mc adalah

MC adalah salah satu pekerjaan yang berkaitan dengan sebuah acara atau pelaksanaan event. Di sini MC berperan penting untuk membawa acara tersebut dari awal hingga akhir dan terlaksana dengan sukses. Memang terlihat berat tugas seorang MC, namun hal tersebut sebanding honor yang akan diterima.

Agar Sedulur mengetahui bahwa MC adalah pekerjaan penting, Sedulur bisa melihat penjelasannya di bawah ini. Akan kita ulas bersama segalah hal tentang MC, mulai dari tugas, syarat dan tips menjadi MC itu sendiri. Yuk, mari langsung kita simak!

BACA JUGA: HRD: Pengertian, Fungsi, Tugas, & Kualifikasi untuk Karirnya

Apa itu MC?

mc adalah
Tribun

MC singkatan dari Master of Ceremony, secara harafiah berarti seorang yang mengiring acara. MC adalah salah satu profesi yang bertugas memandu sebuah acara dari awal hingga akhir. Acara yang dibawakan seperti anggung pertunjukan, hiburan, pernikahan, dan acara-acara sejenisnya. Biasanya MC membawakan narasi atau informasi di dalam suatu kegiatan atau acara yang dibawakannya.

Master of Ceremony adalah seseorang yang memandu sebuah acara. Bentuk kegiatan yang dibawakan MC umumnya yaitu memperkenalkan peserta, artis, atau pembicara yang akan segera tampil di atas panggung, berdialog dengan penonton atau khalayak, dan bentuk kegiatan MC secara utama yaitu menjaga tempo acara.

Selain itu, dalam membawakan acara tentunya agar peserta tidak bosan dengan acara yang diikuti, seorang MC juga dituntut untuk membawakan lelucon atau hiburan ringan.

Tugas MC

Pinhome

Tugas MC adalah salah satu tanggung jawab yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa tugas dari MC yang harus dikuasai hingga benar-benar paham:

1. Tugas sebelum acara dimulai

Tugas MC adalah menangani beberapa hal sebelum acara, terutama pada bagian hal persiapan. Memeriksa persiapan dimulai dari tempat atau lokasi acara, meja kursi dan penataannya, sound system yang mendukung acara, penataan panggung atau area berlangsungnya acara, pengisi-pengisi acara, mengetahui jumlah tamu yang hadir, siapa saja yang akan menyambut, dan tugas-tugas sejenisnya.

Dengan memastikan tugas-tugas tersebut sudah terpenuhi, seorang MC dapat dikatakan telah melakukan sebagian tugas dengan harapan acara yang dibawakannya lancar dan sukses. Sebagaimana yang telah ditentukan.

2. Tugas saat acara berlangsung

Tugas MC adalah penting terutama pada saat acara berlangsung. Bagian ini adalah hal yang paling penting dan menjadi pekerjaan utamanya. Membawakan acara sebagaimana yang telah disusun dan dipersiapkan. Seorang MC dalam hal ini tidak sekadar membacakan susunan acara.

Tetapi juga harus memperhitungkan rencana waktu yang digunakan dengan tujuan rencana dan waktu yang telah disusun dan dirancang tidak jauh dari perkiraan. Selain itu, tujuan akhir dari seorang MC adalah memberikan pelayanan yang terbaik untuk audiens dengan cara memberikan performa yang cakap dan sesuai dengan keinginan audiens.

Tugas seorang MC terbilang cukup berat. Seorang MC dituntut untuk memiliki kreativitas dan mampu melakukan improvisasi. Kemampuan seseorang dalam membawakan acara membutuhkan kreativitas dalam hal ini supaya dalam membawakan acara dapat menarik dan mampu menyesuaikan dengan acara yang dibawakan.

Sedangkan improvisasi dibutuhkan supaya pada saat tampil tidak kebingungan saat menyampaikan pembicaraannya, tidak senyap atau terkesan garing, dan tentunya supaya apa yang disampaikan saling berkaitan.

3. Mengatur waktu

MC bertanggungjawab memastikan acara berjalan sesuai waktu dan sesuai dengan urutan acara yang ditetapkan. Dalam hal ini, MC juga dapat disebut sebagai raja acara, karena MC akan bertindak sebagai pengontrol program sesuai dengan waktu dan lokasi acara. Termasuk memikirkan bagaimana pengisi acara datang terlambat dan lain sebagainya.

4. Mengenalkan acara

Tugas MC adalah mengenalkan acara kepada penonton dan kepada setiap elemen yang terlibat dalam acara. MC juga harus mengenalkan setiap pengisi acara, sponsor dan bagaiamana acara tersebut bisa terlaksana. Untuk apa acara tersebut berlangsung dan lain sebagainya.

Syarat menjadi MC

mc adalah
Samudra Karya Mustika

Syarat jadi MC adalah beberapa hal yang harus dipenuhi oleh seseorang yang ingin menjadi seorang MC. Sebagai sebuah usaha, syarat jadi MC adalah hal penting untuk dipenuhi  

1. Wawasan pengetahuan dan pengalaman yang luas

MC harus berwawasan luas karena akan bertugas di beragam acara, dengan tema yang berbeda dan juga terlibat dengan berbagai pembicara dan audiens dengan latar belakang pendidikan dan ilmiah yang beragam. Seorang MC layaknya seorang presenter atau jurnalis yang memiliki pengetahuan banyak hal di berbagai bidang.

Kunci utama untuk mendapatkan pengetahuan yang luas adalah dengan banyak membaca dan banyak tertarik kepada banyak hal. Membaca buku merupakan pekerjaan yang akan memberikan kita banyak pengetahuan. Lantas bagaimana dengan memperluas pengalaman? Jangan lupa banyak bergaul dan memperluas pertemanan.

2. Komunikatif

Seorang MC hendaknya lancar berbicara, komunikatif. Karenanya, stasiun radio atau presenter televisi yang terlatih dan terbiasa dengan pembicaraan di ruang siaran dan di depan kamera umumnya piawai juga jadi MC sebuah acara off air. Karena ketika membawakan acara, komunikasi harus terus berlangsung agar tetap berjalan dengan baik.

3. Cerdas dan kreatif

Seorang MC harus cerdas dan kreatif, serta memiliki inisiatif dalam memandu acara sehingga tidak membosankan dan monoton. Kreativitas dan inisiatif juga diperlukan ketika keadaan berubah secara tak terduga. Seorang MC harus tanggap terhadap perubahan-perubahan tersebut dan harus berpikir cepat dan tepat untuk mengantisipasinya.

4. Penguasaan bahasa

MC harus mampu berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar (baku), namun juga piawai berbicara dalam bahasa informal dan bahasa gaul. Selan itu, MC dituntut mampu mengucapkan setiap kata dan kalimat dari bahasa asing –khususnya Inggris– dengan baik dan benar.

MC juga harus dapat mengucapkan bahasa dan ungkapan dalam bahasa lokal dengan benar, terutama jika pernikahan dan resep dilakukan sesuai dengan praktik regional tertentu. Oleh karena itu, seorang MC perlu dapat melakukan penelitian skala kecil pada pekerjaan yang diterima terkait dengan bahasa yang akan digunakan atau topik yang berkaitan dengan istilah-istilah yang perlu diketahui oleh MC ketika menjadi tuan rumah suatu acara.

Syarat jadi MC adalah hal yang penting untuk dipenuhi. Karena hal tersebut akan mempengaruhi jenjang karir dari MC itu sendiri. MC yang memenuhi setiap syarat di atas dan semakin meningkatkan potensinya akan mendapatkan karir lebih baik sebagai seorang MC.

Kepribadian yang cocok jadi MC

Saxton

Agar mempermudah Sedulur yang ingin berniat menjadi, berikut ini adalah beberapa kepribadian dan karakteristik yang cocok untuk menjadi MC. Telah dirangkum dari berbagai sumber agar Sedulur lebih mudah lagi membacanya:

  • Ekstrovert adalah sifat ekspresif yang dimiliki oleh seseorang. Orang-orang ekstrovert suka mengekspresikan apa yang dipikirkan, dirasakan, kepada orang lain; pendek kata orang yang suka memperbincangkan berbagai hal denga orang lain secara terbuka.
  • Generalis, yaitu orang yang memiliki pengetahuan umum yang luas. Pengetahuan ini akan sangat mendukung untuk berbicara banyak hal. MC yang kurang memiliki pengetahuan umum yang luas akan terkesan tidak professional dan tentu tidak menarik.
  • Fleksibel, yaitu orang yang luwes, mudah menyesuaikan diri dengan situasi.
  • Friendly, yaitu orang yang mudah bergaul, mudah bersahabat dan pembawaanya dirinya disenangi banyak orang.

Tips jadi MC adalah salah satu hal yang wajib Sedulur kuasai. Sekiranya ada 10 hal dasar yang perlu Sedulur kuasai sebagai seorang MC, berikut ini adalah 10 hal yang dimaksud dan jika bisa Sedulur wajib menguasai dengan paham. Yuk, mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tebarkan senyuman

mc adalah
Montreal Great

Tips jadi MC adalah murah senyum. Baik sudah sering menjadi MC atau baru memiliki ketertarikan dalam profesi MC, seorang MC dituntut untuk tidak boleh pelit senyum. Berikan dan tunjukkan wajah yang ramah karena hal tersebut menunjukkan bahwa kita sebagai MC dapat welcome dengan orang lain.

Senyum merupakan kunci untuk memerikan suasana lebih baik, hasilnya hal ini akan memberikan dampak baik pada acara yang tengah berlangsung dan akan dibawakan. Kesuksesan acara ditentukan oleh kemampuan seorang MC membawakan acara dengan baik.

2. Percaya diri

The Business

Pecaya diri adalah kunci penting menjadi seorang MC. Maka dari itu, tips jadi MC adalah memiliki kepercayaan diri yang kuat. Dengan percaya diri yang baik, seorang MC akan dapat mengelola acara dengan baik dan akan dengan mudah melakukan improvisasi.

3. Salurkan energi yang baik

mc adalah
Patrari Jaya

Jangan lupa untuk memberikan energi yang baik, salurkan energi yang baik adalah trik sukses menguasai acara yang dibawakan. Tips jadi MC adalah dapat membagikan energi yang baik kepada setiap penonton atau audiens merupakan kunci sukses hingga acara selesai.

4. Fokus dan konsentrasi

Gochiet

Baik seseorang yang sudah sering mendapatkan pengalaman menjadi MC atau baru memiliki pengalaman menjadi MC, fokus dan konsentrasi menjadi kunci utama bagi seseorang yang hendak tampil di depan umum. Tips jadi MC adalah wajib dipenuhi, termasuk harus fokus dan konsentrasi.

Dengan memiliki fokus dan konsentrasi saat tampil menjadi MC tentunya akan lebih mempermudah memberikan kelancaran saat bicara dan akan menghindari kebingungan atau blank saat menyampaikan materi pada rangkaian acara yang akan diberikan.

5. Pahami urutan acara

mc adalah
Info Training

Tips jadi MC adalah menguasai dan memahami urutan acara yang dibawakan. Seorang MC dianggap menguasai dan memahami setiap detail acara dengan baik. Dengan begitu, seorang MC akan dapat memperkirakan apa yang dikatakan dan dilakukan untuk selanjutnya. Cakap menguasai acara dan ingat dengan setiap detail acara.

6. Kenali audiens atau penoton

Rumah Millenials

Seorang MC tentunya juga harus dapat mengidentifikasi audiens yang hadir. Mengapa demikian? Karena dengan memahami audiens yang hadir seorang MC dimungkinkan dapat menentukan gaya bicara, bahasa, dan hingga gaya humornya. Maka dari itu, tips jadi MC adalah riset terlebih dahulu tentang audiens atau penonton acara.

7. Kuasai penonton

mc adalah
Adam Christing

Dengan mengenali penonton dengan baik, Sedulur akan dapat melakukan tips satu ini. Tips jadi MC adalah penting, yaitu dengan menguasai penonton. Setelah Sedulur riset dan mengetahui siapa penonton atau audiens yang akan menghadiri acara, Sedulur akan lebih mudah menguasi penonton.

Seorang MC juga harus sabar. Seringkali pihak-pihak yang ikut terlibat dalam suatu acara itu kurang dapat diajak bekerja sama. Mereka masing-masing mempunyai cara dan keinginan sendiri-sendiri dalam mencapai tujuannya. Akibatnya, pada saat acara sedang berlangsung mungkin sekali muncul instruksi-instruksi yang membingungkan.

Belum lagi kalau ada pengisi acara yang rewel, tidak sepenuhnya mempercayai MC, atau berulang kali mengubah acara. Ini semua tentu membuat MC menjadi repot karena harus terus menerus menyesuaikan diri dengan acara. Seorang MC harus tampil menarik walaupun mungkin ia sedang merasa jengkel.

Dalam hal inilah seorang MC harus memiliki sifat yang sabar dalam menghadapi segala cobaan dan rintangan yang berusaha menghalangi ataupun menghambat kesuksesan acara.

8. Hindari gerakan tubuh monoton

Brad Montgomery

Tips jadi MC adalah menghindari gerakan tubuh yang monoton. Gerakan tubuh atau bahasa tubuh yang tepat mampu menguatkan pesan yang akan disampaikan. Namun melakukannya secara berulang-ulang dengan gerakan yang sama dapat memberikan kesan yang monoton.

Gerakan tubuh yang monoton tentu akan menjadikan pesan yang disampaikan kabur dan mengganggu fokus audiens. Sedulur juga penting untuk memperhatikan makanan atau konsumsi. Perhatikan hak-hak Sedulur sebagai seorang MC. Hindari juga hal-hal yang dapat menimbulkan masalah ketika membawakan acara.

Seperti misal, jangan makan makanan menyengat dan minum minuman soda. Hal tersebut bisa menyebabkan bau dan dapat menimbulkan sendawa sehingga hal tersebut sangat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri.

9. Lempar humor yang tepat

mc adalah
Adam Christing

Tips jadi MC adalah dengan memberi humor yang tepat. Humor merupakan hal yang penting untuk membuat penonton tetap tertarik dan memperhatikan setiap acara. Ini dapat membuat Sedulur sebagai MC rileks dan juga penonton tetap santai. Melakukan relaksasi dapat dilakukan oleh siapapun, terutama bagi orang yang akan tampil di khalayak banyak orang.

Dengan begitu, relaksasi tentunya juga dibutuhkan oleh seorang MC. Sense of Humor sangat dibutuhkan oleh seorang MC. Humor atau joke yang baik akan membuat suasana menjadi hidup. Seorang MC yang tidak memiliki humor akan membuat acara yang dibawakannya terasa kering dan membosankan.

Seorang MC perlu memiliki rasa humor, karena dengan itu akan tercipta suasana yang akrab, ceria antara MC dan audience. Namun tetap harus diperhatikan pemilihan joke yang diambil dan disesuaikan dengan acara yang sedang ia pimpin. Joke atau lelucon yang salah akan berakibat buruk bagipencitraan diri MC dan akan merusak acara. Usahakan membuat lelucon yang asli, yangsesuai dengan tema acaranya.

10. Jangan lupa ice breaking

Philippe Boulanger

Tips jadi MC adalah hal penting untuk dikuasai. Salah satu kuncinya adalah melakukan ice breaking. Dengan ice breaking yang baik Sedulur akan mampu membawa penonton yang mulai bosan jadi kembali memperhatikan acara dan sebagai seorang MC kemudian bisa mengendalikan acara dengan mudah. Maka dari itu sebagai seorang MC jangan sekali-kali meninggalkan ice breaking.

Perbedaan MC dan pembawa acara serta pekerjaan serupa

mc adalah
Brad Montgomery

Banyak orang yang mengira bahwa MC dan pembawa acara adalah pekerjaan yang sama, namun secara istilah keduanya memilki pengertian yang berbeda. Pembawa acara adalah seseorang yang bertugas mengutarakan acara demi acara. MC adalah seseorang yang bertugas memandu acara dan bertanggung jawab atas kelancaran dan suksesnya sebuah acara.

Dari penjelasan di atas saja, sudah terlihat perbedaannya. Terlihat dari pengertiannya bahwa tugas MC lebih berat dibandingkan dengan tugas pembawa acara karena MC tidak sekadar membaca susunan acara, tetapi juga harus dapat memastikan bahwa acara yang dibawakannya berjalan dengan baik, lancar, dan sukses.

Terdapat juga istilah yang berkaitan dengan pembawa acara, yang berkaitan dengan media pelaksanaan acara. Seperti pembawa acara televisi dan pembawa acara di radio. Berikut ini adalah istilah terkait dua pekerjaan tersebut:

  • Pembawa acara radio disebut “penyiar” (Inggris: radio announcer, radio host, radio presenter, radio DJ).
  • Pembaca acara televisi disebut “presenter” (arti harfiyahnya: “penyaji”).

Ada juga pekerjaan seperti protokol dan protokoler yang serupa MC dan pembawa acara. Agar tidak kesulitan membedakan pekerjaan dan karir serupa ini. Sedulur bisa menyimak penjelasannya di bawah ini, yang diambil berdasarkan KBBI:

  • Pemandu Acara artinya adalah orang yang memandu atau memimpin acara
  • Pembawa Acara = pengacara; pewara. Pewara artinya adalah pembawa acara dalam suatu upacara, pertemuan, dan sebagainya.
  • Protokol artinya adalah peraturan upacara di istana kepala negara atau berkenaan dengan penyambutan tamu-tamu negara dan sebagainya; tata cara (upacara dan sebagainya) yang secara internasional berlaku dalam hubungan diplomatik; orang yang bertugas mengatur jalannya upacara; aturan yang mengatur peraturan pesan dalam jejaring komunikasi atau antara dua atau lebih peranti.
  • Protokolèr artinya hal-hal yang berhubungan (berkaitan) dengan protokol; bersifat keprotokolan.

Teknik berbicara seorang MC

Square Space

Gaya bicara yang datar dan tidak memiliki emosi akan membuat acara menjadi menjemukan. Yang harus diperhatikan untuk menghasilkan cara berbicara yang lebih professional dalam membawakan acara antara lain:

  • Intonasi: Sebaiknya suara tidak datar,tetapi mengandung irama atau berirama.
  • Artikulasi: Setiap kata yang diucapkan haruslah jelas benar, sehingga mudah dimengerti dan dipahami.
  • Phrasing: Dalam berbicara sebaiknya memberikan jeda agar dapat dimengerti.
  • Stressing: Memberikan energy dalam suara, agar tidak menimbulkan kesan loyo.
  • Infleksi: Lagu kalimat, perubahan nada suara, hindari pengucapan yang sama bagian setiap kata (redundancy). Inflesi naik menunjukan adanya lanjutan kalimat atau menurun untuk menunjukkan akhir kalimat. Semakin sering berlatih MC akan membuat anda menjadi terbiasa.

BACA JUGA: Telemarketing: Pengertian, Tugas, Karir & Skill yang Dibutuhkan

Perhatikan bahasa tubuh

mc adalah
Fresh Consultant

Bahasa tubuh mampu mengungkapkan citra diri seseorang. Oleh karena itu seorang MC mampu bersikap baik saat tampil. Seorang MC harus bisa meminimalisir gerak tubuh yang tidak perlu atau bahkan mengganggu audien.

  • Duduk: Tubuh tegak, bahu relaks, tangan diatas pangkuan
  • Berdiri: Berdiri tegak, jangan membungkuk, bersandar dinding/meja, miring. Untuk wanita membentuk sudut 45o, tegak, dada tegap, bahu relaks dan untuk pria kaki sedikit terbuka.
  • Berjalan: Tubuh tegap, bahu rileks, dan langkah mantap Eye contact : selalu bertatap mata dengan audience. Jika sedang grogi usahakan pandangan di atas kepala audience. Pada saat menyebut tamu VIP, pandanglah pejabat tersebut.
  • Melangkah dengan tenang dan yakin
  • Cari tempat berdiri yang tepat, dapat dilihat dengan semua orang (sebanyak mungkin).

Itulah penjelasan lengkap tentang MC yang dapat Sedulur pahami. MC adalah profesi yang cukup menjanjikan sebagai sebuah karir. Selain dapat memberikan pemasukan yang layak, menjadi MC juga dapat membuat diri kita terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!