Cara seseorang untuk mengungkapkan rasa cinta serta kasih sayangnya kepada orang lain merupakan definisi dari love language atau bahasa cinta. Dengan mengetahuinya, maka hubungan yang sedang dijalin akan menjadi semakin hangat. Perasaan cinta serta kasih sayang akan menjadi lebih mudah untuk dipahami jika pasangan mengetahui bahasa cinta masing-masing.

Selain itu, pasangan juga akan menjadi lebih bahagia dalam menjalani hubungan asmara karena mereka akan sama-sama menghargai, mengerti, serta mengetahui satu sama lain. Hubungan juga akan menjadi semakin erat jika sudah mengenal bahasa cinta. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA: Afirmasi Positif adalah Cara Mencintai Diri Sendiri, Begini Tipsnya

Apa itu love language?

Teori mengenai cinta ini pertama dikenalkan dan dipopulerkan pada tahun 1992 oleh Dr. Gary Chapman dengan bukunya yang berjudul  “The Five Love Language: How To Express Heartfelt Commitment To Your Mate”. Dalam buku tersebut, disebutkan bahwa love language adalah bahasa cinta yang berjumlah lima, dan bisa kita terapkan pada sebuah hubungan yang sedang dijalani. 

-->

Pemahaman tentang bahasa cinta sangat penting dalam sebuah hubungan agar bisa saling mengerti satu sama lain dan bisa mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang secara tepat sesuai yang diekspektasikan oleh mereka. Seseorang akan menjadi lebih nyaman serta suka berada di sisi kita jika bisa memperlakukannya sesuai dengan yang diharapkan. 

Adanya berbagai manfaat dalam penggunaan bahasa cinta juga diungkapkan oleh seorang psikoterapis sekaligus penulis, Dr. Tina B. Tessina, yang menulis buku berjudul  “Dr. Romance’s Guide to Finding Love Today”. Manfaat yang diungkapkan dalam buku tersebut diantaranya adalah bisa mengekspresikan kasih sayang dan rasa cinta terhadap pasangan. Dalam buku tersebut juga menyebutkan tentang pemahaman ekspresi cinta yang bisa dilakukan dengan cara berbeda terhadap pasangan. Jika sudah mengetahui cara yang tepat dan sesuai, maka kita akan menjadi lebih mudah untuk memahami pasangan.

Komunikasi antar pasangan juga akan menjadi lebih kuat jika kita bisa memahami secara tepat bahasa cinta apa yang dimiliki oleh pasangan. Untuk memahaminya, berikut adalah lima jenis bahasa cintanya.

1. Waktu yang berkualitas atau Quality Time

love language
pixabay

Waktu yang berkualitas atau sering juga disebut dengan quality time mencakup tentang pemberian perhatian secara penuh terhadap pasangan. Tidak ada yang boleh mengganggu kebersamaan yang diberikan oleh urusan lain, misalnya adalah pekerjaan, ponsel, game, atau urusan lain yang tidak berkaitan dengan suatu hubungan percintaan. Perhatian penuh harus diberikan pasangan, tanpa adanya gangguan yang menjadikannya masalah.

Lakukan test love language terhadap pasangan untuk mengetahui apakah dia termasuk seseorang yang menginginkan perhatian, kebersamaan, dan berkomunikasi sebagai bahasa cintanya. Lakukan quality time bersama sebagai bentuk dari bahasa cinta yang satu ini. Contohnya adalah dengan melakukan deep talk atau menyiapkan makan malam dengan berbagai hidangan yang romantis. Dengan melakukan hal tersebut, maka kalian bisa bercerita dan bertukar pandangan mengenai berbagai hal menyenangkan seperti karir, masa depan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Memahami Apa Itu Komitmen Dalam Hubungan Percintaan

2. Kata-kata penegasan atau Words of Affirmation 

love language
pixabay

Words of affirmation adalah bahasa cinta yang sering kita dengar dan kenali. Jika bahasa cinta pasangan Sedulur adalah words of affirmation atau kata-kata penegasan, maka hal yang harus dilakukan oleh Sedulur adalah dengan selalu mengatakan padanya bahwa kita menyayangi serta memperdulikan dia. Jangan membicarakan hal yang tidak bermanfaat dan tidak berguna seperti “aku tidak perlu membicarakan hal tersebut karena dia pasti tahu kalau aku sayang sama dia” jika pasanganmu memiliki love language yang satu ini.

Tunjukkan perhatian serta rasa cinta yang dimiliki secara langsung kepada pasangan. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin, tidak hanya sekali saja. Perlu diingat bahwa kejujuran adalah hal yang paling penting dalam words of affirmations. Sedulur tidak perlu mengumbar kalimat romantis yang terkesan gombal untuk mendapatkan perhatian darinya. Ungkapkan kasih sayang serta cinta kepada pasangan secara jujur dari lubuk hati yang terdalam agar hubungan dapat terjalin dengan baik. Tetaplah menjadi diri sendiri, ya.

Kalimat yang diungkapkan kepada pasangan tidak perlu yang aneh-aneh. Kalimat sederhana seperti “Aku sangat bersyukur kamu menjadi bagian dari hidupku” bisa membuat pasangan semakin sayang dan hubungan menjadi langgeng.

3. Mendapatkan hadiah atau Receiving Gifts

love language
pixabay

Receiving gift bukan berarti dengan memberikan pasangan berbagai kado yang mahal. Namun, juga lebih ke arah tentang arti dan makna dari sebuah hadiah tersebut. Seseorang yang memiliki bahasa cinta ini akan merasa bahwa pemberian kado tersebut merupakan sebuah ungkapan rasa sayang dan cinta pasangannya. Seseorang tidak akan peduli hadiah tersebut mahal atau murah, yang terpenting adalah ketulusan hati pasangan yang memberikannya.

Receiving gift merupakan 1 dari 5 love language yang membuat sang penerima menghargai waktu yang diluangkan dalam membeli atau mempersiapkan hadiah tersebut. Pasangan juga akan mengingat setiap hadiah yang diberikan, karena dia menganggap hadiah tersebut memiliki makna tersendiri. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kamu mencintai serta memahaminya secara tulus. Namun, bisa jadi bahasa cinta yang satu ini disalah artikan sebagai perilaku yang matre atau materialistis. Maka dari itu, Sedulur perlu berhati-hati dan harus bisa membedakannya.

BACA JUGA: Apa Itu Psikopat? Ini Gejala dan Ciri-ciri yang Harus Diwaspadai

4. Tindakan melayani atau Acts of Services

pixabay

Tindakan apapun yang dilakukan agar beban serta tanggung jawab pasangan berkurang adalah pengertian dari bahasa cinta acts of services. Contohnya adalah dengan mengirimkan makan siang kepada pasangan yang sedang sibuk bekerja serta tidak sempat makan, pergi belanja bulanan bersama pasangan, ataupun membantu untuk menyelesaikan pekerjaan dari pasangan yang sedang kesusahan. 

Lakukan love language test dengan cara menanyakan langsung kepada pasangan ketika Sedulur merasa masih bingung terkait apa yang dibutuhkan oleh pasangan. Tanyakan apapun tentang apa yang dibutuhkan atau yang disukai oleh pasangan. Atur waktu untuk melakukannya sesudah Sedulur mengetahui apa saja yang ia butuhkan.

5. Sentuhan fisik atau Physical Touch

love language
pixabay

Salah satu bahasa cinta yang paling banyak dimiliki adalah sentuhan fisik atau physical touch. Orang-orang cenderung menyukai physical touch seperti berpelukan, mengelus kepala, atau menggenggam tangan. Melalui sentuhan fisik, Sedulur akan menemukan cara khusus untuk memperlakukan serta mengekspresikan rasa cinta terhadap pasangan. Contohnya adalah dengan menyentuh tangannya selama melakukan percakapan, menggenggam tangannya saat berjalan, atau memeluknya ketika sedang bahagia atau bersedih.

Pasangan akan bisa merasakan secara langsung love language yang dilakukan Sedulur secara nyata. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengungkapkan rasa sayang dan rasa cinta. Selain itu, sentuhan fisik dianggap cukup meyakinkan dan bisa menenangkan seseorang.

BACA JUGA: Mengenal Ciri Kepribadian Introvert dan Cara Mengatasinya

Cara mengetahui bahasa cinta yang dimiliki pasangan

pixabay

Agar keinginan pasangan bisa diwujudkan dan diberikan secara maksimal, maka kita perlu mempelajari serta memahami love language apa aja yang mereka miliki. Untuk mengetahui bahasa cinta apa yang dimiliki oleh kita serta pasangan, berikut adalah beberapa caranya.

Ketahui apa yang sering mereka keluhkan

Terkadang, kita akan merasa kesal dan jenuh jika harus mendengarkan keluhan yang diutarakan oleh pasangan. Namun, jangan menyia-nyiakan hal tersebut. Curhatan yang diutarakan bisa digunakan untuk memahami apa yang dirasakan oleh pasangan. Jika pasangan sering mengeluhkan sikap Sedulur yang tidak perhatian atau kurang peka, maka bahasa cinta mereka adalah words of affirmation.

Memahami apa yang sering pasangan minta

Apa yang ingin diterima oleh pasangan bisa ditunjukkan dengan melalui bahasa cinta. Jika pasangan sering meminta untuk menghabiskan waktu berdua saja, maka bahasa cinta mereka adalah quality time. Jika pasangan ingin selalu bergandengan tangan, maka bahasa cintanya adalah physical touch.

Perhatikan bagaimana dia mengungkapkan rasa cinta atau kasih sayangnya kepada orang di sekitarnya

Cara dia untuk mengungkapkan rasa sayang dan cinta terhadap orang sekitar bisa digunakan untuk mengetahui bahasa cinta apa yang dimilikinya. Jika sering memberikan kado terhadap orang yang disayangi, maka bahasa cinta yang dipunyai oleh mereka adalah receiving gifts.

Love language harus diketahui sebagai wujud rasa empati

pixabay

Dengan mengetahui bahasa cinta apa yang dimiliki oleh pasangan, hal tersebut bisa sebagai wujud rasa empati. Dilansir dari Berkeley University of California, emosi atau perasaan orang lain dapat dirasakan dengan adanya kemampuan empati. Bonding atau ikatan secara emosional juga akan meningkat dengan adanya rasa empati yang dimiliki oleh pasangan. Konflik yang tidak perlu juga akan berkurang karena masing-masing sudah paham dengan love language yang dimiliki.

BACA JUGA: 12 Gaya Berhubungan Agar Lama, Agar Menambah Keintiman

Hubungan akan menjadi semakin intim

pixabay

Manfaat mengetahui bahasa cinta yang dimiliki pasangan adalah membuat hubungan menjadi semakin intim. Hubungan yang intim tidak melulu diartikan sebagai hubungan seksual, namun hubungan yang mendalam dari hati ke hati. Kita akan menjadi lebih tahu sifat satu sama lain dengan berbagai pembelajaran serta pengalaman yang sudah dimiliki. Hubungan juga akan memiliki sifat transparan, sehingga menjalaninya akan semakin nyaman. Selain mengetahuinya lewat ciri-ciri dan sifat pasangan terhadap lingkungan sekitar, Sedulur bisa mencoba melakukan love language test indonesia

Dalam sebuah hubungan, kita tidak diwajibkan untuk memiliki bahasa cinta yang sama. Hal tersebut tidak akan menjamin kelanggengan sebuah hubungan. Yang terpenting adalah bagaimana kita memahami dan mengerti love language apa yang dimiliki oleh pasangan. Jangan lupa untuk mengenali bahasa cinta dari diri sendiri terlebih dahulu sebelum mencari tahu milik pasangan. Setelah mengetahui bahasa cinta masing-masing, maka pasangan akan lebih mudah untuk menghargai serta mengetahui bagaimana cara untuk menunjukkan kasih sayang. Semoga bermanfaat!