manfaat pisang klutuk

Sedulur tentu sudah tidak asing lagi dengan buah pisang. Pisang memiliki beberapa jenis diantaranya adalah pisang klutuk atau yang biasa disebut dengan pisang batu. Jenis pisang ini sangat mudah ditemui di ladang, kebun hingga pekarangan rumah. Manfaat pisang klutuk sangat banyak sekali salah satunya adalah untuk mengobati wasir.

Pisang yang tumbuh subur dan liar ini dengan mudah dapat Sedulur temukan di wilayah Indonesia, terkhusus di wilayah Jawa Tengah. Lantas apa itu pisang klutuk dan apa saja manfaatnya? Yuk simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA : 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

Apa itu pisang klutuk?

manfaat pisang klutuk
orami

Pisang klutuk atau yang disebut juga dengan pisang batu merupakan salah satu jenis pisang yang memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan jenis pisang lainnya Pisang ini sering disilangkan dengan jenis pisang lain untuk dapat menghasilkan buah yang besar dan juga enak.

-->

Pisang batu ini berasal dari Asia Tenggara yang memiliki nama ilmiah Musa balbisiana. Jenis pisang ini memiliki bunga atau yang biasanya disebut dengan jantung pisang berwarna merah atau merah marun. Sedangkan buahnya berwarna kuning pucat. Buah pisang batu yang masih mentah akan memiliki rasa yang pahit dan sepet sehingga tidak anjurkan untuk dimakan.

Ciri-ciri pisang klutuk

manfaat pisang klutuk
Freepik

Berikut ciri-ciri dari pisang klutuk yang perlu Sedulur ketahui:

  • Memiliki biji yang banyak
  • Biji tidak bertunas
  • Perkembangbiakan menggunakan bonggol
  • Batang semu dapat bertumbuh dingga 6 meter
  • Memiliki daun yang lebar, panjang, lentur dan kuat

Di bawah ini ada beberapa manfaat pisang batu untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu sebagai berikut: 

1. Meringankan Gejala Maag

manfaat pisang klutuk
Freepik

Manfaat pisang batu yang pertama adalah membantu meringankan gejala maag. Penyakit yang sering menyerang karena telat makan ini dapat Sedulur atasi dengan rutin mengonsumsi pisang batu ini. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan cukup direbus terlebih hingga matang sebelum dikonsumsi.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Freepik

Selain dapat meringankan gejala maag, jenis pisang ini ternyata juga dapat melancarkan sistem pencernaan lho Sedulur. Rasa pisang yang manis akan menciptakan rasa kenyang dan rasa asam menstimulasi organ tubuh yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Jadi pisang klutuk bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan bagi penderita gangguan pencernaan seperti sembelit.

BACA JUGA : Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

3. Membantu mengobati wasir

manfaat pisang klutuk
Freepik

Manfaat pisang klutuk untuk ambeien adalah sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit ini. Wasir atau ambien merupakan penyakit yang terjadi karena adanya pembengkakak pada pembuluh darah balik di area anus. Cara mengobati wasir dengan pisangklutuk cukup sederhana, yaitu cukup dengan menyiapkan buah pisang dan daun jambu muda.

Campurkan air perasan pisang dengan daun jambu muda yang telah dihaluskan. Minum ramuan sederhana ini secara rutin agar wasir dapat segera teratasi.

4. Meredakan demam

Freepik

Demam memang sering menyerang tubuh kita apalagi disaaat musim pancaroba seperti sekarang ini. Nah, pisang batu ini ternyata juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk meredakan demam lho. Caranya pun cukup mudah, yaitu cukup dengan merebus pisang yang sudah dipotong hingga mendidih.

Lalu saring sarinya dan minum 3 kali dalam sehari. Dengan rutin mengonsumsinya, gejala demam akan dengan mudah terobati.

5. Mencegah Diare

Freepik

Manfaat pisang klutuk matang yang selanjutnya adalah dapat mencegah diare. Diare merupakan jenis penyakit yang sering kita derita. Diare disebabkan karena virus dan tersebar melalui makanan dan juga minuman.Selain dapat diobati dengan obat oralit, diare juga dapat diobati bahkan dicegah menggunakan pisang klutuk lho.

Caranya cukup dengan menyiapkan pisang batu matang dan mentah masing-masih tiga buah. Setelah itu, kupas dan potong menjadi kecil-kecil. Kemudian lumatkan potongan tersebut dan ambil airnya. Minum air tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari. Namun perlu diperhatikan, jika setelah meminum cairan ini kotoran menjadi berlendir dan berwarna hijau, Sedulur harus segera menghentikan mengkonsumsinya ya!

BACA JUGA : 10 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan Tubuh Manusia

6. Menstabilkan kadar gula darah

Freepik

Manfaat pisang klutuk untuk diabetes adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Namun Sedulur harus tetap memperhatikan jumlah konsumsinya ya. Hal ini karena pisang juga dapat meningkatkan kadar gula darah pagi penderita diabetes.

7. Mengobati tukak lambung

Freepik

Manfaat pisang klutuk untuk lambung adalah dapat mengobati tukak lambung. Tukak lambung juga sering dengan maag. Penyebab penyakit ini adalah karena keadaan perut yang kosong dengan waktu yang cukup lama. Hal inilah yang menyebabkan asam lambung tidak dapat berfungsi secara maksimal.

8. Menghilangkan jerawat

jerawat
iStock

Manfaat buah yang tumbuh subur liar ini selanjutnya adalah dapat menghilangkan jerawat. Biasanya jerawat muncul karena banyaknya produksi kelenjar minyak yang berlebih. Pisang klutuk merupakan bahan alami yang dapat Sedulur manfaatkan untuk menghilangkan jerawat.

Caranya yaitu parut buah pisang kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah secara halus dan merata. Tunggu hingga 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Cara ini dapat Sedulur lakukan setiap pagi hari agar jerawat cepat hilang.

9. Menghitamkan rambut

Freepik

Pisang merupakan buah yang sudah populer dijadikan masker rambut.  Kandungan nutrisi dalam pisang sangat baik untuk Kesehatan rambut. Selain itu pisang juga mengandung siliki dan unsur mineral yang dapat membantu tubuh untuk mensintesis dan membuat rambut menjadi lebih kuat, tebal dan berwarna hitam.

Selain bermanfaat untuk menghitamkan rambut, pisang batu juga dapat berfungsi sebagai kondisioner yang membuat rambut menjadi lebih berkilau.  Berikut manfaat masker pisang untuk Kesehatan rambut.

  • Mengatasi masalah ketombe
  • Mendukung pertumbuhan rambut
  • Mengatasi kulit kepala kering

Cara menggunakan pisang sebagai produk perawatan rambut alami cukup mudah. Sedulur dapat mencampurkan pisang dengan ebberapa bahan seperti minyak zaitun, lidah buaya dan juga madu.

 10. Mengatasi sakit perut

Freepik

Manfaat pisang klutuk yang terakhir adalah dapat mengatasi sakit perut. Pisang batu juga biasanya digunakan pada makanan rujak. Tak hanya sebagai bahan penambah rasa gurih dan nikmat pada kuliner rujak cingur, kandungan tannin dan saponin yang ada pada pisang batu bisa mencegah sakit perut akibat cita rasa rujak yang pedas maupun alergi sambal. Jadi jika Sedulur mengkonsumsi rujak, tidak perlu khawatir lagi akan sakit perut. 

Demikianlah rangkuman informasi mengenai manfaat pisang klutuk wulung yang perlu Sedulur ketahui. Selain memiliki buah dengan ukuran yang lebih besar dibanding dengan jenis pisang yang lain, pisang klutuk ini juga memiliki segudang manfaat diantaranya dapat mengobati wasir. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.