mimpi pacar selingkuh artinya

“Dreams are messages from the deep”. Begitu kalimat yang muncul di awal film Dune. Mimpi memang bikin siapapun yang mendapatkannya penasaran dengan tafsir atau artinya. Bahkan beberapa meyakininya sebagai pesan dari alam semesta akan terjadinya sesuatu di masa depan. Namun, sebenarnya kalau Sedulur sering membaca beberapa tafsir mimpi, kebanyakan artinya berkaitan dengan kondisi psikologis masing-masing individu. Dipengaruhi oleh memori tentang apa yang pernah kita lihat atau alami. Termasuk mimpi pacar selingkuh artinya.

Salah satu mimpi yang paling bikin khawatir adalah mimpi pacar selingkuh apa artinya? Artinya bisa bermacam-macam dan tidak selalu berkaitan dengan kondisi hubungan personalmu dengan pasangan. Langsung cari tahu belasan artinya di bawah ini menurut ahli mimpi Dr. Lauri Loewenberg

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Jadi Pengantin, Jadi Pertanda Baik atau Buruk?

1. Kamu memiliki trust issue 

mimpi pacar selingkuh artinya apa
pexels

Mimpi pacar selingkuh artinya apa bisa berkaitan dengan kondisimu yang memiliki trust issues. Isu kepercayaan ini datang karena pengalamanmu di masa lalu yang lekat dengan orang-orang yang mengkhianatimu atau mengungkap janji dan mengingkarinya. Bisa juga Sedulur pernah diselingkuhi dan lukanya masih membekas dalam.

Rasa sakit karena dibohongi membuatmu susah percaya pada orang lain, terutama orang-orang baru. Termasuk mungkin pasanganmu yang baru kamu kenal beberapa bulan ini. Rasa khawatir itu bisa saja masuk ke dalam mimpi lewat adegan-adegan yang menunjukkan bahwa pasanganmu berselingkuh. 

2. Ada sesuatu yang kamu curigai menginterupsi hubunganmu

mimpi pacar selingkuh dengan teman artinya
pexels

Meski belum ada bukti nyatanya, kamu memimpikan pacarmu selingkuh karena ada tanda-tanda yang menurutmu layak dicurigai. Misalnya sikapnya berubah, jadi lebih cuek dan tampak sibuk dari biasanya, sehingga membuatmu merasa diduakan atau diabaikan. Kamu mungkin sedang mencurigai ada orang ketiga yang mengganggu fokus pasanganmu.

Tidak selalu selingkuhan, kadang hal-hal yang membuatmu merasa diselingkuhi bisa saja kesibukan tambahan yang menyita perhatian pasanganmu. Pekerjaan, bisnis sampingan, atau bahkan kelas keterampilan yang mereka ambil bisa jadi salah satunya. Biasanya mimpinya berupa adegan pacarmu selingkuh dengan orang lain yang samar-samar atau sama sekali belum pernah Sedulur lihat di dunia nyata. 

3. Kamu tidak suka dengan sikap pasanganmu yang terlalu ramah pada orang lain 

mimpi pacar selingkuh apa artinya
pexels

Mimpi pacar selingkuh dengan teman artinya tidak selalu pasanganmu benar-benar menjalin hubungan di belakangmu dengan orang yang kamu kenal. Ini bisa saja dipicu oleh sikap ramah si dia pada banyak orang yang kadang membuatmu merasa tak nyaman, sehingga memicu kekhawatiran ia akan meninggalkanmu untuk bersama orang lain. Saking kesal dan cemasnya, hal ini bisa memicu munculnya mimpi pacar selingkuh. 

BACA JUGA: Ini 10 Arti Mimpi Menikah, Pertanda Baik atau Buruk?

4. Insekuritas dalam diri sendiri 

mimpi pacar selingkuh dengan mantan artinya
pexels

Arti mimpi pacar bersama wanita lain dan pria lain bisa jadi didorong oleh insekuritas dalam dirimu sendiri. Rasa insecure atau tidak percaya diri dengan keadaan dan kemampuan kita adalah hal yang wajar dialami seseorang. Namun bisa menguat saat kamu bersanding dengan pasangan yang menurutmu lebih baik dari segala hal darimu. 

Kamu merasa rendah diri dan muncul keyakinan bahwa ada orang lain yang hendak mendekati pasanganmu lewat jalur belakang. Tak heran jika kamu bakal sering memimpikan adegan selingkuh yang dilakukan pasanganmu. Tentunya, ini bukan sesuatu yang harus dipercaya apalagi diyakini sebagai kenyataan.

Sebaliknya, coba untuk lakukan perbaikan di dalam dirimu sendiri. Car cara meningkatkan rasa percaya diri, lakukan komunikasi dengan pasangan, dan terus berlatih menjadi pribadi yang lebih dewasa. 

5. Ekspresi rasa kecewa pada pasangan  

Arti mimpi pacar selingkuh Menurut Islam
pexels

Tidak melulu pengkhianatan secara fisik, mimpi pacar selingkuh artinya bisa berkaitan dengan kekecewaanmu pada pasangan secara emosional. Misalnya, beberapa waktu lalu mereka tidak mendukung keputusanmu di hadapan mertua atau orang tua Sedulur. Ini membuatmu merasa dikhianati dan dikecewakan, sehingga bisa memicu mimpi yang beraroma negatif tentang pacarmu. 

6. Kamu cemburu dengan apa yang pernah dimiliki pasangan

Arti mimpi pacar bersama wanita lain
pexels

Mimpi pacar selingkuh dengan mantan artinya bisa berkaitan dengan rasa cemburumu pada apa yang sempat dan masih dimiliki pasangan. Misalnya kariernya yang bagus, rasa nyaman dan percaya dirinya yang baik, keluarga yang hangat dan mendukung, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA: Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Islam dan Psikologi, Pertanda Apa?

7. Kamu mengidamkan pada apa yang dimiliki orang lain yang muncul di mimpimu

iri dengan pasangan
pexels

Sedulur pasti pernah bermimpi pacar selingkuh dengan orang yang kamu kenal di dunia nyata. Jangan langsung suudzon, silakan kembalikan pada dirimu sendiri. Seringkali orang yang hadir di mimpimu adalah refleksi tentang apa yang kamu pikirkan atau ingat tentang orang tersebut.

Jika konteksnya mereka berselingkuh dengan kekasihmu di mimpi, bisa jadi Sedulur sedang mengidamkan apa yang mereka miliki, tetapi tidak kamu miliki. Misalnya kestabilan finansial, selera humor yang baik, dan lain sebagainya. 

8. Perasaan khawatir diabaikan 

rasa khawatir
pexels

Menurut seorang psikoterapis bernama Alex Ribbentrop, ini terkait dengan trauma atau pengalaman buruk di masa lalu. Bisa jadi Sedulur adalah orang yang sering merasa diabaikan saat kecil. Entah karena orang tua yang terlalu sibuk bekerja atau memang sifat orang tua yang cuek dan kurang perhatian padamu.

Beberapa kemudian tumbuh besar dengan sifat trauma dengan perasaan terabaikan. Kamu seakan tak ingin ini terulang, sehingga mendorongmu melakukan banyak hal agar sang pasangan tidak meninggalkanmu. Hal ini bisa pula menimbulkan perasaan cemas berlebih bahwa pasangan kita punya kecenderungan sama untuk mengabaikan kita di momen-momen tertentu.  

9. Kamu dan pasangan tidak percaya satu sama lain 

trust issue
pexels

Kepercayaan adalah elemen penting dalam hubungan. Apapun hubungannya, persaudaraan, pertemanan, dan asmara. Tanpanya tentu hubungan tak akan berjalan harmonis, yang ada kamu terus menaruh curiga pada pasangan. Apalagi jika ini dirasakan kedua pihak, bakal banyak pertengkaran dari hal-hal remeh.

Untuk memperbaikinya, kamu bisa melakukan lebih banyak sesi deep talk dengan si dia. Bicarakan masalah-masalah yang menurutmu sensitif dan jadi akar rasa tak percaya tersebut.

10. Kamu sudah menaruh curiga pada pasangan sehingga terus terbawa pikiran hingga mimpi 

curiga dengan pasangan
pexels

Kecurigaan pada kekasih yang terbawa hingga mimpi tidak serta merta membuktikan bahwa mereka benar-benar selingkuh di dunia nyata. Lagi-lagi, mimpi kaitannya dengan apa yang kamu pikirkan sendiri. Ini sama dengan mimpi kamu gagal di ujian saat musim ujian tiba.

Tentunya kegagalan tersebut hanya dalam mimpi sebagai bentuk kecemasan dan kegugupan karena waktu ujian telah dekat. Ini berlaku pula dalam arti mimpi pacar selingkuh. 

BACA JUGA: 11 Arti Mimpi Hamil, Pertanda Baik atau Buruk?

11. Adanya ketidakpuasan dalam hubungan

tidak puas
pexels

 Ketidakpuasan ini bisa secara seksual atau emosional. Bisa karena banyak prinsip yang ternyata tak sejalan di antara kalian berdua. Tidak terpenuhinya ekspektasi seksual dan emosional darimu pada pasangan juga bisa memicu munculnya mimpi selingkuh dalam tidurmu. Solusinya adalah komunikasi. Jika Sedulur dan pasangan sudah menikah, terapi atau konseling pernikahan juga bisa dilakukan. 

12. Kamu baru saja menyaksikan perselingkuhan 

melihat perselingkuhan
pexels

Pernahkah kamu mimpi bertemu hantu setelah nonton film horor? Sama halnya dengan selingkuh, mimpi pacar selingkuh artinya bisa berkaitan dengan film atau kejadian yang baru kamu saksikan. Bisa di film atau novel yang kamu baca. Bisa juga berita tentang perselingkuhan selebriti yang kamu ikuti beberapa hari belakangan. Atau lebih dekat, isu perselingkuhan di lingkungan terdekatmu misalnya lingkungan kerja, permukiman tempatmu tinggal, atau bahkan teman lama. 

Tidak ada arti mimpi pacar selingkuh menurut Islam secara spesifik. Seperti yang kita tahu mimpi dalam Islam dibagi jadi tiga, yang baik dari Allah, yang buruk dari setan, dan yang satu datang dari kita sendiri. Jika bisa disimpulkan, mimpi berisi kode-kode tentang apa yang kamu rasakan, lihat, dan pernah alami Sedulur. Bukan sesuatu yang ditelan mentah-mentah dan diyakini sebagai pertanda baik atau buruk.

Baik buruknya tergantung bagaimana kita menyikapi mimpi tersebut. Daripada makin berprasangka buruk, ada baiknya kembalikan pada dirimu sendiri. Apakah itu pertanda kalau kamu sedang berperang melawan rasa trauma atau kamu sedang merasakan sindrom inferior complex? Hanya Sedulur sendiri yang bisa menjawabnya.