Problem solving adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang merujuk pada sebuah proses untuk mencapai tujuan dengan memecahkan beberapa masalah atau kendala. Proses pemecahan masalah ini merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, dengan pencarian solusi terhadap masalah sederhana maupun kompleks sekalipun.

Mungkin Sedulur tidak sadar telah melakukan metode pemecahan masalah tersebut berkali-kali. Akan tetapi, ternyata problem solving adalah tidak terbatas pada pencarian solusi belaka, loh Sedulur! Terdapat beberapa rangkaian proses dan juga manfaat yang diperoleh ketika kita menggunakan metode tersebut untuk menghadapi suatu persoalan. Lantas, apa saja proses-prosesnya? Simak uraian singkatnya dalam poin-poin pembahasan berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Psychological Thriller di Netflix, Bikin Takut!

Pengertian problem solving adalah

problem solving adalah
Depositphotos

Mengutip dari salah satu sumber referensi yang kredibel, problem solving adalah sebuah proses mental dan intelektual dalam menemukan jalan keluar dari problematika tertentu. Proses pemecahan masalah tersebut harus berdasarkan data dan informasi akurat, sehingga mampu mendapat kesimpulan atau solusi dengan cermat dan cepat.

Problem solving adalah sebuah kemampuan yang wajib dimiliki ketika Sedulur berada di lingkungan sosial, seperti dunia kerja, perkuliahan, organisasi, dan lain sebagainya. Ketika manusia berkumpul (ataupun secara individu) untuk mencapai suatu tujuan tertentu, tentunya mereka akan dihadapi berbagai perbedaan dari bermacam-macam aspek. Konflik pun tidak jarang muncul dalam perjalanan untuk mencapai tujuan tersebut.

Nah, salah satu cara untuk mencari jalan keluar dari konflik tersebut adalah dengan menggunakan teknik pemecahan masalah ini. Terutama bagi para pemimpin, entah itu manajer, ketua kelompok, atau ketua organisasi, teknik problem solving adalah sebuah metode jitu untuk menemukan jalan keluar dari suatu permasalahan. Ia akan mempermudah seseorang dalam mengambil keputusan yang sulit dan berdampak panjang.

BACA JUGA: Sinopsis My Girlfriend is Alien, Kisah Cinta Seorang Alien

Proses problem solving adalah

Problem solving adalah
Unsplash

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf-paragraf di atas, problem solving adalah sebuah proses untuk memecahkan masalah atau kendala yang dihadapi. 

Kegiatan tersebut memiliki beberapa tahapan untuk mencapai solusi yang diperlukan, mulai dari definisi masalah, identifikasi masalah, menentukan solusi masalah mana yang tepat, serta melakukan evaluasi. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai langkah-langkah tersebut.

1. Definisikan masalah

Langkah pertama dari problem solving adalah mendefinisikan masalah yang ada dihadapan Sedulur. Dalam hal ini, mendefinisikan masalah tidak hanya terbatas pada observasi kendala yang ada saja, tetapi juga menganalisis inti-inti masalah yang sebenarnya.

Secara garis besar, setiap kendala yang kita alami akan memiliki latar belakang dan pengaruh. Dalam proses pertama ini, usahakan Sedulur dapat mengidentifikasi latar belakang terjadinya masalah serta apa pengaruhnya terhadap aspek-aspek lain.

2. Identifikasi masalah

Apabila Sedulur sudah menentukan latar belakang terjadinya sebuah masalah serta pengaruhnya, maka Sedulur siap untuk melakukan proses kedua dari metode ini. Proses kedua tersebut adalah identifikasi masalah.

Tidak semua latar belakang seputar masalah tersebut merupakan sumber atau dalang dari kendala yang dihadapi. Sedulur harus mampu memisahkan berbagai elemen penting yang ada dalam permasalahan dan fokus terhadap elemen tersebut saja.

Tujuan utama dari identifikasi masalah ini adalah agar Sedulur dapat memecahkan masalah dan menemukan solusinya secara terorganisir. Jika awal ini sudah terorganisir, maka pencarian jalan keluar dari kendala akan lebih efisien dan cepat.

Lebih daripada itu, identifikasi masalah merupakan proses problem solving yang inti, dimana ia membutuhkan banyak kreativitas dan kemampuan berpikir secara kritis dan logis. Identifikasi masalah akan memunculkan berbagai alternatif atau solusi yang memungkinkan. 

3. Tentukan solusi masalah

Masih menyambung dari poin sebelumnya, kemampuan berpikir secara kritis dan logis memang sangat dibutuhkan dalam pemecahan masalah ini. Dengan kemampuan berpikir secara kritis dan logis tersebut, Sedulur akan dapat mempertimbangkan solusi mana yang terbaik. Sedulur pun harus mampu melihat masalah ini dari dua sudut pandang, agar solusi yang dipilih tidak menyebabkan kendala lebih lanjut.

4. Lakukan evaluasi

Problem solving adalah sebuah metode pemecahan masalah yang tidak terbatas sampai solusi ditemukan saja. Lebih lanjut lagi, metode tersebut perlu ditutup dengan sebuah evaluasi. Ya, evaluasi dalam hal ini merujuk pada proses refleksi terhadap tiga langkah-langkah yang telah dilakukan tadi.

Sedulur perlu mempertimbangkan setiap masukan yang ada. Selain itu, Sedulur dapat melakukan evaluasi terhadap solusi yang dipilih setelah solusi tersebut diterapkan. Salah satu tujuan melakukan proses evaluasi ini adalah agar suatu saat apabila kendala sama terulang kembali, maka kegiatan pemecahan masalah akan dilakukan lebih maksimal tanpa kekurangan di sana-sini.

BACA JUGA: Sinopsis Big Mouth, Kisah Pengacara dengan Nasib Buruk

Manfaat problem solving adalah

problem solving adalah
Unsplash

Kenapa sih, kita harus melakukan kegiatan pemecahan masalah tersebut dengan langkah-langkah yang benar? Jawabannya ada di dalam poin-poin dari manfaat problem solving berikut ini.

  • Melatih diri untuk menghadapi masalah, sekalipun masalah tersebut sangat pelik.
  • Melatih diri untuk menentukan langkah-langkah terbaik dalam mencari solusi dari suatu kendala.
  • Melatih diri untuk mengerti harus bertindak seperti apa ketika dihadapkan dengan sebuah tantangan.
  • Melatih diri untuk berani mengambil keputusan.
  • Melatih diri untuk menyikapi masalah dengan objektif, melihatnya dari dua sudut pandang.

BACA JUGA: 7 Alasan & Fakta Drakor Adamas Harus Kamu Tonton!

Contoh problem solving adalah

Depositphotos

Bagaimana? Apakah Sedulur sudah mulai memahami seluk beluk dari kegiatan pemecahan masalah ini? Jangan khawatir apabila Sedulur masih belum paham, ya. Coba simak salah satu contoh pemecahan masalah yang sering terjadi di sekitar kita berikut ini!

Berbicara mengenai contoh pemecahan masalah, biasanya Sedulur akan diminta untuk melakukan aktivitas tersebut pada saat wawancara kerja atau wawancara beasiswa. Ya, pewawancara terkadang akan memaparkan sebuah situasi dan permasalahan, kemudian meminta solusi dari problematika tersebut menurut sudut pandang Sedulur.

Salah satu teknik menjawab persoalan tersebut adalah dengan metode problem solving STAR. STAR sendiri merupakan singkatan dari ‘situation-task-action-result’. Dalam bahasa Indonesia berarti ‘situasi-tugas-aksi-hasil’. Metode STAR tersebut telah terbukti menjadi salah satu teknik menghadapi masalah dan mencari solusi yang manjur.

Langkah-langkahnya sangat sederhana. Pertama, Sedulur perlu mendeskripsikan situasi permasalahan yang dihadapi. Kemudian, Sedulur tambahkan penjelasan dari tugas-tugas apa saja yang perlu diselesaikan sebagai salah satu proses untuk menemukan jalan keluar. Lalu, coba paparkan aksi apa saja yang telah Sedulur lakukan untuk menyelesaikan tugas tadi. Terakhir, refleksikan proses STAR tersebut dalam penjelasan hasil atau capaian yang diperoleh.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat mengenai pengertian problem solving adalah. Problem solving merupakan sebuah metode untuk mencari solusi dari sebuah kendala atau masalah yang dihadapi. Metode tersebut melibatkan beberapa hal, seperti mendefinisikan masalah, mengidentifikasi masalah, menentukan solusi alternatifnya, lalu diakhiri dengan proses evaluasi.

Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.