Kroto sering disebut larva semut sebenarnya adalah hewan kecil yang digunakan untuk pakan burung peliharaaan. Teksturnya seperti bulir-bulir nasi berwarna putih dan sangat terkenal di kalangan pecinta burung.  Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pakan burung ini, berikut ulasan dari tim Aplikasi Super. Yuk disimak!

BACA JUGA : 7 Tips Memulai Usaha Angkringan dengan Modal yang Kecil

1. Apa Itu Kroto?

Bisa Jadi BIsnis, Begini Cara Ternak Kroto di Rumah, Mudah
IDN Times

Pernahkah Sedulur mendengar kata Kroto? Ya, benda kecil berbentuk seperti bulir nasi putih ini merupakan nama yang dapat digunakan untuk menyebut telur atau larva semut. Istilah ini berasal dari bahasa Jawa dan kemudian langsung menjadi sangat populer di tanah air. Kata ini memiliki arti sebuah komponen yang terdapat di dalam telur semut yang terdiri atas larva dan pupa.  Bentuk tampilan fisik kroto memang sekilas sangat mirip dengan butiran nasi, yakni berbentuk lonjong dan berwarna putih.

Untuk bentuk ukuran sebutir kroto besarnya sekitar 1 cm dengan diameter 5 mm. Lalu, adapun panjang kroto kecil sekitar 5-6 mm dengan diameter 2 mm. Kroto dapat dihasilkan oleh ratu semut rangrang atau ngangkrang dan keberadaannya dilindungi dengan ketat oleh para semut pekerja dan biasanya ini terletak di dalam gulungan daun. Biasanya dalam satu kali panen bisa menghasilkan untung puluhan juta rupiah.  

BACA JUGA : 20+ Peluang Usaha Rumahan & Online Paling Menjanjikan 2022

2. Apa manfaat kroto?

Bisa Jadi BIsnis, Begini Cara Ternak Kroto di Rumah, Mudah
Berempat

Kroto merupakan pakan burung yang memiliki segudang manfaat. Sebab,  dalam larva semut ini mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, sodium, potassium, serta vitamin B1, B2 dan niacin yang tidak menyebabkan kegemukan. Nah, apa sajakah manfaat yang didapat untuk burung kesayangan Sedulur, berikut adalah ulasannya.

Membantu burung kicau terlihat fit dan segar

Manfaat utama dari larva semut ini adalah, membantu tubuh burung kicau tetap fit dan segar. Tidak hanya itu saja. Manfaat lainnya apabila burung kicau Sedulur diberikan pakan ini, maka suara atau bunyi ocehannya akan semakin merdu.

Membantu perkembangan otak

Selanjutnya, manfaat larva semut untuk burung adalah, si burung kesayangan Sedulur akan lebih cepat meniru. Sebab, larva semut dapat membantu dalam perkembangan otak pada hewan ini.

Membantu mengatasi masalah pada burung

Apabila burung kicau kesayangan sedulur, mengalami stres, lesu atau tidak mau bunyi atau mengoceh, maka tidak ada salahnya memberi pakan larva semut ini.

Menjadi obat burung

Manfaat larva semut selanjutnya adalah bisa menjad sebuah obat. Larva semut bisa menjadi solusi dalam setiap permasalahanan atau penyakit yang dialami oleh burung kicau Sedulur.

BACA JUGA: Peluang Bisnis di Balik Belatung, Potensi Hasil Jutaan Rupiah!

3. Jenis kroto yang disukai burung

Bisa Jadi BIsnis, Begini Cara Ternak Kroto di Rumah, Mudah
klanggenan

Tidak semua jenis kroto atau larva semut disukai oleh burung  kicau. Dan ada beberapa jenis kroto yang harus kamu ketahui dan fungsi dari larva semut untuk pakan burung tersebut. Berikut adalah ulasan secara lengkapnya.

Kroto basah

Jenis kroto yang paling disukai oleh burung kicau adalah, kroto yang basah.  Dalam artian masih baru dengan mengandung banyak protein dan air. Jenis ini, sangat baik untuk tumbuh kembang si burung, namun ada minusnya yaitu karena terlalu banyak air makan tidak bisa bertahan lama.

Kroto kasar

Jeniss ini berupa induk semut atau ratu dan semut jantan. Jenis kroto ini dianggap bisa bertahan lama sampai seminggu. Meski demikian, jenis yang ini tidak terlalu disukai burung.

Kroto halus

Jenis ini berupa kroto dari semut pekerja baik kecil dan  besar. Jenis ini dianggap tahan lama, sampai dengan seminggu. Meski demikian, jenis ini sangat kurang disukai oleh burung.

Kroto kacang

Jenis ini merupakan campuran dari kroto kasar, kroto halus dan juga kroto basah. Selain itu, kroto ini juga dicampuri dengan bahan lain seperti kacang, jagung,  padi, dedak dan voer.

BACA JUGA : 12 Jenis Bisnis Modal Kecil yang Untung Besar, Patut Dicoba!

4. Ternak kroto

Bisa Jadi BIsnis, Begini Cara Ternak Kroto di Rumah, Mudah
Boombatis

Ternak kroto ternyata bisa menjadi salah salah satu cara dalam memperbanyak jumlah pakan untuk burung kicau atau menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Namun, untuk memulainya, perlu mencari bibit koloni dengan membelinya di toko bibit atau bisa langsung mencari di alam.

BACA JUGA : 30+ Contoh Usaha Kecil-Kecilan Yang Menghasilkan Dari Rumah

5. Cara ternak kroto di rumah

abahtani

Menyiapkan bibit koloni

Hal pertama yang perlu Sedulur siapkan adalah menyiapkan bibit koloni, bisa dari hasil menangkap di alam bebas atau membelinya dari petani. Namun, apabila Sedulur kesulitan menangkap kroto di alam bebas, lebih baik  membeli saja dari petani. Di tingkat pembibit, harga beli bibit kroto ini terbilang cukup mahal, untuk satu kemasan botol plastik ukuran 1 liter, biasanya akan dihargai sekitar Rp150 – Rp200 ribu rupiah.

Membuat kandang dari paralon

Banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan beternak kroto menggunakan paralon. Selain mudah dan praktis, maka bisa bertahan cukup lama. Caranya pun hanya dengan menyusun paralon dua tingkat.

Menebar bibit koloni

Langkah selanjutny dalam ternak kroto  adalah menebar bibit koloni ke dalam kandang tersebut. Kalau Sedulur membeli bibit koloni dalam kemasan botol atau toples, potong botol platik atau buka dan letakkan di atas susunan paralon. Nantinya, koloni tersebut akan masuk secara sendirinya. Tapi dengan syarat, lubang paralon tersebut sudah diisi dengan dedaunan.

Pemberian pakan

Dalam koloni semut rangrang membutuhkan dua hal, yaitu protein dan karbohidrat sebagai asupan gizi. Protein ini bisa didapatkan dari hewan-hewan kecil seperti jangkrik,  ulat, atau cicak.

Proses panen

Proses panen sudah mulai bisa dilakukan setelah sarang semudah sudah terlihat penuh dengan kroto yang berwarna putih. Kalau sarang tersebut sudah stabil, proses panen bisa dilakukan setiap 15-20 hari sekali.

6. Harga kroto

KR Jogja

Sebagai pakan burung agar lancar dalam berkicau, ternyata membuat harga kroto menjadi lebih tinggi di pasaran. Tahun lalu, harga kroto untuk per kilogramnya berkisar Rp 75 ribu, sedangkan harga per ¼ kgnya berada dalam rentang harga 50 ribuan. Apabila Sedulur hanya membutuhkan sedikit, harga sekantong plastik kroto 100 gram dihargai Rp 30 ribuan.

Nah, itu tadi ulasan mengenai pakan burung bernama kroto yang bisa juga kalian ternakkan sendiri di rumah Sedulur. Apalagi, bisnis kroto ini sangat menarik dan bisa mendatangkan cuan yang  besar.