Mimpi seringkali dianggap bunga tidur belaka. Namun, sebenarnya dalam psikologi mimpi bisa berarti sesuatu yang kita rasakan tanpa kita sadari sebelumnya. Mimpi bisa jadi pesan dari alam bawah sadar kita tentang sesuatu. Salah satu jenis mimpi yang paling sering dialami seseorang adalah mimpi menikah. 

Sesuatu yang mungkin membahagiakan atau justru menakutkan bagi sebagian orang yang sama sekali belum berpikir untuk membina hubungan serius. Nah, sebenarnya apa sih arti mimpi menikah? Berikut beberapa ulasan psikologisnya. 

BACA JUGA: Arti Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Primbon Jawa dan Medis

1. Mimpi menikah saat kamu memang sedang merencanakannya 

mimpi menikah
unsplash.com

Mimpi menikah dengan pacar saat kamu sudah punya rencana menikah adalah hal yang wajar. Mimpi bisa jadi representasi kekhawatiran kita tentang hal yang terjadi di dunia nyata. Stres atau perasaan senang bisa jadi alasan kenapa kamu memimpikan pernikahan saat tidur. Umumnya, kamu mimpi datang telat di pernikahan atau kamu mengenakan pakaian yang gak seharusnya di pernikahan. Hal ini adalah pertanda kecemasanmu menjelang hari pernikahan. 

-->

2. Mimpi menikah padahal kamu masih lajang 

mimpi menikah
unsplash.com

Beda lagi ceritanya jika kamu memimpikan pernikahan saat masih melajang. Pernikahan sendiri bisa diartikan sebagai komitmen artinya mimpimu bisa jadi pertanda bahwa kamu sedang mempersiapkan diri untuk sebuah komitmen atau perjalanan baru dalam hidupmu. Bisa pekerjaan baru, mengambil cicilan baru, atau hal-hal lain yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan. Mimpi ini adalah pertanyaan pada dirimu sendiri apakah kamu siap dengan komitmen baru tersebut? 

BACA JUGA: Ini Dia 7 Tugas Bridesmaid di Acara Pernikahan

3. Mimpi dilamar 

mimpi menikah
unsplash.com

Mirip dengan mimpi menikah saat masih lajang, mimpi dilamar seseorang adalah pertanda alam bawah sadarmu yang masih ragu-ragu akan sebuah komitmen. Mimpi ini sebenarnya berusaha membantumu untuk berpikir lebih dalam dan seksama dalam memutuskan sesuatu yang dampaknya jangka panjang. Setelah bermimpi tentang dilamar seseorang, kamu mungkin bertanya apakah benar ini keputusan atau hidup yang akan kamu jalani beberapa waktu ke depan?

4. Mimpi menikah dengan orang yang tidak kamu suka atau kenal baik 

mimpi menikah
unsplash.com

Arti mimpi menikah dengan laki-laki yang tidak dikenal atau tak disuka pasti rasanya tak nyaman. Orang yang muncul di mimpimu bisa siapa saja, sangat acak. Bisa jadi orang itu adalah representasi tentang dirimu sendiri. Coba ingat-ingat apa memori atau sifat yang kamu ingat betul dari orang yang muncul di mimpimu. Bisa jadi sifat itulah yang sedang kamu perangi saat ini atau justru sering kamu lakukan. 

5. Mimpi tentang pernikahan orang lain

mimpi menikah
unsplash.com

 Ketika kamu menjadi pengamat dalam mimpi, biasanya berarti ada aspek dalam kehidupan nyatamu yang tidak melibatkanmu secara aktif, tetapi membuatmu kepikiran. Bisa jadi masalah keluarga atau temanmu yang kamu lihat sebagai sesuatu yang mengkhawatirkan, tetapi kamu tidak bisa berbuat banyak untuk membantu. Sama dengan mimpi melihat pernikahan, artinya kamu sadar bahwa ada aspek di dalam hidupmu yang tidak kamu sentuh. Entah karena kamu malas atau memang kamu tidak punya kuasa untuk ikut campur. 

6. Bermimpi menikah lagi

Jika kamu memiliki masalah dengan percintaan di dunia nyata, mimpi menikah lagi bisa jadi pertanda bahwa kamu tidak puas dengan pernikahan atau hubunganmu saat ini. Biasanya kamu tidak akan melihat jelas bentuk atau wajah pasangan yang kamu nikahi dalam mimpi. Namun, kamu bisa menyebutkan kualitas dan karakter psikologis mereka. Umumnya sifat-sifat tersebut adalah apa yang kamu impikan dari seorang pasangan ideal dan tidak bisa dipenuhi oleh pasanganmu di dunia nyata.

7. Menikah dengan seseorang yang bukan pasanganmu 

mimpi menikah
unsplash.com

Mimpi menikah lagi atau menikahi orang selain pasangan tidak serta merta menjadi tanda bahwa kamu dan pasangan memiliki masalah. Jika nyatanya tak ada masalah di dunia nyata, mimpi menikah dengan seseorang yang bukan pasanganmu bisa juga berarti kamu sedang menimbang-nimbang kualitas atau sifat-sifat apa yang ingin kamu miliki sendiri. Ini bisa jadi momen untuk refleksi dirimu sendiri. 

8. Bermimpi pasanganmu menikah lagi dengan orang lain

mimpi menikah
unsplash.com

Mimpi suami menikah lagi adalah hal yang mungkin mengganggumu. Sebenarnya tidak jauh beda dari mimpi menikah lagi, kamu dan pasanganmu mungkin mulai mengalami kerenggangan dan penurunan kualitas. Namun, bisa juga berarti kamu merasa rendah diri, kurang termotivasi, atau sedang dalam masa sulit lainnya yang berdampak pada kepercayaan diri. Ini membuatmu khawatir pasanganmu akan menikah lagi atau meninggalkanmu. 

9. Mimpi menikah dalam primbon Jawa  

mimpi menikah
unsplash.com

Selain secara psikologis, ada pula yang mengartikan mimpi berdasarkan primbon Jawa. Arti mimpi menikah menurut primbon Jawa cukup buruk. Ada yang bilang ini pertanda datangnya penyakit bahkan kematian. Namun, tentu hal itu tidak perlu dipercaya seratus persen mengingat primbon Jawa pun butuh banyak faktor dan detail untuk bisa menafsirkan mimpi dengan akurat.

10. Mimpi menikah menurut pandangan Islam 

mimpi menikah
unsplash.com

Mimpi seperti yang dijabarkan oleh situs Medical News Today adalah cerminan perasaan, keinginan, atau kejadian yang pernah kita alami. Saat kita menonton film atau baru saja mengalami sebuah kejadian, adegan film atau kejadian tersebut bisa saja masuk dalam mimpi, memori yang kita miliki juga bisa juga muncul dalam bentuk potongan-potongan. Hal ini pun diamini dalam Islam yang menafsirkan mimpi dalam tiga jenis. Jika baik berarti dari Allah, jika buruk dari setan, dan ketiga mimpi bisa pula dilihat sebagai cerminan pikiran-pikiran kita sendiri. Jadi, mimpi menikah dalam Islam mungkin saja artinya adalah salah satu dari analisa psikologi yang sudah dijabarkan di atas. 

Keputusan ada di tangan Sedulur, nih. Mau melihat mimpi sebagai suatu fenomena psikologi yang berupa pesan bawah sadar akan pikiran dan memori kita sendiri atau menganggapnya sebagai angin lalu saja. 

Supaya Sedulur bisa tenang dan mimpi indah, jangan lupa untuk penuhi stok kebutuhan bulanan Sedulur lewat Aplikasi Super. Murah dan mudah!