Sebagian besar dari kita lupa kronologi mimpi yang kita alami malam sebelumnya. Bahkan, terkadang kita merasa tidak bermimpi sama sekali saat bangun di pagi hari. Menariknya, ada satu mimpi yang benar-benar membuat kita khawatir hingga memikirkannya berhari-hari kemudian. Salah satunya adalah mimpi gigi copot atau tanggal. 

Bermimpi seperti ini tentunya akan membuat perasaan menjadi tak nyaman dan gelisah. Ditambah lagi jika Sedulur bermimpi gigi copot bagian atas depan. Pasti rasanya ingin langsung pergi ke depan cermin untuk memastikan bahwa gigi tersebut baik-baik saja. 

Tak perlu panik, ada banyak penjelasan dari arti mimpi gigi copot dalam Islam serta dari pandangan psikologi yang bisa Sedulur baca dan pahami. Simak pembahasan berikut ini, yuk!

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Toxic Relationship Serta Tanda & Cara Atasinya

-->

1. Mimpi gigi copot secara umum

mimpi gigi copot
Unsplash

Mimpi gigi copot atas menurut kepercayaan turun temurun dikenal berkaitan dengan kematian dalam keluarga, penyakit kronis, hingga kehilangan sesuatu seperti rumah atau pekerjaan. Brenda B Spriggs dan Kristeen Cherney dari situs Healthline mengambil kesimpulan bahwa mimpi gigi copot merupakan tanda bahwa kamu sedang stres atau gelisah akan suatu hal.

Bisa saja kamu sedang menghadapi perubahan drastis dalam hidupmu yang membuatmu memikirkannya sepanjang waktu, misal akan menghadapi ujian, dapat tawaran kerja baru, hingga pindah domisili. Beberapa ahli juga mengaitkan arti mimpi gigi bawah copot dengan kondisi kesehatanmu seperti kurang tidur, gejala depresi yang akhirnya membuat tidurmu tidak nyenyak. 

2. Mimpi gigi tanggal satu per satu atau sekaligus 

mimpi gigi copot
Unsplash

Seorang analis mimpi profesional Lauri Quinn Loewenberg pernah membahas masalah mimpi gigi tanggal ini di situs The Cut. Ada beberapa skenario yang ia analisis. Salah satunya gigi tanggal satu per satu atau bahkan sekaligus. Menurutnya, hal ini bisa berkaitan dengan apa yang hendak dan sudah kamu sampaikan ke orang lain. Kamu mungkin menyesal atau merasa apa yang kamu sampaikan seharusnya tidak perlu diketahui orang lain. Rasa cemas akan konsekuensi tersebut membuatmu stres dan akhirnya bermimpi ada sesuatu yang terjadi dengan gigimu.

3. Mimpi mencabut gigi yang sudah hampir lepas 

mimpi gigi copot
Unsplash

Kadang kamu bermimpi gigimu mulai goyang dan akhirnya kamu tanggalkan. Masih menurut Loewenberg, arti gigi bawah copot seperti ini adalah pikiran bawah sadarmu yang berusaha mengingatkanmu pada suatu rahasia atau perasaan yang sudah lama tersimpan dan sebenarnya ingin kamu ucapkan. Kamu takut kata-katamu akan menyakiti orang lain, tapi dalam lubuk hatimu, kamu tahu ini harus segera diungkapkan demi kebaikan bersama. 

4. Kamu bermimpi akan mengambil sesuatu yang menyelip di gigi, tapi gigimu ikut tanggal

mimpi gigi copot
Unsplash

Ini berkaitan dengan keinginanmu untuk menyelesaikan suatu masalah, meski sebenarnya sulit. Tergantung dengan apa yang menyangkut di gigimu, makin sulit diambil itu bisa jadi representasi masalah di kehidupan nyatamu yang juga keruh. 

BACA JUGA: 10 Arti Mimpi Orang Tua Meninggal, Pertanda Baik atau Buruk?

5. Gigimu copot dan tumbuh tak beraturan 

mimpi gigi copot
Unsplash

Dalam mimpimu, gigi yang tanggal kemudian digantikan gigi baru yang tumbuh tak beraturan. Ini bisa berarti kamu sedang dilanda rasa gundah. Tentunya dalam mimpi tersebut kamu melihat perubahan yang tak kamu sukai dan rasa tak percaya diri atau kecewa mulai muncul. Hal ini sebenarnya representasi kegelisahan dan kekhawatiranmu pada sesuatu yang terjadi di dunia nyata. 

6. Mimpi gigi tanggal dan kamu tidak bisa menemukan patahannya 

mimpi gigi copot
Unsplash

Arti mimpi gigi copot atas dan tak ada patahannya yang bisa kamu pegang adalah kamu menyesal dengan apa yang kamu katakan atau bocorkan. Namun, tak memiliki daya untuk mengembalikan atau menyembunyikannya lagi. Bisa diartikan secara lebih luas, bahwa mimpi gigi tanggal seperti ini merupakan cerminan perasaan kita saat kehilangan daya atas satu atau beberapa aspek dalam hidup. Sekarang, bercerminlah pada dirimu sendiri. Apakah kamu sedang mengalami masalah yang belum kamu temukan penyelesaiannya? 

7. Mimpi gigi copot menurut Al Quran 

mimpi gigi copot
Unsplash

Dalam Al Quran dijelaskan bahwa ada tiga jenis mimpi. Satu yang baik datang dari Allah, yang buruk datang dari setan, dan yang satu lagi adalah pikiran kita sendiri yang terakumulasi dari memori dan perasaan kita saat itu. Islam juga tidak mengajarkan kita percaya pada ramalan atau prediksi yang mendahului kehendak Allah. Jadi, tentunya arti mimpi gigi copot seharusnya tidak berkaitan dengan akan adanya berita kehilangan atau kematian dalam waktu dekat. 

8. Mimpi gigi taring tanggal

mimpi gigi copot
iStock

Mimpi berikutnya seringkali ditafsirkan berkaitan dengan urusan pekerjaan rumah ataupun bisnis. Jika Sedulur pernah mengalami mimpi ini, maka secara umum orang akan beranggapan bahwa suatu bisnis ataupun pekerjaan yang sedang Sedulur lakukan mengalami kerugian ataupun penurunan omzet secara drastis. Tak hanya itu, mimpi ini juga seringkali dikaitkan dengan pertanda kebangkrutan suatu usaha. 

BACA JUGA: 10 Arti Mimpi Jam Tangan, Pertanda Apa Ya? Ini Artinya!

9. Mimpi gigi gingsul copot

mimpi gigi copot
iStock

Beberda dengan gigi taring, memimpikan gigi gingsul yang copot biasa ditafsirkan sebagai adanya sesuatu yang perlu diluruskan dalam hidup. Ada banyak hal yang berkaitan dengan mimpi ini, seperti adanya ketidakamanan yang tidak disadari, kerentanan, kebohongan, ataupun perasaan lemah dan anggapan bodoh dari orang lain.

Mimpi ini juga berkaitan dengan perasaan malu mengenai citra diri dan bagaimana orang lain melihat diri sendiri, merasa kurang cukup di lingkungan sosial, adanya sesuatu yang tidak sesuai dengan aslinya, maupun adanya kelemahan yang menyangkut kurangnya kekuatan diri sendiri.

Lebih dari itu, mimpi gigi gingsul yang copot juga bisa diartikan sebagai pertanda kehilangan sesuatu yang sangat dekat, gambaran diri yang lemah, maupun belum melakukan apapun yang berkaitan dengan hidup akhir-akhir ini. 

10. Mimpi gigi geraham bawah copot 

mimpi gigi copot
iStock

Berikutnya adalah mimpi pada bagian gigi geraham bawah. Mimpi ini seringkali ditafsirkan sama dengan mimpi yang copot semua, namun lebih fokus pada pertanda bahwa orang terdekat akan ada yang meninggal dunia. Mimpi ini bahkan jarang ditafsirkan sebagai pertanda akan kehilangan harta ataupun rezeki.  

11. Mimpi gigi bagian bawah copot

mimpi gigi copot
iStock

Bagaimana jika gigi bagian bawah yang copot? Tentu tafsir mimpinya akan berkebalikan dengan gigi bagian atas yang copot. Saat mengalami mimpi ini, maka Sedulur akan menerima kemalangan dalam hidup. Bisa saja berkaitan dengan penurunan jabatan, kerugian dalam usaha, ataupun masalah dengan orang terdekat. Oleh karena itu, dibutuhkan sikap ekstra hati-hati setelah mengalami mimpi ini. 

12. Mimpi gigi bagian atas tanggal

mimpi gigi copot
iStock

Berikutnya adalah mimpi gigi bagian atas yang tanggal. Mimpi ini seringkali ditafsirkan sebagai pertanda adanya bencana yang terjadi pada keluarga. Apalagi gigi atas dipercaya mengacu yang lebih tua, sehingga Sedulur harus mulai memberikan perhatian khusus pada kesehatan orang tua. Jika memang sanggup, tidak ada salahnya Sedulur mengajak mereka untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh atau medical check up.

Tafsir lain mengenai mimpi bagian atas tanggal tapi tidak terasa apa-apa, menunjukkan bahwa ada seseorang yang mengalami perubahan akhir-akhir ini, namun tidak memiliki dampak yang buruk pada kehidupan Sedulur.  

BACA JUGA: 25 Tafsir Mimpi yang Sering Dialami Menurut Pandangan Islam

13. Merasa tidak percaya dengan diri sendiri

mimpi gigi copot
iStock

Rasa insecure atau tidak percaya terhadap diri sendiri kerap kali muncul dalam benak seseorang. Jika dibiarkan, rasa tersebut akan masuk hingga ke alam bawah sadar. Hal semacam ini tentu saja akan mempengaruhi mimpi seseorang, salah satunya memimpikan gigi yang tiba-tiba copot. 

Alam bawah sadar yang membuat mimpi gigi tiba-tiba copot berarti sedang memberi tahu bahwa Sedulur sedang kehilangan kekuatan dan rasa percaya diri. Perubahan tersebut bisa disebabkan karena perubahan situasi, kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidup, seperti seseorang maupun pekerjaan. 

14. Mimpi tentang gigi bisa terjadi karena adanya rangsangan pada gigi 

mimpi gigi copot
Unsplash

Naama Rozen dan Nirit Soffer-Dudek pernah merilis investigasi empiris mereka di Jurnal Frontier Psychology pada 2018 lalu tentang mimpi gigi copot. Kesimpulan dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa mimpi tentang gigi bisa pula disebabkan adanya rangsangan pada gigi sebelum seseorang tidur. Rangsangannya bisa berupa kebiasaan menggertakan gigi yang seringkali terpupuk jika seseorang merasakan kegelisahan atau stres. 

15. Cara menganggapi mimpi gigi copot

mimpi gigi copot
Unsplash

Saat mendapat mimpi gigi copot di pagi hari pasti rasanya tak nyaman. Apalagi jika kamu masih menganggapnya sebagai sebuah pertanda kematian atau nasib buruk. Hal yang bisa kamu lakukan tentu berdoa setelah bangun tidur, minum air putih, dan coba resapi secara logis tentang mimpimu. Bisa jadi salah satu dari arti dan tafsir berdasarkan penelitian dan analisa ahli di atas ada yang sesuai dengan keadaanmu saat ini. Ingat juga apakah kamu punya kebiasaan menggertakan gigi saat sedang gelisah? Jika, iya jawabannya pun sudah terpampang nyata. 

Sedulur boleh menganggap mimpi tentang gigi sebagai angin lalu. Namun, ada baiknya Sedulur mulai berhati-hati jika mimpi ini datang terus menerus dan bisa berarti kamu merasakan kegelisahan yang hampir tiada henti. Hal ini pasti mengganggu tidurmu dan pasti bakal berpengaruh ke produktivitas.

Beberapa kondisi yang bisa memicu mimpi buruk seperti gigi copot antara lain depresi, post-traumatic-stress-disorder (PTSD), hingga gangguan kecemasan. Jika Sedulur sudah merasakan ini dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya kamu mengakses fasilitas kesehatan mental terdekat dan terpercaya untuk dilakukan terapi pemulihan untuk membantu meredakan gejala-gejalanya. 

Pada dasarnya, mimpi dan artinya adalah sesuatu yang sangat subjektif. Tiap orang bisa menginternalisasi berbagai tafsir  di atas sesuai dengan kondisi masing-masing individu. Bisa diringkas, jika arti mimpi gigi copot bagian atas depan atau mana saja berkaitan dengan kegelisahan kita akan perubahan atau apa yang baru saat kita lakukan dan ucapkan beberapa hari sebelumnya.

Bukan sebuah prediksi akan kematian atau musibah seperti yang banyak dipercaya selama ini. Jangan pula jadikan arti mimpi sebagai beban atau sugesti pada hal-hal buruk. Tetap fokus dan produktif tiap harinya, ya Sedulur.