Adakah di antara Sedulur yang kebingungan dengan seperti apa contoh surat penawaran barang? Bagi Sedulur yang belum paham mengenai jenis surat tersebut, surat penawaran barang adalah sebuah surat yang berfungsi sebagai perantara untuk menjalankan kerja sama perusahaan kita dengan perusahaan luar.

Surat penawaran barang akan sangat berguna bagi Sedulur yang sering bertransaksi bisnis dengan pihak eksternal (konsumen), dan ingin menawarkan barang-barang tertentu kepada mereka. Dengan menawarkan barang tersebut, kerja sama mutualisme akan terjalin di antara bisnis Sedulur dan bisnis perusahaan luar tersebut. Pun mengirimkan contoh surat penawaran barang juga dapat menjadi salah satu teknik marketing yang ampuh untuk menggaet konsumen baru.

Kira-kira, apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat penawaran barang? Bagaimana contoh surat penawaran barang yang tepat? Simak pembahasan di dalam artikel berikut ini untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut.

BACA JUGA: Sejarah Kota Surabaya dan Perjuangannya yang Perlu Diketahui!

-->

Surat penawaran barang, apa itu?

Depositphotos

Seperti yang telah disinggung pada paragraf sebelumnya, surat penawaran barang merupakan suatu jenis surat yang berfungsi sebagai perantara untuk mengembangkan kerja sama dengan pihak bisnis lain. Penawaran dan promosi barang yang berguna bagi pihak eksternal tersebut biasanya akan dijabarkan dalam surat tersebut.

Surat penawaran barang ternyata juga termasuk ke dalam salah satu media promosi yang efektif bagi bisnis. Akan tetapi, berbeda dari media promosi lain yang berusaha ditujukan ke konsumen dalam jumlah besar, surat penawaran barang ini biasanya sudah ditargetkan penerimanya karena ia dibuat ketika ada permintaan dari calon konsumen. Dengan begitu, penawaran dan promosi yang diselipkan akan lebih disesuaikan.

Dengan kata lain, surat penawaran barang adalah surat resmi yang diberikan oleh penjual kepada calon pembeli. Ia berisikan detail mengenai perusahaan dan barang yang hendak ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Tujuan utama dari dibuatnya surat ini adalah agar calon konsumen tahu dan yakin sehingga pada akhirnya terjadi sebuah transaksi jual beli atau kerja sama antara pihak penjual dan pembeli.

BACA JUGA: Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB dan Cara Membuatnya  

Unsur-unsur dalam surat penawaran barang

Depositphotos

Sesuai dengan tujuan surat penawaran barang agar agar calon konsumen tahu dan yakin sehingga pada akhirnya terjadi sebuah transaksi jual beli atau kerja sama antara pihak penjual dan pembeli.

Nah, agar promosi dan penawaran tersebut sampai ke pihak eksternal atau konsumen, maka ada beberapa unsur surat yang perlu perhatian lebih. Unsur-unsur tersebut termasuk informasi tentang perusahaan yang menawarkan barang, barang yang hendak ditawarkan, penjelasan mengenai harga promo, metode pembayaran yang dapat dilakukan, serta lampiran informasi produk.

BACA JUGA: Retail adalah: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Karakteristiknya

1. Informasi tentang perusahaan yang menawarkan barang

Dalam surat penawaran barang, aspek pertama yang harus dituliskan yaitu informasi singkat mengenai perusahaan yang menawarkan barang. Bagian pertama ini adalah ibarat perkenalan, upaya untuk memperkenalkan perusahaan kepada calon konsumen. 

Ketika Sedulur ingin merangkai informasi perkenalan perusahaan tersebut, Sedulur dapat mencantumkan nama perusahaan, alamat perusahaan, dan bidang perusahaan. Bisa juga ditambahkan informasi sampingan lainnya agar calon pembeli dapat melihat gambaran perusahaan secara utuh, seperti capaian perusahaan, visi dan misi, dan sebagainya.

2. Barang yang hendak ditawarkan

Unsur penting yang selanjutnya harus ada di dalam surat penawaran barang adalah informasi atau deskripsi mengenai barang yang hendak ditawarkan. Detail informasi  ini menjadi penting karena pada dasarnya esensi surat penawaran barang terletak di sini. 

Deskripsi barang yang bisa dicantumkan yaitu mulai dari harga barang, stok yang dimiliki, fitur atau kelebihan yang dimiliki oleh barang, dan beberapa aspek informasi lainnya. 

3. Penjelasan mengenai harga promo

Untuk membuat surat penawaran ini lebih menarik, pastinya penawaran tersebut akan disertai beberapa promo spesial. Calon konsumen kemungkinan besar akan lebih mudah tertarik jika diberikan keistimewaan. 

Maka dari itu, Sedulur dapat mempertimbangkan untuk memberikan potongan khusus atau harga promo kepada calon konsumen. Beberapa contoh promo yang dapat Sedulur berikan dalam surat penawaran tersebut adalah potongan harga dengan minimal pembelian jumlah tertentu atau bisa juga gratis ongkos kirim.

BACA JUGA: 8 Contoh Undangan Pernikahan yang Elegan, Simple & Inspiratif

4. Metode pembayaran yang dapat dilakukan

Agar calon pembeli mendapatkan pemahaman yang menyeluruh terkait penawaran di dalam surat, pilihan metode pembayaran juga dapat Sedulur sertakan dalam surat penawaran barang tersebut. 

Metode pembayaran menjadi salah satu komponen penting di dalam surat karena semakin beragam pilihan metode pembayaran, maka akan semakin meyakinkan pula promosi dan penawaran yang dimaksud. Calon pembeli pun akan semakin tertarik tertarik karena sudah mendapatkan penjelasan lengkap mengenai transaksi yang harus dilakukan ketika hendak membeli produk.

5. Lampiran informasi produk

Unsur penting terakhir yang bisa menambah validitas dari surat penawaran barang ini adalah dengan lampiran informasi produk secara lengkap. Dapat juga Sedulur selipkan testimoni dari pembeli terdahulu yang sudah menjajal produk yang ditawarkan. 

Cara membuat surat penawaran barang

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mengulas secara lengkap lima unsur yang perlu ada dalam suatu surat penawaran; informasi tentang perusahaan yang menawarkan barang, barang yang hendak ditawarkan, penjelasan mengenai harga promo, metode pembayaran yang dapat dilakukan, serta lampiran informasi produk.

Lantas, bagaimana caranya merangkai semua aspek informasi tersebut ke dalam suatu surat penawaran barang?

Membuat surat penawaran barang sejatinya hampir mirip-mirip dengan membuat dokumen resmi lainnya. Penulisan surat harus menggunakan bahasa resmi, jelas, singkat, dan tidak bertele-tele. Surat yang Sedulur berikan tersebut juga wajib dilengkapi dengan identitas pemberi surat penawaran, jenis produk yang ditawarkan, serta cantumkan daftar produk dan harganya.

BACA JUGA: Apa itu Saham: Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Resikonya  

Contoh surat penawaran barang

Jangan khawatir apabila Sedulur masih bingung dengan bagaimana cara membuat surat penawaran barang. Berikut ini adalah sembilan contoh surat penawaran tersebut yang dapat Sedulur jadikan untuk referensi. Yuk, simak sama-sama, Sedulur!

1. Contoh surat penawaran keperluan kantor

PT Born Pink Sentosa Abadi

Wisma Lovesick Girls, 3rd Floor, Jl. Shut Down, No. 4, Bangka, Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta

 

Jakarta, 16 September 2022

Nomor: 4/BP/XX/2022

Perihal: Penawaran barang

Lampiran: 2 lembar brosur

Kepada:

PT Berkah Midnights Untuk Swifties

Jl. Snow On The Beach, No. 4, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami ingin memperkenalkan diri dari PT Born Pink Sentosa Abadi, selaku perusahaan yang bergerak di bidang distributor perlengkapan kantor (office supplies). 

Dari sumber informasi yang kami peroleh, PT Berkah Midnights Untuk Swifties merupakan perusahaan properti yang sedang berkembang di kawasan Surakarta dan berencana membuka beberapa kantor cabang di wilayah Jawa Tengah. 

Sehubungan dengan kabar tersebut, kami ingin menawarkan beberapa produk berupa perlengkapan kantor untuk mendukung operasional kantor-kantor cabang baru milik PT Berkah Midnights Untuk Swifties. Dalam surat ini, kami melampirkan daftar produk peralatan kantor beserta harganya untuk dipertimbangkan. Perlengkapan kantor tersebut mulai meja dan kursi kantor, mesin fotokopi, alat penghancur kertas, lemari arsip, dan lain sebagainya. 

Apabila PT Berkah Midnights Untuk Swifties tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk-produk yang kami tawarkan, mohon menghubungi di nomor telepon 021-1234567 atau 081234567. 

Sebagai tambahan, kami dari PT Born Pink Sentosa Abadi juga menyediakan layanan ekstra berupa pengantaran produk dengan biaya kirim gratis. Terdapat juga penawaran harga khusus apabila perusahaan Anda bersedia melakukan pembelian dalam jumlah tertentu.

Besar harapan kami untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan antara PT Born Pink Sentosa Abadi dengan PT Berkah Midnights Untuk Swifties. Untuk informasi lebih lanjut, kami siap untuk menyampaikan presentasi produk yang lebih lengkap. 

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami, 

PT Born Pink Sentosa Abadi

 

Lalisa Manoban

Regional Sales Manager

2. Contoh surat penawaran hunian rumah

PT Born Pink Sentosa Abadi

Wisma Lovesick Girls, 3rd Floor, Jl. Banjar Tebola Sidemen, No. 4, Kabupaten Karangasem, Bali

 

No: 07/XYZ/QWE/YU/2022

Tanggal: 21 September 2022

Hal: Penawaran unit rumah

Lampiran: 1 berkas

Kepada:

PT Berkah Midnights Untuk Swifties

Jl. Snow On The Beach, No. 4, Bangka, Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

 

Dengan hormat,

Memiliki hunian yang nyaman merupakan kebutuhan primer. Kepemilikan rumah tersebut pun tidak hanya terbatas untuk kebutuhan tempat tinggal saja, namun juga bisa dijadikan investasi menguntungkan untuk masa depan. 

Kami mengucapkan banyak terima kasih karena pihak PT Berkah Midnights Untuk Swifties telah berkenan memberikan kami kesempatan untuk memperkenalkan produk hunian dan vila unggulan. Kami, PT Born Pink Sentosa Abadi member dari PinkBlack Property Group, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti di Bali. Bersama dengan surat ini, kami mengajukan penawaran produk kami sebagai berikut:

Square One Residence – Denpasar, Bali

Luas bangunan: 400 m², 500 m², 600 m²

Luas tanah: 500 m², 600 m², 700 m²

Sertifikat: SHM (Sertifikat Hak Milik)

Spesifikasi bangunan: Terlampir

Total unit: 3 unit

Ketersediaan unit: 2 unit

Lokasi: Jl. Cekomaria, Peguyangan Kangin, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

Fasilitas dan akses: 

Rumah sakit, sekolah, universitas, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, minimarket, sarana ibadah.

Harga: 

Rp3.199.000.000,- (Matahari)

Rp5.699.000.000,- (Melati)

Rp7.499.000.000,- (Mawar)

Sistem pembayaran:

Cash

Cash bertahap

KPR Bank tertentu (terlampir)

Square One Residence – Denpasar, Bali adalah kompleks tempat tinggal eksklusif pertama di Denpasar yang memiliki lokasi terbaik di wilayah Bali. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk hunian yang kami tawarkan, mohon menghubungi di nomor telepon 021-123123123 atau 081231231231. 

Hormat kami,

PT Born Pink Sentosa Abadi, member PinkBlack Group

 

Lalisa Manoban

Regional Sales Manager

3. Contoh surat penawaran barang yang benar

EKRUT

4. Contoh surat penawaran barang yang baik

99

5. Contoh surat penawaran barang singkat

Accurate Online

6. Contoh surat penawaran barang jelas

Rangkul Teman

7. Contoh surat penawaran barang menggunakan komputer

Pinterest

8. Contoh surat penawaran barang atau jasa

EKRUT

9. Contoh surat penawaran barang untuk kerja sama

Dicontoh

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi seputar contoh surat penawaran barang. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.