Sedulur pasti sudah sering sekali mendengar kata quality time. Namun, apakah Sedulur benar-benar mengerti maknanya? Quality time artinya Sedulur harus memiliki waktu berkualitas. Dalam menjalin sebuah hubungan, baik dengan keluarga, pasangan, atau bahkan teman, quality time menjadi salah satu aspek penting yang harus dilakukan.

Namun sayangnya, mendapatkan quality time tak selalu mudah. Kesibukan sering menjadi alasan seseorang tidak memiliki quality time dengan keluarga dan orang terdekat. Terkadang kebanyakan orang berpikir bahwa kesibukan pekerjaan lebih penting dibandingkan menghabiskan waktu bersama orang terdekat, sebab quality time artinya bisa dilakukan kapan saja. Sebenarnya apa sih arti quality time? Dan bagaimana cara menerapkannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di sini.

BACA JUGA: Contoh Interaksi Sosial, Pengertian, Ciri Ciri, Syarat, & Faktornya

Pengertian Quality Time

quality time artinya
Unsplash

Dilansir dari Kumparan, quality time artinya waktu yang dihabiskan bersama orang yang dicintai, baik dengan keluarga, pasangan, sahabat, atau orang terdekat lainnya untuk menciptakan momen indah. Namun tak hanya bersama orang terdekat, quality time juga bisa dilakukan dengan diri sendiri lho.

Sering tak disadari, menghabiskan waktu berharga bersama keluarga ternyata memiliki banyak manfaat. Sementara banyak orang yang terkadang memilih tenggelam dalam kesibukan dan menunda menyempatkan quality time.

Mungkin quality time artinya memang bisa dilakukan kapan saja, namun jika terus menerus ditunda, hubungan dengan keluarga atau orang-orang terdekat bisa renggang hanya karena Sedulur memilih terus tenggelam dalam kesibukan. Maka dari itu, quality time sebenarnya menjadi hal yang cukup penting. Dan sebenarnya menghabiskan quality time dengan keluarga sebenarnya tak selalu sulit asal Sedulur memiliki kemauan untuk meluangkan waktu.

Cara menciptakan quality time

1. Mau meluangkan waktu

quality time artinya
Unsplash

Kesibukan pekerjaan atau hal-hal lainnya kadang memang tak bisa dihindari. Apalagi pekerjaan memang sudah menjadi tanggung jawab yang harus dijalani dan diselesaikan dengan baik. Tak heran, ketika menyelesaikan pekerjaan, Sedulur menjadi lupa waktu dan momen berharga bersama keluarga terlewatkan begitu saja.

Sebenarnya masalah tersebut akan selesai jika Sedulur bersedia berusaha meluangkan waktu untuk keluarga atau orang terdekat. Family quality time artinya Sedulur mau meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga tanpa terganggu dengan pekerjaan. Karena pekerjaan mungkin bisa terus berdatangan dan tak akan ada habisnya, namun waktu berharga bersama keluarga bisa saja tak akan terulang. Itulah mengapa, sesibuk apapun Sedulur dengan pekerjaan yang ada, sebaiknya mulai berusaha untuk meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga.

BACA JUGA: Ketahui Ciri Ciri Pasangan Posesif dan Cara Menghadapinya

2. Atur waktu quality time

quality time artinya
Unsplash

Jika selama ini Sedulur kesulitan meluangkan waktu untuk menciptakan family time, artinya Sedulur perlu mengatur waktu. Caranya Sedulur bisa mengatur waktu maksimal selesai bekerja hingga pukul berapa. Jadi mau tidak mau, Sedulur harus menyelesaikan pekerjaan sampai dengan waktu yang telah Sedulur tentukan sendiri. Setelah itu, Sedulur bisa gunakan waktu yang tersisa untuk menghabiskan waktu dengan keluarga.

Dengan kata lain, Sedulur harus mulai melakukan manajemen waktu agar waktu dalam sehari tidak habis untuk urusan pekerjaan saja. Jangan sampai dalam sehari, Sedulur tak memiliki waktu untuk sekadar berbincang atau mengobrol dengan keluarga. Sebab komunikasi sangat penting agar hubungan keluarga tetap hangat dan terjaga.

3. Jauhi gadget

quality time artinya
Unsplash

Selain pekerjaan yang tak kunjung selesai, penggunaan gadget dengan berlebihan juga bisa mengganggu quality time Sedulur dengan keluarga. Oleh karena itu, saat sedang menghabiskan waktu bersama keluarga sebaiknya batasi penggunaan gadget. Ketimbang terus menerus fokus ke gadget, lebib baik fokus untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga dan orang terdekat.

BACA JUGA: 110 Kata-kata Bucin buat Pacar yang Romantis dan Bikin Baper

Macam-macam quality time

1. Family time

Unsplash

Sesuai namanya, family time artinya waktu yang Sedulur habiskan bersama keluarga dan diisi dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan untuk mengukir memori berharga yang bisa dikenang di masa yang akan datang. Keluarga seringkali dinomorduakan atas alasan kesibukan dan mengejar kesuksesan. Padahal keberadaan keluarga tak kalah penting dan berharganya dibandingkan pekerjaan dan ambisi meraih kesuksesan yang kita miliki. Sebab, pada akhirnya ketika kita kewalahan menghadapi hari yang berat, keluarga selalu menjadi satu-satunya tempat pulang.

2. Quality time bersama pasangan

Unsplash

Dalam sebuah hubungan, selain komunikasi ada satu hal lagi yang tak kalah penting, yakni menghabiskan waktu bersama pasangan. Quality time bersama pasangan tak harus dilakukan setiap hari, toh Sedulur dan pasangan pun tetap memiliki kesibukan masing-masing. Cukup atur waktu bersama pasangan dua hingga tiga hari dalam seminggu.

Cara ini juga bisa disebut sebagai quality time love language, artinya ini adalah cara mengekspresikan perasaan kepada pasangan dengan cara meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama. Tapi hati-hati, quality time bahasa cinta seringkali disalahartikan. Ada orang yang berpikir bahwa menghabiskan waktu bersama pasangan saja cukup, padahal ia tak sepenuhnya fokus kepada pasangan. Lebih dari itu, quality time love languange harus juga fokus dan memerhatikan pasangan.

Selama menghabiskan waktu bersama pasangan, usahakan untuk tetap fokus dengan kegiatan yang dilakukan bersama. Jauhkan diri dari urusan pekerjaan dan batasi penggunaan gadget. Manfaatkan waktu ini untuk mengobrol dari hati ke hati.

BACA JUGA: 120 Kata Kata Gombalan Maut Bikin Klepek Klepek dan Baper

3. Quality time untuk diri sendiri

Unsplash

Selama ini kebanyakan narasi yang berkembang adalah quality time artinya waktu yang seseorang habiskan dengan keluarga, pasangan, teman, dan orang-orang terdekat. Padahal menghabiskan waktu bersama diri sendiri juga sesekali perlu dilakukan atau yang disebut dengan istilah me time.

Me time artinya waktu yang Sedulur luangkan untuk fokus ke diri sendiri, dan melakukan banyak hal yang Sedulur sukai tanpa campur tangan orang lain. Menghabiskan waktu dengan diri sendiri seringkali disamakan dengan kondisi kesedihan atau semacamnya. Padahal me timei memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan mental.

Menurut Psychology Today seperti dilansir dari Kompas, psikolog Sherrie Bourg Carter, PsyD menyebut beberapa manfaat me time. Antara lain:

  1. Pertama memberikan kesempatan otak untuk beristirahat, sehingga mampu meredakan stress dan menjernihkan pikiran
  2. Ketika pikiran sudah lebih jernih, Sedulur akan lebih mudah untuk berkonsentrasi dalam melanjutkan pekerjaan atau kegiatan lainnya
  3. Memberikan kesempatan untuk lebih mengenal diri sendiri, apa yang dimau, serta hal apa yang ingin dituju
  4. Pada akhirnya, pikiran yang tenang setelah melakukan me time akan membuat hubungan Sedulur dengan orang lai. juga menjadi lebih baik. Karena setidaknya Sedulur sudah bisa mengendalikan emosi dalam diri, sehingga tak terlalu banyak menuntut sikap orang lain terhadap Sedulur

Pada akhirnya quality time artinya bukanlah sesuatu hal yang bisa dipaksakan, melainkan Sedulur harus memiliki kesadaran untuk meluangkan waktu demi menghabiskan waktu khusus baik bagi diri sendiri. Sebab jika meluangkan waktu saja tanpa fokus pada apa yang sedang dilakukan juga akan menjadi hal yang sia-sia.

Contoh quality time yang bisa Sedulur lakukan bersama keluarga antara lain berlibur, menonton film bersama, atau sekadar berjalan-jalan di tempat-tempat favorit. Sementara contoh me time antara lain pergi ke salon, melakukan hobi yang sudah lama tak ditekuni, atau hanya sekadar istirahat saja tanpa ada gangguan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.