act of service

Akhir-akhir ini, masih hangat dibahas mengenai sebuah istilah baru yaitu bahasa cinta atau lebih dikenal dengan love language. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan bagaimana seseorang mengungkapkan perasaan cinta kepada pasangan atau orang terdekatnya. Salah satu jenis bahasa cinta tersebut dikenal sebagai act of service.

Act of service love language adalah bahasa cinta yang dimiliki seseorang yang selalu ingin melayani pasangannya. Orang-orang dengan bahasa cinta ini akan merasa dicintai jika berhasil memberikan pelayanan terbaik kepada orang-orang terdekatnya. Apalagi jika orang lain tersebut memberikan apresiasi.

Apakah Sedulur tertarik mengetahui tentang bagaimana act of service love language tersebut? Simak informasi dalam artikel berikut, ya!

BACA JUGA: 75+Bahasa Sansekerta yang Penuh Makna Beserta Artinya

Apa itu bahasa cinta?

act of service love language
iStock

Sebelum membahas salah satu jenisnya, perlu diketahui bahwa love language atau bahasa cinta merupakan berbagai cara yang dimiliki oleh setiap orang untuk memperlihatkan rasa cintanya kepada orang terkasih. Bahasa cinta diibaratkan sebagai cara untuk memahami diri dan pasangan dalam mengekspresikan rasa cintanya. 

Secara sederhana, bahasa cinta digunakan untuk memahami dan mengomunikasikan apa yang diperlukan untuk membuat seseorang merasa dicintai. Terdapat lima bentuk love language, yaitu words of affirmation, quality time, receiving gifts, physical touch, dan acts of service. Pada kesempatan ini, bahasa cinta yang akan dibahas adalah act of service.

Pengertian act of service

act of service adalah
iStock

Act of service adalah bahasa cinta yang digambarkan sebagai cara seseorang dalam melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pasangannya. Seseorang yang memiliki love language berupa act of service pada umumnya akan merasakan cinta melalui tindakan yang nyata. Sederhananya, seseorang dengan bahasa cinta ini akan menyerahkan waktunya untuk memenuhi keinginan orang terkasihnya.

Seseorang yang memiliki love language satu ini juga akan merasa jika ia dicintai ketika dirinya berhasil meringankan beban serta tanggung jawab pasangannya. Dia akan selalu berusaha untuk membahagiakan pasangannya dengan memberikan pelayanan terbaik. Dengan kata lain, 

orang dengan bahasa cinta jenis ini tidak dapat mengungkapkan cinta lewat kata-kata atau perhatian, melainkan dengan tindakan nyata.

BACA JUGA: Macam-macam Gaya Bahasa Beserta Pengertian & Contohnya

Memahami bahasa cinta act of service

bahasa cinta
iStock

Untuk memahami bahasa cinta acts of service, maka Sedulur harus memahami artinya terlebih dahulu. Act of service artinya sikap siap melayani. Sikap ini dilakukan seseorang yang tidak mampu mengungkapkan rasa cintanya dengan kata-kata saja, namun dilakukan dengan tindakan nyata dengan penuh pengorbanan. Sebagai contohnya adalah merawat pasangan saat sakit, membukakan pintu untuk pasangan, hingga mengantar pasangan kemanapun ia ingin pergi.

Jika pasangan Sedulur memiliki bahasa cinta jenis ini, maka Sedulur dapat mencoba menyampaikan kepada pasangan mengenai tindakan apa saja yang bisa membuat kamu senang. Kamu juga dapat menghargai tindakan yang ia lakukan serta menunjukkan bahwa Sedulur sangat senang dengan apa yang telah pasangan lakukan. Hal ini akan membuat ia senang dan merasa dicintai. 

Contoh act of service dalam hubungan

contoh
iStock

Jenis bahasa cinta acts of service tidak sekadar melakukan sesuatu untuk pasangan, namun Sedulur harus benar-benar memahami apa yang dapat membuat pasangan senang. Tindakan yang dilakukan sebisa mungkin harus membuat pasangan merasa bisa percaya dan mendukung apa yang Sedulur akan lakukan nantinya.

Dalam suatu hubungan, act of service contohnya adalah sebagai berikut. 

  • Membelikan makanan atau minuman favorit pasangan.
  • Membukakan pintu untuk pasangan ketika jalan berdua.
  • Memasak makanan favorit pasangan dengan sepenuh hati.
  • Merawat pasangan ketika sakit dengan tulus.
  • Membantu pasangan menalikan sepatunya.
  • Memutar lagu favorit pasangan ketika bersamanya.
  • Memberi pijatan ketika pasangan merasa kelelahan.
  • Membantu mencuci piring kotor tanpa harus diminta.
  • Membawakan barang belanjaan pasangan.
  • Memenuhi keinginan pasangan seperti pergi jalan-jalan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, bahasa cinta masing-masing orang itu berbeda. Sehingga contoh di atas bukanlah sebuah patokan wajib yang harus dilakukan sama persis. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menunjukkan rasa cintanya kepada pasangan. Orang dengan bahasa cinta act of service cocok dengan orang dengan bahasa cinta apapun asalkan bisa menerima mereka dengan baik. 

BACA JUGA: Apa Arti Crush dalam Bahasa Gaul Anak Muda

Hal yang perlu diperhatikan

Hal yang perlu diperhatikan
iStock

Jika Sedulur adalah seseorang dengan bahasa cinta act of service, maka Sedulur perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Beritahu kepada pasangan mengenai bahasa cintamu

Jika Sedulur memiliki bahasa cinta jenis ini, maka pastikan untuk memberitahu pasangan bahwa Sedulur akan lebih banyak melakukan tindakan nyata daripada mengungkapkan cinta melalui kata-kata. Dengan begitu pasangan akan mengerti dan tidak akan membanding-bandingan dengan cara orang lain yang menurutnya romantis. 

2. Tanyakan kepada pasangan apa yang mereka inginkan

Hal ini juga harus diperhatikan karena Sedulur harus bisa memberikan pelayanan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Jangan sampai Sedulur melakukan hal dengan penuh pengorbanan tetapi ternyata pasangan tidak menyukainya. Hal itu akan merugikan kedua belah pihak.

3. Tunjukkan ketulusan saat melayani

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah menunjukkan ketulusan saat melayani. Hal ini akan membuat pasangan percaya dan merasa senang. Dengan menunjukkan ketulusan, Sedulur juga dapat membuat pasangan tidak merasa bersalah jika melihat Sedulur melakukan hal-hal yang terkesan menyulitkan.

Bagaimana jika pasangan adalah seorang act of service

act of service cocok dengan
iStock

Jika pasangan Sedulur adalah seorang act of service, maka pastikan Sedulur melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Spesifik dengan apa yang diinginkan

Kunci utama dalam suatu hubungan adalah komunikasi yang baik. Saat melakukan komunikasi bersama pasangan itulah, Sedulur dapat memberitahu pasangan secara spesifik mengenai apa yang ingin sedulur dapatkan. Dengan begitu, pasangan akan dapat melakukan sesuai apa yang diinginkan dan Sedulur juga puas dengan hal-hal yang dilakukan pasangan.

2. Apresiasi apa yang dilakukan pasangan

Setelah menerima pelayanan, jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada pasangan. Apresiasi yang Sedulur berikan tentunya akan membuat pasangan merasa dicintai dan dibutuhkan. Pasangan akan semakin sayang dan melakukan hal-hal lain dengan sepenuh hatinya. Ucapan terima kasih adalah contoh paling sederhana untuk menunjukkan bahwa Sedulur menghargai usahanya.

3. Konfirmasi sebelum marah

Jika pasangan adalah seorang act of service, Sedulur dapat melakukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum marah jika hal yang ia lakukan tidak selalu sesuai dengan apa yang Sedulur inginkan. Hal ini bisa saja disebabkan pasangan belum mengetahui cara yang benar atau ia masih belajar sehingga pelayanan yang diberikan belum sempurna. Coba dengarkan apa yang sebenarnya ingin pasangan lakukan sebelum memarahinya, ya.

Sekian informasi mengenai bahasa cinta act of service. Jika Sedulur memiliki pasangan dengan bahasa cinta tersebut, maka Sedulur harus menunjukkan apresiasi dan rasa terima kasih yang tulus untuk membuat pasangan merasa dicintai. Jika Sedulur juga memiliki bahasa cinta ini, maka lebih baik ungkapkan dengan baik sehingga pasangan dapat mengerti seperti apa Sedulur ingin dicintai oleh pasangan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.