tanda rumah berhantu

Apakah Sedulur merasa rumah berhantu? Percaya atau tidak percaya, kita bukanlah satu-satunya makhluk Tuhan yang tinggal di bumi ciptaan-Nya ini. Di samping makhluk hidup yang lain, seperti hewan dan tumbuhan, kita juga tinggal bersama dengan “mereka” yang tak kasatmata.

Setan, hantu, jin, iblis, dan lain sebagainya, merupakan sesama makhluk Tuhan. Manusia dan makhluk-makhluk tak kasatmata tersebut sama-sama diciptakan dengan tujuannya masing-masing. Tidak heran apabila sejatinya kita hidup berdampingan dengan “mereka”.

Keberadaan “mereka” sebenarnya tidak mengganggu. Namun dalam beberapa waktu dan kesempatan, “mereka” ingin menunjukkan bahwa “mereka” juga ada di sekitar kita. Di situlah terkadang yang merepotkan karena kita kemudian merasa seperti sedang diusili, bahkan seperti diancam.

Ketika rumah berhantu, tentunya Sedulur tidak akan nyaman mendiami hunian tersebut. Sedulur akan selalu merasa diawasi, mendapati hal-hal janggal, dan kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari. Kalau begitu, apa saja ciri rumah berhantu? Yuk, simak 15 tanda-tandanya agar Sedulur mengetahui keberadaan “mereka” dengan pasti!

BACA JUGA: 10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?

1. Tercium aroma wangi atau bau busuk secara tiba-tiba

rumah berhantu
Depositphotos

Apabila Sedulur tiba-tiba saja mencium aroma wangi atau bau busuk secara tiba-tiba, bisa jadi hal tersebut adalah pertanda bahwa rumah berhantu. Tentunya Sedulur akan hafal dengan aroma tiap-tiap ruangan di hunian Sedulur. Ketika Sedulur mencium aroma baru atau aroma yang tidak pada tempatnya, Sedulur patut waspada.

2. Selalu merasa diawasi oleh seseorang

Unsplash

Pernahkah Sedulur sedang beraktivitas sendirian di rumah seperti biasa namun selalu merasa diawasi oleh seseorang? Bisa jadi perasaan tersebut ada benarnya. Sedulur memang sedang diawasi, namun oleh sosok yang tidak dapat dilihat mata telanjang. 

Walaupun hanya bersifat perasaan yang belum tentu benar, tetapi Sedulur perlu berhati-hati karena fenomena tersebut dapat menjadi pertanda bahwa ada “mereka” yang tinggal bersama di rumah.

3. Terdengar suara aneh di waktu-waktu tertentu

rumah berhantu
Depositphotos

Di jam-jam tertentu, Sedulur terkadang dapat mendengarkan suara-suara aneh yang tidak tahu asalnya dari mana. Suara tersebut dapat berupa suara anak ayam, ketukan di dinding, langkah kaki yang tiba-tiba berhenti begitu saja, dan lain-lain.

BACA JUGA: 16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer & Mudah Dirawat

4. Mendapati sosok bayangan yang muncul

Cinefil

Ketika berada di rumah berhantu, tidak jarang ekor mata Sedulur mendapati sesosok bayangan muncul di sudut ruangan atau tempat-tempat tertentu. Bayangan tersebut dapat menjadi perwujudan dari “mereka” yang tinggal di rumah Sedulur.

5. Peralatan elektronik sering menyala atau mati sendiri

rumah berhantu
Depositphotos

Peralatan elektronik terkadang sangat sensitif dengan keberadaan “mereka”. Menurut beberapa sumber, hantu dan kawan-kawannya memiliki energi elektromagnetik yang dapat mempengaruhi peralatan elektronik. Jadi, tidak heran bahwa peralatan tersebut dapat menyala atau mati dengan sendirinya.

6. Pintu rumah sering terbuka atau tertutup sendiri

Tidak jarang, “mereka” dapat menggerakkan beberapa barang atau perabotan di rumah kita. Salah satu yang paling sering digerakkan adalah pintu. Jika dinalar, bisa saja pintu tersebut terbuka atau tertutup sendiri karena angin. Tetapi, kalau pada saat itu tidak ada angin berhembus sama sekali, lantas ulah siapa pintu terbuka sendiri tersebut?

BACA JUGA: 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Suasana rumah tiba-tiba menjadi tidak harmonis

rumah berhantu
Depositphotos

Tanda rumah tangga diganggu jin dan sejenisnya adalah suasana rumah yang tiba-tiba berubah menjadi tidak harmonis. Salah satu tugas “mereka” adalah untuk mengganggu kehidupan kita. Caranya pun dapat bermacam-macam, salah satunya adalah mengganggu keharmonisan keluarga.

8. Penghuni rumah jatuh sakit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tujuan setan, jin, hantu, dan sejenisnya adalah untuk mengganggu kehidupan manusia. Salah satu di antaranya adalah dengan membuat sakit para penghuni rumah.

9. Sering mimpi buruk

rumah berhantu
Depositphotos

Salah satu ciri-ciri keteguran atau diganggu setan adalah penghuninya sering bermimpi buruk. Mimpi baik bersumber dari Tuhan, sedangkan mimpi buruk bersumber dari setan.

BACA JUGA: 12 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia, Hewan, dan Lingkungan

10. Muncul penampakan hantu

Salah satu tanda yang paling jelas bahwa rumah berhantu adalah muncul penampakan hantu.

11. Binatang peliharaan sering diganggu oleh hal tak kasatmata

Depositphotos

Tahukah Sedulur bahwa hewan terkadang lebih sensitif dengan keberadaan “mereka”? Apabila Sedulur mendapati kucing, anjing, atau hewan peliharaan lain bertingkah aneh dan terus-terusan menatap sudut ruangan tertentu, bisa jadi itu merupakan tanda dari hadirnya sesuatu yang tak kasatmata.

12. Suhu ruangan menjadi dingin atau panas secara drastis

Kenapa rumah terasa panas menurut Islam? Fenomena perubahan suhu secara mendadak dalam suatu ruangan tersebut bisa dikaitkan dengan keberadaan para makhluk halus.

BACA JUGA: Sejarah Ken Dedes: Ratu Singasari & Keistimewaannya

13. Perabotan rumah yang berpindah tempat dengan sendirinya

Depositphotos

Telah kita sebutkan sebelumnya bahwa “mereka” dapat menggerakkan perabotan tertentu di dalam rumah kita. Sedulur mungkin mendapati tata letak benda-benda kecil yang begitu saja berubah tanpa alasan yang jelas. Perlu berhati-hati, karena hal tersebut dapat menjadi tanda rumah berhantu.

14. Barang-barang yang tiba-tiba hilang begitu saja

Selain berpindah, barang-barang atau perabotan di dalam hunian juga dapat menghilang dengan sendirinya.

15. Penghuni rumah tiba-tiba terbangun antara jam 03.15 hingga 03.30 pagi

Depositphotos

Salah satu tanda yang paling aneh ketika dihantui adalah penghuni rumah yang tiba-tiba saja terbangun pada saat tidurnya. Ia tidak terbangun karena alarm, serta bangun pada jam 03.15 hingga 03.30 pagi. Beberapa sumber menyebutkan bahwa periode waktu tersebut merupakan masa-masa aktifnya para makhluk tak kasatmata.

Nah Sedulur, itulah 15 tanda rumah berhantu yang dapat Sedulur antisipasi. Percaya atau tidak percaya, kita hidup berdampingan dengan “mereka” yang tak kasatmata. Tidak perlu takut karena sejatinya kita dan “mereka” adalah sama-sama makhluk ciptaan Tuhan. Selama tidak mengganggu yang berlebihan seperti melukai fisik, biarkanlah “mereka” menjalani hidupnya.

Semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaran dan memberikan manfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.