Seiring dengan masih berlakunya pembelajaran daring, anak pun membutuhkan space yang nyaman untuk belajar di rumah. Tentunya meja belajar yang ergonomis adalah salah satu hal yang bisa Sedulur berikan pad putra-putri untuk menunjang kinerja mereka. 

Sedulur bisa membeli meja yang sudah jadi, mendaur ulang meja lawas, atau pesan perabot custom untuk mendapatkan meja yang paling pas untuk anak. Nah, sebagai referensi sebelum belanja atau pesan, berikut beberapa inspirasi perabot rumah untuk mendukung kenyamanan belajar anak yang bisa Sedulur tengok. 

BACA JUGA: 15 Tips Dekorasi Kamar Kos Aesthetic Paling Nyaman

1. Meja belajar minimalis yang basic

meja belajar
Instagram @hom.fy

Berbahan kayu dengan desain yang sebenarnya dasar. Penampang persegi panjang dan empat kaki serta laci seperlunya, meja ini termasuk yang sustainable. Bisa dipakai anak sampai mereka dewasa nanti. Tinggal sediakan kursi yang bisa diatur ketinggiannya agar anak tetap bisa pakai dengan nyaman dalam waktu lama. 

2. Meja belajar bergaya Skandinavia dengan gagang 

Instagram @designwanted

Meja belajar kayu yang satu ini didesain dengan elegan. Diberi pegangan di sekelilingnya untuk memudahkan perpindahan serta bisa dipakai untuk menyimpan barang yang butuh digantung. Sederhana dan ringan, lebarnya pas. Tak terlalu besar dan kecil. 

3. Meja kayu mid century modern yang timeless 

 

Dezeen

Meja macam ini memang terlihat antik, tetapi desainnya ergonomis dan kokoh. Ia sebenarnya mengadopsi desain mid century modern yang belakangan sedang tren. Meski tak catchy atau menarik untuk anak-anak, ia tergolong praktikal dan timeless. Apalagi bahannya kayu solid, jadi bisa dipakai dalam waktu lama. 

4. Meja futuristik untuk diletakkan di sudut ruangan

meja belajar
Instagram @design1future

Jika Sedulur tergolong orang yang menyukai hal-hal artsy, meja yang satu ini bisa dilirik. Dengan lipatan di bagian sudutnya, ia bisa diletakkan di pojok kamar untuk menghemat tempat. Aksen bak kertas terlipatnya pun tidak hanya ornamental, tetapi bisa dipakai sebagai rak atau kompartemen tingkat.

BACA JUGA: Harga dan Jenis Triplek yang Sering Digunakan, Jangan Salah Beli

5. Meja dengan kompartemen luas dan wadah untuk menyangga kaki 

Pinterest @dcoracao

Penyangga kaki sangat penting untuk anak karena tinggi badan mereka yang mungkin kurang pas dengan meja. Untuk menghindari kaki mereka menggantung, pilih meja yang memiliki penyangga kaki atau sediakan di bagian kursinya. Dengan begitu, ini akan mencegah anak merasa lelah saat belajar. 

6. Solusi untuk ruang sempit

Instagram @lapetitemaison53

Ini salah satu meja belajar anak kekinian yang sedang diburu. Perpaduan antara penampang kayu dan kaki logam yang ramping memang bisa bikin ruang terlihat lapang. Pas diletakkan di kamar yang sempit. Apalagi ia didesain dengan bentuk persegi seperti ini, tak makan banyak tempat. Ukurannya ideal untuk dipasang di sebelah kasur untuk kamar dengan lebar 4 meter. 

7. Meja belajar lipat dengan bahan chrome dan akrilik

meja belajar
Instagram @ggumigi

Sedulur yang ingin memfasilitasi anak, tetapi terkendala ketersediaan ruang bisa mencoba berburu meja seperti ini. Ia bisa dilipat dan dibuka dengan mudah saat dibutuhkan atau hendak disimpan. Bahannya bisa akrilik dan logam berlapis chrome. Elegan dan fungsional. Bisa dipadu dengan stool atau sofa di ruang tengah. 

8. Meja belajar khusus anak yang bisa dipakai banyak orang 

meja belajar
Instagram @ggumigi

Meja seperti ini cocok untuk Sedulur yang memiliki putra dan putri lebih dari satu orang. Luas, jadi muat 2-4 anak sekaligus. Namun, karena ukurannya cukup pendek karena didesain khusus untuk anak usia tertentu, meja macam ini mungkin hanya berfungsi selama beberapa tahun dan harus dijual atau didonasikan. 

BACA JUGA: 19 Variasi Pagar Tembok Paling Diminati & Super Aman!

9. Upcycle dari kayu sisa 

parolanasema.blogspot.com

Sedulur bisa pula membuat meja belajar dari kayu-kayu sisa yang teronggok di gudang. Susun jadi penampang dan beri kaki dari besi bolong seperti ini. Meja dengan tema industrial yang minimalis pun jadi. Bisa dicat sesuai keinginan. Kokoh dan hitungannya lebih murah, tetapi memang butuh waktu, tenaga, dan niat untuk membuatnya. 

10. Meja bulat dengan lapisan melanin 

meja belajar
Instagram @colamanz

Meja lainnya yang cocok untuk anak-anak adalah meja berlapis melanin. Meja tipe ini mudah dibersihkan dan dilap jika kotor. Tampilannya juga elegan serta minimalis. Muat untuk beberapa orang dan bisa dipadu dengan berbagai desain kursi yang diinginkan. Untuk meja yang berbentuk lingkaran, pilihlah yang kakinya lebih dari satu agar kokoh dan tidak mudah goyah saat dipakai. Harga meja belajar dengan lapisan melanin mulai dari ratusan ribu rupiah saja, kok. Tak sampai jutaan rupiah.  

Tips memilih meja belajar yang pas untuk anak 

Memilih meja belajar tak bisa sembarangan. Berikut beberapa hal yang harus Sedulur perhatikan sebelum meluncur ke toko atau pengrajin furnitur. 

Sesuaikan dengan tinggi badan anak

Hindari memilih meja yang terlalu pendek atau tinggi dari ukuran putra-putri Sedulur. Bila memungkinkan ambil meja yang bisa diatur ketinggiannya. Konsekuensinya harganya jauh lebih mahal, bisa mencapai jutaan bahkan belasan juta. 

Imbangi dengan membeli kursi belajar yang adjustable

Sebagai alternatif, Sedulur bisa mengakali meja yang terlalu tinggi dengan membeli kursi belajar yang adjustable alias ketinggiannya bisa diatur. Harganya jauh lebih murah dibanding meja elektrik yang tingginya bisa diatur. Pastikan pula kursi yang Sedulur pilih untuk anak memiliki sandaran agar nyaman dipakai dalam waktu lama. 

BACA JUGA: 10+ Motif Cat Kamar Unik Minimalis & Cara Mengecatnya

Pilih meja yang bisa dipakai sampai dewasa

Dengan kursi adjustable, Sedulur pun tak perlu ragu membeli meja yang bisa dipakai sampai dewasa. Tidak perlu ke seksi khusus anak, Sedulur bisa membeli meja belajar dengan ukuran umum. Ini bisa dipakai anak sampai ia usia SMA nanti. Lebih hemat dan sustainable

Lesehan memang lebih praktis, tapi tak nyaman dipakai dalam waktu lama

Meja lesehan memang lebih praktis dan hemat ruang. Tak perlu kursi pula dan bisa dipakai di atas kasur. Namun, belajar dengan duduk lesehan biasanya tidak nyaman dalam waktu lama. Kaki dan punggung akan mulai lelah dan godaan rebahan akan muncul. Meja belajar lesehan bisa jadi solusi sementara, tetapi tidak untuk tujuan jangka panjang. Pertimbangkan masak-masak sebelum beli. 

Perhatikan material yang dipakai dan kekokohannya 

Ada banyak material yang ditawarkan, tetapi sejauh ini kayu lebih disarankan. Baik kayu solid atau kayu olahan sama-sama favorit. Kayu solid pastinya lebih mahal dibanding kayu olahan apalagi yang berupa MDF atau serbuk. Namun, kayu solid lebih tahan air dan tidak mudah lapuk. Ada juga bahan logam dan kaca yang juga kokoh dan elegan. Pastikan saja kakinya benar-benar kokoh, tidak mudah goyah dan miring karena akan banyak barang yang diletakkan di atasnya. 

Pastikan ada rongga di tengah untuk menaruh kaki 

Saat memilih meja belajar, pastikan ada rongga yang cukup untuk anak meletakkan kaki dan lutut mereka. Tanpa rongga, anak atau pengguna meja tidak akan merasa nyaman dalam waktu lama. Boleh menambah laci sebagai penyimpanan, tetapi pastikan tetap ada sela kosong di bawah meja. 

Itu beberapa inspirasi meja belajar untuk anak yang bisa menunjang produktivitas mereka. Tak hanya masalah desain dan budget yang dimiliki, jangan lupa mengukur ruang yang tersedia di rumah serta bawa alat ukur saat belanja. Bila belanja secara daring, jangan lupa perhatikan dimensi serta material yang dipakai agar tak menyesal.