Apakah Sedulur tahu ada berapa banyak jenis kucing di dunia? Kucing merupakan salah satu hewan mamalia karnivora yang telah lazim dijadikan hewan peliharaan. Ia memiliki nama latin Felis silvestris catus atau Felis catus. Wujudnya yang menggemaskan, dengan bulu halus dan suara khas mengeong yang lucu, memang langsung membuat banyak orang jatuh hati.

Menurut International Cat Association, setidaknya terdapat 73 jenis kucing yang tersebar di seluruh dunia. Namun, terdapat 16 macam kucing yang biasa dijadikan hewan peliharaan. Nah, apabila Sedulur merupakan seorang cat lover, sudah semestinya Sedulur tahu tentang 16 jenis tersebut. Yuk, langsung ikuti pembahasan jenis-jenis kucing dan harganya di bawah ini!

BACA JUGA: Arti Kata Vibes yang Dalam Bahasa Gaul, Banyak Maknanya!

Kucing (Felis catus)

Unsplash

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, kucing merupakan salah satu hewan mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae. Ketika seseorang menyebutkan kata “kucing”, lazimnya ia merujuk pada jenis kucing yang telah dijinakkan, seperti kucing domestik atau kucing rumahan yang dipelihara. Namun, bisa juga ia merujuk kepada “kucing besar”, seperti singa dan juga harimau, dimana masih memiliki nenek moyang yang sama.

-->

Hubungan kucing dengan manusia

Unsplash

Kucing telah menjadi bagian kehidupan manusia setidaknya semenjak 5.000 SM. Pada zaman tersebut, arkeolog menemukan kerangka kucing di yang terkubur Pulau Siprus. Di sana, terdapat sebuah makam manusia yang dikuburkan bersama kucing. Hal tersebut menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi antara manusia dengan kucing telah berlangsung lebih awal daripada yang dilakukan oleh masyarakat Mesir Kuno. 

Orang Mesir Kuno sendiri juga telah bersahabat dengan kucing setidaknya dari zaman 3.500 SM. Mereka menggunakan kucing untuk memburu para tikus dan hewan pengerat lainnya yang biasa merugikan hasil panen.

Selain itu, masyarakat Mesir Kuno juga menjadikan kucing sebagai hewan yang spesial. Mereka menganggap kucing sebagai jelmaan Dewi Bast, sang dewi perlindungan. Orang yang membunuh seekor kucing akan dihukumi mati, dan apabila terdapat kucing yang mati maka ia akan dimumikan seperti manusia. Hal tersebut semakin diperkuat dengan temuan arkeolog yang mengungkap sebuah makam besar yang berisikan 300.000-an mumi kucing.

Di era modern ini, kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling populer di antara hewan-hewan lainnya, termasuk di daerah Eropa dan Amerika Utara. Diperkirakan, terdapat sekitar 500 juta ekor kucing yang ada dan tersebar di seluruh dunia.

Seperti hewan-hewan mamalia lain pada umumnya, kucing terbagi menjadi ke dalam beberapa jenis. Menurut International Cat Association, setidaknya terdapat 73 jenis kucing yang tersebar di seluruh dunia. Namun, terdapat 16 macam kucing yang biasa dijadikan hewan peliharaan. Apa saja 16 jenis tersebut? Yuk, simak ulasan jenis kucing dan sifatnya di bawah ini!

BACA JUGA: Ini Perbedaan Parfum vs Eau de Parfum, Jangan Sampai Salah!

1. Kucing Domestik

jenis kucing
Depositphotos

Kucing Domestik merupakan salah satu kucing yang paling populer dan paling sering dijumpai di lingkungan sekitar kita. Di Indonesia, Kucing Domestik lebih sering dikenal dengan sebutan jenis Kucing Kampung. Seperti namanya, kucing ini bebas berkeliaran di lingkungan pemukiman manusia.

Kucing Domestik tergolong sangat mudah untuk dipelihara. Karena mayoritas kucing tersebut sudah akrab dengan manusia, maka ia menjadi gampang untuk dijinakkan dan dijadikan hewan peliharaan di rumah. 

Walaupun tergolong mudah, tetapi persiapan yang dilakukan sebelum memelihara kucing ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Sedulur tetap harus membawanya ke dokter untuk diperiksa kesehatannya agar tidak membawa penyakit atau kutu pada saat dipelihara di rumah.

2. Kucing Persia

jenis kucing
Depositphotos

Kucing Persia menjadi jenis kucing peliharaan yang banyak diminati oleh orang-orang. Ia juga merupakan kucing ras asing pertama yang diimpor ke daerah Thailand. Seperti namanya, Kucing Persia diyakini pertama kali muncul di daerah Iran dan Turki sana.

Banyak yang terpikat dengan kelucuan dari Kucing Persia ini. Kucing tersebut memiliki kepala dan dahi yang bulat serta lebar, dan telinga kecil yang ujungnya sedikit membulat. Ekornya tergolong pendek dan kaki yang imut kecil. Karakter dari kucing ini sendiri sangatlah ramah terhadap manusia. Ia senang untuk bermain, sering bersantai dan menghabiskan waktunya dengan menjelajahi sudut-sudut rumah. Tidak heran, Kucing Persia menjadi primadona di antara cat lovers.

BACA JUGA: Inspirasi Outfit Kondangan & Tipsnya Biar Gak Salah Kostum!

3. Kucing Anggora

jenis kucing
Depositphotos

Tidak sedikit orang yang terbalik-balik pada saat membedakan Kucing Persia dan Kucing Anggora. Wujud mereka berdua memang hampir mirip. Walaupun begitu, kedua kucing tersebut ternyata memiliki perbedaan yang signifikan, loh Sedulur!

Kucing Anggora mempunyai karakteristik khas pada bentuk kepalanya, yaitu berbentuk segitiga, berbulu lebat menyerupai singa, dengan hidung yang mancung. Karena keunikannya tersebut, alhasil banyak orang yang memelihara jenis kucing Indonesia ini. Kucing ini dibanderol dengan harga 1 juta hingga 2 jutaan rupiah.

4. Kucing Siam

jenis kucing
Depositphotos

Salah satu ras kucing yang paling populer di Thailand adalah Kucing Siam. Terdapat tiga jenis Kucing Siam yang biasanya dipelihara, yaitu Kucing Siam klasik, Kucing Siam tradisional, dan Kucing Siam modern. Ciri khas dari kucing ini adalah tubuh yang ramping, ekor menjulai panjang, mata biru, dengan bulu gelap di bagian muka, telinga, ekor, dan kaki.

5. Kucing Ragdoll

jenis kucing
Depositphotos

Kucing Ragdoll adalah salah satu jenis kucing yang aktif berasal dari Amerika Serikat. Karakteristiknya hampir mirip dengan Kucing Persia dan Kucing Siam. Tetapi, ia termasuk salah satu kucing yang sangat senang bermanja-manja dengan manusia. Apabila Sedulur ingin memelihara kucing ini, Sedulur harus rajin menyikat bulu panjangnya yang lembut.

6. Kucing Maine Coon

jenis kucing
Depositphotos

Kucing Maine Coon merupakan saudara dari Kucing Domestik, namun tubuhnya lebih besar. Kucing ini dapat tumbuh setidaknya hingga berat 15 kg. Karena tubuhnya tersebut, jenis kucing besar yang bisa dipelihara ini mampu hidup di iklim yang ekstrem.

BACA JUGA: 20 Buah Berantioksidan Tinggi untuk Lawan Radikal Bebas

7. Kucing Sphynx

jenis kucing
Depositphotos

Kucing Sphynx mungkin menjadi salah satu jenis kucing mahal yang paling unik di antara yang lain. Pasalnya, kucing tersebut tidak memiliki bulu. Ia juga menjadi kucing yang memiliki kelenjar keringat. Karena hal itulah ia menjadi buruan para pecinta kucing.

8. Kucing Russian Blue

 

jenis kucing
Depositphotos

Seperti namanya, Kucing Russian Blue berasal dari negara Rusia. Ia memiliki karakteristik bulu yang anggun serta mata hijau yang cantik.

9. Kucing Singapura

Depositphotos

Jenis kucing yang sering dipelihara selanjutnya adalah Kucing Singapura. Kucing ini memiliki ciri-ciri tubuh yang mungil, mata yang sipit berwarna hijau atau kuning, serta bulu yang menyerupai mantel coklat muda.

Ia sangat riang dan penasaran akan sesuatu yang baru. Kucing Singapura sering dipelihara karena sangat senang ketika sedang berada di dekat manusia.

10. Kucing Japanese Bobtail

Depositphotos

Kucing Japanese Bobtail adalah salah satu jenis kucing yang unik karena bentuk ekornya yang pendek membulat. Ia berasal dari Jepang, dimana di negara tersebut kucing telah menjadi bagian kehidupan manusia sejak ribuan abad lalu. 

Kucing Japanese Bobtail memiliki tubuh yang kuat, aktif, dan memiliki suara lembut khas yang menggemaskan.

11. Kucing Balinese

Depositphotos

Walaupun bernama Kucing Balinese, tetapi jenis kucing ini sejatinya tidak berasal dari Bali. Justru, ia merupakan keluarga dekat dari Kucing Siam asal Thailand. Pemberian nama Kucing Balinese tersebut dilakukan karena bentuknya yang sangat anggun, menyerupai penari-penari tradisional Bali.

Jenis Kucing Himalaya ternyata masih memiliki kaitan yang erat dengan Kucing Balinese ini.

12. Kucing Scottish Fold

Depositphotos

Kucing ini berasal dari dari wilayah Skotlandia. Kucing Scottish Fold menjadi terkenal karena karakteristik tubuhnya yang unik, terutama bentuk telinga yang terlipat. Kucing ini semakin gemas karena mata besar dengan wajah menyerupai burung hantu. Badannya yang mayoritas agak membulat dan gembul membuatnya menjadi salah satu kucing favorit cat lovers.

13. Kucing American Shorthair

Depositphotos

Kucing jenis American Shorthair adalah salah satu kucing yang paling umum dijadikan peliharaan karena warna perak bulunya sangat lucu. Karakter tubuhnya berbadan besar, bulat, serta kaki lurus yang pendek.

BACA JUGA: 40 Ucapan untuk Orang Sakit Agar Lekas Sembuh

14. Kucing British Shorthair

Depositphotos

Kucing British Shorthair adalah jenis kucing sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Bentuk tubuhnya yang mungil, bulu yang khas dan halus, mata yang besar dan kepala yang  bulat semakin menambah kelucuan hewan kecil tersebut. Perawatannya pun tergolong sangat mudah.

15. Kucing Munchkin

Depositphotos

Salah satu kucing yang mempunyai bentuk badan yang unik adalah Kucing Munchkin. Kucing tersebut memiliki ciri khas tubuh mungil, meskipun usianya sudah dewasa. Bentuk kakinya pun sangat pendek dan kecil. Kucing ini bisa dibeli dengan harga 900 ribuan hingga 6 jutaan rupiah.

16. Kucing Bengal

Depositphotos

Jenis Kucing Bengal sejatinya merupakan jenis campuran dari berbagai ras kucing, seperti Kucing Abyssinian, Kucing American Shorthair, Kucing Burmese, Kucing Egyptian Mau, dan Kucing Asian Leopard. Kucing Bengal pun ternyata masih satu keluarga dengan macan tutul. Walaupun begitu, Sedulur tidak perlu khawatir karena kucing sudah jinak dan sangat ramah untuk dipelihara.

Untuk keturunan asli, kucing ini dibanderol dengan harga 10 jutaan rupiah.

Nah Sedulur, itu tadi merupakan pembahasan singkat mengenai jenis kucing yang perlu Sedulur ketahui. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat, serta menambah pengetahuan dan wawasan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.