Pernahkah Sedulur terbesit pertanyaan dimana lokasi kota terdingin di dunia? Ya, berbicara tentang cuaca, beberapa wilayah Indonesia akhir-akhir ini memang sering dilanda hujan besar. Alhasil, suhu beberapa kota di Indonesia menjadi agak dingin ketimbang biasanya. Masyarakat Indonesia pun mau tidak mau harus mempersiapkan diri terkait dengan cuaca yang tidak menentu ini, mulai dari membawa jas hujan, payung, menjaga kesehatan, dan lain sebagainya.

Akan tetapi di luar sana, terdapat beberapa daerah yang hampir setiap tahunnya memiliki cuaca dan suhu yang amat dingin. Bukan hujan air yang turun, melainkan hujan salju yang turun seakan tidak ada habisnya.

Tentunya hal tersebut sangat menarik untuk kita ulas, ya Sedulur. Terlebih lagi bagi kita masyarakat Indonesia yang hidup di wilayah tropis, sama sekali tidak pernah merasakan dinginnya salju di tanah kelahiran sendiri. Kalau begitu, kota-kota mana saja, sih yang dinobatkan sebagai kota terdingin di dunia? Ikuti terus ulasan singkat dari 12 kota di bawah ini!

BACA JUGA: Apa itu Saham: Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Resikonya  

-->

1. Yakutsk (Rusia)

MPR News

Kota Yakutsk di Rusia pernah mengalami musim dingin terburuk sepanjang sejarahnya. Tercatat, suhu paling rendah di wilayah tersebut sampai menyentuh angka -70 derajat Celcius, loh Sedulur!

Walaupun begitu, populasi di Yakutsk ternyata dari tahun ke tahun terus bertambah. Salah satu alasannya adalah karena mereka yang tinggal di kota tersebut mencoba peruntungannya untuk menemukan berbagai emas dan berlian yang tersimpan di tanah dan bebatuan Yakutsk.

2. Oymyakon (Rusia)

Wikiwand

Oymyakon merupakan sebuah wilayah di daerah Siberia yang termasuk ke dalam kedaulatan negara Rusia. Lokasi dari wilayah itu sendiri hanya berjarak beberapa ratus kilometer dari Lingkar Arktik. Dengan populasi yang hanya berkisar 500-an orang saja, Oymyakon dinobatkan sebagai salah satu wilayah terdingin yang ada di dunia.

Pada bulan Januari, rata-rata suhu di kota tersebut tercatat hingga -50 derajat Celcius. Suhu dingin paling parah yang pernah dialami masyarakat Oymyakon adalah -67,7 derajat Celcius pada tahun 1933 silam.

BACA JUGA: 65 Contoh Slogan Berbagai Tema yang Unik dan Menarik

3. Kota terdingin di dunia, Ulaanbaatar (Mongolia)

Breathe Mongolia

Ulaanbaatar atau Ulan Bator merupakan ibu kota terdingin di dunia. Bukan Kanada, Russia ataupun Islandia, tetapi Ulaanbaatar. Terletak di Mongolia, suhu tahunan Ulaanbaatar mencapai minus 1,3 derajat Celcius. Yang lebih uniknya, kota ini memiliki musim panas yang sangat pendek.

4. Dudinka (Rusia)

Tripadvisor

Dudinka merupakan rumah bagi setidaknya 20.000 orang yang tinggal di wilayah tersebut. Rata-rata suhu di wilayah tersebut pada bulan Januari dapat mencapai sekitar -33 hingga -24 derajat Celcius.

BACA JUGA: Kumpulan Doa untuk Orang Sakit Laki-Laki dan Perempuan

5. Yellowknife (Kanada)

The Adventurous Flashpacker

Kota terdingin di dunia yang selanjutnya datang dari Kanada, yaitu kota Yellowknife. Ia berjarak sekitar 250 mil dari Lingkar Arktik, wajar apabila suhu paling rendah di kota tersebut pernah mencapai -51 derajat Celcius.

Kota Yellowknife sendiri ternyata menjadi salah satu destinasi wisata favorit, menawarkan berbagai wahana wisata petualangan yang sangat seru. Tertarik untuk mengunjungi Yellowknife, Sedulur?

6. Kota terdingin di dunia, Harbin (Tiongkok)

kota terdingin di dunia
Chinese Language Institute

Harbin merupakan ibu kota dari provinsi Heilongjiang yang terletak di wilayah utara Tiongkok. Musim dingin di wilayah tersebut dikenal sangat mengerikan, sampai-sampai mendapatkan julukan “Kota Es”.

Memanfaatkan kondisi kota yang jarang dijumpai di wilayah lain tersebut, akhirnya pemerintah setempat mengadakan festival es tahunan yang dijuluki Harbin International Snow and Ice Festival. Temperatur kota Harbin sendiri berkisar pada -22 hingga -24 derajat Celcius.

BACA JUGA: 10 Fried Chicken Terenak di Indonesia yang Wajib Kamu Coba!

7. Winnipeg (Kanada)

kota terdingin di dunia
To Do Canada

Winnipeg merupakan ibu kota dari provinsi Manitoba. Pada tahun 1966 silam, suhu di kota tersebut pernah mencapai hingga -45 derajat Celcius.

8. International Falls (Amerika Serikat)

kota terdingin di dunia
Explore Minnesota

Salah satu kota di wilayah Minnesota, Amerika Serikat juga termasuk ke dalam kota terdingin di dunia. Kota tersebut bernama International Falls, dengan suhu terdingin yang tercatat adalah -22 derajat Celcius.

BACA JUGA: Menarik Diketahui! Sejarah Hari Valentine Beserta Asal-Usulnya

9. Kota terdingin di dunia, Fairbanks (Amerika Serikat)

kota terdingin di dunia
Valerie & Valise

Wilayah lain di Amerika Serikat yang termasuk ke salah satu yang paling dingin adalah Fairbanks, Alaska. Suhu terdingin yang tercatat adalah -22 derajat Celcius.

10. Irkutsk (Rusia)

kota terdingin di dunia
Orphaned Nation

Kota Irkutsk di wilayah Irkutsk Oblast, Rusia pernah memasuki musim dingin dengan suhu -19 derajat Celcius.

11. Eismitte (Greenland)

kota terdingin di dunia
Wikipedia

Eismitte adalah sebuah wilayah di tengah Greenland. Dipenuhi es, kota tersebut mengalami suhu dingin yang membeku sampai -65 derajat Celcius pada bulan Februari di setiap tahunnya.

12. Kota terdingin di dunia, Astana (Kazakhstan)

kota terdingin di dunia
The Guardian

Salah satu kota terdingin di dunia berada di negara Kazakhstan. Kota yang dimaksud tersebut adalah kota Astana. Sepanjang tahun, cuaca dingin di Astana tergolong sangat ekstrim. 

Pada musim dingin, masyarakat Astana terpaksa harus bertahan di tengah-tengah suhu yang berkisar pada -30 hingga -35 derajat Celcius. Sungai Ishim yang melintasi kota tersebut juga akan membeku pada periode November sampai April. 

Nah Sedulur, di atas merupakan daftar dari 12 kota terdingin di dunia. Kota-kota tersebut rata-rata memiliki jarak yang dekat dengan wilayah kutub. Jadi, tidak heran bahwa wilayah-wilayah di atas memiliki suhu di bawah 0 derajat Celcius.

Kota terdingin di dunia yang telah kita bahas mulai dari Yakutsk di Rusia, Ulaanbaatar di Mongolia, Yellowknife di Kanada, Harbin di Tiongkok, hingga Eismitte di wilayah Greenland. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah wawasan serta pengetahuan umum, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.