Surat rekomendasi dosen adalah salah satu jenis surat akademik yang biasa dikeluarkan oleh dosen untuk tujuan tertentu, dan kemudian diberikan kepada mahasiswa. Surat ini sama halnya seperti surat rekomendasi yang diberikan oleh perusahaan kepada pegawai. 

Bukan tentang pekerjaan individu pemohon surat, akan tetapi surat rekomendasi yang diberikan dosen biasanya berisi tentang rangkuman pencapaian yang telah dicapai mahasiswa dan beberapa informasi tambahan terkait mahasiswa sebagai pemohon.

Dokumen tersebut sangat berguna bagi Sedulur yang ingin melamar magang atau pekerjaan. Sedulur yang hendak melanjutkan pendidikan ke level S2 pun pasti akan membutuhkan surat rekomendasi ini.

Lalu, pertanyaan yang seringkali muncul adalah “Bagaimana cara meminta surat rekomendasi dosen?”. Bagi Sedulur yang masih kebingungan, mari simak pembahasan di bawah terkait langkah-langkah meminta surat rekomendasi tersebut dan juga beberapa contohnya!

BACA JUGA: Pengertian Produksi Massal: Keuntungan, Tahapan & Contohnya

Cara meminta surat rekomendasi dosen

Depositphotos

Sebelum kita memasuki contoh dari reference letter, alangkah lebih baik jika kita membahas singkat bagaimana cara memperoleh surat rekomendasi tersebut dari dosen. Surat rekomendasi ini sifatnya adalah bantuan, Sedulur sebagai mahasiswa meminta bantuan kepada dosen untuk melegitimasi surat keterangan akademik tersebut.

Maka dari itu, langkah-langkah permohonan surat rekomendasi tidak bisa asal-asalan saja. Selain karena kewajiban seorang mahasiswa untuk menghormati dosennya, namun juga karena biasanya terdapat alur-alur proses tertentu yang sudah ditetapkan universitas berkaitan dengan surat rekomendasi tersebut.

Lantas, bagaimana cara meminta reference letter kepada pengajar yang baik dan benar? Berikut adalah lima langkah sederhananya.

BACA JUGA: 24 Pantai Terindah di Dunia yang Wajib Kamu Datangi!

1. Memiliki hubungan baik dengan dosen

Memiliki hubungan yang baik dengan dosen adalah salah satu kunci utama agar permohonan surat rekomendasi dapat langsung diberikan. Dosen juga seorang makhluk sosial, sudah sebaiknya Sedulur tidak datang ke dosen semata-mata karena kebutuhan saja.

Hubungan yang baik dengan dosen dapat dikembangkan melalui sikap aktif dan kooperatif selama proses kuliah berlangsung. Selain itu, bersosialisasi dengan dosen ketika di luar kelas pun juga sah-sah saja. Dengan hubungan yang semakin akrab, maka proses permohonan surat rekomendasi kepada dosen pun semakin lebih mudah.

2. Tidak perlu meminta surat rekomendasi dari semua dosen

Salah satu poin penting yang perlu dipahami mahasiswa terkait surat rekomendasi dosen ini adalah tidak perlu memintanya dari semua pengajar di universitas. 

Ya, tidak semua dosen di universitas, atau bahkan program studi mengenal siapa Sedulur. Apabila dosen tersebut tidak pernah mengajar Sedulur, maka ia kemungkinan besar tidak mengerti seberapa jauh capaian Sedulur di bidang akademik. Alhasil dosen tersebut pun tidak bisa memberikan legitimasi atas surat rekomendasi yang Sedulur kehendaki.

Biasanya, reference letter akan diberikan kepada mahasiswa yang pernah diajar atau dibimbing. Cobalah minta kepada dosen pembimbing skripsi atau dosen pembimbing akademik.

BACA JUGA: 9 Contoh Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

3. Sampaikan tujuan, tidak perlu berbasa-basi

Apabila Sedulur melakukan permohonan dokumen ini secara langsung kepada pengajar yang bersangkutan, hendaknya Sedulur menyampaikan keinginan tersebut tanpa berbasa-basi terlalu panjang. 

Rata-rata dosen memiliki waktu yang sangat sedikit untuk meladeni kebutuhan mahasiswanya. Usahakan untuk tidak membuang-buang waktu dosen dengan langsung menyampaikan kebutuhan atau tujuan Sedulur.

4. Ingatkan kepada dosen bahwa Sedulur adalah mahasiswanya

Jika dosen tidak mengingat siapa Sedulur, maklumi saja hal tersebut. Wajar, biasanya dosen dapat mengampu puluhan atau bahkan ratusan mahasiswa dalam satu semester. 

Ketika melakukan permohonan surat rekomendasi, ada baiknya Sedulur untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu dengan menyebutkan nama, nomor mahasiswa, asal program studi, dan juga fakultas. Dengan begitu, pengajar dapat melakukan pengecekan apakah Sedulur benar-benar mahasiswanya atau bukan, kemudian melayani permohonan dokumen tersebut.

BACA JUGA: 12 Kota Terdingin di Dunia, Kota Apa Yang Paling Dingin?

5. Ucapkan terima kasih atas bantuan dosen

Apabila proses permintaan reference letter sudah berjalan lancar dan dokumen tersebut telah berada di tangan Sedulur, jangan lupa untuk ucapkan terimakasih. Selain menjadi adab seorang pelajar kepada gurunya, mengucapkan terima kasih juga salah satu wujud tanda syukur karena sudah dibantu oleh dosen. 

Contoh surat rekomendasi dosen

Depositphotos

Sedulur dapat menghubungi pengajar terkait permintaan dokumen akademik ini melalui pesan WhatsApp ataupun email. Terlepas dari cara mana yang Sedulur pilih untuk menghubungi dosen, pastikan Sedulur melakukan permohonan tersebut dengan sopan, ya!

Berikut ini adalah beberapa contoh reference letter yang dapat Sedulur jadikan referensi.

BACA JUGA: Sejarah Kota Surabaya dan Perjuangannya yang Perlu Diketahui!

1. Contoh surat rekomendasi dosen untuk kuliah S2 bagi mahasiswa

PENILAIAN KELAYAKAN AKADEMIK

UNTUK MENERIMA BEASISWA UNGGULAN PROGRAM MAGISTER (S2)

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: (nama dosen)

Jabatan: (jabatan akademik dosen)

NIP: (nomor induk pegawai dosen)

Dengan ini memberi rekomendasi bagi:

Nama: (nama mahasiswa)

Kelayakan akademik pelamar untuk mengikuti program S2 di Program Magister Pendidikan Seni Tari, YG University, Yogyakarta.

Saya memberikan rekomendasi kepada yang bersangkutan untuk memperoleh bantuan biaya pendidikan S2, yaitu Beasiswa Unggulan YG yang disediakan oleh YG University.

Demikian surat rekomendasi ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Pemberi Rekomendasi,

(nama dosen)

(jabatan akademik dosen)

2. Contoh permohonan surat rekomendasi dosen untuk kerja bahasa Inggris

Dear Ms. Lalisa Manoban,

I am writing this email to you regarding my request for a reference letter from you as I will begin my job search soon. As you know, I will be completing my study this December, and fortunately I have found several amazing job opportunities that match my field of study.

As my undergraduate thesis advisor, I believe that a reference letter from you would provide potential employers with credible information to recommend me as a vocal teacher.

If you need any additional information, please let me know by contacting via email or phone.

Thank you for your consideration and help.

Warm regards,

Choi Hyun Suk

+62-626-2626-2626

choi.hyun.sk@yguniversity.ac.id

3. Contoh surat rekomendasi dosen untuk kuliah

surat rekomendasi dosen
Kledo

4. Contoh surat rekomendasi dosen untuk beasiswa kuliah

surat rekomendasi dosen
Scribd

5. Contoh surat rekomendasi dosen untuk beasiswa SMA

surat rekomendasi dosen
Akseleran

Sedulur, demikian pembahasan singkat kita bersama mengenai surat rekomendasi dosen. Pada ulasan di atas, Sedulur dapat memahami bagaimana langkah-langkah untuk meminta surat rekomendasi yang baik dan benar serta beberapa contoh yang dapat dijadikan referensi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.