manfaat tumbuhan bagi manusia

Tumbuhan merupakan organisme atau makhluk hidup yang ada di sekitar manusia. Secara umum organisme satu ini banyak digemari hingga dibudidayakan karena keindahan serta produksi buahnya.Namun tahukah Sedulur, selain menyuguhkan pemandangan indah dan memiliki buah yang lezat, masih ada berbagai manfaat tumbuhan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Satu di antaranya ialah sebagai penghasil gas oksigen yang berperan besar untuk keberlangsungan hidup manusia beserta organisme lain. Tak berhenti sampai di situ, keberadaan tumbuhan juga dapat membawa dampak baik untuk lingkungan. Ingin tahu apa saja manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan? Tak usah berlama-lama, yuk, langsung simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

Mengenal tumbuhan

manfaat tumbuhan bagi manusia
Freepik

Sebelum masuk ke pembahasan soal manfaat tumbuh-tumbuhan bagi manusia, hewan, dan lingkungan, ada baiknya Sedulur menyimak pengertian tumbuhan terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, tumbuhan adalah sesuatu yang tumbuh atau makhluk hidup yang memiliki inti sel dan klorofil.

-->

Sementara dalam bidang ilmu biologi, tumbuhan merupakan makhluk hidup atau organisme yang masuk dalam kerajaan atau kingdom plantae. Tumbuhan juga didefinisikan sebagai organisme eukariota multiseluler. Sekadar informasi, eukariota adalah organisme yang memiliki sel dengan inti sel atau nukleus dan organel bermembran lainnya. Sementara multiseluler artinya organisme yang memiliki banyak sel.

Adapun ciri khas dari organisme tumbuhan adalah umumnya memiliki ciri fisik berwarna hijau. Hal ini disebabkan oleh adanya pigmen klorofil yang memegang peran penting dalam proses fotosintesis. Selain itu, tumbuhan juga memiliki karakteristik bersifat autotrof. Oleh karenanya tumbuhan selalu menempati posisi pertama dalam rantai makanan.

BACA JUGA: Bagian-bagian Penyusun Sel Tumbuhan Beserta Pengertiannya

10 Manfaat tumbuhan bagi manusia dan hewan

manfaat tumbuhan bagi manusia
Freepik

Telah disampaikan sebelumnya bahwa ada berbagai manfaat tumbuhan untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lain, termasuk hewan. Di antaranya adalah tumbuhan menghasilkan oksigen yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernafas. Selain itu tumbuhan juga dapat menghasilkan buah maupun daun yang bisa menjadi bahan pangan. Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia dan hewan.

1. Menghasilkan oksigen dan mengurangi polusi udara

manfaat tumbuhan bagi manusia
Freepik

Manfaat tumbuhan bagi manusia dan organisme lain yang pertama adalah sebagai penghasil oksigen. Sebagaimana yang diketahui, oksigen merupakan zat penting yang dibutuhkan makhluk hidup lain, termasuk manusia dan hewan untuk bernafas. Oksigen pun memegang peran penting dalam kelangsungan hidup suatu organisme.

Adapun tumbuhan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Dalam proses tersebut, tumbuhan menyerap gas karbondioksida dan kemudian melepaskan oksigen. Oleh karenanya, selain menjadi penghasil oksigen, tumbuhan juga berperan mengurangi polusi udara dengan menyerap karbondioksida yang merupakan jenis gas beracun.

2. Sumber makanan

manfaat tumbuhan bagi manusia
Freepik

Tumbuhan juga berperan sebagai sumber makanan atau sumber pangan bagi manusia dan hewan. Menariknya, hampir seluruh bagian tumbuhan dapat Sedulur konsumsi lantaran mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari daun, batang, akar, hingga buah.

Contohnya, pada beberapa jenis tumbuhan seperti kangkung dan bayam, daunnya bisa diolah menjadi hidangan lezat dan bergizi. Sementara, contoh tumbuhan yang akarnya bisa dikonsumsi adalah umbi-umbian seperti singkong, ibu jalar, dan lobak.

3. Bahan obat-obatan

manfaat tumbuhan bagi manusia
Freepik

Manfaat tumbuhan yang selanjutnya ialah sebagai obat untuk mengatasi maupun mencegah berbagai penyakit. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis tumbuhan yang dikenal sebagai tanaman obat. Di antaranya ialah jahe, kencur, kunyit, dan temulawak.

4. Bahan pakaian

Freepik

Tumbuhan juga memiliki manfaat sebagai bahan sandang atau bahan pakaian. Selain bahan pakaian, beberapa jenis tumbuhan juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat tas, sepatu, atap rumah, hingga bahan untuk pembuatan kertas. Manfaat ini diperoleh dari serat berbagai tumbuhan, di antaranya ialah serat kelapa, kapuk, kapas, dan rayon.

5. Manfaat tumbuhan bagi manusia untuk mempercantik lingkungan

Freepik

Selain memenuhi kebutuhan esensial sebagai penghasil oksigen dan sumber pangan, tumbuhan juga memiliki manfaat lain, yakni meningkatkan mood. Hal ini disebabkan tumbuhan dapat berfungsi sebagai hiasan untuk mempercantik lingkungan.

Untuk memperoleh manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah, Sedulur bisa memanfaatkan tanaman hias yang umumnya memiliki bunga yang indah. Beberapa tanaman juga memiliki bentuk daun yang cantik, seperti misalnya daun ivy atau English ivy, rubber plant, lidah mertua, dan peperomia.

Tak hanya 5 manfaat tumbuh tumbuhan bagi manusia saja yang bisa Sedulur ketahui. Berikut ini masih ada 5 lagi manfaat tumbuhan bagi lingkungan yang sangat penting.

6. Bahan produk kecantikan

Freepik

Di samping bermanfaat sebagai obat tradisional untuk mengobati maupun mencegah penyakit tertentu, tumbuhan juga memiliki manfaat sebagai paham untuk membuat produk kecantikan. Ada beberapa tanaman yang telah lama dikenal sebagai bahan kosmetik, misalnya adalah lidah buaya, calendula, tea tree, centella asiatica, dan daun baru cina atau mugwort.

7. Memenuhi kebutuhan industri

Freepik

Manfaat tumbuhan bagi manusia dan contohnya yang selanjutnya adalah menjadi bahan baku industri. Beberapa tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan industri di antaranya ialah tanaman karet, kelapa sawit, kapas, dan kayu.

Sesuai namanya, tanaman karet berguna sebagai bahan baku pembuatan karet maupun keperluan industri sintetis lainnya. Kemudian, kelapa sawit digunakan sebagai bahan pembuatan minyak yang banyak dibutuhkan masyarakat. Sementara itu, kayu dari sejumlah tumbuhan pohon kerap digunakan dalam industri perabotan rumah tangga atau furniture.

8. Bahan bangunan

Freepik

Tumbuhan juga bermanfaat sebagai material membuat bangunan. Jika Sedulur perhatikan, dalam proses pembangunan sebuah rumah maupun gedung, kerap digunakan kayu atau bambu sebagai penyangga konstruksi. Di sisi lain, tidak sedikit pula masyarakat yang memanfaatkan kayu dan bambu sebagai bahan material untuk membangun rumah.

9. Mengatur kualitas dan siklus air

Freepik

Manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia lainnya adalah dapat membantu menjaga kualitas dan siklus air. Sebab, tanaman dapat menjaga air tetap bersih dengan cara menyerap karbon dioksida. Misalnya adalah tanaman eceng gondok yang dikenal bermanfaat untuk menjernihkan air.

Di samping menjaga kualitas air, tumbuhan juga bisa mengatur siklus air. Sebab tumbuhan dapat menyerap air dan kemudian mengeluarkannya menjadi uap air melalui proses transpirasi. Hal ini sangat berguna untuk kelangsungan hidup manusia dan hewan mengingat pentingnya peran air dalam kehidupan.

10. Sebagai tempat tinggal dan tempat bermain

Freepik

Manfaat tumbuhan yang berikutnya ialah menjadi tempat tinggal atau berlindung bagi sebagian organisme, misalnya hewan. Tidak sedikit hewan yang memanfaatkan tumbuhan tertentu sebagai tempat tinggal atau sekadar tempat berlindung dari predator.

Tak berhenti sampai di situ, tumbuhan terutama pohon tinggi dengan banyak ranting juga menjadi tempat bermain bagi hewan-hewan. Fenomena ini salah satunya bisa Sedulur jumpai di hutan.

BACA JUGA: 14 Jenis Tanaman Toga Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan

Freepik

Selain memiliki manfaat untuk kehidupan organisme lain termasuk manusia dan hewan, tumbuhan juga bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Misalnya, fungsi tumbuhan sebagai penghasil oksigen juga bermanfaat untuk menciptakan udara yang segar.

Oleh karenanya, jika Sedulur berada di lingkungan dengan banyak tanaman akan merasa kualitas udara yang lebih baik daripada di lingkungan yang tidak banyak tersedia tanaman. Selain itu, tumbuhan juga membawa dampak baik untuk kestabilan iklim dan mencegah terjadinya bencana alam. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Menjaga kestabilan iklim

Freepik

Manfaat tumbuhan berupa memelihara kestabilan iklim disebabkan tumbuhan dapat menyerap karbon dioksida yang merupakan gas rumah kaca. Seperti yang diketahui, gas rumah kaca menjadi salah satu faktor terjadinya perubahan iklim. Adapun manfaat tumbuhan untuk memelihara kestabilan iklim ini juga secara tidak langsung dapat membawa dampak baik untuk kehidupan manusia.

2. Mencegah terjadinya bencana alam

DLH Buleleng

Beberapa jenis tumbuhan dikenal memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya bencana alam. Misalnya adalah kelompok tanaman pelindung yang selama ini dimanfaatkan untuk konservasi lahan dalam rangka mengurangi risiko erosi yang dapat menyebabkan tanah longsor. Selain itu ada pula tanaman mangrove yang bermanfaat mengurangi dampak tsunami serta menghambat terjadinya abrasi di daerah pantai.

Demikian tadi informasi mengenai 12 manfaat tumbuhan bagi manusia, hewan, dan lingkungan. Dapat disimpulkan bahwa tumbuhan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dan berbagai organisme lain.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.