paytren

Salah satu aplikasi e-money yang ada di Indonesia dan merupakan karya anak bangsa adalah Paytren. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran, seperti pembayaran menggunakan kode QR, pembayaran tagihan, juga pembayaran sedekah.

Aplikasi Paytren menawarkan manfaat dan keunggulan yang lebih agar setiap transaksi penggunanya menjadi lebih bernilai. Tiga alasan utama menggunakan Paytren adalah mudah dan efisien, adanya keuntungan setelah melakukan transaksi, dan adanya tambahan wawasan serta edukasi untuk pengguna.

Untuk lebih mengetahui mengenai aplikasi ini, Sedulur dapat menyimak artikel berikut ini ya.

BACA JUGA: Pengertian Modernisasi Beserta Ciri-ciri, Dampak & Contohnya

-->

Apa itu Paytren

paytren
Tempo.co

Paytren adalah aplikasi pembayaran digital atau e-money yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi pembayaran. Paytren secara resmi didirikan pada tanggal 10 Juli 2013. Namun, pada 2018, PT Veritra Sentosa Internasional atau Paytren baru terdaftar sebagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) setelah diberikannya izin uang elektronik server-based dan transfer dana dari Bank Indonesia (BI).

Jika ada yang bertanya, “Paytren milik siapa?” maka sebagai informasi, Paytren merupakan produk dari PT. Veritra Sentosa Internasional yang beralamat di The Suites Metro Blok E5-E7, Jalan Soekarno Hatta, No.693 – RT. 06/ RW.06, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buah Batu, Bandung. Sementara pemilik yang ada dibalik bisnis ini adalah sosok ustaz yang sangat terkenal, yaitu ustaz Yusuf Mansur. 

Cara kerja

paytren
Thidiweb

Sedulur dapat menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah. Cara kerja Paytren dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini.

  1. Instal aplikasi Paytren dan buatlah akun pengguna dengan mendaftar secara gratis.
  2. Isi deposit e-money dengan angka minimal Rp 50.000 melalui transfer bank atau m-banking.
  3. Sedulur langsung dapat menikmati setiap fitur yang tersedia dan melakukan transaksi sesuai kebutuhan.
  4. Sedulur juga dapat memindahkan transaksi yang selama ini dilakukan di bank maupun di outlet-outlet pembayaran menjadi menggunakan Paytren.

BACA JUGA: Perbedaan Psikolog dan Psikiater yang Sering Dianggap Sama!

Kegunaan

PAYTREN
Katadata

Paytren memiliki banyak sekali kegunaan dalam melakukan transaksi. Beberapa kegunaan Paytren adalah sebagai berikut. 

  1. Bayar tagihan. Aplikasi ini dapat Sedulur gunakan untuk melakukan pembayaran pada beberapa tagihan, seperti PLN, BPJS, PDAM, Gas, tagihan HP dan Telkom.
  2. Bayar beli. Aplikasi ini juga dapat Sedulur gunakan untuk melakukan pembayaran terhadap pembelian, yang meliputi pulsa, paket data, voucher games, tiket kereta, hotel, dan tiket pesawat.
  3. Bayar QR merchant. Aplikasi ini dapat Sedulur gunakan ketika menemui merchant yang dapat melakukan pembayaran melalui scan kode QR.
  4. Bayar sedekah. Tidak hanya untuk kepentingan pribadi, aplikasi ini juga memfasilitasi pembayaran sedekah apabila Sedulur tertarik untuk melakukannya. Selain sedekah, aplikasi ini juga memfasilitasi pembayaran zakat dan wakaf.

Keuntungan pengguna 

e-money
Jalan Tikus

Paytren memberikan penawaran  yang sangat menarik ketika melakukan transaksi. Berikut ini adalah beberapa keuntungan Paytren bagi para penggunanya.

1. Transaksi yang mudah dan efisien

Keuntungan pertama adalah kemudahan transaksi yang ditawarkan. Cukup dengan satu aplikasi dalam satu genggaman, seluruh tagihan pembayaran maupun pembelian dapat dilakukan secara cepat dan efisien tanpa harus keluar rumah.

2. Membantu saat traveling

Keuntungan kedua adalah Sedulur dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pemesanan kamar hotel maupun tiket transportasi umum, seperti kereta dan pesawat. Dengan demikian, aktivitas traveling akan menjadi sangat terbantu dan lebih mudah.

3. Memudahkan cicilan kendaraan 

Selain transaksi pembayaran dan pembelian serta kebutuhan traveling, Paytren juga dapat memudahkan para penggunanya untuk membayar cicilan kendaraan. Melalui aplikasi ini, para pengguna tidak harus keluar rumah dan mengeluarkan tenaga serta waktu berlebih untuk melunasi cicilan kendaraan mereka.

4. Adanya cashback pada transaksi 

Paytren juga memberikan cashback pada transaksi yang digunakan penggunanya. Semakin banyak transsaksi yang dilakukan menggunakan aplikasi ini, maka semakin besar pula cashback yang akan didapatkan para pengguna. Sangat menarik, ‘kan?

5. Tersedia fitur ekstra

Aplikasi ini juga menyediakan fitur ekstra yang dapat membantu para penggunanya dalam melakukan transaksi di luar transaksi pribadi. Fitur ekstra tersebut antara lain adalah fitur sedekah, aqiqah, inspirasi UYM, dan fitur fintren. Fitur fintren merupakan fitur yang meliputi savetren, investren, dan asuransi. Terdapat dua macam asuransi yang bisa dipilih, yaitu protren dan pro family.

BACA JUGA: Mengenal Opensea Beserta Cara Membuat dan Menjual NFT

Masalah yang terjadi

pay
Info Sekayu

Akhir-akhir ini banyak pertanyaan yang ditujukan pada Paytren, seperti “Paytren kenapa?” maupun beberapa asumsi, seperti “Paytren penipuan” maupun “Paytren bermasalah”. Mengapa hal ini dapat terjadi? simak informasi berikut ini ya.

Pada awalnya, Paytren menjadi aplikasi yang sangat dibanggakan oleh masyarakat. Namun seiring berjalannya waktu, terdapat berbagai permasalahan yang terjadi. Masalah-masalah tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Dana kelolaan pada Oktober 2019 mencapai Rp 33,9 miliar, kemudian merosot menjadi Rp 1,61 miliar pada Februari 2022. 
  2. Gaji karyawan yang belum dibayarkan. Hal ini sejalan dengan sejumlah karyawan PT Veritra Sentosa Internasional yang masih harus menunggu kepastian nasib setelah dirumahkan tanpa gaji.
  3. Digugat para investor. Bisnis ini juga digugat oleh para investornya terkait masalah dana kerahiman investasi haji dan umroh.

Alasan bangkrut

alasan
Solopos

Alasan kenapa paytren digugat oleh banyak investornya menjadi alasan bisnis ini hampir bangkrut. Paytren bangkrut masih belum bisa dipastikan, karena belum ada informasi valid yang disampaikan pihak terkait.

Selain investor, Paytren juga digugat oleh karyawannya sendiri yang belum mendapatkan gaji selama berbulan-bulan. Namun demikian, aplikasi ini masih ada dan dapat digunakan hingga saat ini. 


Sekian informasi mengenai Paytren beserta cara kerja dan kegunaannya. Terlepas dari segala macam permasalahan yang ada, aplikasi ini tetaplah karya anak bangsa yang patut dibanggakan dan harapannya aplikasi ini tetap dapat menjadi solusi bagi aplikasi e-money di Indonesia.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!