Digital drawing atau kegiatan menggambar menggunakan aplikasi digital di gawai, baik PC, tablet, dan ponsel sudah jadi hal yang lumrah di masa kini. Permintaan akan ilustrasi digital pun meningkat beberapa tahun belakangan seiring dengan semakin banyaknya orang mengakses konten di platform-platform digital. Misalnya saja untuk keperluan membuat video edukatif, infografis, hingga reklame dan branding

Buat Sedulur yang ingin belajar atau bahkan menekuni bidang ilustrasi digital, ada baiknya melengkapi amunisi dengan software yang mumpuni dan bisa menunjang kariermu. Tanpa berlama-lama lagi, berikut belasan rekomendasi aplikasi menggambar dan melukis terbaik PC yang bisa Sedulur akses. 

BACA JUGA: 20 Aplikasi Video Editor for PC Terbaik yang Mudah Dipelajari

1. Adobe Photoshop 

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
GVAAT Workshop

Photoshop bisa dibilang salah satu pelopor software untuk drawing yang tergolong powerful. Sudah ada sejak tahun 1990an, Photoshop masih jadi favorit banyak ilustrator di berbagai belahan dunia. Tak hanya untuk mengedit dan memanipulasi foto, ia menyediakan banyak brush yang bisa dipakai untuk menggambar dan melukis di PC. Photoshop menghasilkan gambar bitmap yang memungkinkan pengguna menampilkan detail seperti tekstur dan efek. Ia bisa dipakai untuk kebutuhan menyimpan gambar dalam bentuk soft file atau cetak sekalipun. Nah, untuk mengaksesnya, Adobe menyediakan sistem langganan Creative Cloud seharga sekitar Rp 300 ribu per bulan. Dengan berlangganan, Sedulur akan dapat update rutin serta cloud penyimpanan. 

-->

2. Adobe Illustrator 

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
The Verge

Dikembangkan oleh perusahaan yang sama, Illustrator didesain untuk pengguna yang butuh gambar berjenis vector. Vector biasanya dipakai untuk ilustrasi-ilustrasi yang lebih sederhana seperti logo, tipografi, serta outline art. Meski begitu, tak sedikit pelukis digital yang menggunakannya untuk melukis dengan teknik tertentu. Tergantung kreativitas dan preferensi saja, yang jelas Illustrator tidak bisa menampilkan tekstur sejelas aplikasi yang berbasis bitmap. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk menata layout meski sebenarnya Adobe memiliki perangkat lunak khusus lainnya untuk kebutuhan tersebut. 

3. Krita 

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
Krita

Buat Sedulur yang masih pemula dan ingin belajar menggambar di PC, silakan coba Krita. Ia adalah aplikasi menggambar di laptop touchscreen maupun tidak yang bersifat open source. Artinya Krita bisa diakses gratis di semua jenis PC baik Windows, Mac, maupun Linux. Meski gratis, fiturnya menyerupai Photoshop. Hanya saja tidak ada pengembang yang akan memberikan update atau customer service yang akan membantumu bila terjadi masalah. Namun, banyak sesama pengguna yang akan bertukar informasi jika kamu mau mencarinya di jagat maya. 

BACA JUGA: Ciri-Ciri Komik, Lengkap dengan Pengertian, Jenis & Contohnya

4. GIMP

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
Afterdawn

Aplikasi menggambar di laptop gratis berikutnya adalah GIMP. Ia memiliki kemiripan dengan Photoshop dan Krita. Bisa dipakai untuk melukis maupun membuat elemen desain dan memanipulasi foto. Sedulur bisa langsung mengakses software-nya di situs resmi mereka secara cuma-cuma tanpa syarat. Bahkan buat yang desainer UI, kamu bisa mengintegrasikannya dalam berbagai bahasa pemrograman seperti Phyton, Perl, dan lain sebagainya. 

5. Corel Painter 

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
File Info

Corel adalah salah satu pengembang aplikasi menggambar dan melukis terbaik PC yang cukup terkenal. Untuk keperluan menciptakan gambar dalam format bitmap, ia memiliki aplikasi bernama Painter. Menariknya, Corel dibanderol dengan sistem sekali bayar saja bukan berlangganan. Mereka juga disertakan secara cuma-cuma dalam paket drawing pad dan stylus pen merek tertentu. Kamu bisa mencari promo macam itu untuk dapat Corel dengan harga yang lebih murah. 

6. Procreate 

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
Skillshare

Selain di PC, kini banyak pula kreator yang menggunakan tablet untuk menggambar. Ini karena mereka lebih praktis dan mudah digunakan dengan stylus pen. Salah satu yang digemari para seniman digital adalah iPad. Ini karena keberadaan aplikasi menggambar untuk pemula bernama Procreate yang sejauh ini hanya bisa diakses di iOS. Procreate juga menghasilkan gambar bitmap dengan kemudahan bagi pengguna untuk memilih dan membuat sendiri brush yang mereka butuhkan. Procreate memberikan sensasi menggambar di atas kertas yang sangat nyaman dengan UI yang mudah dipahami, serta fitur ekspor yang lengkap. Serunya lagi, Procreate cukup dibeli sekali dengan harga Rp 150 ribu saja tanpa harus berlangganan bulanan. 

7. Adobe Fresco 

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
Adobe

 

Masih untuk tablet, Sedulur bisa juga mencoba Adobe Fresco. Ia mengekor fitur-fitur Procreate yang memberikan pengalaman bak menggambar di atas kertas. Untuk mencoba fiturnya, Sedulur harus berlangganan dengan biaya sekitar Rp 150 ribu per bulannya. Fresco didesain untuk iOS dan desktop Windows, utamanya untuk para pengguna Windows Surface. Sayangnya, ia tak tersedia untuk pengguna tablet Android, nih. 

BACA JUGA: 10 Aplikasi Pengolah Terbaik, Mudah & Praktis Digunakan

8. Autodesk Sketchbook

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
Dexigner

Kalau kamu masih pemula dan belum mau keluar banyak uang, coba saja aplikasi Sketchbook. Ia aplikasi melukis di Android dan iOS yang bisa diakses secara cuma-cuma. Mereka juga mudah dipakai dan pilihan brush-nya bikin mupeng. Hanya saja, user interface mereka cukup kompleks dan mungkin akan butuh beberapa waktu untuk memahami fitur-fitu yang mereka sediakan. Ini aspek yang membuatnya kurang cocok buat anak-anak.

9. Paper by WeTransfer 

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
WeTransfer

Paper adalah salah satu aplikasi menggambar dan melukis terbaik tablet yang bisa Sedulur coba. Ia berformat bak kumpulan buku sketsa pribadimu. Cocok kalau kamu suka coret-coret di kala luang. Ide-ide yang muncul bisa langsung direkam di sana dan bisa disimpan berdasar kategori. Paper baru tersedia di AppStore alias hanya bisa diakses pengguna iOS sejauh ini. Gratis, sayang banget kalau nggak punya.

10. Rebelle 

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
Creative Bloq

Rebelle bisa jadi aplikasi menggambar dan melukis terbaik PC terutama buat Sedulur yang suka melukis dengan brush yang bertekstur. Harganya pun lebih murah dibanding Photoshop dan Corel kalau dihitung-hitung. Namun, karena pengalamannya yang realistis ini, Sedulur harus siap dengan kapasitas penyimpanan yang longgar, sebab software ini memakan cukup banyak memori dan RAM. 

11. Clip Studio Paint Pro 

aplikasi menggambar dan melukis terbaik pc
ClipStudio

Clip Studio Paint banyak dipakai oleh para kreator manga. Sedulur yang sering melihat proses pembuatan manga pasti pernah melihat penampakan software ini di layar para pelukisnya. Harga Clip Studio tergolong murah untuk kantong para profesional mengingat fiturnya yang mumpuni. Hanya saja untuk pemula, interface mereka mungkin akan tampak sedikit mengintimidasi. Buat tahu kecocokannya dengan kebutuhan Sedulur, mereka menyediakan percobaan gratis 30 hari. Ia bisa dipakai di berbagai jenis PC, tablet, dan ponsel. 

12. Artweaver 

Artweaver

Artweaver sejauh ini hanya tersedia untuk Windows dan tersedia dalam versi gratis. Tampilannya cukup sederhana, hampir seperti Corel dan Photoshop versi lawas. Pengembangnya juga menyediakan berbagai brush yang menawan dan versatile untuk dipakai. Namun, beberapa mengeluhkan versi gratisnya yang sering mengalami error di tengah proses. 

BACA JUGA:  10 Cara Screenshot di Laptop & Komputer Tanpa Aplikasi

13. ArtRage 

ArtRage

Tersedia untuk Windows dan MacOS, Artrage adalah aplikasi menggambar di PC yang bisa Sedulur lirik kalau ada budget. Harganya sekitar Rp 1 jutaan dan cukup bayar di awal, kok. Software ini bisa menampilkan gambar secara realistis dengan tekstur dan efek khas gambar bitmap. Hanya saja ia butuh space penyimpanan yang cukup besar pula. Sama seperti Photoshop sih sebenarnya.

14. Paintstorm Studio 

Mactrast

Dengan harga jauh lebih murah, Sedulur bisa coba Paintstorm Studio. Ia kompatibel dengan berbagai sistem operasi kecuali Android. Jadi, selain di PC, Sedulur bisa menggunakannya di iPad. Meski bertipe bitmap, ia bisa dipakai untuk menggambar linework. Ia juga dipuji atas tampilan usernya yang mudah. Software ini juga butuh ruang penyimpanan yang lapang agar bisa berjalan optimal. 

15. Black Ink 

Steam

Baru tersedia di PC dengan OS Windows, Black Ink bisa jadi pilihan buatmu. Mereka menyediakan brush yang realistis sehingga memungkinkan pengguna membuat lukisan dengan berbagai tekstur bak menggunakan cat dan kuas asli. Tergantung preferensi dan gaya gambar yang kamu usung, Black Ink mungkin bukan aplikasi yang cocok buat pemula. Ia juga berbayar, tetapi tidak menggunakan sistem langganan. 

16. Medibang Paint Pro 

Medibang Paint

Medibang memiliki persamaan fitur dengan Photoshop, tetapi ia lebih banyak dilirik para kreator komik. Makin menarik karena ia gratis meski memiliki fitur-fitur yang menyerupai perangkat lunak premium. Pengguna Windows dan MacOS bisa menikmati fitur mereka dan menggunakannya bersama drawing pad yang dimiliki.  

BACA JUGA: 15 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah & Gratis

Bisa diakses melalui dekstop Windows, Mac, dan bahkan iOS, Affinity Photo adalah salah satu alternatif Photoshop yang ditawarkan dengan harga lebih murah. Tentu saja ada berbagai kekurangan dibandingkan si empu, tetapi buat Sedulur yang ingin aplikasi legal dengan fitur keren dan harga pembelian murah, ia adalah pilihan tepat. 

18. Inkscape 

Inkscape

Inkscape adalah salah satu aplikasi menggambar dan melukis terbaik PC Windows, Mac, dan Linux yang gratis tanpa syarat. Sedulur bisa mengaksesnya kapan saja. Mereka pun melakukan update berkala, kok. Tentu saja sebagai platform gratis ada berbagai keterbatasan, tetapi bisa dimaklumi, kok. 

19. Fire Alpaca 

Fire Alpaca

Fire Alpaca bisa jadi aplikasi menggambar di laptop Windows dan Mac untuk anak yang gratis dan sangat mudah digunakan. Bahkan ukurannya sangat ringan, tidak akan berdampak pada laptop dengan spesifikasi rendah sekalipun. Tampilannya mudah dipahami, anak-anak pun akan langsung mencoret-coret dengan mudah. 

20. Tayasui Sketches 

Product Nation

Sedulur yang menggunakan iPad dan Tablet Android bisa mencoba Tayasui Sketches. Software ini sangat ringan dan mudah dipahami tampilannya. Pemula pun akan menikmatinya. Pilihan brush mereka memang tidak seberagam aplikasi premium lain, tetapi ia bisa memberimu kenyamanan. Anak-anak pun bisa mencobanya. Sedulur yang punya si kecil bisa menyuguhkan aplikasi ini untuk teman berkreasi mereka. 

BACA JUGA: Cara Ganti Background Online Gratis Tanpa Aplikasi Anti Ribet

Tips memilih software digital drawing 

Dari belasan pilihan di atas, tentu Sedulur jadi bimbang nih mau pilih yang mana. Baca tips berikut biar makin yakin. 

  • Pilih sesuai budget yang dimiliki. Jika seorang pemula, Sedulur bisa coba aplikasi gratis atau mencoba fitur percobaan gratis dari aplikasi yang ditaksir. 
  • Bila akan dipakai untuk tujuan profesional, Sedulur tinggal pilih nih mau yang menggunakan sistem langganan atau yang sekali bayar. Tentunya sekali bayar lebih praktis dan murah, tetapi tidak semua aplikasi sekali bayar menyediakan update reguler seumur hidup. Perhatikan hal ini juga sebelum memilih.
  • Lihat kompatibilitasnya dengan gawai yang Sedulur pakai. Ini juga bisa jadi pertimbangan saat Sedulur membeli gawai untuk keperluan menggambar digital.
  • Ketersediaan customer service juga harus dicek. Bukan tidak mungkin Sedulur bisa mengalami masalah saat menggunakan software. Jika membeli lisensi, biasanya Sedulur akan mendapatkan akses 24/7 ke layanan pelanggan yang handal. 
  • Cek fitur yang mereka miliki. Inilah mengapa free trial sangat diperlukan untuk melihat apakah semua fiturnya bisa mengakomodasi kebutuhanmu. Bila tidak ada fitur coba gratis, silakan riset dengan membaca dan menonton video review dari pengguna lain.
  • Pastikan sesuai dengan format yang kamu inginkan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada software khusus vector dan bitmap. Mereka punya kelebihan dan kekurangan masing-masing serta peruntukkan yang juga berbeda.
  • Keberadaan fitur tambahan seperti motion graphics dan 3D mungkin bisa masuk pertimbangan bila Sedulur memang akan fokus di pembuatan karya dengan efek tertentu. 
  • Ketersediaan ruang penyimpanan dan graphic card yang memadai. Percuma bila Sedulur sudah membeli lisensi software, tetapi ternyata tidak kompatibel dengan spesifikasi PC Sedulur. Ini bisa jadi pertimbangan pula saat akan upgrade gawai di masa depan. 
  • Cek juga perintilan lain seperti format dokumen yang didukung serta konsistensi warna. Meski sepele kalau sering bermasalah di warna atau susah diekspor ke format yang umum dipakai tentu momen menggunakan aplikasi jadi tidak lagi menyenangkan. 

Berbagai rekomendasi aplikasi untuk menggambar di PC dan tablet sudah dirangkum buat Sedulur. Semua punya pro dan kontranya masing-masing. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan saja. Selamat memilih yang terbaik. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!