ilfeel adalah

Untuk urusan hubungan, tentu kamu sudah tidak asing dengan istilah ilfeel, ‘kan? Pengertian dari ilfeel adalah ungkapan yang seringkali digunakan untuk menggambarkan perasaan tidak suka terhadap seseorang secara tiba-tiba. Biasanya kata ini sering dikaitkan sebagai penolakan pada orang lain.

Tujuan utama dari penolakan tersebut tentu saja atas dasar rasa tidak suka. Entah tidak suka dengan penampilannya, entah ucapannya, dan masih banyak lagi. Orang yang illfeel atau ilfeel ini akan mengekspresikan rasa muak pada orang yang dimaksud.

Lantas apakah benar ilfeel artinya adalah tidak suka atau jijik pada seseorang? Langsung saja, mari kita bahas selengkapnya.

BACA JUGA: FWB atau Friends With Benefit: Kenali Arti, Manfaat & Risikonya

Pengertian dari ilfeel

illfeel atau ilfeel
pexels

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti ilfeel adalah adalah timbulnya perasaan kecewa setelah tahu keburukan dari seseorang. Padahal, sebelumnya seseorang tersebut tidak kita benci. Ilfeel sendiri merupakan serapan dari bahasa Inggris yakni illfeel atau ill feel.

Sedangkan menurut Wikipedia, illfeel adalah perasaan risih, jijik, dan muak terhadap perilaku dan juga tingkah laku seseorang yang berlebihan. Biasanya hal ini diutarakan dengan cara yang cenderung kasar dan kurang sopan. Bahkan jika sudah berlebihan, bisa menyebabkan suatu hal yang kurang baik di muka umum.

Akan tetapi, ilfeel ini ternyata juga termasuk dalam kosakata gaul. Dalam kosakata gaul sendiri, ilfeel berasal dari dua kata yakni il dan feel. Untuk il sendiri berarti kependekan dari ilang atau hilang. Sedangkan untuk feel berasal dari bahasa Inggris yang artinya persaaan. Jadi bisa dikatakan jika ilfeel ini seperti hilang perasaan kepada orang lain.

Sedulur mungkin juga sering mendengar istilah “auto ilfeel”, ‘kan? Nah, auto ilfeel adalah perasaan ilfeel yang datang secara tiba-tiba setelah melihat, mendengar, atau mengetahui tindakan dari orang lain yang tidak terduga dalam hal buruk.

Dari informasi yang ada di atas, dapat disimpulkan jika munculnya rasa ini bukan karena tanpa sebab. Penyebab kemunculan rasa ilfeel adalah tindakan orang lain yang aneh, berlebihan, dan tidak pernah kita duga sebelumnya. Umumnya, orang yang membuat kita ilfil itu adalah orang yang sebelumnya tidak kita benci, lho.

Sinonim kata ilfil

rasa ilfeel
pexels

Sinonim ini adalah persamaan arti dari satu kata dengan kata yang lainnya. Untuk kata ilfeel ini, sebenarnya memiliki cukup banyak sinonim. Beberapa di antaranya seperti muak, jijik, benar-benar tidak suka, tidak tertarik, benci, tidak memiliki rasa respect, dan masih banyak lagi.

Dari semua sinonim yang sudah disebutkan sebelumnya, itu semua ditujukan untuk seseorang. Bukan sembarang orang, namun orang yang sudah dikenal dalam kurung waktu singkat dan menunjukkan perubahan sikap atau penampilan yang tidak terduga. Sebelumnya, kita tidak benci pada orang tersebut, namun perubahan sikap atau penampilannya yang membuat kita menjadi ifleel.

Contoh ilfil

contoh ilfil
pexels

Apabila Sedulur sudah paham akan arti dari iflil, maka kita akan lanjut ke pembahasan mengenai contoh sikap yang bisa membuat orang lain merasa ilfeel. Berikut ini adalah beberapa perilaku yang sering menimbulkan rasa ilfeel atu ilfil di mata orang lain.

  • Kurang tata krama

Dalam sebuah pertemuan terutama saat pertama kali, sikap sangat menentukan apakah orang lain akan suka kepada kita atau tidak. Tentu saja, orang lain akan menjadi ilfeel jika kita tidak memiliki tata krama yang baik, walaupun dari penampilan sudah oke.

  • Terlalu banyak bicara

Menjadi seorang yang komunikatif itu memang sangat baik. Namun jika berlebihan juga tidak dianjurkan, terutama pada saat ngobrol dengan orang lain secara langsung. Jangan hanya bicara saja, Sedulur juga perlu mendengarkan lawan bicara.

  • Telah berbohong

Nah, ini adalah salah satu sikap yang paling sering membuat orang lain langsung merasa ilfeel alias auto ilfeel. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang suka bahkan mau dibohongi. Jadi jika Sedulur tidak ingin orang lain ilfeel, maka jangan pernah bohong.

  • Kebersihan buruk

Ini adalah poin yang perlu benar-benar diperhatikan, terutama bagi Sedulur yang hendak bertemu dengan orang baru. Bisa dibilang jika kebersihan itu mencerminkan kepribadian yang kita miliki. Dan seseorang dengan kepribadian yang baik, adalah orang yang bersih.

  • Suka meremehkan

Mungkin Sedulur pernah berpikir jika orang yang suka meremehkan itu akan terlihat lebih pintar dan berwawasan tinggi. Namun justru sebaliknya, orang yang suka meremehkan cenderung tidak disukai oleh banyak orang.

Ilfeel dalam kehidupan manusia

ilfil dan contohnya
pexels

Sebenarnya merasa ilfeel ini wajar-wajar saja asalkan tidak mengganggu kenyamanan diri sendiri dan juga orang lain. Namun jika rasa ilfeel tersebut sudah mempengaruhi kehidupan pribadi, maka itu sudah tidak bisa dibiarkan lagi.

Rasa ilfeel yang ditimbulkan oleh orang-orang sekitar akan membuat perasaan dan emosi kita tidak nyaman. Alhasil kita tidak bisa fokus untuk mengerjakan tugas-tugas sehari-hari dengan baik dan benar seperti seharusnya.

BACA JUGA: Manfaat Hidup Rukun & Nilai Yang Wajib Diajarkan di Rumah

Bagaimana jika kita merasa ilfeel dengan seseorang?

sinonim kata ilfil
pexels

Perasaan ilfeel pada orang lain ini bukan berasal dari kebiasan buruk orang tersebut, melainkan rasa tidak suka Sedulur akan perilakunya. Pada saat merasa ilfeel pada orang lain maupun orang-orang di sekitar, maka Sedulur perlu menelusuri penyebab perasaan itu terlebih dahulu.

Jika penyebab utama dari perasaan tersebut sudah berhasil ditemukan, maka Sedulur bisa mempertimbangkan apakah perilaku orang yang dimaksud bisa diterima atau tidak. Apabila masih sesuai dengan norma dan aturan, mungkin saja Sedulur masih bisa menerima dan menyesuaikan diri dengan perilakunya. Sehingga nantinya Sedulur bisa terbiasa dan rasa ilfeel akan hilang secara perlahan.

Bagaimana cara agar tidak ilfeel pada seseorang?

auto ilfeel adalah
pexels

Hal pertama yang perlu Sedulur lakukan, yakni mengerti dan menyadari lebih dulu jika setiap orang itu memiliki kelebihan, kekurangan, dan juga kebiasaan masing-masing. Jika sudah bisa menerima perbedaan itu, tentu saja Sedulur bisa menemukan alasan orang tersebut bertindak demikian.

Selain itu, perasaan Sedulur juga tidak akan terganggu lagi pada saat melihat perilaku orang lain yang tidak sesuai dengan kepribadian Sedulur sendiri. Sebenarnya tidak masalah jika Sedulur memberitahu orang tersebut akan sifatnya yang dianggap aneh dan bikin ilfeel. Namun Sedulur juga harus memahaminya, karena tidak semua orang benar-benar terbuka dan bisa menerima masukkan.

Bagaimana ketika ada seseorang yang ilfeel pada kita?

ilfeel
pexels

Untuk urusan yang satu ini, sebenarnya tergantung pada situasi yang ada. Jika tidak mengganggu aktivitas Sedulur dan orang lain, maka itu tidak menjadi masalah. Namun jika sudah mengganggu aktivitas, tentu saja perlu untuk diselesaikan.

Contohnya saja Sedulur bisa introspeksi diri, apakah sikap dan perilaku yang dilakukan itu salah atau tidak sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku? Atau mungkin hanya tidak sesuai dengan kepribadian seseorang saja?

Jika Sedulur ingin menjadi lebih baik, maka bisa memodifikasi kebiasaan tersebut. Namun sebelum itu Sedulur perlu mencari tahu, apakah orang tersebut memang ilfeel atau sebenarnya ada masalah dibalik itu semua.

Cara agar seseorang tidak ilfeel pada kita

ciri-ciri
pexels

Satu hal yang pasti, Sedulur dapat mengantisipasinya dengan berperilaku sesuai dengan aturan dan tuntutan lingkungan. Pada saat berinteraksi dengan orang lain, maka Sedulur bisa mencari tahu dulu apa kesukaan, kebiasaan, dan lain sebagainya. Sehingga rasa ilfeel dari orang tersebut bisa dicegah atau diantisipasi.

Hal ini dapat Sedulur lakukan dengan syarat tetap nyaman pada saat menjalankannya. Jika tidak, maka alangkah baiknya Sedulur tetap berperilaku sebagaimana diri sendiri. Dengan menjadi diri sendiri, tentu saja emosi dan perkataan bisa lebih terkontrol.

BACA JUGA: 12 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sering Tidak Disadari Oleh Wanita

Itulah pembahasan mengenai beberapa hal tentang ilfil dan contohnya. Dari informasi yang ada di atas, bisa disimpulkan jika rasa ilfeel ini menjadi salah satu tanda akan ketidaksukaan satu orang dengan orang lain.

Ya, sebenarnya ilfeel adalah sifat alami dari manusia itu sendiri. Namun bagi Sedulur ingin yang berusaha agar tidak ada orang lain yang ilfeel, itu juga tidak masalah.