cara melamar pekerjaan lewat email

Ketika Sedulur akan melamar sebuah pekerjaan tentunya membutuhkan surat lamaran. Akan tetapi sekarang ini surat lamaran tidak lagi dikirmkan langsung ke kantor lho. Akan tetapi cukup mengirimkan melalui email. Untuk itu, Sedulur perlu mengetahui cara melamar pekerjaan lewat email agar segera diproses oleh HRD. 

Surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar tentunya dapat menjadi salah satu alasan Sedulur diterima di perusahaan. Hal ini karena keberadaan surat lamaran tersebut menandakan bahwa Sedulur memiliki usaha yang lebih daripada pelamar yang lain. 

BACA JUGA : Gaji Perawat di Rumah Sakit, Klinik & Puskesmas Indonesia

Cara melamar pekerjaan lewat email agar lolos interview

Berikut cara-cara yang dapat Sedulur lakukan 

-->

1. Gunakan alamat email professional

cara melamar pekerjaan lewat email
Freepik

Cara pertama untuk mengirim lamaran melalui email adalah dengan menggunakan alamat email yang professional. Hindari menggyakan nama panggilan, maupun alamat email yang kurang sopan. Sebaiknya Sedulur menggunakan nama lengkap dengan format nama dpan dilanjutkan dengan nama belakang.

2. Buat Curriculum Vitae (CV) lamaran kerja yang baik

cara melamar pekerjaan lewat email
Freepik

Dokumen yang penting ketika melamar pekerjaan adalah Cuticulum Vitae (CV). CV merupakan daftar riwayat hidup yang berisi tentang biodata diri, pengalaman kerja, riwayat Pendidikan dan juga pencapaian relevan dengan posisi yang dilamar. Perlu Sedulur ketahui bahwa sebaiknya Sedulur tidak menggunakan CV grafik atau CV yang terlalu berlebihan dan mencolok. Akan tetapi, jika Sedulur melamar di posisi desain grafis, menggunakan CV yang grafik tentu tidak masalah.

Sekarang ini, sudah banyak website dan juga aplikasi yang menyediakan layanan untuk membuat CV secara gratis. Ini tentunya mempermudah Sedulur karena tidak perlu repot untuk menulis sendiri.

3. Lampirkan dokumen data diri sesuai deskripsi lowongan

Freepik

Selain CV, Sedulur juga perlu menyiapkan dokumen pendukung ketika akan cara melamar pekerjaan lewat email , di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Surat lamaran kerja
  • Scan ijazah, daftar nilai, kartu identitas, sertifikat dan pas foto yang perusahaan minta
  • Kualitas file yang kamu kirimkan baik, dengan ukuran yang tidak terlalu kecil atau besar
  • Tidak mengedit atau mengubah file asli
  • Pastikan format file sesuai dengan apa yang perusahaan minta, seperti .doc, .pdf atau.jpeg

Umumnya, perusahaan akan meminta dokumen data diri setelah pelamar melalui tahapan interview. Akan tetapi, tak ada salahnya untuk mempersiapkan semua dokumen tersebut di awal saat akan melamar pekerjaan.  Selain itu, Sedulur juga harus memastikan untuk mengubah nama berkas yang dicantumkan sesuai dengan isinya, agar rekruter dapat mengenalinya dengan mudah.

Sedulur dapat menggunakan format: Nama – Jenis Berkas – Tahun. Jadi, nama berkas untuk CV lamaran kerja – CV – 2022. Pastikan juga ukuran berkas lamaran tidak melebihi 5MB. Jika berkas masih berukuran besar, Sedulur dapat menggunakan aplikasi online seperti compressjpg (untuk foto) atau smallpdf (untuk hasil scan dokumen).

BACA JUGA : 12 Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja Agar Diterima HRD

4. Tulis subyek email dengan jelas

cara melamar pekerjaan lewat email
Freepik

Langkah sleajutnya  yang dapat Sedulur lakukan yaitu tulis subjek pada email dengan jelas. Hal ini karena beberapa rekruter akan memberikan instruksi spesifik dalam menulis pesan yang terkait dengan lamarkan kerja. Selain itu, Sedulur juga harus mengikuti standar pengiriman, di antara yaitu sebagai berikut.

  • Nama penerima email yang dituju
  • Cc penerima
  • Subjek
  • Isi email 
  • Lampiran yang benar

 5. Tidak mengirim berkas dalam format Zip/Rar

Freepik

hal lain yang perlu Sedulur perhatikan adalah, memastikan file berkas lamaran yang sudah disiapkan tidak dalam format zip atau rar. Pasalnya, file dengan bentuk zip dan rar adalah bentuk file kompresi yang memungkinkan sejumlah file dikumpulkan menjadi satu dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu, hal tersebut justru akan mempersulit seorang HRD atau recruiter untuk mengubah file berkas lamaranmu.

6. Tulis surat pengantar lamaran atau cover letter

Freepik

Surat pengantar biasanya akan dicantumkan di dalam body email lamaran kerja. Tulisan ini dapat digunakan untuk menjabarkan motivasi pelamar dalam melamar pekerjaan, dan apa saja yang dapat ditawarkan ke perusahaan jika diterima.

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk menulis surat pengantar yang baik:

  • Gunakan subjek yang jelas atau sesuai dengan permintaan rekruter.
  • Cantumkan salam pembuka dengan nama rekruter (jika tersedia).
  • Awali dengan perkenalan diri.
  • Sebutkan posisi yang ingin dilamar.
  • Jelaskan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  • Simpulkan kecakapan dan harapan Anda terkait lowongan.
  • Tutup dengan ucapan terima kasih.

BACA JUGA : Project Management: Definisi, Tujuan, Pendekatan & Tahapannya

7. Gunakan Bahasa resmi

Freepik

Dari keseluruhan tips yang paling penting di antaranya adalah penggunaan bahasa resmi atau formal baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Tentunya pelamar juga harus menghindari penggunaan bahasa yang kurang sopan atau tidak resmi seperti bahasa yang dipakai dalam keseharian dengan teman sebaya yang dalam penggunaannya menggunakan sapaan “aku, kamu” atau “gue, lo”.

Dalam penggunaan bahasa ini tentunya pelamar juga perlu memperhatikan penulisan dalam setiap kata yang dituliskan. Perhatikan tanda baca dan juga penggunaan huruf kapital seperti penggunaan huruf kapital pada nama perusahaan, nama, dan nama HRD atau recruiter yang akan dituju. Dari keseluruhan tersebut Sedulur juga harus memastikan bahwa penulisan tidak typo, karena hal tersebut terkesan tidak teliti.

8. Kirim lamaran dalam jam kerja

Freepik

Cara melamar kerja lewat email selanjutnya adalah memerhatikan waktu pengiriman. Dalam cara kirim lamaran kerja lewat email, ada baiknya Sedulur mengirimkan lamaran pekerjaan di saat jam kerja, yaitu di antara pukul 09.00-12.00 atau 13.00-16.00. Pastikan juga lowongan pekerjaan tersebut masih tersedia, ya. Hal ini menunjukkan bahwa Sedulur adalah seseorang yang profesional dan bersungguh-sungguh dalam melamar pekerjaan tersebut.

9. Pastikan email perusahaan sudah benar

Freepik

Sebelum mengirimkan lamaran, cek dan pastikan terlebih dahulu alamat perusahaan yang akan dikirim sudah benar. Pasalnya kesalahan menulis satu huruf saja dapat menyebabkan surat lamaran kamu tidak terkirim ke email perusahaan, lo! Selain itu, periksa juga apakah semua dokumen yang diperlukan sudah dilampirkan. Dengan membaca ulang, Sedulur dapat mengetahui dan juga dapat memperbaiki jika ada kesalahan penulisan. 

BACA JUGA : Komisaris adalah: Pengertian, Tugas, Gaji & Tanggung Jawabnya

Contoh lamaran via email 

iStock

To : hrd@gramedia.id
Cc : –
Subject : Digital Marketing / Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Perkenalkan saya,

Nama : Joko Purwanto
Umur  : 26 tahun
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Pendidikan Terakhir  : S1 Ekonomi
No. Telepon  : 081335775788

Dengan surat lamaran ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai posisi Digital Marketing. Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Digital Marketing selama 5 tahun di 2 perusahaan. Keahlian saya adalah dapat mengelola campaign iklan di Google Ads, Facebook/IG ads dan Tik Tok Ads. Selain itu saya juga memiliki beberapa sertifikasi resmi terkait digital marketing.

Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Scan Ijazah Terakhir
  4. Scan Surat Keterangan Dokter
  5. Pas Photo format .jpeg (1 file)
  6. Sertifikat

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, dengan lamaran ini kami berharap agar dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih.

Hormat saya,

Joko Purwanto

Contoh lamaran kerja Bahasa Inggris 

iStock

To : rekrutmen_arfamedia@corp.com
Cc : –
Subject : Engineer

Dear Sir/Madam,
I have read your advertisement at Tribun Jogja and found that your company is looking for employees for Engineer position. And I believe it is fit with my background educational as Computer Engineering.

My name is (name), I am twenty three years old. I am a fresh graduated from Computer Engineering Department UTY on November this year. My specialization in Engineering Physics is hardware specialist. I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team or by myself. Beside that I have good command in English both spoken and written.

With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company. Herewith I enclose my :

1. Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate Academic Transcript
2. Curriculum Vitae
3. Recent photograph with size of 4×6

I would express my gratitude for your attention and I hope I could be the part of your company.

Sincerely,
(nama & tanda tangan)

Demikianlah rangkuman informasi tentang cara melamar pekerjaan lewat email yang Sedulur lakukan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur yang ingin melamar pekerjaan. Semoga berhasil!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.