kota terbesar di indonesia

Terdapat beberapa kota terbesar di Indonesia yang mana berdasarkan luas wilayah, jumlah penduduk maupun kemajuan infrastrukturnya. Beberapa kota tersebut menjadi penopang ekonomi bagi negara Indonesia karena mempunyai pusat perkebunan, pertanian hingga industri kreatif. 

Mana saja yang termasuk dalam kota terbesar di Indonesia? Daripada penasaran, yuk langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA : Sejarah Ken Dedes: Ratu Singasari & Keistimewaannya

1. Jakarta

kota terbesar di indonesia
Kompas

Jakarta merupakan ibukota Indonesia yang mana menjadi kota metropolitan dengan banyak mobilitas masyarakat ada di dalamnya. Infrastuktur yang sudah sangat memadai dan juga banyak sentra bisnis di kota ini, membuat banyak orang mengadu nasib ke Jakarta. Banyak sekai tempat wisata yang ditawarkan kota ini seperti Kota Tua, Ancol, Dufan dan yang lainnya.

-->

Sementara itu, makanan khas Jakarta diantaranya yaitu Soto Betawi, Kerak Tolor, Roti Buaya dan masih banyak yang lainnya. Sebelum menggunakan nama Jakarta, kota ini sempat berganti nama beberapa kali seperti Sunda Kelapa, Batavia, Jayakarta dan  kemudian Jakarta yang masih digunakan hingga saat ini.

2. Surabaya

kota terbesar di indonesia
ikbis.ac.id

Surabaya masuk dalam daftar 3 kota terbesar di Indonesia dan menduduki peringkat kedua. Kota yang dijuluki dengan Kota Pahlawan ini memiliki ikon unik yaitu patung Sura dan Buaya. Selain itu terdapat beberapa monumen yang menjadi simbol sejarah kota ini seperti monumen Bambu Runcing, Monumen Gubernur Suryo dan masih banyak yang lainnya.

Jika Sedulur sedang berkunjung ke Surabaya jangan sampai melewatkan destinasi wisatanya ya. Karena banyak sekali tempat wisata populer di Surabaya seperti Tugu Pahlawan, Museum 10 November, Patung Budha 4 Rupa dan yang lainnya. Selain berwisata, Sedulur sekaligus dapat belajar di Kota Pahlawan ini. Untuk kulinernya Sedulur tidak perlu khawatir, karena banyak sekali makanan khas Surabaya yang dapat Sedulur cicipi seperti Rujak Cingur, Rawon Setan dan Pecel Semanggi Suroboyo.

3. Bandung

Liputan6

Bandung yang juga dijuluki Kota Kembang termasuk dalam 20 kota terbesar di Indonesia. Hal ini karena Bandung memiliki banyak tanaman indah yang tumbuh di taman-taman kota Bandung. Kota Bandung juga terkenal sebagai rumah bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Karena di Bandung terdapat perguruan tinggi favorit masyarakat Indonesia, seperti Insitut Tekonologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dan banyak perguruan tinggi bergengsi lainnya.

Tak hanya menjadi kota terbesar di Indonesia, Bandung juga menjadi kota dengan penduduk terpadat ketiga di Indonesia. Hal ini karena Bandung memang kota industri kreatif dan juga pariwisata. Destinasi kota ini yang dikunjungi antara lain yaitu Trans Studio Bandung, Kawah Putih Ciwidey dan masih banyak yang lainnya. Makanan yang terkenal dari Kota Kembang ini yaitu Peuyeum, Batagor, Nasi Kalong dan yang lainnya.

BACA JUGA : 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

4. Medan

Antaranews

Kota Medan masuk dalam daftar 10 kota terbesar di Indonesia. Kota yang terletak di pesisir Pulau Sumatera memiliki populasi lebih dari 2 juta jiwa. Tak hanya itu, Medan juga merupakan pusat ekonomi utama di Indonesia. Karena wilayahnya dekat negara Singapura, Kota Medan juga memainkan keuntungan ekonomi yang membuat Medan menjadi kota yang maju.

Destinasi wisata kota ini yang wajib Sedulur kunjungi adalah Istana Maimun, Gedung london Sumatra, Kuil Shri Mariamman dan yang lainnya. Sedangkan untuk kuliner, Sedulur dapat mencicipi hidangan khas Medan seperti  Soto Medan, Bika Ambon, Lontong Medan dan masih banyak yang lainnya. 

5. Semarang

inews

5 kota terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Semarang. Ibukota Jawa Tengah ini menjadi kota terpadat kelima di Indonesia. Semarang juga terkenal dengan Kota Jamu karena kota ini merupakan tempat berdirinya perusahaan jamu terkenal di Indonesia. Seperti Jamu Jago, Jamu Cap Nyonya Meneer dan juga Jamu Borobudur.

Salah satu peristiwa sejarah yang terkenal dan terjadi di kota ini adalah Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tak hanya itu, Semarang juga memiliki banyak bangunan bersejarah seperti Lawang Sewu dan Kota Lama Semarang. Makanan khas Semarang yang wajib dicoba antara lain yaitu Lumpia, Mangut Kepala Manyung, Garang Asem, Tahu Gimbal dan yang lainnya.

BACA JUGA : 12 Laptop 10 Jutaan 2022 untuk Bikin Konten & Gaming

6. Batam, Kepulauan Riau

Liputan6

Kota Batam juga termasuk ke dalam kota terbesar di Indonesia dengan luas wilayah kurang lebih 715.00 kilometer persegi. Kota ini memiliki kekayaan alam yang cukup menakjubkan mulai dari lembah, bukit hingga kekayaan lautnya. Tak hanya itu, kota ini juga berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan juga Singapura yang tentunya menguntungkan masyarakat Batam dari segi ekonomi.

Beberapa kuliner khas yang patut Sedulur coba ketika berada di Kota Batam adalah seperti Bingka Bakar, Kek Pisang Villa, Kue Batang Buruk, Keripik Kari, Cokelat Rocklate, Kek Durian, Kek Buah Naga, Bilis Melon dan beberapa makanan khas Kota Batam lainnya.

7. Sorong

kota terbesar di indonesia
Liputan6

Kota terbesar selanjutnya adalah Sorong, Papua. Kota ini memiliki luas 1.105,000 kilometer persegi menjadikan kota ini masuk ke daftar kota terbesar di indonesia 2022. Kota Sorong sangat cocok untuk Sedulur yang akan berinvestasi properti karena kota ini memiliki potensi alam dan harga tanah yang relative masih terjangkau.

Jika sedang berkunjung ke kota ini, Sedulur dapat menikmati destinasi wisata seperti Taman Wisata Alam Kota Sorong, Pagoga Sapta Ratna, Pulau Doom dan beberapa wisata lainnya. Untuk makanan, Sedulur tidak perlu khawatir, Sorong memiliki berbegai macam hidangan yang harus Sedulur cicipi seperti Abon Gulung, Papeda, Keripik Keladi dan yang lainnya.

8. Dumai, Riau

Tribunnews

Kota Dumai masuk dalam 30 kota terbesar di Indonesia. Kota Dumai terletak di Provinsi Riau dan terletak di pesisir pantai Sumatra bagian timur. Infrastruktur Kota Dumai sangat memadai bahkan sudah memiliki akses jalan tol menuju ke Pekanbaru.

Beberapa destinasi wisata yang ditawarkan Kota Dumai yang perlu Sedulur kunjungi diantaranya yaitu Pantai Koneng yang memiliki pasir berwarna putih, Hutan WIsata Dumai dan juga Pantai Purnama. Untuk siata kulinernya, Dumai memiliki beberapa makanan yang wajib dicoba seperti Gulai Udang, Gulai Asam Kuning, Bubur Lambuk dan yang lainnya.

BACA JUGA : 15 Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaik 2022 Beserta Harganya

9. Palangkaraya

Kompas

Kota terbesar di Indonesia urutan selanjutnya adalah Palangkaraya. Kota yang merupakan ibukota Kaliman Tengah ini menawarkan pesona yang sudah tidak diragukan lagi. Kota Palangkaraya juga dikenal sebagai industry pengolahan kayu, lebah madu dan juga tanaman gaharu. Komoditas perkebunan di kota ini yang paling banyak adalah karet dan sawit. Sedangkan untuk hasil pertanian yyaitu tanaman palawija dan pada gogo.

Destinasi yang ditawarkan kota yang mendapat julukan Kota Cantik ini antara lain yaitu Museum Balanga, Bukit Doa Karmel, Tugu Palangkaraya dan yang lainnya. Palangkaraya juga menawarkan kuliner yang patut dicoba seperti Kalumpe, Lontong Banjar, Guang Wei dan lain sebagainya.

10. Jayapura

Pikiranrakyat

Kota Jayapura termasuk dalam 10 kota terbesar di Indonesia menurut luas wilayah. Kota ini memiliki luas 940.00 kilometer persegi. Meski terletak di bagian timur, Jayapura sudah memiliki infrastruktur yang sangat maju dan memadai. Kota ini digadang-gadang akan menjadi kota yang maju karena memiliki potensi nilai investasi properti yang cukup besar.

Jayapura juga memiliki banyak tempat wisata yang sayang jika dilewatkan. Diantaranya yaitu Teluk Youtefa, Air Terjun Cyclop, Pantai Tablanusu  Puncak Jayapura City dan yang lainnya. Untuk kulinernya sendiri, Kota Jayapura memiliki makanan yang harus Sedulur coba seperti Sate Ulat Sagu, Ikan Bungkus, Kue Bagea dan masih banyak yang lainnya.

Demikianlah informasi mengenai kota terbesar di Indonesia. Kota terbesar di dunia adalah Tokyo, Jepang. Mungkin Sedulur baru mengetahui bahwa Jayapura dan Sorong termasuk dalam kota besar di Indonesia. Meski di daerah timur, Sorong dan Jayapura justru memiliki potensi alam yang cukup menjanjikan lho. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.