Sunat clamp jadi salah satu inovasi metode khitan paling modern saat ini. Berkat perkembangan zaman, proses tindakan sunat menjadi lebih efektif dan efisien. Sunat, atau dalam istilah medis disebut sebagai sirkumsisi, sejatinya telah memiliki banyak metode tindakan. Namun, metode clamp dianggap paling bagus dan diminati.

Jika berbicara tentang sunat klamp untuk dewasa dan anak-anak, terdapat beberapa jenis clamp yang digunakan dalam tindakan sirkumsisi tersebut. Di antaranya adalah gomco, mogen, hingga smart clamp. Di Indonesia sendiri, metode yang paling lazim digunakan di berbagai klinik adalah smart clamp, dokter akan menggunakan tabung sekali pakai kemudian dipasang di kepala penis. Metode sunat clamp tersebut digadang-gadang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan metode sunat yang lainnya. Penasaran apa saja kelebihannya?

BACA JUGA: Mengenal Macam-Macam Tari-Tarian Tradisional dari Aceh

Jenis-jenis metode sunat

sunat clamp
The Asian Parent

Sebelum masuk ke sunat metode clamp, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu beberapa metode sirkumsisi yang sering dipakai di Indonesia. Terdapat tiga metode sunat selain sunat clamp, yaitu sunat dengan bedah konvensional, sunat dengan metode laser, serta sunat dengan metode elektrokauter.

1. Bedah konvensional

 

Sunat dengan metode bedah konvensional merupakan tindakan bedah kecil yang dari dulu hingga sekarang dilakukan. Proses singkatnya adalah area penis disterilkan, diberikan bius lokal, kemudian tenaga kesehatan akan memotong bagian kulit kulup penis dengan gunting pisau bedah. 

Setelah itu, luka akan dijahit menggunakan benang yang dapat diserap oleh tubuh, sehingga tidak perlu dicopot kembali benangnya.

Perlu diketahui, metode bedah konvensional ini membutuhkan waktu yang lebih lama, baik itu pada saat proses tindakan dan proses penyembuhan. Tindakan sirkumsisi akan dilakukan setidaknya selama 30 menit hingga 50 menit. Sementara itu, proses perawatan pasca sunat akan sedikit repot. Hal tersebut dikarenakan luka yang tidak boleh terkena air dan penggantian perban rutin selama kurang lebih tujuh hari.

2. Laser

Metode yang sering dipakai untuk tindakan sirkumsisi adalah metode sunat dengan laser. Alat yang digunakan akan menghasilkan laser CO2. Secara keseluruhan, proses awal tindakan tidak ada bedanya dengan menggunakan bedah konvensional. Namun, posisi gunting atau pisau bedah digantikan oleh laser CO2.

Pendarahan pada saat proses tindakan disinyalir akan lebih sedikit ketimbang menggunakan metode bedah konvensional. Selain itu, luka sobekan akan lebih teratur jika menggunakan laser CO2. Maka dari itu, biasanya biaya yang dikeluarkan untuk melakukan sunat dengan metode laser ini agak sedikit lebih mahal.

3. Elektrokauter

Metode sunat lainnya yang dapat Sedulur jumpai di Indonesia adalah dengan alat elektrokauter. Elektrokauter merupakan sejenis alat yang menghasilkan arus listrik untuk memotong kulit kulup penis.

BACA JUGA: 10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?

Sunat clamp, metode sunat baru?

sunat clamp
Orami

Salah satu metode sunat terbaru adalah menggunakan clamp. Proses tindakan awal dari sunat ini layaknya metode-metode sunat yang lain, akan dilakukan bius lokal dan sebagainya. 

Setelah itu, kulit kulup akan dimasukkan ke dalam tabung clamp dan dipotong. Tabung clamp kemudian baru dilepas setelah 5 hari. Sunat klamp menurut Islam sangat diperbolehkan karena tidak melanggar syariat agama.

Kelebihan sunat clamp

Berikut ini adalah beberapa kelebihan metode sirkumsisi clamp yang ditawarkan kepada pasien.

1. Tindakan yang cepat

Sebelumnya telah kita sebutkan bahwa sunat metode bedah konvensional memiliki durasi tindakan setidaknya 30 menit hingga 50 menit. Jika Sedulur memilih untuk menggunakan hasil sunat klamp, maka Sedulur dapat memangkas waktu hingga menjadi 7 menit sampai 10 menit saja.

2. Minim pendarahan

Salah satu klaim yang membuat pasien tertarik dengan metode sirkumsisi clamp ini adalah minimnya pendarahan yang terjadi pada saat proses tindakan. Cincin pada tabung clamp dapat mengunci kulit kulup yang terpotong, sehingga pendarahan sangat berkurang.

3. Perawatan luka sunat clamp tindakan yang mudah

Proses sunat ini sejatinya tidak membutuhkan penjahitan untuk menutup sayatan yang terjadi. Alhasil, proses penyembuhannya menjadi lebih mudah dan juga lebih cepat. Lebih daripada itu, bekas luka sayatan pada kulit penis akan terlindungi oleh tabung clamp, sehingga sangat aman jika terkena air. Ia pun juga tidak memerlukan penggantian perban rutin.

BACA JUGA: 16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer & Mudah Dirawat

4. Dapat langsung beraktivitas setelah tindakan

Telah disebutkan bahwa bekas luka sayatan pada kulit penis akan terlindungi oleh tabung clamp. Maka dari itu, pasien dapat langsung beraktivitas setelah tindakan sirkumsisi selesai.

5. Minim rasa sakit

Metode ini diklaim akan mengurangi rasa sakit yang dirasakan pasca tindakan jika dibandingkan antara sunat klamp vs laser. Dengan begitu, pasien tidak perlu merasa takut dan khawatir lagi.

Kekurangan sunat clamp

Berikut ini adalah beberapa kekurangan metode sirkumsisi clamp yang dapat terjadi pada pasien.

1. Infeksi

Layaknya tindakan operasi yang lain, metode sunat ini tetap memiliki risiko terjangkit infeksi. Hal ini berkaitan dengan kesterilan peralatan yang digunakan pada saat tindakan atau kebersihan diri pasien pasca tindakan.

Ciri-ciri terjadinya infeksi pada pasien sunat clamp ini adalah area kulup penis yang bengkak, merah, bernanah, hingga muncul demam dan berkurangnya nafsu makan.

2. Pendarahan

Klaim metode sirkumsisi clamp salah satunya adalah minim pendarahan. Tetapi, klaim tersebut tidak menjamin tidak terjadinya pendarahan sama sekali. Apabila sayatan dari tabung clamp mengenai pembuluh darah pada penis, maka darah tetap akan keluar. Kabar baiknya adalah pendarahan tersebut tetap dapat ditangani dengan jahitan.

3. Proses pemotongan yang tidak tuntas

Keahlian dan kompetensi profesional tenaga kesehatan yang melakukan metode sirkumsisi clamp ini sangat dibutuhkan. Apabila ia kurang berhati-hati, salah satu risiko yang dapat terjadi adalah proses pemotongan kulup penis yang tidak tuntas. Jika hal tersebut terjadi, maka pasien kemungkinan harus melakukan sunat kembali di masa mendatang untuk menghabiskan sisa-sisa kulup yang masih ada.

Perawatan pasca tindakan sunat clamp

Suara

Setelah dilakukan tindakan sirkumsisi, terdapat perawatan tertentu yang patut dilakukan oleh pasien. Beberapa di antara perawatan tersebut adalah meminum obat pereda nyeri, beristirahat yang cukup, membersihkan area penis setelah buang air kecil, dan rutin mandi.

Kemudian, pertanyaan yang biasanya muncul adalah berapa lama sunat klamp sembuh? Metode sunat clamp ini disinyalir memiliki periode penyembuhan yang lebih cepat ketimbang metode bedah konvensional, sekitar beberapa hari saja.

Berikut ini adalah beberapa penjagaan sunat clamp untuk mempercepat proses penyembuhan.

BACA JUGA: 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Meminum obat pereda nyeri

Setelah tindakan, biasanya tenaga kesehatan akan meresepkan beberapa obat untuk membantu penyembuhan pasien. Salah satu obat yang biasanya akan diberikan adalah obat pereda nyeri. Obat tersebut akan mengurangi rasa sakit dan nyeri pada bagian penis setelah dilakukan tindakan.

2. Beristirahat yang cukup

Salah satu kelebihan sunat clamp yang sering disebut-sebut adalah pasien dapat langsung beraktivitas setelah tindakan sirkumsisi. Hal tersebut memang benar adanya, namun sebaiknya kondisi pasien pasca sunat dipertimbangkan kembali. Tunggu dulu sekitar tiga jam pasca sirkumsisi agar meminimalisir bengkak.

Bengkak setelah sirkumsisi merupakan suatu hal yang normal, selama tabung clamp masih terpasang di sekitar penis. Hal tersebut menunjukkan bahwa peredaran darah di penis masih belum lancar. Tetapi, Sedulur tetap perlu memperhatikan kondisi penis secara teratur. Apabila bengkak semakin besar, berwarna kemerahan, hingga demam, maka segera lakukan konsultasi ulang ke tenaga kesehatan.

3. Bersihkan area bekas tindakan setiap buang air kecil

Kebersihan diri menjadi salah satu kunci utama mempercepat proses penyembuhan. Tabung clamp harus selalu dibersihkan untuk menghindari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi, terutama setelah buang air kecil.

Sedulur dapat menggunakan kain kasa steril atau cotton bud yang telah dibasahi oleh rivanol untuk membersihkan sisa-sisa air seni. Cairan saline pun dapat dimanfaatkan untuk membilasnya.

4. Rutin mandi

Seperti yang telah ditekankan pada poin sebelumnya, pasien harus tetap menjaga kebersihan agar cepat sembuh. Tidak ada pantangan mandi atau terkena air bagi pasien sunat clamp. Justru, mandi secara rutin dua kali sehari sangat dianjurkan.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam tabung clamp dengan air lalu mengeringkannya dengan handuk atau kain kasa bersih. Sedulur juga dapat menambahkan cairan antiseptik di bak mandi agar air yang digunakan semakin bersih.

Biaya yang diperlukan untuk sunat clamp

Kumparan

Salah satu hal yang perlu menjadi catatan sebelum memilih metode sunat clamp adalah biayanya. Metode sirkumsisi ini telah menggunakan teknologi terbaru dan paling modern, wajar apabila biaya yang dibutuhkan lebih besar ketimbang sunat dengan metode bedah konvensional.

Sunat klamp biaya yang dipatok oleh klinik-klinik sunat menggunakan metode ini sangat beragam. Biasanya berkisar pada Rp700.000 hingga Rp3.000.000.

BACA JUGA: 12 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia, Hewan, dan Lingkungan

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum sunat clamp

Berita Satu

Satu perkara penting lainnya yang perlu diperhatikan sebelum memilih metode sunat clamp adalah jika pasien memiliki kondisi fimosis. Fimosis adalah kondisi medis pada kulup penis, dimana ia merekat erat kepada kepala penis sehingga terjadi penyempitan.

Jika ternyata pasien memiliki kondisi fimosis ini, sebaiknya untuk tindakan sirkumsisi memilih metode bedah konvensional saja. Selain fimosis, pasien yang dianjurkan tidak memilih metode sunat clamp ini adalah mereka yang terkena hipospadia dan yang terinfeksi virus HIV.

Nah Sedulur, itu dia informasi lengkap mengenai sunat clamp, salah satu metode sunat terbaru yang digadang-gadang minim rasa sakit dan lebih efektif serta efisien ketimbang metode sunat lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.