physical touch

Dalam bahasa cinta, dikenal istilah physical touch love language yang berarti sentuhan fisik. Satu dari lima jenis bahasa cinta ini akan membuat seseorang mengekspresikan dan menerima kasih sayang melalui sentuhan atau kedekatan fisik.

Seseorang dengan bahasa cinta physical touch akan lebih menyukai sentuhan fisik daripada ucapan romantis ataupun hadiah manis. Bahasa cinta ini tidak hanya digunakan untuk menunjukkan rasa sayang kepada pasangan, melainkan juga dapat ditujukan kepada orang-orang terdekat lainnya.

Bagaimana ciri-ciri, contoh, dan manfaat dari bahasa cinta ini? Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut, ya!

BACA JUGA: Arti Act of Service dalam Love Language & Cara Memberikannya

Pengertian physical touch adalah

physical touch
iStock

Physical touch adalah bahasa cinta yang dimiliki oleh seseorang yang mengekspresikan dan menerima kasih sayang melalui sentuhan, kedekatan fisik, atau bentuk lain dari sentuhan fisik. Quality time and physical touch merupakan dua bahasa cinta yang berbeda, dimana orang-orang dengan bahasa cinta sentuhan fisik akan lebih senang jika melakukan aktivitas fisik daripada hanya menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dengan cara lain. 

Seseorang dengan bahasa cinta sentuhan fisik juga lebih menyambut hangat sentuhan fisik yang diberikan oleh pasangan atau orang terdekat lainnya daripada ucapan-ucapan romantis maupun hadiah yang mahal sekalipun. Physical touch artinya bahasa cinta yang ditampilkan melalui sentuhan fisik. Bahasa cinta ini dapat menjadi ekspresi kasih sayang yang tepat jika dilakukan dalam suasana penuh cinta dan tidak ada unsur pemaksaan. Hal ini karena secara fisiologis, sentuhan kulit dengan kulit bisa membantu melepaskan hormon oksitosin, serotonin, dan dopamin yang bisa memicu rasa bahagia.

Ciri-ciri physical touch adalah

physical touch
iStock

Beberapa ciri-ciri yang ditunjukkan oleh seseorang berbahasa cinta sentuhan fisik adalah sebagai berikut.

  • Merasa sangat “touchy” dalam menjalin hubungan, seperti saling merangkul atau berpegangan tangan.
  • Merasa dicintai ketika menerima sentuhan fisik secara spontan.
  • Merasa sangat bermakna ketika salah satu mulai melakukan sentuhan fisik. 
  • Aktivitas favorit yang sering dilakukan adalah berpegangan tangan atau menyandarkan kepala ke bahu orang yang disayangi. 
  • Tidak merasa istimewa saat mendapatkan hadiah ataupun kata-kata manis.
  • Merasa ada koneksi atau hubungan positif yang terbangun jika mengalami sentuhan non seksual maupun seksual.
  • Merasa sangat rileks jika melakukan atau menerima physical touch.

BACA JUGA: Mengenal 5 Arti Love Language dan Cara Mengetahuinya

Cara memahami pasangan yang physical touch

physical touch
iStock

Cara memahami orang-orang dengan love language ini tentu susah susah gampang. Apalagi jika salah satu memiliki bahasa cinta yang berbeda. Namun yang perlu diketahui, cara memahami yang paling mudah adalah mengutamakan sentuhan fisik meskipun sedikit daripada kata-kata manis, memberikan hadiah, bahkan melayaninya. 

Sedulur juga dapat menanyakan jenis sentuhan apa yang paling disukai dan yang paling tidak disukai. Hal ini akan menjadi petunjuk untuk memprioritaskan cara terbaik dalam memahami dan menyampaikan rasa cinta kepadanya. Karena menjalin hubungan adalah tentang memberi dan menerima, bukan hanya membahagiakan satu pihak saja.

Cara menunjukkan rasa cinta

physical touch
iStock

Jika Sedulur memiliki pasangan dengan bahasa cinta sentuhan fisik, maka ekspresikan rasa sayang dengan cara menyentuhnya. Physical touch contohnya dapat dengan menggandeng tangannya ketika akan menyeberang jalan atau memeluknya dalam waktu yang lama jika ia merasa sedih.

Selain itu, berilah pundak agar ia bisa bersandar atau coba bersandarlah pada pundaknya. Saat duduk bersama, letakkan salah satu tangan di atas pahanya, atau rangkul bahunya. Dalam situasi pembicaraan yang serius, Sedulur juga dapat menggenggam tangannya sambil mengusapnya lembut dan mendengarkannya dengan serius.

Contoh

physical touch
iStock

Beberapa contoh physical touch dalam hubungan adalah sebagai berikut.

  • Berpelukan.
  • Berciuman.
  • Cuddling saat sebelum tidur atau saat bangun tidur.
  • Menggenggam atau berpegangan tangan.
  • Menepuk pundak.
  • Mengelus-elus kepala.
  • Mencubit dengan maksud menggoda.
  • Menggelitik ringan.
  • Duduk berdampingan.
  • Menyandarkan kepala di bahu.
  • Memijat bagian tubuh yang lelah.

BACA JUGA: Apa Arti Quality Time? Pengertian dan Cara Menerapkannya

Mengapa physical touch menyenangkan?

physical touch
iStock

Alasan mengapa sentuhan fisik dapat membuat seseorang merasa sangat dicintai, dihargai, atau bermakna adalah adanya apresiasi mendalam dari tindakan yang dilakukan dengan menyentuh. 

Seperti penjelasan sebelumnya, sentuhan fisik juga dapat merangsang peningkatan produksi berbagai hormon dalam otak, yakni oksitosin, serotonin, dan dopamin. Hormon-hormon inilah yang bertugas membuat perasaan senang, bahagia, hingga nyaman pada seseorang.

Hal-hal yang disukai seorang physical touch

physical touch
iStock

Seorang dengan bahasa cinta sentuhan fisik akan sangat menyukai hal-hal berikut. 

Menyukai hubungan yang saling ‘menyentuh’ dan merasa disayangi jika melakukan hal-hal seperti bergandengan, merangkul, berpelukan, melingkarkan tangan ke pinggang, mengelus punggung, atau bahkan mengusap kepala dengan lembut. 

Jika seseorang menyukai hal di atas, maka itu dapat menunjukkan bahwa bahasa cintanya adalah sentuhan fisik sehingga ia akan menyukai kontak fisik sesederhana apapun dan selalu mau menghabiskan waktu berdua.

Jika seseorang merasa kesal jika melihat orang yang disayanginya terlalu dekat serta memiliki banyak kontak fisik dengan orang lain, maka bisa jadi ia adalah seseorang dengan bahasa cinta sentuhan fisik. Hal ini biasanya terlihat dari sikap cemburu dan posesif jika orang yang disayanginya terlalu berdekatan dengan lawan jenis lainnya.

Rasa cemburu ini seringkali akan membuat seseorang langsung bad mood jika orang yang disayanginya terlalu akrab atau terlalu banyak melakukan kontak fisik dengan orang lain. Hal ini karena ia menganggap sentuhan fisik merupakan suatu hal istimewa, oleh karena itu ia tidak ingin membagi hal ini dengan yang lainnya. Menurutnya juga, sentuhan merupakan caranya terbaik untuk menunjukkan rasa cinta, dan ia tidak ingin seseorang yang disayanginya melakukannya kepada orang lain.

Hal lain yang disukai adalah melakukan ciuman secara tiba-tiba. Sebagai contoh misalnya, jika ada seseorang yang tiba-tiba mencium kening pasangannya, maka bisa jadi ia adalah seorang dengan physical touch love language. Jika menemukan orang seperti ini, Sedulur dapat membalas melakukan hal yang sama karena akan membuatnya merasa dicintai.

Tidak melulu dengan sentuhan yang tegas, orang dengan bahasa cinta sentuhan fisik juga menyukai sentuhan yang sederhana, seperti menyandarkan kepala di bahu pasangan, atau mengelus-elus rambut ketika melihat tingkah konyolnya. 

Mereka yang memiliki bahasa cinta ini juga umumnya senang memamerkan kemesraan di depan umum saat bertemu dengan orang yang dicintai. Hal yang akan mereka lakukan adalah merangkul atau menggandeng tangan pasangannya sebagai bentuk cinta. Oleh karena itu, jika pasangannya menolak dan menjauh saat didekati, maka ia akan merasa sedih dan sakit hati.

Jika bahasa tubuh pasangan menunjukan raut wajah kecewa saat Sedulur tiba-tiba menghindar saat dia mendekati, maka mereka adalah seseorang dengan bahasa cinta sentuhan fisik. Hal ini karena bagi mereka, kedekatan fisik sangatlah berarti.Oleh karena itu, Sedulur harus bersikap bijak saat menghadapi tipe pasangan seperti ini. Jika memang sedang tidak ingin bermesraan, maka katakan saja secara baik-baik.

Orang dengan bahasa cinta ini juga sangat senang jika ditenangkan dengan cara dipeluk atau diusap-usap bahunya. Beberapa keadaan yang mendukung untuk melakukan sentuhan atau pelukan adalah saat ia sedang merasa stress, saat melepas rindu, atau saat mereka sedang bersedih akan sesuatu hal. Berikan mereka pelukan yang sangat lama untuk mengurangi beban yang sedang dirasakannya dan biarkan mereka menikmati kehangatan tersebut.

Tak hanya itu, orang dengan bahasa cinta sentuhan fisik juga akan merasa nyaman jika disentuh atau ditatap pada matanya daripada mendengar kalimat-kalimat cinta. Melalui tatapan hangat, Sedulur akan dapat merasakan ketulusannya. Mereka juga akan merasa bahagia saat menerima pijatan sederhana dari pasangannya.

Saat menjalani hubungan LDR, Sedulur dapat mengganti sentuhan fisik ini dengan selalu menghubungi dan mengobrol dengan telepon video secara intens. Berikan perhatian penuh kepada pasangan dengan melakukan kontak mata, memandang pasangan dengan hangat dan menggunakan bahasa tubuh menunjukkan bahwa secara fisik sesungguhnya Sedulur sedang bersama si dia, dan Sedulur juga sangat mencintainya.

BACA JUGA: 10 Cara Meluluhkan Hati Wanita Idaman, Pria Wajib Tahu!

Manfaat

physical touch
iStock

Nah, inilah beberapa manfaat yang didapatkan dari bahasa cinta sentuhan fisik. Simak penjelasannya, ya!

1. Membuat hubungan semakin dekat

Manfaat pertama adalah membuat hubungan semakin dekat. Hal ini karena pasangan dengan bahasa cinta physical touch, sentuhan-sentuhan fisik tentu akan membuat hubungan semakin harmonis karena sentuhan yang diberikan dapat menimbulkan perasaan bahagia dan merasa bermakna. 

2. Meningkatkan rasa percaya

Selain memperdekat hubungan, sentuhan fisik juga dapat meningkatkan rasa percaya pada pasangan. Oleh karena itu, jika Sedulur dan pasangan memiliki bahasa cinta sentuhan fisik, jangan ragu untuk melakukannya karena hal ini dapat meningkatkan rasa percaya. 

3. Meningkatkan produksi hormon 

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan produksi berbagai hormon bahagia. Oksitosin adalah hormon yang bisa mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Hormon ini secara umum akan meningkat ketika ada sentuhan fisik, seperti menyentuh tangan, bahu, atau lengan. Selain oksitosin, sentuhan fisik juga dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin dalam neurotransmitter di otak. Kedua hormon ini merupakan hormon yang membuat seseorang merasa bahagia dan bersemangat.

3. Menurunkan darah tinggi

Tak hanya itu, manfaat sentuhan fisik yang lainnya adalah menurunkan darah tinggi. Hal ini karena sentuhan yang diberikan akan menimbulkan efek bahagia dan tenang. Selain menurunkan tekanan darah, sentuhan kulit ke kulit dengan pasangan juga bisa menurunkan hormon stres yang ada dalam tubuh.

Demikian informasi mengenai love language physical touch beserta ciri-ciri dan manfaatnya. Jika Sedulur dan pasangan memiliki bahasa cinta ini, maka jangan ragu untuk melakukannya asalkan kalian merasa bahagia dan bermakna. Semoga informasi ini dapat membuat Sedulur dan pasangan lebih memahami satu sama lain. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.