Cara melupakan seseorang seringkali masuk ke dalam artikel-artikel tips di internet. Padahal melupakan adalah proses yang berbeda bagi setiap orang. Kamu setidaknya harus berdamai dengan diri sendiri, sebelum akhirnya mampu memaafkan masa lalu.

Apalagi saat menjalin hubungan pertama kali dengan dia, kamu pasti banyak memiliki ekspetasi indah tentang kemana hubungan kalian akan bermuara. Sayangnya, manusia kadang hanya bisa rencana. Hasil akhir tetap di tangan Tuhan. Ketika akhirnya harus berakhir, kadang kebahagiaan akan runtuh bersamaan dengan ekspetasi yang telah terbangun.

Namun, jika kali ini kamu benar-benar tak tahu mulai dari mana untuk berdamai dengan masa lalu dan mencari cara melupakan seseorang dengan cepat, semoga hal-hal di bawah ini bisa sedikit membantu.

BACA JUGA: 15 Topik Pembicaraan Menarik Agar Obrolan Kamu Makin Asyik!

-->

1. Tanamkan dalam pikiran dia bukan lagi orang yang selalu mendampingi

cara melupakan seseorang
Unsplash

Sampai kapanpun usahamu untuk melupakan mantan tak akan pernah berhasil jika kamu masih merasa mantan masih bisa kembali ke pelukan. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menanamkan dalam pikiran bahwa ketika kalian berpisah, maka berakhir pula semua kisah kalian.

Jangan berharap adanya kisah yang kembali terajut di awal-awal memutuskan hubungan. Sebab hal tersebut hanya akan menjadi harapan kosong dan membuatmu kembali sakit hati. Ketika yakin dia bukan milikmu lagi, cara melupakan seseorang yang bukan milik kita tentunya dengan membuang semua kenangan yang pernah ada. Beri jarak dirimu sendiri atas segala hal atau barang yang mengingatkanmu pada dia yang bukan lagi menjadi bagian hidupmu.

2. Sakit hati terkadang hanya soal waktu, kamu perlu cari kesibukan untuk membuat ingatan tentangnya semakin layu

cara melupakan seseorang
Unsplash

Saat gagal merasa gagal move on, kamu mungkin akan menjadi orang yang diam-diam tetap mencintai mantan. Cara melupakan seseorang yang kita cintai diam-diam adalah dengan mengalihkan pikiran darinya, dengan salah satunya mencari kesibukan.

Kesibukan baru akan membuat kamu lebih fokus pada hal lain ketimbang memikirkan mantan pascaputus hubungan. Ini memang soal waktu, yang setiap orang memiliki timeline-nya sendiri. Tetapi paling tidak, kamu bisa memulai upaya ini lebih cepat. Semakin ditunda, mungkin kamu akan semakin kehilangan alasan untuk tetap bertahan.

BACA JUGA: RAMALAN ZODIAK: November 2021, Ada Kabar Baik Pisces, Libra, Virgo

3. Rindu kadang datang tanpa diundang, namun tetap tahan diri untuk tidak stalking mantan!

cara melupakan seseorang
Unsplash

Rasa rindu memang terkadang sama menyeramkannya seperti bermain jailangkung. Datang tak diundang, lalu kadang tak mau pulang! Rasa ini wajar untuk ukuran pasangan yang baru saja berpisah. Namun, jika rasa rindu bertahan berbulan-bulan bahkan tahunan pascaputus, kamu harus mulai mengambil sikap.

Cara melupakan seseorang dengan cepat adalah menahan diri untuk tidak mencari tahu atau stalking tentang mantan! Baik dari sosial media atau mencari kabar dari orang-orang terdekatnya! Semakin menahan diri untuk mencari tahu tentang seseorang yang mau kamu lupakan, maka bisa jadi proses melupakan akan semakin cepat.

Kalau masih kesulitan untuk menahan diri tidak mencari tahu tentang mantan, cara melupakan seseorang yang bisa kamu lakukan adalah dengan memblokir semua akses sosial media ke mantan dan tidak berhubungan untuk sementara dengan orang-orang tedekat mantan. Setidaknya sampai hati siap menerima perpisahan ini.

4. Saat manjakan diri, bayar waktu yang mungkin kemarin banyak terbuang

cara melupakan seseorang
Unsplash

Saat menjalani hubungan dengan mantan, mungkin banyak waktumu hanya terfokus pada dirinya semata. Kamu jadi lupa kapan terakhir kali menyenangkan diri sendiri atau sekadar menghabiskan waktu sendiri dan melakukan hal-hal yang kamu suka.

Ketika memiliki pasangan, terkadang kita jadi lupa bahwa kita juga pribadi mandiri yang memiliki pilihannya sendiri. Pribadi mandiri yang seharusnya tak selalu dikaitkan dengan pasangan. Saat lepas dalam sebuah hubungan, ini menjadi kesempatanmu untuk kembali menata identitas diri.

Saatnya kembali melakukan banyak hal yang kamu sukai, namun dulunya tak bisa kamu lakukan saat masih bersama dia. Karena kamu berhak untuk menjadi dirimu sendiri apa adanya, tanpa harus dikaitkan dengan orang lain termasuk pasangan.

BACA JUGA: 12 Manfaat & Posisi Cuddling yang Baik Untuk Kesehatan

5. Buka lembaran baru, saatnya buang semua barang yang punya kenangan antara dia dan kamu

Unsplash

Cara melupakan seseorang satu ini mungkin bisa dibilang kuno. Sebab ada yang beranggapan bahwa membuang barang tak akan meluruhkan kenanganmu dengannya. Namun, sebenarnya tak ada salahnya kok untuk mencoba cara satu ini.

Bagaimanapun keberadaan barang tak dipungkiri akan terus membawa kenangan. Cara termudah membuang kenangan ya membuang barang-barang yang berhubungan dengannya. Kamu bisa menyumbangkan barang-barang yang layak pakai ke orang lain. Apapun cara kamu “memusnahkan” barang-barang mantan, yang terpenting tak ada lagi kenangan yang terbawa.

6. Buka diri untuk lingkungan yang baru, kamu tak akan pernah tahu pengalaman baru apa yang akan kamu dapatkan

Unsplash

Masuk ke lingkungan baru mungkin menjadi cara melupakan seseorang yang cukup ampuh. Karena ada kemungkinan besar kamu akan bertemu orang-orang baru. Orang-orang inilah yang mungkin akan membuatmu memiliki pandangan baru tentang hidup dan arti sebuah hubungan.

Hanya saja tak melulu kamu harus langsung memulai hubungan spesial baru dengan orang lain. Kamu mungkin hanya perlu menemui banyak orang baru agar memiliki sudut pandang lebih luas dalam memandang hidup dan juga soal bagaimana menjalin sebuah hubungan.

Toh dengan bertemu dengan lingkuangan baru, tak akan ada yang tahu apa dan siapa yang akan kamu temui ke depannya. Terkadang kesempatan baik jangan hanya ditunggu, tetapi juga diupayakan.

7. Jangan paksakan prosesnya, beri waktu dirimu sendiri untuk menyembuhkan luka

Unsplash

Dari semua cara melupakan seseorang yang mungkin pernah kamu coba lakukan, ada satu prinsip yang harus terus kamu pegang dan jalani. Yakni jangan memaksa diri sendiri untuk segera melupakan segala kenangan yang pernah terjadi. Karena semakin dipaksa melupakan, justru kamu malah akan semakin kesulitan.

Meski klise, lagi-lagi melupakan adalah soal waktu. Jalani saja rasa sakitnya, nikmati semua prosesnya, sampai tiba saatnya kamu akan berdamai dengan semua kenangan yang terjadi di masa lalu. Time will heal. Dan kamu hanya perlu bertahan untuk melewati semua prosesnya. Tak mudah, tapi selama kamu yakin bisa, semua akan terlewati.

BACA JUGA: Begini Ciri-ciri Wanita Hormon Tinggi yang Bergairah

8. Jika hati tak mampu memendam beban, setidaknya ceritakan dengan orang terdekat

Unsplash

Cara melupakan seseorang menurut psikolog, dikutip dari Dosenpsikologi.com, salah satunya yang bisa kamu lakukan adalah bercerita kepada orang terdekat. Jangan pendam semua sakit hati yang mungkin kamu rasakan.

Mencurahkan ke orang terdekat bisa menjadi salah satu healing yang membantu. Sebab percaya atau tidak, setelah mencurahkan isi hati, bisa akan membuat beban berat yang menumpuk di pundak akan lepas perlahan. 

Memendam masalah dan menyimpan rasa sakit sendiri hanya akan membuat kamu merasa depresi dan rasa marah serta kecewa yang tak kunjung reda. Tak dipungkiri, mungkin pikiran bunuh diri akan datang jika pikiran dan hati terasa makin sesak. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menceritakan segala kegundahan. Namun pastikan dengan orang-orang yang benar kamu percaya.

Sekali lagi melupakan sama sekali bukan proses yang mudah. Oleh karena itu tak pernah benar-benar ada cara melupakan seseorang yang benar-benar valid dan pasti berhasil. Kamu harus mulai mencoba berdamai dengan dirimu sendiri, sebelum akhirnya bisa melupakan segala kenangan yang pernah terjadi.

Selain itu, kamu bisa dikatakan sudah bisa move on apabila sudah tak ada kekecewaan atau kemarahan setiap kali mendengar namanya atau hanya sekadar tahu kabarnya. Tetapi jika hanya mendengar kabarnya saja hatimu masih terasa sakit, kamu mungkin butuh waktu lebih banyak. Untuk menyembuhkan luka sekaligus waktu pribadi untuk berdialog dengan diri sendiri.

Tapi, kamu boleh galau karena berusaha melupakan seseorang. Kalau urusan belanja, jangan galau dong! Tinggal belanja segala kebutuhan pokok sehari-hari di Aplikasi Super aja! Tinggal download aplikasinya, bisa langsung belanja hanya bermodalkan HP. Yuk tunggu apa lagi?