • Apa saja contoh perkembangan teknologi komunikasi yang ada di sekitar kita?

Tujuan penulisan makalah:

  • Menjelaskan perkara teknologi komunikasi.
  • Menjelaskan hubungan antara perkembangan teknologi komunikasi dengan fitur-fitur yang ada di dalam sebuah smartphone.
  • Menjelaskan dampak positif dari perkembangan teknologi komunikasi.
  • Menjelaskan dampak negatif dari perkembangan teknologi komunikasi.
  • Mendeskripsikan contoh dari perkembangan teknologi komunikasi.

4. Contoh tujuan penulisan makalah tentang kesehatan

Rumusan masalah:

  • Apa pengertian kesehatan lingkungan?
  • Apa saja syarat sebuah lingkungan dapat dikatakan sehat?
  • Bagaimana ruang lingkup kesehatan lingkungan?
  • Bagaimana cara memelihara kesehatan lingkungan?
  • Apa tujuan pemeliharaan kesehatan lingkungan?

Tujuan penulisan makalah:

  • Menjelaskan pengertian kesehatan lingkungan.
  • Menjelaskan syarat-syarat sebuah lingkungan yang sehat.
  • Memaparkan ruang lingkup kesehatan lingkungan.
  • Menjabarkan langkah-langkah memelihara lingkungan yang sehat.
  • Menjelaskan tujuan pemeliharaan kesehatan lingkungan.

5. Contoh makalah tentang lingkungan

Rumusan masalah:

  • Apa saja dampak negatif dari limbang pertambangan terhadap lingkungan?
  • Seberapa besar sumbangsih keuntungan pertambangan kepada sektor perekonomian?
  • Apa saja jenis mineral pertambangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi?
  • Apakah pertambangan di Indonesia masih dibutuhkan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat? 

Tujuan penulisan makalah:

  • Menjelaskan dampak negatif limbah pertambangan bagi lingkungan.
  • Menjelaskan tingkat keuntungan sektor pertambangan bagi perekonomian.
  • Menjelaskan jenis mineral pertambangan yang dinilai berekonomi tinggi.
  • Menjelaskan bagaimana pentingnya sektor pertambangan bagi Indonesia.

Nah Sedulur, demikian informasi singkat mengenai tujuan penulisan makalah. Makalah sendiri merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang biasa ditugaskan kepada pelajar atau mahasiswa untuk menganalisis suatu fenomena tertentu. Hasil dari pemaparan tersebut kemudian akan dinilai untuk melihat sejauh mana pemahaman peneliti terkait subjek penelitiannya.

Salah satu struktur di dalam sebuah makalah adalah tujuan penulisan. Tujuan penulisan menjadi bagian yang penting karena ia memaparkan alasan dibalik pembuatan makalah tersebut. Tidak hanya terbatas untuk memenuhi tugas yang diberikan guru atau dosen, tetapi bisa jadi ada tujuan lain di belakangnya sesuai dengan fenomena yang diteliti.

Pembahasan di atas juga telah mencakup bagaimana beberapa contoh tujuan penulisan makalah dan bagaimana cara membuat makalah secara keseluruhan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.