temukan arah kiblat

Bagi umat Islam, kiblat merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan ketika akan melaksanakan ibadahsalat. Sebab, menghadap kiblat termasuk dalam syarat sah salat. Oleh karenanya penting bagi Sedulur untuk tahu bagaimana cara temukan arah kiblat.

Beruntung saat ini ada sejumlah aplikasi penunjuk arah kiblat yang bisa diunduh dan dipasang di smartphone. Aplikasi apa sajakah itu? Cari tahu selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Mengenal Aplikasi Getcontact untuk Deteksi Nomor Orang Lain

Mengenal kiblat

pengertian
tribunnews

Sebelum mencari tahu tentang cara temukan arah kiblat dengan aplikasi, tak ada salahnya bagi Sedulur untuk terlebih dahulu memahami apa itu kiblat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kiblat adalah arah ke Ka’bah di Makkah. Kiblat juga diartikan sebagai arah, jurusan, dan mata angin.

Sementara dalam konteks agama, kiblat dijelaskan sebagai arah yang dituju umat Islam ketika melaksanakan ibadah. Salah satu ibadah yang diwajibkan untuk menghadap kiblat adalah salat. Sebab ada pula ibadah yang tidak disyaratkan untuk menghadap kiblat, misalnya adalah puasa.

Adapun arah yang dituju umat Islam adalah Ka’bah, sebuah bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Kota Makkah, Arab Saudi. Ka’bah dibangun oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS. Ka’bah merupakan bangunan berbentuk segi empat atau kubus yang mana keempat sudutnya diperkirakan searah dengan empat mata angin. Ka’bah memiliki penutup berupa kain kiswah berwarna hitam.

Sementara itu, perintah menghadapkan wajah ke Ka’bah saat salat terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 144 yang berbunyi:

“Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya.”

Perintah menunaikan salat dengan menghadap kiblat juga tertuang dalam Al Baqarah ayat 150, sebagai berikut:

“Di antara syarat shalat lainnya adalah menghadap kiblat. Allah Ta’ala berfirman, ‘Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram.'”

BACA JUGA: 20 Aplikasi Menggambar dan Melukis Terbaik di PC dan Tablet

Aplikasi penunjuk arah kiblat

Aplikasi penunjuk arah kiblat
unsplash

Bagi umat Islam di Indonesia, kiblat identik dengan arah barat. Hal ini disebabkan letak geografis Indonesia berada di sebelah timur Kota Makkah di mana Ka’bah berada. Sehingga ketika menghadap ke arah Ka’bah, sama artinya dengan menghadap ke barat.

Selain dengan melihat arah mata angin, Sedulur juga bisa temukan arah kiblat dengan aplikasi. Cara ini cenderung lebih mudah dilakukan karena informasi mengenai arah kiblat langsung ditunjukkan. 

  • Unduh dan instal aplikasi penunjuk arah kiblat
  • Kemudian buka aplikasi dan klik pilihan untuk melihat arah kiblat

Nah, apalikasi apa saja ya yang bisa digunakan? Berikut ini adalah rangkuman beberapa aplikasi penunjuk arah kiblat yang bisa digunakan di ponsel iOS maupun Android.

BACA JUGA: Mengenal Aplikasi Paytren Beserta Cara Kerja dan Kegunaanya

1. Muslim Pro

Muslim Pro
idntimes

Muslim Pro merupakan aplikasi cara menentukan kiblat dengan kompas iPhone
ini juga bisa diunduh oleh pengguna Android. Apps yang identik dengan logo berwarna hijau dan gambar masjid ini dibuat pada 2010 silam.

Apps ini menyediakan beragam fitur yang dapat mendukung kegiatan beribadah Sedulur, mulai dari pengingat waktu salat, Alquran lengkap dengan terjemahan dalam berbagai bahasa, doa-doa, hingga fitur untuk temukan arah kiblat.

2. Qibla Finder Compass %100

Qibla Finder Compass %100
google play store

Sesuai namanya, arah kiblat berapa derajat ini memiliki fitur yang bertujuan untuk membantu kaum muslim temukan arah kiblat. Nantinya, arah kiblat akan ditunjukkan dengan anak panah pada peta yang tertera di aplikasi.

Adapun Qibla Finder Compass %100 menawarkan kemudahan untuk menemukan arah kiblat tanpa harus terkoneksi dengan internet. Selain itu, penentuan arah kiblat juga didasarkan pada GPS sehingga hasilnya lebih akurat.

3. Kompas Kiblat, Arah Kiblat AR

Kompas Kiblat, Arah Kiblat AR
kompas

Aplikasi Kompas Kiblat, Arah Kiblat AR ini dapat Sedulur gunakan secara gratis. Adapun fitur yang ditawarkan tidak hanya menemukan arah kiblat, melainkan juga waktu salat untuk wilayah Indonesia, Malaysia, dan India. Selain itu tersedia juga fitur untuk mendengarkan murotal Al Quran beserta terjemahannya.

Di samping itu, pengguna aplikasi arah kiblat kompas HP ini juga bisa memilih mode notifikasi di mana ponsel akan bergetar jika selaras dengan arah kiblat. Pihak aplikasi juga menyarankan untuk menjauhkan ponsel dari perangkat elektronik lain untuk mendapatkan hasil terbaik ketika mencari arah kiblat.

BACA JUGA: Cara Mainkan Snake Lewat Aplikasi Google Maps

Temukan arah kiblat tanpa aplikasi

Temukan arah kiblat tanpa aplikasi
Qibla Finder

Selain menggunakan aplikasi di atas, Sedulur juga bisa temukan arah kiblat online tanpa aplikasi. Caranya ialah dengan memanfaatkan Qibla Finder dari Google. Ikuti langkah ini untuk memaksimalkan apps ini.

Unduh Qibla Finder di browser. Pihak Google menyarankan untuk mengakses Qibla Finder menggunakan ponsel untuk pengalaman yang lebih baik. Nantinya pada ponsel Sedulur akan ditampilkan kompas arah kiblat online.

Demikian tadi ulasan mengenai beragam aplikasi yang bisa Sedulur manfaatkan untuk temukan arah kiblat. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan Sedulur mengenai cara menemukan arah kiblat dengan mudah, ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!