manfaat gotong royong

Tentu saja, Sedulur harus membiasakan diri untuk menjalin hubungan sosial dengan masyarakat sekitar, termasuk juga dengan belajar untuk hidup gotong royong. Manfaat gotong royong ternyata juga tidak bisa dianggap remeh. Jadi sebaiknya anak-anak diajarkan dan dilatih sejak dini.

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendirian dan selalu butuh bantuan dari orang lain. Pastinya hal ini berkaitan erat dengan kehidupan gotong royong dalam masyarakat, yakni saling membantu antara satu dengan lainnya.

Lalu sebenarnya apa saja manfaat gotong royong? Langsung saja simak penjelasan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Body Shaming: Definisi & Dampak bagi Kesehatan

1. Mempererat persaudaraan

Pexels

Yang pertama dan paling penting dari manfaat gotong royong adalah mempererat persaudaraan. Karena dengan bekerjasama, maka kita dapat bertemu dengan orang lain. Tidak hanya satu, namun banyak orang dengan latar belakang yang sangat beragam.

Kebersamaan dan juga kekompakan dalam gotong royong inilah, yang akhirnya mampu menciptakan tali persaudaraan yang kuat antara satu dengan yang lainnya. Nantinya sudah tidak canggung lagi ketika bertemu dengan orang lain di lain waktu.

Tidak hanya sekedar bertemu saja, namun juga tidak akan terbiasa menolong orang lain ketika membutuhkan pertolongan. Begitupun juga dengan sebaliknya, kita juga akan mendapatkan bantuan dari orang lain dengan mudah.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Pexels

Ketika ada pertanyaan berupa “sebutkan manfaat gotong royong!”, pasti satu hal yang akan terlintas dipikiran adalah peningkatan rasa percaya diri. Hal ini karena kita akan bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, entah itu agama atau suku.

Nah, pada saat gotong royong ini, tentunya kita akan menjalin interaksi dengan orang lain kan? Inilah yang membuat rasa kepercayaan kita dan orang-orang yang ikut gotong royong terasah. Kita menjadi lebih yakin jika diri kita akan diterima di masyarakat dengan baik.

Tidak hanya itu saja, kita juga akan percaya diri pada saat menjalin komunikasi dengan orang lain. Jika biasanya Sedulur selalu gugup jika bicara dengan orang asing, maka cobalah rutin ikut kegiatan gotong royong. Dijamin kepercayaan diri akan meningkat.

3. Meningkatkan keterampilan sosial

Pexels

Manfaat gotong royong yang selanjutnya, yaitu bisa meningkatkan keterampilan sosial yang kita miliki. Jika pada dasarnya Sedulur memiliki sifat yang pemalu dan cukup sulit berbaur dengan orang lain, maka cobalah untuk ikut aktivitas gotong royong.

Dengan ini, maka keterampilan dalam bersosialisasi Sedulur bisa berkembang dengan pesat. Tidak hanya itu, gotong royong juga dapat membuat Sedulur mendapatkan teman baru. Menariknya teman baru yang akan didapatkan Sedulur bisa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Kemudian ada manfaat lain, yakni mendapatkan beberapa keterampilan seperti kemampuan mengerjakan suatu tugas. Kemampuan dalam menjalin komunikasi dengan banyak orang pun juga turut berkembang secara pesat.

BACA JUGA: 8 Alasan Media Sosial Bisa Jadi Faktor Penentu Kesuksesan Bisnismu

4. Baik untuk kesehatan fisik

manfaat gotong royong
Pexels

Pada umumnya, gotong royong adalah aktivitas yang melibatkan banyak sekali gerakan tubuh. Jadi tidak heran jika salah satu manfaat gotong royong adalah meningkatkan kesehatan fisik kita. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, aktivitas fisik ini sangat penting untuk menjaga berat badan agar tetap sehat.

Manfaat gotong royong yang lain untuk kesehatan fisik adalah meminimalisir resiko berbagai macam penyakit seperti stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, serta sindrom metabolik.

Tidak hanya sampai disitu saja, namun aktivitas fisik seperti gotong royong ini mampu memperkuat tulang dan otot. Bahkan mampu meningkatkan peluang hidup agar lebih lama. Para ahli juga mengatakan, jika orang yang aktif bergerak memiliki kesempatan hidup 33% tinggi daripada orang yang sering berdiam diri saja.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Toxic Relationship Serta Tanda & Cara Atasinya

5. Mendatangkan rasa bahagia

manfaat gotong royong
Pexels

Bisa dibilang ini adalah manfaat gotong royong yang cukup menarik. Ya, mungkin saja Sedulur tidak menyangka, jika gotong royong ini mampu mendatangkan rasa kebahagiaan di dalam diri kita.  Ini karena pada saat bekerjasama dan saling menolong, akan timbul sebuah rasa bangga dan puas kepada diri sendiri.

Pada akhirnya, rasa bahagia akan terpicu. Semakin baik perasaan tentang diri sendiri, tentu saja semakin besar pula pandangan kita akan hidup dan tujuan masa depan yang positif. Sebenarnya ada banyak hal yang mendatangkan rasa bahagia.

Dan dengan ikut gotong royong ini, merupakan salah satu aktivitas yang sangat manjur untuk mendatangkan kebahagiaan. Tidak hanya kebahagiaan untuk diri kita saja, namun juga bagi semua orang yang terlibat di dalamnya.

6. Membuat kesehatan mental lebih baik

manfaat gotong royong
Pexels

Selain baik bagi kesehatan fisik kita, ternyata ada juga manfaat gotong royong yang berdampak positif bagi kesehatan mental. Perlu untuk Sedulur ketahui, jika faktor utama seseorang mengalami depresi itu yakni isolasi sosial yang berkepanjangan.

Terlalu menyendiri dan tidak pernah menjalin komunikasi sosial dengan orang lain itu sangat tidak baik bagi kesehatan mental. Maka dari itu, Sedulur jangan sampai terlalu larut dalam kesendirian. Mulailah menjadi pribadi yang aktif di lingkungan masyarakat, salah satunya ikut serta dalam kegiatan gotong royong.

Dengan melakukan gotong royong, Sedulur bisa tetap berhubungan sosial dengan orang secara teratur. Hal ini juga akan membantu kita dalam mengembangkan sistem pendukung yang sangat solid. Sistem inilah yang akan melindungi diri kita dari ancaman depresi dan stres.

Itulah beberapa hal yang menjadi jawaban dari pertanyaan “apa manfaat gotong royong?”. Ya, kegiatan gotong royong sendiri memang terlihat sederhana dan tidak terlalu penting.

Akan tetapi, setelah melihat poin-poin yang telah dijelaskan di atas, tentu saja kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Sedulur perlu ingat, jika manusia itu adalah makhluk sosial, dan gotong royong adalah salah satu bentuk kegiatan sosial antar manusia.