bahaya bunga telang

Bukan hal baru lagi, bunga telang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak heran bunga telang sering dijadikan berbagai campuran minuman kesehatan, salah satunya teh bunga telang. Tak hanya itu, untuk mendapatkan bunga telang juga cukup mudah, sebab bunga berwarna biru keunguan ini mudah ditemui di pekarangan rumah. Namun meski memiliki banyak manfaat, ternyata bahaya bunga telang juga mengancam Sedulur jika tidak dikonsumsi secara benar.

Sebelum mengonsumsi bunga telang sebagai obat, Sedulur juga harus memahami tentang bunga telang bahaya bagi kesehatan. Apalagi segala sesuatu memang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

BACA JUGA: 8 Aturan dan Cara Minum Teh Hijau Untuk Diet yang Efektif

Lalu kira-kira apa saja sih manfaat dan bahaya bunga telang yang harus Sedulur ketahui? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat bunga telang

Selama ini bunga telang dianggap hanya bermanfaat sebagai pewarna alami makanan. Namun lebih dari itu, bunga yang memiliki nama latin Clitoria ternatea, juga memiliki cukup banyak manfaat kesehatan. Antara lain

1. Membantu melancarkan pencernaan

Dilansir dari MedicineNet, sifat antioksidan pada bunga telang bisa memberikan manfaat untuk membantu melenturkan otot perut. Sehingga lebih membantu dalam masalah pencernaan. Selain itu, sifat anthelmintik pada bunga ini membantu mencegah pertumbuhan cacing di usus.

2. Melancarkan datang bulan

Masalah datang bulan yang tak teratur tentu menjadi masalah kesehatan yang cukup serius bagi wanita yang mengalaminya. Sebab dari masalah datang bulan yang tak teratur, nantinya bisa berdampak ke masalah kesehatan reproduksi yang lain.

Salah satu manfaat bunga telang yang harus Sedulur ketahui adalah mampu mengatasi masalah datang bulan ini. Menurut penelitian yang dilakukan Journal of Traditional and Complementary Medicine seperti dilansir dari Orami, bunga telang ternyata cukup ampuh dalam mengatasi masalah kewanitaan. Selain menstruasi tidak teratur, bunga ini juga bisa membantu masalah keputihan yang tidak normal.

3. Menyehatkan rambut

Tak hanya kesehatan bagi organ dalam, bunga telang juga ternyata banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut. Bunga ini dipercaya bisa membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Tak heran bunga telang pun banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan membuat sampo.

BACA JUGA: 9 Manfaat Jus Wortel yang Baik untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

4. Menjaga kesehatan kulit

Khasiat bunga telang yang lain adalah membantu menjaga kesehatan kulit. Dilansir dari MedicineNet, bunga telang bisa dimanfaatkan sebagai anti aging dan juga mencegah penuaan dini. Tak hanya itu, bunga ini juga dipercaya bisa memperbaiki teksture dan warna kulit.

5. Membantu menjaga kesehatan mata

Dilansir dari SehatQ, bunga telang memiliki senyawa antioksidan yang disebut proanthocyanidin. Senyawa ini membantu meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Selain itu, bunga telang juga bisa membantu menyembuhkan infeksi mata seperti ‘mata merah muda’ atau konjungtivitis.

Penyakit mata yang dipercaya bisa membaik dengan bunga telang antara lain mata lelah, katarak, dan glaukoma.

BACA JUGA: 12 Jenis Bunga Begonia yang Mempesona & Perawatannya

Bahaya bunga telang

Setelah mengetahui beragam manfaatnya, Sedulur juga harus tahu bahaya bunga telang. Kira-kira apa saja ya?

1. Mengakibatkan kekurangan gizi

bahaya bunga telang
Kapanlagi

Kandungan asam oksalat di dalam bunga telang dipercaya cukup tinggi. Sehingga dikhawatirkan bisa mengikat gizi lain dalam tubuh. Akibatnya Sedulur bisa mengalami kondisi yang dinamakan antigizi. Kondisi ini membuat tubuh Sedulur mencerna kandungan gizi yang masuk ke tubuh. Sehingga mengakibatkan tubuh kekurangan gizi.

Kondisi ini merupakan salah satu bahaya teh bunga telang jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang.

BACA JUGA: 12 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Bahaya kembang telang untuk mata

bahaya bunga telang
Pinterest

Jika sebelumnya disebutkan manfaat bunga telang bagi mata, ternyata ada pula bahaya bunga telang untuk mata. Hal ini bak menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi bisa menyembuhkan, namun di sisi lain juga bisa membahayakan.

Jika bunga telang terlalu sering digunakan untuk mengkompres mata, risiko infeksi dan jamur mata bisa meningkat. Apalagi air rendaman bunga telang yang akan digunakan sebagai obat kompres dan tetes mata tidak steril. Sehingga Sedulur harus berhati-hati akan hal ini.

3. Batu ginjal

Needpix

Lagi-lagi konsumsi bunga telang secara berlebihan sangat tidak direkomendasikan. Konsumsi berlebihan bisa mengakibatkan risiko batu ginjal meningkat. Kandungan asam oksalat yang tinggi dalam bunga telang dapat membuat senyawa lain terikat. Sehingga senyawa lain tersebut menjadi padat dan tertimbun di dalam ginjal.

BACA JUGA: 6 Manfaat Minyak Atsiri yang Baik untuk Relaksasi Tubuh

4. Mual dan diare

Pinterest

Bahaya bunga telang yang lain adalah memicu mual berlebihan. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa terserang diare jika mengonsumsinya secara berlebihan. Ibu hamil juga sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi olahan bunga telang terlebih dulu.

5. Cara mengkonsumsi bunga telang

bahaya bunga telang
VOI

Secara umum, bunga telang banyak diolah menjadi teh sebelum dikonsumsi. Cara untuk membuat teh bunga telang adalah:

  • Petik 10 kelopak bunga telang segar
  • Siapkan air panas dan rendam kelopak bunga telang selama 15 menit
  • Setelah warna kelopak bunga telang memudar, buang kelopaknya dan saring airnya
  • Teh bunga telang siap dinikmati
  • Agar makin nikmat, Sedulur bisa menambahkan perasan air jeruk nipis atau batang serai

Meski bahaya bunga telang mungkin membuat Sedulur khawatir, tapi tak ada salahnya dengan rutin mengkonsumsi minuman teh bunga telang. Sebab masih ada segudang manfaat kesehatan yang bisa Sedulur dapatkan. Namun pastikan Sedulur mengkonsumsi dengan sewajarnya dan tidak berlebihan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.