madu untuk asam lambung

Sedulur yang memiliki penyakit asam lambung, pasti pernah merasakan gejala seakan asam lambung naik hingga kerongkongan. Setelah itu, Sedulur akan merasa tidak nyaman di bagian perut dan mual. Untuk meredakan kondisi tak nyaman ini, Sedulur biasanya akan segera mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Namun, selain obat Sedulur bisa mencoba pengobatan secara alami. Salah satunya memanfaatkan madu untuk asam lambung.

Dilansir dari Healthline, madu telah digunakan ribuan tahun dalam pengobatan Ayurveda. Pengobatan ini adalah salah satu metode pengobatan tertua di dunia yang menganggap kesehatan manusia dipengaruhi oleh keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa manusia itu sendiri. Penjelasan lengkap bisa Sedulur simak di bawah ini ya.

BACA JUGA: Ini 6 Pilihan Susu Steril Selain Bear Brand untuk Jaga Imun Tubuh

Jenis madu untuk asam lambung

madu untuk asam lambung
Unsplash

Dilansir dari Healthline, madu telah lama digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan sejak lama. Hal ini karena manfaat madu bagi kesehatan tidak diragukan lagi. Namun, madu yang masih murni dari asalnya memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak ketimbang madu olahan. Dengan kata lain, madu murni adalah jenis madu untuk asam lambung yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

-->

Madu murni memang biasanya dijual lebih mahal dibanding madu olahan. Harga madu herbal untuk asam lambung dijual kisaran Rp100an atau lebih tepatnya ada yang menjual dengan harga Rp145 ribu per botolnya. Namun, sebelum membeli madu untuk asam lambung di apotik, Sedulur pastikan dulu bahwa madu tersebut benar-benar asli.

Manfaat madu

madu untuk asam lambung
Unsplash

Pertama, kandungan pada madu dipercaya kaya akan antioksidan. Kandungan ini dipercaya mampu bisa melindungi atau memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena terkena radikal bebas. Lalu bagaimana madu bisa mengurangi gejala asam lambung?

Kandungan antioksidan yang ada dalam madu dapat meredakan refluks asam lambung atau gangguan pencernaan di mana asam lambung terdorong naik menuju kerongkongan. Sebab refluks bisa juga disebabkan karena radikal bebas bisa merusak sel-sel yang melapisi saluran pencernaan. Sehingga mengonsumsi madu bisa mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Kedua, madu dipercaya bisa mengurangi peradangan di tenggorokan.

Ketiga, dapat melapisi selaput lendir kerongkongan. Tekstur madu yang lembut bisa bermanfaat untuk melapisi selaput lendir dengan lebih baik. Sehingga bisa melindungi kerongkongan dengan lebih baik dan lebih lama.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Lip Serum untuk Menyehatkan Bibir

Cara menggunakan madu untuk meredakan asam lambung

madu untuk asam lambung
Unsplash

Dilansir dari Healthline, penderita asam lambung disarankan untuk meminum madu yang kental sebanyak satu sendok teh madu. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Medical Journal, seseorang yang asam lambungnya kumat meminum satu sendok teh madu kental. Ia pun merasakan kondisinya membaik setelah itu.

Cara lain mengonsumsi madu untuk asam lambung adalah mencampurkan madu dengan segelah air hangat atau teh hangat. Lalu meminumnya secara rutin.

Jika Sedulur ingin resep obat tradisional yang lain, maka bisa mencoba cara membuat kunyit dan madu untuk asam lambung. Resep obat tradisional ini pun sangat mudah cara membuatnya dan bahan-bahannya sederhana.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • Air secukupnya (3-4 gelas)
  • Daun teh
  • 2 sdt kunyit bubuk atau parutan kunyit
  • Madu murni

Cara membuat:

  • Rebus air putih hingga mendidih
  • Masukkan daun teh ke dalam air yang sudah mendidih. Diamkan selama 5 menit agar air teh lebih pekat
  • Masukkan kunyit bubuk atau kunyit parut ke dalam seduhan teh
  • Terakhir, masukkan madu murni ke dalam seduhan teh dan kunyit
  • Setelah hangat, bisa langsung dikonsumsi

Itu dia resep kunyit madu yang bisa Sedulur buat sendiri. Cukup mudah bukan? Lalu berapa kali sehari minum madu untuk asam lambung? Jawabannya cukup satu hari sekali saja. Sebab terlalu banyak mengonsumsi madu juga tidak baik.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Parfum Thailand yang Paling Wangi & Awet

Hal-hal yang harus diwaspadai saat mengonsumsi madu

Unsplash

Bagaimanampun, sesuatu yang berlebihan dikonsumsi tidaklah baik. Begitu pula saat Sedulur berlebihan mengonsumsi madu. Batas konsumsi madu dalam satu hari adalah satu sendok teh saja.

Selain itu, Sedulur yang memiliki riwayat penyakit diabates juga disarankan untuk membatasi konsumsi madu. Sebab madu bisa memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Jika ingin mencoba pengobatan dengan madu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Dan yang terakhir, madu sangat dilarang untuk dikonsumsi anak-anak di bawah 1 tahun. Jadi pastikan jika ingin memberi madu pada anak-anak, mereka harus sudah berusia di atas 1 tahun.

Hingga saat ini, metode pengobatan asam lambung dengan madu memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun sejauh Sedulur tak memiliki efek samping yang berbahaya atau tanda-tanda alergi pada madu, maka metode pengobatan ini bisa dilakukan secara rutin, asal jumlah konsumsi madu tetap dibatasi.

Nah itu tadi sejumlah penjelasan tentang madu untuk asam lambung. Namun alih-alih hanya mengandalkan pengobatan tradisional, ada baiknya Sedulur tetap menggunakan pengobatan medis dengan sebelumnya berkonsultasi dengan dokter. Semoga pembahasan kali ini bisa membantu Sedulur dalam mengatasi asam lambung ya!

Jika asam lambung bisa diredakan dengan konsumsi madu, maka solusi bagi Sedulur yang sedang mencari kebutuhan bahan pokok adalah Aplikasi Super. Dengan mengunduh aplikasi ini, Sedulur bisa dengan mudah membeli jumlah sembako dengan harga murah. Tunggu apa lagi? Yuk unduh aplikasinya di Google Play Store sekarang juga.