Sering buang air kecil secara terus menerus ternyata tidak baik buat kesehatan. Bisa jadi, hal itu menjadi awal mula munculnya gejala penyakit serius. Maka dari itu pencegahan dini mutlak dilakukan, supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Daripada penasaran, berikut ulasan lengkap yang berhasil dihimpun oleh tim Aplikasi Super mengenai penyebab sering buang air kecil.

BACA JUGA : 12 Manfaat Rebung yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

12 Penyebab Sering Buang Air Kecil

1. Infeksi saluran kantong kemih

sering buang air kecil
sehatQ

Penyebab sering buang air kecil yang pertama adalah infeksi saluran kemih. Kondisi semacam ini terjadi karena ada bakteri menyerang saluran kemih. Hal ini bisa menyebabkan peradangan, sehingga mengganggu kemampuan kandung kemih dalam menahan kencing.

Gejala yang umum terjadi saat menderita infeksi saluran kemih adalah dimulai dengan sakit demam dan nyeri perut pada bagian bawah atau pinggang.

2. Kandung kemih overaktif

sering buang air kecil
halodoc

Penyebab sering buang kecil selanjutnya adalah, bisa jadi kandung kemih overaktif. Kandung kemih overaktif atau overaktive bladder terjadi karena sebuah aktivitas kandung kemih mengalami kontraksi secara berlebihan meski belum penuh oleh urine. Jadi kamu akan sering buang air kecil.

Kandung kemih overaktif biasa ditandai dengan keinginan saat ingin berkemih dan sulit ditunda dan bahkan terbangun ketika waktu tidur malam hari di mana pada waktu ini sangat rentan untuk buang air kecil.

3. Infeksi ginjal

sering buang air kecil
alodokter

Apa penyebab sering buang air kecil, bisa jadi kamu mengalami infeksi ginjal Sedulur. Infeksi ginjal sering kali terjadi akibat dari infeksi kandung kemih. Gejala yang mungkin bisa ditimbulkan dari infeksi ginjal adalah meliputi sering kencing, sakit demam, nyeri punggung dan bahkan ada sensasi rasa terbakar  atau nyeri saat hendak buang air kecil.

BACA JUGA : 12 Manfaat Lada Hitam & Putih Untuk Kesehatan Tubuh

4. Batu ginjal

sering buang air kecil
liputan6

Penyebab sering buang air kecil atau apa penyebab sering pipis, maka bisa jadi kamu mengaalami sakit batu ginjal. Selain kerap kencing, gejala yang pasti muncul pada mereka penderita batu ginjal adalah sering mengalami muntah dan mual. Lalu sakit perut pada bagian bawah terdapat darah pada urine dan urine bisa menjadi keruh.

5. Kehamilan

sering buang air kecil
alodokter

Apa penyebab sering buang air kecil dan cara mengatasinya bisa bisa dialami para kaum hawa yang sedang dalam masa kehamilan. Selama trimester pertama, wanita hamil akan lebih banyak buang air kecil. Masalah ini terjadi karena adanya perkembangan uterus dapat menekan kandung kemih.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Masker Peel Off Terbaik Untuk Wajah Cerah

6. Diabetes

alodokter

Diabetes juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Penyakit yang satu ini juga menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Diabetes terjadi karena kadar gula di dalam tubuh tidak terkontrol dengan baik. Orang yang menderita diabetes, biasanya ketika memiliki luka di bagian tubuh lain akan sangat sulit untuk sembuh. Khususnya buat mereka yang memiliki penyakit  diabetes yang parah.

Namun, kamu bisa mendeteksi gejala diabetes sejak dini lho Sedulur. Biasanya, apabila kamu sering kencing, bisa jadi awal menderita penyakit diabetes. Hal ini terjadi karena tubuh berusaha untuk mengeluarkan glukosa yang tidak terpakai dan ada di darah melalui urine.

7. Gangguan prostat

alodokter

Sering buang air kecil pertanda apa? Bisa jadi Sedulur mengalami sebuah gangguan pada prostat. Pembesaran prostat  (BPH) bisa menekan uretra atau bisa disebut dengan saluran kemih. Jadi menyebabkan dinding kemih akan lebih sensitif. Maka akibatnya, kandung kemih akan lebih mudah mengalami kontraksi bahkan ketika hanya ada sedikit urine. Sehingga menjadi penyebab sering aktivitas seperti ini tapi sedikit.

BACA JUGA : 10 Inspirasi Model Meja Belajar untuk Anak yang Ergonomis

8. Efek obat-obatan diuretik

halodoc

Penyebab sering buang air kecil selanjutnya bisa jadi karena Sedulur baru saja mengonsumsi  obat-obatan diuretik. Perlu kamu ketahui Sedulur, penggunaan obat-obatan diuretik berfungsi dalam memuang cairah yang berlebih yang ada di dalam tubuh. Biasanya jenis obat ini digunakan sebagai upaya pengobatan hipertensi atau biasa diartikan sebagai tekanan darah tinggi.

Bisa jadi apa penyebab sering buang air kecil tanda apa, bisa jadi itu merupakan efek dari kamu mengonsumsi obat-obatan diuretik.

BACA JUGA : Madu Untuk Asam Lambung, Benarkah Bisa Redakan Gejalanya?

9. Diverkulitis

alodokter

Penyebab sering pipis selanjutnya bisa jadi karena  adanya  infeksi yang terjadi pada divertikula atau biasa disebut dengan diverkulitis. Biasanya, diverkulitis akan ditandai dengan adanya rasa nyeri pada bagian perut tepatnya  di bagian kiri bawah, diare, pendarahan dari anus.

Namun, hal lain yang wajib kamu perhatikan adalah sering kencing juga bisa disebabkan oleh gangguan pada saraf, stroke dan sebuah gangguan kecemasan. Jadi, selain kamu memperhatkan masalah di atas, kamu juga harus memperhatikan faktor lain.

10. Terlalu banyak minum air putih

klikdokter

Penyebab sering pipis selanjutnya sesederhana kamu terlalu banyak minum. Minumam memang sangat penting untuk kesehatan  tubuh, akan tetapi kalau kamu terlalu banyak minum, maka kamu akan sering bolak balik ke kamar mandi untuk kencing.

Penyebab aktivitas ini bisa disebabkan karena ginjal berusaha untuk mengeluarkan cairan yang berlebih dalam upaya menjaga keseimbangan elektrolit yang ada di dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, maka minumlah sedikitnya  delapan gelas air putih dalam sehari.

11. Minum-minuman diuretik

liputan6

Sering buang air kecil tapi tidak sakit bisa artikan kamu terlalu banyak mengonsumsi  minuman-minuman yang bersifat diuretik seperti  alkohol, teh, kopi dan soda yang bersifat diuretik. Artinya minuman semacam ini bisa menambah kadar garam dan air pada urine tentu akan menghasilkan lebih banyak.

Apabila produksi urine dalam tubuh kamu bertambah banyak, maka kandung kemih tentu saja akan menjadi lebih cepat penuh. Karena sebab inilah, mungkin Sedulur akan sering mengalami aktivitas ini. Hal yang wajiib kamu ketahui Sedulur, biasanya efek diuretik akan berlangsung kurang lebih.

12. Pelvis lemah

doktersehat

Penyebab kamu sering buang air selanjutnya adalah, mengalami lemah. Pelvis lemah adalah saat ketika terjadi otot mengalami peregangan dan lemah yang mungkin saja terjadi pada masa kehamilan dan persalinan, kandung kemih mungkin saja akan keluar dari posisinya. Nah, masalah ini menjadi penyebab  buang air kecil

Cara mengobati sering buang air kecil terus menerus

Kencing terus menerus memang sangat  mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Namun, bukan berarti, masalah tersebut tidak bisa diatasi dengan baik. Tetap ada obat yang bisa menghentikan aktivitas ini seharian. Maka tidak usah khawatir lagi apabila kamu mengalami aktivitas semacam ini.

Salah satu cara supaya kamu bisa mengatasi masalah semacam ini adalah dengan melakukan konsultasi ke dokter. Nantinya, dokter akan menanyakan riwayat penyakit Sedulur dan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang. Nah, apabila dokter sudah menemukan jawabannya, maka dokter akan merencanakan penanganan yang sesuai.

Demikian ulasan mengenai penyebab sering buang air kecil yang wajib kamu tahu dan cara pengobatannya. Semoga pembahasan ini, membantu Sedulur yang mengalami masalah soal sering kencing. Jadi, pastikan selalu menjaga pencernaan Sedulur dan imbangi dengan makan-makanan yang berserat.