semangat dalam bahasa korea

Memberikan semangat adalah salah satu cara sederhana yang bisa membuat banyak orang kembali termotivasi. Dalam Bahasa Indonesia, frase sederhana yang bisa diucapkan di kalangan anak muda adalah dengan bilang, “Semangat!” dan “Yok bisa yok”. Bagi yang sering menonton drama dan reality show Korea, semangat dalam Bahasa Korea juga bisa diucapkan.

Ucapan ini bisa dijadikan sebagai alternatif apabila kamu ingin mencoba semangat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Hitung-hitung, kamu juga bisa belajar kosa kata bahasa baru agar semakin fasih.

BACA JUGA: 100+ Kosa Kata Bahasa Korea Percakapan Sehari-hari, Lengkap!

1. Hwaiting

fighting dalam bahasa korea
Unsplash

Untuk memberikan semangat, dalam Bahasa Inggris biasanya bisa memakai istilah fighting. Kata ini menunjukkan semangat membara dan keinginan kuat untuk menyelesaikan semuanya. Sedangkan fighting dalam Bahasa Korea juga memakai istilah ini. Ada dua pronunciation yang berbeda tapi memiliki arti yang sama.

-->

Pertama, ada 파이팅 atau yang bisa dibaca sebagai pai-ting. Pengejaan ini diambil langsung dari kata fighting Bahasa Korea.

Yang kedua adalah 화이팅. Hwaiting dalam Bahasa Korea ini adalah penyebutan yang cukup unik. Artinya sama saja, hanya pronunciation-nya yang lebih lokal bak orang asli Koreanya.

2. Gwenchana

it’s okay
Unsplash

Variasi ucapan semangat dalam Bahasa Korea lainnya yang bisa diucapkan kepada teman dan sahabat yang membutuhan motivasi adalah 괜찮아요. Kamu bisa mengejanya dengan gwen-chan-a-yo. Kata ini memiliki arti it’s okay atau tidak apa-apa.

Kata bukan mengesankan untuk menyerah. Justru ini adalah kata-kata pelipur lara yang bisa menenangkan hati seseorang ketika dirinya kalut karena hal yang diharapkan tidak sesuai dengan yang diekspektasikan sebelumnya.

3. Himnaeseyo

bahasa korea semangat sayang
Unsplash

Kata penyemangat lain yang sering disebutkan dalam drama Korea adalah 힘내 atau yang bisa dibaca sebagai himnae. Artinya adalah bertahanlah atau hang on. Kalimat sederhana ini bisa memotivasi agar seseorang tidak menyerah di tengah jalan. Prosesnya akan mendekati akhir yang indah, jadi tahan dulu supaya bisa tetap menikmati usaha yang sudah diusahakan sebelumnya.

Ingin memberikan semangat kepada pasangan? Kamu bisa mengucapkan Bahasa Korea semangat sayang dengan bilang, “Himnaesey jagiya.” Mudah untuk ditirukan, bukan?

BACA JUGA: Cara Belajar Bahasa Korea Sendiri dengan Cepat untuk Pemula

4. Aja-aja

Aja-aja
Unsplash

Bila sering menonton reality show Korea Selatan, pasti mengamati bagaimana orang Korea menyemangati diri sendiri dan orang lain. Salah satunya adalah dengan bilang, “aja-aja hwaiting!”

Tulisan semangat dalam Bahasa Korea untuk kalimat ini adalah 아자-아자 화이팅. Sebenarnya, aja-aja ini tidak memiliki arti khusus. Ini adalah kata seruan yang untuk menaikkan mood dan membuat orang yang lebih semangat dan melek.

5. Halsuisseo

semangat dalam bahasa inggris Halsuisseo
Unsplash

Kata semangat dalam Bahasa Korea yang juga cukup sering disebutkan dalam drama dan filmnya adalah halsuisseo. Dieja hal-su-isseo, frase 할 수 있어 ini memiliki arti kamu pasti bisa atau you can do it. Gampang ‘kan cara mengeja dan membacanya?

6. Pogihajima

tulisan semangat dalam bahasa korea Pogihajima
Unsplash

Kalimat semangat dalam Bahasa Korea Selatan lainnya adalah pogihajima atau 포기하지마. Artinya dalam Bahasa Indonesia adalah jangan menyerah. Diambil dari pogi yang berarti menyerah dan hajima sebagai kata larangan yakni jangan.

BACA JUGA: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris + Terjemahannya

7. Geokjeonghaji ma

Jangan khawatir
Unsplash

Untuk membuat orang lebih tenang hatinya, kamu bisa mengucapkan kata-kata yang menentramkan. Misalnya saja, “Jangan khawatir.” Dalam Bahasa Korea, kamu bisa memakai kata geokjeonghaji ma atau 걱정하지 마 untuk mengungkapkan hal tersebut.

8. Giunnaeseyo 

fighting dalam bahasa korea
Unsplash

Seperti yang telah diketahui, Bahasa Korea memiliki hirarki dalam pemilihan bahasa. Ada formal, semi formal, dan kasual. Kamu bisa memberikan semangat dengan memakai kata-kata kasual yang bisa diucapkan kepada teman sebaya maupun orang yang usianya lebih mudah darimu. Salah satunya adalah dengan giunnaeseyo (기운내세요) yang memiliki arti yang sama dengan hwaiting.

9. Haenguneul bimnida

Good luck
Unsplash

Bila ingin melontarkan semangat dalam Bahasa Inggris, kamu bisa bilang, “Good luck”. Dalam Bahasa Korea, kamu bisa mencoba memakai haenguneul bimnida (행운을 빕니다) yang memiliki arti sama dengan semoga berhasil.

BACA JUGA: 101 Ucapan Ulang Tahun Untuk Diri Sendiri, Untuk Apresiasi Diri

10. Na hangsang eungwon halgeyo 

I’ll always root for you
Unsplash

Ingin terkesan lebih keren? Kamu bisa mengucapkan ungkapan semangat dalam Bahasa Korea dalam kalimat yang lebih kompleks. Misalnya adalah dengan, “Na hangsang eungwon halgeyo.”
Kalimat ini memiliki arti, ”Aku akan selalu mendukungmu”. Dalam Bahasa Inggris punya arti yang serupa dengan I’ll always root for you atau I’ll always support you.

11. Jaldoelgeoya

everything is gonna be okay
Unsplash

Membuat seseorang tetap optimis bisa dilakukan dengan memberikan kata-kata positif. Salah satunya adalah menyakinkan bahwa yang dilakukan baik-baik saja dan akan membuahkan hasil yang memuaskan. Kamu bisa bilang, “Jaldoelgeoya!” atau 잘될거야 yang memiliki arti, “Ini akan berhasil.”

12. Da jaldwelgeoya 

semua akan baik-baik saja
Unsplash

Kadang, seseorang menyampaikan keluh kesah bukan untuk mendapatkan solusi. Ada yang butuh diberi semangat bahwa semua yang dialami akan baik-baik saja. Untuk itu, kamu bisa bilang padanya, “Da jaldwelgeoya.” Dalam aksara hangeul, begini tatanan hurufnya: 다 잘도엘거야. 

BACA JUGA: 30+ Ucapan Selamat Menikah Islami yang Bagus dan Penuh Doa

13. Modeun iri jal dwegilbaralge 

Kuharap semuanya berjalan lancar
Unsplash

Kamu juga bisa mendoakan agar semua yang berjalan dan diharapkan baik-baik saja. Sampaikan saja kalimat dalam Bahasa Korea ini kepada temanmu, “Modeun iri jal dwegilbaralge.” Artinya adalah “Kuharap semuanya berjalan lancar.”

14. Solsuhaedo gwenchanayo 

Solsuhaedo gwenchanayo
Unsplash

Melakukan kesalahan adalah hal yang manusiawi. Tidak apa-apa kalau kamu membuat kesalahan. Itu adalah hal yang wajar. Kamu bisa menghibur diri sendiri maupun orang lain untuk tetap ber-positive thinking dan legowo. Salah satunya adalah dengan bilang, “Solsuhaedo gwenchanayo” atau  솔수해도 그웬차나.

15. Kkumeil irugil baralgae 

Aku harap mimpimu jadi kenyataan.
Unsplash

Menyampaikan ucapan baik-baik ke teman yang butuh motivasi adalah hal sederhana yang bisa mendongkrak semangat dengan bilang, “Kkumeil irugil baralgae” yang artinya “Aku harap mimpimu jadi kenyataan.” 

Mengucapkan semangat dalam Bahasa Korea ada banyak pilihannya. Sedulur bisa memilih berbagai frase dan kalimat sederhana yang mudah ditirukan. Cukup membantu untuk memperluas pengetahuan bahasa asing, nih. Tertarik untuk menjajalnya, Sedulur?