Penyakit liver menjadi salah satu pembunuh nomor satu umat manusia di seluruh dunia. Termasuk salah satunya menyerang orang-orang di Indonesia. Banyak sekali faktor yang menyebabkan munculnya penyakit liver ini. Pola makan yang tidak sehat dan penerapan hidup sehat yang kurang, bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Penyakit liver adalah sebuah istilah yang biasa digunakan pada setiap gangguan pada liver atau tepatnya pada organ hati. Hati merupakan sebuah organ yang bisa melakukan regenerasi dengan cepat supaya mengganti selnya yang rusak. Nah, apabila sel-sel banyak yang rusak, maka fungsi dan kerja hati bisa terganggu.

Tahukah Sedulur, penyakit liver ini tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak dan bayi pun bisa terserang oleh penyakit ini. Maka dari itu, perlu penanganan lebih serius untuk mengatasi persoalan semacam ini.

Supaya tidak bingung tentang penyakit liver, maka berikut tim Aplikasi Super memberikan penjelasan secara lengkapnya buat Sedulur Super

BACA JUGA : Ciri Ciri Kucing Siam Lucu Serta Cara Merawat & Harganya

1. Pengertian penyakit liver

"	 Apa Saja Penyebab Penyakit Liver? Berikut Penjelasannya"
liputan6

Penyakit liver adalah sebuah istilah yang digunakan pada setiap mereka yang mengalami gangguan pada liver atau hati sehingga menyebabkan organ ini tidak bisa melakukan fungsinya dengan baik. Biasanya fungsi hati bisa mengalami penurunan saat terjadi kerusakan sel-sel hati sudah mencapai 75%. Tidak hanya itu, penyakit ini bisa mengancam anak-anak, bayi selain orang-orang dewasa.

Saking berbahayanya penyakit yang satu ini, membuat banyak orang harus ektra hati-hati dalam menanganinya. Tentu perlu mengubah pola hidup dan juga harus rutin menjalankan olahraga. Sebab, kedua hal tersebut bisa menghindarkan diri dari masalah penyakit liver.

BACA JUGA : Apa Itu Staycation? Trend Liburan yang Populer Masa Kini

2. Pengertian penyakit hati dalam islam

"	 Apa Saja Penyebab Penyakit Liver? Berikut Penjelasannya"
islampos

Dalam perspektif islam, penyakit hati biasanya diidentikan dengan beberapa sifat buruk atau tingkat laku tercela (al-akhlaq al-mazmumah), seperti dengki, iri hati, arogan, emosional dan sejenisnya.

Dikutip Aplikasi Super dari laman Merdeka, Dr. HM. Zainuddin, MA dalam penyakit hati dan cara pengobatannya, Hasan Muhammad as-Syarqawi dalam kitabnya Nahw Ilmiah Nafsi membagi penyakit hati menjadi beberapa bagian.

  • Pamer (riya’)
  • Marah (al-ghadhab)
  • Lalai dan lupa (al-ghaflah wan nisyah)
  • Was-was (al-was-wasah)
  • Frustasi (al-ya’s)
  • Rakus (tama’)
  • Terperdaya (al-ghurur)
  • Sombong (al-ujub)
  • Dengki dan iri hati (al-hasd wal hiqd)

Demikian penjelasan mengenai pengertian penyakit hati dalam pandangan islam. Memang cukup berbeda dengan penyakit hati secara umum.

BACA JUGA : 18 Manfaat Daun Seledri, Sangat Baik Hindari Hipertensi

3. Ciri-ciri penyakit liver

"	 Apa Saja Penyebab Penyakit Liver? Berikut Penjelasannya"
alodokter

Penyakit liver memiliki beberapa gejala tersendiri. Sehingga kamu Sedulur wajib mengetahui apa saja gejala penting dari penyakit yang satu ini. Nah, daripada berlama-lama, berikut ini penjelasan secara lengkapnya.

Tahap 1

Penyakit liver atau hati pada tahap ini akan ditandai dengan munculnya inflamasi atau peradangan pada sel-sel hati. Nah, kondisi semacam ini bisa menyebabkan jaringan hati bisa menjadi lunak dan mengalami masalah pembengkakan. Nah, apabila masalah inflamasi atau peradangan masih terus terjadi dan tidak tertangani dengan baik bisa menimbulkan kerusakan permanen.

Tahap 2

Tahapan kedua pada infeksi liver ini akan mengalami fibrosis, yaitu sebuah kondisi di mana jaringan parut mulai tumbuh untuk menggantikan jaringan hati yang rusak. Pembentukan jaringan parut sebenarnya sebuah proses yang dilakukan oleh tubuh yang bisa menyembuhkan luka pada jaringan hati.Meski demikian, pembentukan fibrosis justru bisa membuat hati tidak mengalami fungsi dengan normal. Sehingga jika Sedulur mengalami masalah ini, harus segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Tahap 3

Pada tahapan ini mungkin bisa ditandai dengan terjadinya sirosis. Yaitu sebuah peristiwa kerusakan parah pada hati akibat dari sebuah kejadian penumpukan jaringan parut pada hati. Sirosis hati adalah tahapan akhir dari sebuah penyakit liver. Ketika tahapan ini, hati sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. Alias sudah mengalami infeksi liver dan penyakit liver sudah menyerang tubuh kita. Biasanya kondisi semacam ini akan ditandai dengan munculnya keluhan dan gejala penyakit liver serius.

Tahap 4

Pada tahapan ini, kerusakan hati sudah terjadi secara menyeluruh. Nah, kondisi ini menyebabkan hilangnya fungsi hati secara keselurhan. Pada tahapan ini bisa disebut juga dengan masalah gagal hati. Penderita kerusakan hati berat pada umumnya membutuhkan penanganan dan perawatan khusus.

Salah satu cara penanganan penyakit liver satu-satunya jalan adalah dengan melakukan transplantasi hati. Tindakan ini adalah cara supaya kamu bisa kembali sehat dan terbebas dari penyakit liver.

BACA JUGA : 16 Contoh Alat Musik Harmonis & Cara Memainkannya!

3. Gejala penyakit liver

"	 Apa Saja Penyebab Penyakit Liver? Berikut Penjelasannya"
halodoc

 Ada beberapa gejala penyakit liver yang harus kamu ketahui Sedulur. Supaya nanti kamu bisa melakukkan pencegahan secara dini agar terhindar dari penyakit yang satu ini. Nah, daripada berlama-lama, berikut beberapa gejala penyakit liver yang wajib kamu ketahui.

  • Kulit dan mata akan tampak berwarna kuning (jaundice)
  • Nyeri perut dan bengkak
  • Pembengkakkan pada kaki dan pergelangan kaki (edema
  • Gatal pada kulit
  • Warna urine menjadi gelap
  • Warna feses pucat atau BAB berdarah
  • Kelelahan kronis
  • Mual atau muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Sering mengalami memar

4. Jenis-jenis penyakit liver

"	 Apa Saja Penyebab Penyakit Liver? Berikut Penjelasannya"
alodokter

Ternyata penyakit liver ada berbagai macam jenisnya lho Sedulur. Sejauh ini ada sekitar 100 jenis penyakit ini yang sudah teridentifikasi. Gejala liver ringan adalah semuanya mengganggu kemampuan hati untuk bisa berfungsi secara normal. Selain itu, tanda gejala penyakit liver pada setiap oang pun bisa berbeda. 

Nah, berikut ini beberapa jenis penyakit hati yang biasa paling umum ditemukan

Hepatitis

Penyakit liver yang pertama adalah hepatitis. Hepatitis merupakan sebuah peradangan pada hati yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau sebuah gangguan fungsi hati konsumsi alkohol. Jenis hepatitis pun beragam tergantung gejalanya yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, hepatitis E, hepatitis alkoholik dan hepatitis autoimun. Beberapa jenis hepatitis memang wajib diatasi dan ada gejala liver ringan yang bisa diobati. Sementara itu, jika dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan kanker hati dan gagal fungsi hati.

Hemokromatosis

Hemokromatis sebuah penumpukan zat besi yang terjadi selama bertahun-tahun. Umumnya gejala penyakit liver akan terasa pada usia antara 30 hingga 60 tahun. Beberapa gejala yang biasanya terjadi antara lain

  • Sering merasa lelah
  • Penurunan berat badan
  • Badan terasa lemah
  • Nyeri sendi
  • Gangguan ereksi pria dan
  • Menstruasi tidak teratur

Sirosis bilier primer

Sirosis bilier primer atau primary billary cirrhosis (PBC) merupakan tipe penyakit hati yang bisa menjadi sangat parah secara bertahap seiring dengan berjalananya waktu. Jadi, apabila jenis penyakit liver ini tidak segera diatasi dengan baik, maka bisa menimbulkan sebuah penyakit yang berbahaya.

Penyakit yang satu ini tidak terlalu ditandai dengan gejala. Meski demikian,  beberapa pasien maka akan merasakan namanya kondisi seperti yang ada di bawah ini

  • Nyeri tulang dan mengalami nyeri sendi
  • Rasa lelah
  • Mata dan mulut kering dan
  • Perut bagian atas terasa sakit atau merasa tidak nyaman.

5. Tahapan penyakit liver

"	 Apa Saja Penyebab Penyakit Liver? Berikut Penjelasannya"
medcom

Ternyata ada beberapa tahapan yang wajib kamu ketahui terkait masalah penyakit yang satu ini. Berikut adalah beberapa tahapan yang waji kamu tahu

Peradangan

Awalnya adalah peradangan pada hatu yang akan terjadi. Dikutip dari laman Hello Sehat, hati akan menjadi terasa lembut dan membesar. Nah, peradangan menunjukan bahwa tubuh sedang melawan infeksi atau menyembuhkan luka. Nah, apabila terus berlanjut, artinya gangguan fungsi hati sedang terjadi.

Apabila organ tubuh meradang, maka Sedulur bisa meraakan panas dan sakit pada bagian tersebut. Namun, peradangan pada liver sering tidak disadari oleh pasien. Kabar baiknya, penyakit liver yang didiagnosis dan di atas pada tahapan ini bisa disembuhkan peradangan dan mengembalikan fungsi hati.

Fibrosis

Pada tahapan ini, bila hati tidak ditangani, maka peradangan akan berkemban menyebabkan sebuah jaringan parut (bekas luka). Nah, jaringan parut akan tumbuh dan bisa menggantikan sebuah jaringan hati yang sehat dan proses ini disebut juga sebagai fibrosis.

Semakin banyak jaringan parut yang muncul, maka fungsi hati tidak mampu bekerja dengan normal. Pada bagian sehat dari liver, Sedulur mungkin akan bekerja secara keras supaya menutupi jaringan parut.

Sirosis

Sirosis merupakan pembentukan luka yang berupa jaringan parut pada hati yang keras, menggantikan jaringan sehat yang lembut. Nah, apabila Sedulur didiagnosis sirosis, maka perawatan akan berfokus pada pencegahan supaya kondisi tidak semakin parah.

Tahap akhir

End stage liver disease (ESLD) merupakan sebuah tahapan akhir dari penyakit hati dimana kondisi pasien yang mengalami sirosis dengan tanda-tanda dekompensasi sehingga membutuhkan transplantasi.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang termasuk ke dalam dekompensasi yaitu meliputi sebagai berikut ini

  1. Ensefalopati hepatik
  2. Perdarahan varises
  3. Gangguan ginjal
  4. Asites dan
  5. Masalah paru-paru
  6. Dll

BACA JUGA : Fakta & Ciri Khas Sapi Limosin, ‘Sapi Sultan’ Favorit Pejabat

6. Cara mengatasi penyakit liver

Obat penyakit liver sebenarnya bisa diatasi dengan cara medis atau alami. Penyakit liver bisa berlangsung dalam waktu singkat (akut) atau menetap hingga bertahun-tahun (kronis). Meski demikian, penyakit ini sebenarnya bisa diatasi dengan penggunaan obat medis ataupun non medis.

Berhenti mengonsumsi minumal beralkohol

Berhenti minum alkohol bisa menjadi salah satu cara mengobati penyakit liver. Tahukah Sedulur, minum alkohol bisa menimbulkan pembengkakan, peradangan, kerusakan permanen pada hati. Maka dari itu penderita penyakit ini yang disebabkan dari minum alkohol dianjurkan untuk berhenti minum.

Menjalani diet khusus

Diet sangat berperan dalam memenuhi kebutuhan gizi penderita penyakit liver serta meringankan kerja fungsi hati. Dengan demikian seiring waktu organ hati diharapkan dapat segera pulih

Menjaga berat badan yang sehat

Buat Sedulur yang mengalami gejala penyakit liver, penderita disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, makanan manis dan makanan cepat saji. Hal semacam ini bisa menimbulkan terjadinya penimbunan lemak di hati dan mengakibatkan perlemakan hati semakin parah.

Mengonsumsi ramuan herbal

Ramuan herbal bisa kamu dapatkan dari meminum jamu atau obat-obatan alami lainnya. Ramuan herbal dari temulawak, kunyit dan akar dandelion dipercaya memiliki banyak khasiat  dalam memperbaiki kerusakan hati karena hepatitis, sirosis dan perlemakan hati. Cara mengobati penyakit liver dengan obat-obatan

Obat-obatan

Mengonsumsim obat-obatan bisa dilakukan untuk mengobati liver lho Sedulur. Untuk mengobati hepatitis akibat infeksi virus seperti Hepatitis B dan Hepatitis C, maka dokter akan memberikaan obat antivirus dan suntikan interferon.

Dokter pun juga bisa memberikaan obat antihipertensi dan albumin buat Sedulur yang mengalami masalah sirosis atau biasa dinamakan sebagai penyakit gagal hati.

Operasi

Jalan keluar kedua yang bisa kamu lakukan adalah harus operasi. Operasi umumnya dilakukan pada penderita gangguan hati tertentu. Seperti batu empedu dan tumor atau kanker hati.

Ya, demikian penjelasan mengenai liver, gejala hingga bagaimana cara penangananannya. Semoga membantu Sedulur yang saat ini menderita penyakita yang satu ini.