staycation adalah

Untuk seseorang yang memiliki waktu libur terbatas sedangkan orang tersebut ingin menjelajahi berbagai jenis destinasi wisata, maka solusi dari permasalahan tersebut adalah staycation. Staycation adalah salah satu alternatif berwisata jika Sedulur bosan dengan liburan yang itu-itu saja. Tren ini minatnya semakin meningkat di Indonesia dikarenakan adanya adanya pandemi. 

Sebenarnya, maksud staycation adalah sudah menjadi salah satu alternatif wisata sejak awal 2010. Konsep dari wisata yang satu ini adalah dengan berlibur ke satu tempat untuk jangka waktu yang tidak lama dan bisa menjadi salah satu alternatif ketika kita ingin menghemat uang.

Namun, arti staycation apa sih sebenarnya? Apa saja yang membedakannya dengan wisata yang lainnya? Penjelasannya dapat Sedulur simak berikut ini.

BACA JUGA: Wisata Curug Cikuluwung 1 & 2 di Bogor Penuh Keindahan dan Mitos

-->

1. Arti staycation apa sih?

maksud staycation adalah
pexels

Sebenarnya, staycation adalah sebuah penggabungan dari dua kata yaitu stay dan cation. Dalam Bahasa Inggris, stay berarti tetap sedangkan cation berasal dari kata vacation yang berarti liburan. Masyarakat kemudian menggabungkan kedua kata tersebut menjadi staycation. Menurut Cambridge Dictionary, arti dari gabungan kata ini adalah sebuah wisata atau liburan yang dilakukan tak jauh dari tempat tinggal daripada harus pergi ke tempat lain yang lebih jauh.

Sedulur akan menjadi turis dalam kota sendiri ketika sedang menikmati konsep liburan yang satu ini. Dalam sumber lain, arti dari gabungan kata tersebut merupakan sebuah agenda wisata yang dilakukan seseorang dengan cara menetap atau tinggal di suatu tempat, jadi tidak harus yang dekat dengan rumah, ya.

Pada kota-kota besar seperti Yogyakarta, Bandung, Medan, Jakarta, Surabaya, atau Semarang, hal ini menjadi sangat populer di kalangan anak muda yang sedang penat menghadapi pekerjaan atau sekolah. Ini menjadi salah satu alternatif liburan singkat yang dilakukan dengan cara menetap di suatu tempat lain, misalnya villa ataupun hotel.

Tempatnya bebas, bisa ditentukan sesuai keinginan masing-masing individu. Bisa jadi dekat dengan tempat tinggal, bisa juga letaknya lumayan jauh dari tempat tinggal. Biasanya, aktivitas liburan ini dilakukan karena seseorang memiliki waktu yang terbatas namun orang tersebut merasa jenuh dan butuh liburan. Jadi, aktivitas liburan ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

2. Konsep dari staycation

arti staycation adalah
pexels

Konsep liburan yang satu ini sangat populer di kalangan anak remaja dengan waktu libur yang terbatas serta budget yang terjangkau. Meskipun konsep awal yang dimaksud staycation adalah melakukan aktivitas atau menghabiskan waktu liburan dengan cara ekologis karena cenderung menyubang polusi yang sedikit, namun sekarang agak sedikit berbeda dengan tujuan awal.

Selain itu, konsep ini juga bermaksud untuk tidak berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan yang umumnya banyak dialami di berbagai tempat wisata yang populer. Konsep awal dalam liburan ini adalah pada saat Amerika Serikat mengalami krisis ekonomi di 2008. Saat itu, banyak orang yang membatasi anggaran pengeluaran mereka, termasuk anggaran untuk berlibur.

Mereka kemudian menemukan hal yang menarik dan sadar akan dampak lingkungan pariwisata yang meningkat diakibatkan oleh polusi di sekitar tempat wisata. Dengan adanya konsep wisata ini, lingkungan akan menjadi lebih terjaga, hemat uang, serta masih tetap menghabiskan liburan dengan cara yang menyenangkan.

BACA JUGA: Fakta Unik Pulau Socotra, Disebut Tempat Alien Hingga Dajjal

3. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau

staycation offer adalah
pexels

Salah satu pilihan utama dalam mempertimbangkan staycation offer adalah harga yang ditawarkan cukup terjangkau daripada harus menghabiskan waktu di tempat wisata yang letaknya cukup jauh dan memerlukan berbagai macam anggaran seperti transportasi, tiket masuk, dan lain sebagainya. Dalam konsep liburan yang satu ini, Sedulur tidak memerlukan uang untuk tiket penerbangan pulang pergi, tiket masuk ke wahana atau tempat wisata tertentu, atau yang lainnya. Hanya ada biaya akomodasi yang bisa dianggarkan dalam pilihan berwisata yang satu ini.

Selain cukup terjangkau, Sedulur juga telah berkontribusi melawan keterpurukan terhadap para pegiat industri pariwisata, terutama di bagian perhotelan atau villa. Keuntungan akan didapatkan oleh mereka jika melakukan liburan ini, dan ekonomi di Indonesia akan menjadi pulih. Ditambah lagi, biasanya pilihan liburan ini dilakukan tidak hanya satu orang saja, namun mengajak beberapa teman. Sehingga, biaya yang harus dikeluarkan akan semakin minim dan sesuai dengan kantong!

4. Hemat waktu dan tenaga

liburan  hemat
pexels

Selain hemat biaya, kamu juga bisa menghemat waktu serta tenaga yang dikeluarkan. Tak perlu lagi menunggu libur panjang atau mengajukan cuti tahunan jika ingin liburan. Sedulur bisa melakukannya di akhir pekan dengan merencanakan pilihan wisata ini di dalam kota saja. Meskipun di dalam kota saja, jika suasana yang ditawarkan berbeda, namun itu tetap saja sebuah liburan dan bisa menyenangkan hati. 

Dengan kehidupan anak muda jaman sekarang yang cenderung produktif dan tuntutan pekerjaan yang menumpuk, maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah staycation. Arti staycation adalah sebuah wisata singkat yang bisa dilakukan dimanapun, baik diluar kota maupun di dekat tempat tinggal. Maka dari itu, wisata ini bisa menjadi sebuah pilihan untuk menghemat tenaga serta waktu. Sedulur bisa merencanakannya di akhir pekan maupun tanggal merah.

BACA JUGA: 40+ Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Populer

5. Hal yang perlu diperhatikan agar staycation lebih menarik

tips khusus
pexels

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengalaman memilih liburan ini menjadi menyenangkan dan menarik. Usahakan untuk menghindari apapun yang berhubungan dengan pekerjaan ketika sedang menjalani liburan. Matikan laptop dan fokuskan terlebih dahulu pada liburan yang akan dilaksanakan.

Kalau tetap bekerja saat liburan, maka berwisata akan menjadi hal yang sia-sia dan Sedulur tidak akan bisa healing. Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan lebih dahulu agar terhindar dari bayang-bayang pekerjaan saat melakukan staycation baik sendiri maupun bersama orang terkasih, ya!

Itu dia beberapa penjelasan tentang arti staycation dalam bahasa gaul beserta alasan dan hal yang perlu diperhatikan agar liburan lebih menarik. Ada banyak pilihan wisata atau penginapan yang bisa Sedulur jadikan referensi sebelum melakukan liburan ini. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget, ya! Selamat liburan!