mimpi buang air besar

Mimpi merupakan kondisi yang banyak dialami orang ketika tidur. Bagi sebagian orang, mimpi hanya merupakan bunga tidur yang tidak memiliki makna. Namun tidak sedikit pula yang beranggapan adanya makna di balik mimpi, terutama terkait apa yang dilakukan atau dilihat dalam mimpi tersebut. Bahkan mimpi juga kerap dianggap sebagai sebuah pertanda atas sesuatu yang akan dialami dalam kehidupan nyata. Salah satu arti mimpi yang banyak ditanyakan adalah arti mimpi buang air besar.

Dihimpun dari berbagai sumber, mimpi ini ternyata menyimpan beragam makna. Terlebih jika dikaitkan dengan detail lain dalam mimpi tersebut. Mimpi seperti itu disebut dapat menjadi pertanda baik sekaligus peringatan akan adanya masalah. Ingin tahu apa saja arti mimpi buang air besar? Berikut ini Super telah merangkum informasi selengkapnya.

BACA JUGA: 8 Arti Mimpi Gunung Meletus, Pertanda Baik atau Buruk?

Apa itu mimpi?

mimpi
Freepik

Sebelum masuk ke pembahasan tentang arti mimpi ini, tak ada salahnya untuk menyimak tentang pengertian mimpi terlebih dahulu.

Telah disinggung sebelumnya, mimpi kerap dianggap sebagai bunga tidur karena umumnya akan membuat seseorang merasa senang setelah bangun dari tidurnya. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, mimpi adalah sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur. Istilah mimpi juga diartikan sebagai kata kiasan untuk angan-angan atau impian.

Teori tentang arti mimpi

mimpi
Freepik

Sementara itu, pembahasan soal arti mimpi ternyata sudah ada sejak berabad-abad silam. Menurut Scientific American sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, mulanya mimpi dianggap sebagai penyambung antara manusia dengan para dewa. Pemahaman itu kemudian mengalami perubahan ketika muncul pandangan terkait mimpi dari perspektif psikologi.

Satu di antaranya dikemukakan oleh ahli psikoanalisis Sigmund Freud yang menyebut mimpi sebagai gagasan dari sisi emosional seseorang yang tertekan. Teori tersebut menyatakan bahwa mimpi merupakan keinginan manusia yang tak tersampaikan atau tak terselesaikan di kehidupan nyata.

Di sisi yang lain, teori neurobiologis menyebut mimpi sebagai hasil dari ilusi otak. Dengan kata lain, mimpi adalah impuls listrik otak yang menarik pikiran secara acak dari ingatan manusia. 

Berdasarkan uraian tentang mimpi di atas, bisa disimpulkan bahwa definisi mimpi dapat dijelaskan dari beberapa teori. Di antaranya mimpi merupakan perwujudan dari keinginan yang belum tercapai, ilusi otak, serta potongan ingatan manusia dari berbagai informasi yang terkumpul dalam kegiatannya sehari-hari.

BACA JUGA: 10 Arti Mimpi Menikah dengan Pacar, Apa Pertanda Peringatan?

Beragam arti mimpi buang air besar

mimpi buang air besar
Merdeka

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah rangkuman tentang arti mimpi buang air besar. Ragam arti mimpi ini dijelaskan berdasarkan sejumlah pandangan, termasuk menurut Islam dan Primbon Jawa. Selain itu, pembahasan soal arti mimpi ini juga dibagi berdasarkan detail lain dalam mimpi, seperti tempat kejadian dan berbagai hal yang dialami dan dilihat oleh orang yang bermimpi tersebut.

1. Arti mimpi BAB secara umum

Secara umum, mimpi buang air besar artinya seseorang yang bermimpi tersebut sedang mengalami ketakutan atas tekanan yang diterimanya dari penguasa atau pihak yang memiliki kuasa lebih di atasnya. Mimpi ini juga dijelaskan sebagai pertanda tentang akan adanya peristiwa kurang menyenangkan, seperti kerugian dalam usaha yang dijalankan oleh orang tersebut. Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa mimpi ini secara umum dianggap sebagai pertanda akan sesuatu yang tidak menyenangkan.

2. Mimpi buang air besar seperti biasa

mimpi buang air besar
Freepik

Berikutnya, arti mimpi buang air besar seperti biasa disebut menandakan akan adanya perubahan yang terjadi. Perubahan ini bisa menuju kebaikan maupun keburukan.

Di sisi lain, ada pula yang menganggap bahwa mimpi seperti ini merupakan pertanda bahwa seseorang perlu mengeluarkan biaya cukup besar setelah mengalami suatu hal. Sehingga mimpi ini seperti biasa disebut sebagai petunjuk dari akan datangnya masalah finansial.

3. Mimpi buang air besar di tempat umum

Dalam keadaan yang lebih spesifik, Sedulur mungkin pernah bermimpi buang air besar di tempat umum. Nah, menurut Primbon Jawa, mimpi seperti ini merupakan tanda bahwa Sedulur akan membuang energi buruk. Dalam hal ini, energi buruk bisa berupa teman yang manipulatif, pasangan yang tidak setia, ataupun energi negatif yang ada di dalam diri sendiri.

Sementara dalam pandangan Islam, mimpi buang air besar di tempat umum bisa memiliki makna berbeda. Dikatakan bahwa seseorang yang BAB di tempat umum dan kemudian menutupnya dengan debu, maknanya ia akan menyimpan harta di suatu tempat.

4. Mimpi BAB di tempat yang dikenal

Freepik

Masih berkaitan dengan tempat, mimpi buang air besar di lokasi yang dikenal ternyata juga memiliki makna tersendiri. Menurut Imam Abu Bakar al-Hanafi al-Ihsa’i, mimpi buang air besar di tempat yang dikenal memiliki makna sebagai pertanda bahwa ia akan menginfakkan hartanya berdasarkan hawa nafsu semata.

Di sisi lain juga dijelaskan makna mimpi buang air besar di tempat yang tidak dikenal. Dikatakan bahwa mimpi tersebut mengandung makna bahwa orang tersebut akan menginfakkan hartanya yang haram.

BACA JUGA: 14 Arti Mimpi Tersesat yang Jarang Diketahui, Harus Waspada!

5. Mimpi buang air besar di hadapan banyak orang

Selanjutnya adalah mimpi buang air besar di hadapan banyak orang. Mimpi dengan detail seperti ini disebut merupakan pertanda bahwa Sedulur harus membuang sesuatu dalam hidup untuk memperoleh keadaan yang lebih baik. Dijelaskan bahwa BAB di hadapan banyak orang merupakan hal yang membuat kita merasa malu. Mimpi tersebut pun menjadi simbol dari perasaan gelisah dan tidak senang seperti hanya ketika kita merasa malu. Untuk itu, tak ada salahnya untuk membuang hal-hal yang mendatangkan perasaan tersebut dalam hidup.

Di samping itu, mimpi buang air besar di hadapan banyak orang juga disebut memiliki arti lain. Mimpi seperti ini dikatakan mewakili keadaan orang yang bermimpi dalam kehidupan nyata. Orang yang mimpi BAB di hadapan banyak orang disebut tengah membuang-buang waktunya secara percuma.

6. Mimpi BAB dan dilihat orang lain

mimpi buang air besar
Freepik

Terdapat arti lain terkait mimpi buang air besar di mana ada orang lain yang melihatnya. Menurut ulama ahli tafsir mimpi, Syekh Ibnu Sirin, arti mimpi buang air besar dan dilihat orang lain adalah simbol dari aib yang tersebar secara luas sehingga banyak orang yang mengetahuinya. Seperti yang diketahui, buang air besar merupakan hal yang pribadi dan tentunya tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Lebih jauh, mimpi seperti ini tidak hanya menjadi simbol atas aib yang diketahui orang lain. Melainkan juga menjadi peringatan akan munculnya pandangan maupun komentar negatif atas seseorang yang aibnya tersebar itu.

7. Mimpi BAB dan melihat kotoran sendiri

Mimpi terkait BAB yang banyak dialami orang selanjutnya adalah mimpi BAB dan kemudian melihat kotorannya sendiri. Mimpi melihat kotoran sendiri dijelaskan sebagai pertanda bahwa seseorang harus mengubah perilaku-perilaku buruk yang selama ini sering dilakukan. Dengan kata lain, mimpi seperti ini merupakan peringatan untuk melakukan introspeksi atas diri sendiri terutama berkaitan dengan kebiasaan ataupun tabiat.

Di sisi lain, arti mimpi buang air besar dan melihat kotoran sendiri juga disebut berkaitan erat dengan masalah keuangan atau harta. Namun mimpi seperti ini bukan merupakan pertanda bahwa seseorang akan mendapatkan rezeki dalam jumlah besar yang tak terduga. Melainkan malah menjadi pertanda sekaligus peringatan akan adanya pengeluaran dalam jumlah besar.

8. Mimpi buang air besar di tempat tidur

 
Freepik

Arti berikutnya yang banyak dialami orang adalah mimpi BAB di atas tempat tidur. Menurut berbagai sumber, mimpi seperti ini merupakan simbol dari adanya hasrat seksual yang belum tersalurkan. Dengan kata lain, mimpi seperti ini disebabkan karena seseorang memendam fantasi seksualnya terlalu lama. Oleh karenanya mimpi ini hadir sebagai pengingat untuk memperbaiki pola komunikasi dengan pasangan terlebih berkaitan dengan urusan hubungan seksual.

Tak hanya berkaitan dengan masalah hubungan dengan pasangan, mimpi buang air besar di tempat tidur juga disebut memiliki makna berkaitan dengan harta. Menurut Primbon Jawa, mimpi dengan detail seperti ini menjadi pertanda bahwa Sedulur akan mendapatkan uang atau rezeki yang tak terduga untuk memenuhi kebutuhan hidup.

BACA JUGA: Apa Arti Mimpi Orang yang Kita Suka? Pertanda Jodoh?

9. Mimpi buang air besar di sungai

Bagi sebagian orang, sungai atau kali merupakan tempat yang biasa digunakan untuk buang air besar. Bahkan tidak sedikit yang membuat toilet dengan lokasi yang berdekatan dengan sungai. Lantas, bagaimana arti mimpi buang air besar di sungai?

Mimpi buang air besar di sungai disebut merupakan pertanda yang kurang baik. Sebab, orang yang mengalami mimpi tersebut akan mengalami kehilangan harta benda yang dimilikinya. Adapun kehilangan harta benda di sini dikatakan karena ia mengalami kemalingan.

10. Mimpi BAB disertai buang air kecil

Freepik

Mimpi BAB yang diikuti dengan buang air kecil atau kencing disebut berkaitan dengan kondisi emosional seseorang. Dikatakan bahwa mimpi seperti ini merupakan pertanda bahwa orang yang memimpikannya memiliki perasaan terpendam kepada seseorang.

Selain itu, mimpi BAB yang berakhir dengan kencing juga disebut merupakan simbol hasrat seksual seseorang. Orang yang bermimpi seperti ini dikatakan memiliki dorongan untuk melakukan hubungan namun belum dapat terealisasikan.

11. Mimpi buang air besar di celana

Buang air besar di celana tentu merupakan hal yang memalukan. Terlebih jika kejadian itu dialami saat tengah berada di tempat umum. Tak hanya di kehidupan nyata, buang air besar di celana dalam mimpi juga merupakan pertanda akan sesuatu yang kurang baik.

Dijelaskan bahwa mimpi seperti ini mewakili perasaan rendah diri atau minder. Selain itu juga menjadi simbol terkait hal-hal yang tidak berjalan dengan baik atau tidak sesuai dengan rencana yang diinginkan. Oleh karenanya, mimpi tersebut dianggap sebagai peringatan bahwa penting untuk mulai memikirkan cara atau solusi atas sebuah permasalahan.

12. Mimpi susah BAB

mimpi buang air besar
Fimela

Susah BAB atau sembelit merupakan masalah yang hampir pernah dialami setiap orang. Kondisi di mana seseorang kesulitan buang air besar ini tentu sangat tidak menyenangkan bahkan bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit. Demikian juga ketika Sedulur mengalami mimpi susah BAB. Tentu hal ini membuat Sedulur penasaran dan ingin tahu apa makna di balik mimpi tersebut.

Ternyata mimpi susah buang air besar memiliki makna sebagai peringatan untuk waspada terlebih jika orang yang memimpikannya sedang menghadapi suatu masalah. Sebab boleh jadi akan muncul masalah lain yang membuat keadaan semakin rumit. Tak berhenti sampai di situ, mimpi ini juga menjadi pertanda untuk waspada kepada orang di sekitar. Karena dimungkinkan akan ada seseorang yang berupaya menghalangi Sedulur. Bahkan dikatakan bahwa mimpi ini juga menjadi simbol atas pengkhianatan oleh orang terdekat.

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Suami Selingkuh Menurut Islam & Primbon

13. Mimpi BAB dan membersihkannya

Berikutnya adalah mimpi sedang BAB namun kemudian membersihkannya. Mimpi seperti ini disebut merupakan pengingat untuk segera menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Sebab kegiatan membersihkan diri setelah BAB dalam mimpi menjadi simbol masalah yang harus yang diselesaikan.

Oleh karenanya, bisa dikatakan bahwa mimpi ini mengandung pesan untuk tidak membiarkan suatu masalah hingga berlarut-larut sehingga menyebabkan keadaan semakin buruk. Seperti yang diketahui, sebuah masalah tidak akan selesai jika kita tidak berupaya mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

14. Mimpi buang air besar di WC umum

Freepik

Mimpi BAB di toilet atau WC umum dianggap sebagai sebuah pertanda baik. Pasalnya, orang memimpikannya disebut akan mendapatkan sebuah kesuksesan besar atas apa yang diupayakannya selama ini. Secara lebih spesifik dinyatakan bahwa mimpi seperti ini merupakan pertanda kehidupan Sedulur akan membaik terutama dari segi finansial.

Di sisi yang lain, mimpi BAB di toilet umum juga disebut mengandung makna lain. Mimpi tersebut diartikan sebagai simbol atas adanya keinginan dalam diri Sedulur untuk membuktikan sesuatu kepada orang banyak.

15. Mimpi buang air besar keluar cacing

Mimpi BAB dengan disertai munculnya cacing tentu merupakan hal yang menyeramkan sekaligus menjijikkan. Namun siapa sangka mimpi seperti ini ternyata merupakan pertanda baik.

Menurut Primbon Jawa, mimpi BAB dengan keluar cacing menandakan bahwa Sedulur telah terbebas dari masalah yang selama ini membebani. Adapun cacing yang keluar itu disebut sebagai simbol dari berbagai hal buruk yang dialami dalam hidup. Masalah yang dimaksud dalam hal ini bisa berupa masa lalu yang kurang menyenangkan hingga pikiran dan perasaan yang membuat Sedulur tidak bahagia. Selain itu, juga bisa menjadi simbol atas orang-orang di sekitar yang membawa pengaruh buruk.

Sehingga mimpi seperti ini menandakan bahwa masalah-masalah tersebut akan teratasi dan Sedulur akan terbebas dari beban pikiran maupun emosional yang selama ini dipikul. Selain itu, mimpi BAB disertai cacing juga disebut sebagai simbol keberuntungan.

Demikian tadi pembahasan tentang arti mimpi buang air besar. Dapat diketahui bahwa ada beragam makna terkait mimpi tersebut terlebih jika dikaitkan dengan hal-hal lain yang juga muncul di dalam mimpi tersebut. Nah, semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran Sedulur tentang makna di balik mimpi, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.