universitas terbaik di dunia

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi, Quacquarelli Symonds, telah merilis daftar QS World University Rankings 2022 atau universitas terbaik di dunia di 2022. Daftar ini didominasi oleh kampus-kampus asal Amerika Serikat dan Inggris di urutan 10 teratas.

Dilansir dari situs resmi Quacquarelli Symonds, lembaga ini telah menyusun peringkat universitas terbaik dari 1.600 universitas di 99 negara. Urutan universitas terbaik di dunia ini dinilai berdasarkan pada sejumlah indikator dan metodologi. Apakah kampusmu juga masuk dalam list ini?

BACA JUGA: Contoh Cover Letter Berkelas Favorit HRD – Pasti di Lirik!

1. Universitas Oxford (Inggris)

universitas terbaik di dunia 2021
suneducationgroup

Di urutan pertama, ada Universitas Oxford dari Inggris dengan perolehan total skor 95,7 poin. Kampus yang berdiri sejak 1096 ini memperoleh skor 91,0 untuk indikator pengajaran, 98,0 untuk kutipan, 99,6 untuk penelitian, dan 96,3 poin untuk pandangan internasional. Dengan ranking ini, maka tidak heran jika Universitas Oxford menjadi incaran para mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh dunia.

-->

2. Institut Teknologi California (Amerika Serikat)

urutan universitas terbaik di dunia
berkuliah

Kemudian untuk peringkat yang kedua pada ranking universitas terbaik di dunia dipegang oleh Institut Teknologi California dari Amerika Serikat. Kampus yang disebut sebagai Caltech ini berhasil memperoleh total skor 95 poin, yang terdiri dari 97,8 untuk indikator kutipan, 93,6 untuk pengajaran, 83,8 untuk pandangan internasional, dan 90,4 untuk indikator pendapatan industri.

3. Universitas Harvard (Amerika Serikat)

universitas terbaik di dunia 2020
genpi

Dalam World University Rankings 2022, Universitas Harvard menduduki peringkat ketiga dengan total perolehan skor 95,0 poin. Universitas terbaik di dunia 2021 ini berhasil mendapatkan skor 98,9 untuk indikator penelitian, 94,5 untuk indikator pengajaran, 48,9 untuk pendapatan industri, 79,8 untuk indikator pandangan internasional, dan 94,5 poin untuk indikator pengajaran.

4. Universitas Stanford (Amerika Serikat)

universitas terbaik di dunia yang ada di indonesia 1
berkuliah

Kemudian untuk peringkat keempat diduduki oleh Universitas Stanford dari Amerika Serikat. Ada beberapa artis indonesia yang kuliah di universitas terbaik dunia ini, lho. Beberapa di antaranya seperti Mikha Tambayong, Maudy Ayunda, Vidi Aldiano, Gita Gutawa, Alyssa Soebandono, dan lain sebagainya. Universitas yang satu ini berhasil memperoleh skor total 94,9 poin, yang terdiri dari 79,7 poin untuk indikator pandangan internasional, 91,0 untuk pendapatan industri, 99,9 untuk indikator kutipan, serta 92,3 untuk pengajaran.

BACA JUGA: Kata-Kata Bijak Inspiratif Tentang Kehidupan, Penuh Makna

5. Universitas Cambridge (Inggris)

artis indonesia yang kuliah di universitas terbaik dunia
konsultasipendidikan

Universitas Cambridge berada di posisi kelima. Kampus yang berdiri sejak 1209 ini, mendapatkan total skor 94,6. Skor 90,9 untuk indikator pengajaran, 96 untuk kutipan, skor 95,8 untuk pandangan internasional, dan juga 99,5 untuk indikator penelitian.

6. Institut Teknologi Massachusetts (Amerika Serikat)

menyediakan beasiswa
kalderanews

Lanjut pada posisi keenam, ada universitas terbaik di dunia 2020 yakni Institus Teknologi Massachusetts. Universitas yang berasal dari Amerika Serikat ini berhasil memperoleh sokr dengan total 94,6 poin. Universitas ini mendapatkan skor 94,4 untuk indikator penelitian, 90,9 untuk pengajaran, 93,7 untuk pendapatan industri, serta skor 89,9 untuk indikator pandangan internasional.

Bisa dikatakan bahwa universitas yang satu ini telah berhasil melahirkan banyak ilmuan terkenal. Tentu saja ini menjadikan Institus Teknologi Massachusetts sebagai salah satu tujuan para calon ilmuwan.

BACA JUGA: 8 Tes IQ Singkat dan Jawabannya untuk Asah Otak Kamu

7. Universitas Princeton (Amerika Serikat)

Universitas Princeton
easyuni

Dengan total perolehan skor 93,6, Universitas Princeton berhasil menduduki peringkat ketujuh. Universitas Princeton mendapatkan skor 96,0 untuk indikator penelitian, 89,5 untuk pengajaran, 99,0 untuk indikator kutipan, 80,7 untuk indikator pandangan internasional, dan poin 88,8 untuk pendapatan industri.

8. Universitas California, Berkeley (Amerika Serikat)

Universitas California
easyuni

Di urutan yang selanjutnya ada Universitas California, Berkeley dari Amerika Serikat. Total skor 92,2 poin yang membuat universitas ini berhasil menduduki posisi ke delapan. Total poin tersebut terdiri dari 96,0 poin untuk indikator penelitian, 85,7 untuk indikator pengajaran, 84,7 untuk pendapatan industri, 77,6 untuk pandangan internasional, dan 96,0 untuk indikator penelitian.

BACA JUGA: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

9. Universitas Yale (Amerika Serikat)

Universitas Yale
konsultasipendidikan

Kemudian di urutan kesembilan ada Universitas Yale. Universitas yang ada di wilayah Amerika Serikat ini berhasil mengumpulkan total skor 90,8 poin. Universitas Yale memperoleh skor 93,0 untuk indikator penelitian, 90,7 untuk indikator pengajaran, 69,9 untuk pandangan internasional, dan 56,2 untuk pendapatan industri.

10. Universitas Chicago (Amerika Serikat)

universitas terbaik di dunia chicago
uchicago

Di ranking kesepuluh  ditempati oleh Universitas Chicago. Sama seperti Universitas Yale, Universitas Chicago juga berasal dari Amerika Serikat. Universitas ini mendapatkan total skor 89,8 poin. Total skor tersebut berasal dari 90,6 poin untuk indikator penelitian, 87,2 untuk pengajaran, 74,4 untuk indikator pandangan internasional, serta 56,3 untuk pendapatan industri.

Waluapun berada di urutan kesepuluh, ini adalah daftar universitas terbaik di dunia. Tidak sedikit calon mahasiswa atau mahasiswi dari seluruh dunia sebagai tujuan utama.

Peringkat 10 besar universitas terbaik yang ada di dunia ini didapat dari QS Worlds University Ranking 2022. Untuk universitas terbaik di dunia yang ada di indonesia di pegang oleh UGM alias Uversitas Gadjah Mada. Di Indonesia UGM memang menempati urutan pertama, namun untuk peringkat dunia ada di urutan 254.

Nah, dari beberapa universitas dari daftar yang ada di atas, salah satu universitas terbaik di dunia yang menyediakan beasiswa adalah Universitas Oxford. Untuk informasi secara lebih jelasnya lagi, Sedulur bisa langsung mengecek melalui website resmi universitas tersebut.