Pernahkah Sedulur mendengar rumah tusuk sate? Menurut pandangan ilmu fengshui, rumah dengan desain seperti ini bisa mendatangkan keburukan buat mereka yang tinggal di dalamnya lho. Bahkan disebut-disebut rumah yang memiliki desain seperti ini bisa membawa sial untuk para penghuninya.

Lantas benarkah demikian? Baik, sebelum mengulas lebih jauh tentang rumah dengan desain seperti ini, ada baiknya Sedulur mengetahui apa itu rumah tusuk sate.

BACA JUGA : 1 inci Berapa Centimeter? Berikut Konfersi dan Cara Hitungnya!

1. Apa itu rumah tusuk sate?

Simak Mitos & Fakta Rumah Tusuk Sate
kompas

 Rumah tusuk sate adalah, rumah yang memiliki posisi berada tepat di tengah jalur pertigaan sebuah jalanan. Karena dilihat dari posisi inilah, posisi rumah dengan desain tusuk sate terlihat memotong salah satu jalur pertigaan sehingga sekilas seperti sebuah jalan buntu.

Jadi, apabila digambarkan dalam secarik kertas, rumah dengan desain tusuk sate akan membentuk sebuah huruf T. Akibatnya, banyak pengembang rumah selalu merasa dirugikan oleh konsumen dengan mitos-mitos yang berkembang terkait rumah tusuk sate ini. Meski demikian, bukan berarti tidak bisa dicari solusinya. Biasanya, pengembang menyiasatinya dengan membangun sebuah taman atau fasilitas lainnya yang bisa menunjang kebutuhan penghuninya.

BACA JUGA : 12 Arti Mimpi Jadi Pengantin, Jadi Pertanda Baik atau Buruk?

 2. Ciri-ciri rumah tusuk sate

Simak Mitos & Fakta Rumah Tusuk Sate
tribunbali

 Setelah tadi kita membahas tentang definisi rumah tusuk sate, maka selanjutnya, Sedulur akan kami ajak untuk mengetahui seperti apa ciri khas rumah dengan desain tusuk sate itu sendiri. Pemahaman ini dirasa perlu supaya bisa mengetahui fakta yang ada dan tidak selalu percaya terhadap mitos yang sudah beredar luas di masyarakat. Lantas apa saja ciri-ciri rumah dengan desain seperti ini. Berikut adalah ciri-ciri rumah tusuk sate yang wajib Sedulur ketahui dan juga pahami. Yuk disimak:

  • Letak didirikannya rumah berada tepat di ujung tengah pertigaan
  • Tempat berdirinya rumah dengan desain seperti ini, biasanya dikelilingi oleh jalan yang besar.
  • Ketiga ukuran bangunan rumah sama dengan hunian lain yang berada di sekitarnya.
  • Biasanya sangat umum dijadikan alternatif untuk mendirikan atau pemangan baliho.

3. Mitos, penjelasan, dan solusinya

Simak Mitos & Fakta Rumah Tusuk Sate
interiordesign

 Rumah dengan desain seperti ini menurut mitos yang beredar di masyarakat, bisa membawa kesialan atau malapetaka buat mereka yang menghuninya. Mitos ini pun semakin dikuatkan juga oleh masyarakat Jawa tentang nuansa supranatural yang selalu menghinggapi rumah dengan desain ini.

Rumah tusuk sate menurut jawa dipercaya jika ada sosok makhluk tak kasat mata lain yang ikut juga tinggal bersama penghuni rumah. Sehingga akan sangat berpengaruh terhadap keadaan keluarga yang menetap di rumah tersebut. Selain mitos tersebut, masih ada lagi mitos-mitos yang berkembang buat mereka yang memiliki rumah tusuk sate ini. Nah seperti apa, yuk simak penjelasann berikut ini:

Kelurga penghuni kurang harmonis

Di posisi pertama, buat mereka yang memiliki atau sedang tinggal di rumah tusuk sate, maka akan terjadi pertengkaran dalam keluarga dan bisa dianggap kelurga kurang harmonis. Namun, benarkan demikian?

Posisi demikian bisa memungkinkan cahaya matahari lebih mudah masuk tanpa penghalang. Penelitiaan yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Universitas California menyebutkan, jika cuaca panas bisa membuat seseorang akan lebih mudah terpancing emosi dan marah. Sehingga bisa menimbulkan ketidakharmonisan dalam keluarga.

Supaya tidak terkena oleh matahari secara langsung, maka penghuni wajib menambahkan semacam kanopi. Cara lain yang bisa dipakai buat Sedulur yang memiliki rumah semacam ini, bisa menggunakan tirai berbahan katun dan warna kalem.

Rumah tusuk sate membawa sial

Banyak orang memberikan tanggapan, jika rumah dengan desain seperti huruf T alias tusuk sate, bisa membawa kemalangan buat penghuninya. Bahkan bisa mendatangkan musibah yang tidak diduga-duga datangnya.

Lantaran letak hunian dengan desain sepert ini berada di hadapan jalan,  maka bisa sangat beresiko kendaran orang lain atau milik penghuni bisa menabrak rumah.

Nah, Sedulur bisa menyiasatinya dengan membuat taman atau kolam yang berada di depan rumah. Maka dengan begitu, mobil, motor tidak akan langsung menabrak rumah.

Bisa seret rezekinya

Mitos yang beredar ketiga adalah, apabila seseorang memiliki hunian dengan desain ini, maka si penghuni tersebut akan kesulitan dalam mendapatkan rezeki atau susah mendapat pekerjaan.

Memang jika dikaitkan dengan mitosnya, masih ada semacam relasi yang kuat. Sebab, rumah dengan desain seperti ini, otomatis membuat si penghuni harus ekstra kerja keras untuk memperbaiki beberapa kekuarangan.

Meski akan banyak melakukan perbaikan pada rumah dengan desain seperti ini, dibandingkan dengan rumah-rumah pada umumnya, bukan berarti tidak ada solusi yang tepat untuk mengatasinya. hunian ini biasanya memiliki harga yang lebih rendah dari pada rumah pada umumnya.

Namun, meski demikian, Sedulur harus memperhitungkan juga biaya yang harus dikeluarkan guna mengurangi resiko yang akan terjadi. Pilihlah rumah dengan kondisi lingkungan yang baik.

BACA JUGA : 15 Ucapan Semangat dalam Bahasa Korea Ini Sering Dipakai

4. Keuntungan rumah tusuk sate

Simak Mitos & Fakta Rumah Tusuk Sate
rumah123

Terlepas dari berbagai mitos yang menyelimuti desain ini, ternyata ada banyak keuntungan lho yang bisa kamu dapatkan untuk kamu yang tinggal di rumah yang memiliki desain seperti ini. Lantas, apa saja keuntungan yang kamu dapatkan dari memiliki rumah yang satu ini. Yuk simak ulasan berikut:

Harga beli yang lebih murah

Karena letak rumah yang kurang strategis, membuat banyak pembeli mengurungkan niatnya untuk memiliki hunian dengan desain seperti ini. Alhasil, buat  Sedulur yang hanya memiliki dana terbatas, bisa memiliki sebuah rumah ini. Sebab, harga yang ditawarkan oleh beberapa pengembang, biasanya menjadi sangat murah.

Bisa jadi tempat usaha

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki  desain ini, maka bisa dijadikan sebagai tempat usaha lho. Baik itu, kafe,bengkel atau warung kecil. Namun, Sedulur wajib memastikan akses pengunjung tidak mengganggu kelancaran dari tiga sisi jalan yang dekaat dari lokasi

Sirkulasi udara lebih bagus

Bagi Sedulur yang menginginkan udara yang segar dan sehat, maka memilih rumah jenis ini bisa menjadi  solusinya. Selain harganya yang murah karena tidak banyak yang meminatinya, Sedulur juga bisa merasakan sensasi udara yang bagus.

Tempat reklame iklan

Keuntungan lainnya apabila kamu memiliki atau tinggal di rumah dengan desain ini, maka bisa menjadi ladang bisnis untuk  tempat pemasangan papan reklame, baliho atau hal lain sejenisnya. Sebab, rumah dengan desain seperti ini berada persis di pinggir jalan besar. Jadi, otomatis lokasi tersebut bisa dengan mudah dilihat oleh banyak orang.

Nah, melihat peluang yang besar ini, maka membuka jasa penyeawaan tempat pemasangan reklame, baliho atau spanduk bisa mendatangkan sebuah cuan yang lumayan lho Sedulur.

BACA JUGA : 16 Macam Hantaran Nikah yang Layak & Sering Dipakai

5. Contoh rumah tusuk sate

Simak Mitos & Fakta Rumah Tusuk Sate
casaindonesia

Setelah tadi kita membahas mengenai definisi, hingga mitos dan apa saja solusinya, maka selanjutnya adalah, melihat beberapa contoh rumah yang berbentuk dengan desain ini. Kamu bisa menemukan rumah-rumah seperti ini ketika melewati sebuah gang atau sedang masuk ke pertigaan. Maka apabila membentuk huruf T dan berada di pinggir jalan, maka sudah bisa dipastikan jika hal tersebut memiliki bentuk seperti tusuk sate.

BACA JUGA : 10 Fakta & Tips Bridal Shower Serta Cara Mempersiapkannya

6. Rumah tusuk sate menurut para ulama

Simak Mitos & Fakta Rumah Tusuk Sate
Hiomerah

Terlepas dari beragam macam hal-hal yang berkaitan dengan mitos atau sebuah kepercayaan di masyarakat jawa, hendaknya kita tidak boleh percaya begitu saja. Setiap membangun rumah, baik dengan desain seperti ini ataupun desain lain, pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi kamu yang beragama Islam, jika kamu mempercayai rumah tusuk sate membawa kesialan merupakan pintu menuju kesyirikan. Sebaiknya, kaum Muslim memang tidak percaya mengenai mitos ini yang membawa sial. 

Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat Al A’raf ayat 131, terjemahan berbunyi “Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan mereka tidak Mengetahui.”

Melansir dari situ berita Republika.co.id, terkait pernyataan Mufti Agung Al Azhar Mesir Prof Dr.  Ali Jum’ah Muhammad menagatakan bahwa anggapan buruk adalah salah satu tradisi dari kaum jahiliyah dan tradisi ini sudah dilarang dalam islam.  

Nah, demikian ulasan  lengkap tentang mitos serta dampak positif dan negatif rumah tusuk sate. Jadi, buat Sedulur Super tidak perlu khawatir apabila memiliki rumah dengan desain seperti ini. Karena masih ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Namun, mitos-mitos yang berkembang juga bisa dijadikan pertimbangan bagi Sedulur yang saat ini sedang mencari sebuah hunian. Selamt hunting rumah!