arti mimpi tersesat

Bagi sebagian orang, mimpi merupakan bunga tidur yang tidak memiliki arti. Namun tidak sedikit pula yang meyakini akan adanya makna di balik mimpinya. Terlebih jika mengalami mimpi buruk, seperti tersesat di tempat asing. Sedulur yang pernah mengalami mimpi serupa mungkin juga penasaran, apa sebenarnya arti mimpi tersesat?

Dihimpun dari berbagai sumber, ternyata ada beragam makna di balik mimpi tersesat. Hal ini dipengaruhi oleh adanya faktor lain di dalam mimpi tersebut. Misalnya waktu dan tempat kejadian, hingga orang-orang yang ikut hadir di dalam mimpi tersebut. Nah, untuk mengetahui apa arti mimpi tersesat, berikut ini Super telah merangkum informasi selengkapnya. Yuk, langsung kita simak!

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Suami Selingkuh Menurut Islam & Primbon

Apa itu mimpi?

tidur
Freepik

Sebelum menyimak arti mimpi tersesat, tak ada salahnya Sedulur memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan mimpi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, mimpi memiliki dua arti. Pertama, mimpi adalah sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur. Kedua, mimpi merupakan bentuk kiasan dari angan-angan. Seperti yang diketahui, istilah mimpi juga kerap digunakan untuk menyebut sesuatu yang dicita-citakan. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas mimpi sebagai sesuatu yang dialami dalam tidur.

Adapun secara umum ada dua jenis mimpi yang dikenal masyarakat, yakni mimpi indah dan mimpi buruk. Mimpi indah adalah ketika seseorang memimpikan kejadian yang menyenangkan di dalam tidur. Sementara mimpi buruk adalah mimpi yang dapat membuat seseorang merasa cemas bahkan takut. Sebab ia mengalami atau melihat sesuatu hal yang tidak menyenangkan di dalam mimpinya. Salah satu mimpi buruk yang banyak dialami masyarakat adalah mimpi tersesat, entah tersesat di jalan, di hutan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 10 Arti Mimpi Digigit Anjing Menurut Letaknya yang Bikin Trauma

Lantas, apa sebenarnya arti mimpi tersesat?

Konon, arti mimpi tersesat merupakan pertanda akan datangnya kesulitan. Seperti yang diketahui, tersesat di tempat asing adalah pengalaman yang tidak menyenangkan. Bahkan, sekalipun pengalaman tersebut hanya terjadi di dalam mimpi. Oleh karenanya bukan hal yang mengherankan jika saat terbangun, Sedulur akan diliputi perasaan cemas dan ketakutan.

Sementara, ada berbagai arti mimpi tersesat. Makna di balik mimpi yang kurang menyenangkan itu dipengaruhi oleh serangkaian hal di dalamnya, seperti tempat di mana Sedulur tersesat hingga orang-orang yang Sedulur jumpai ataupun bersama Sedulur ketika tersesat. Untuk lebih jelasnya, berikut sudah dirangkum beberapa arti mimpi tersesat dalam Islam dan menurut primbon.

1. Arti mimpi tersesat di rumah

arti mimpi tersesat
Freepik

Bagi kebanyakan orang, rumah merupakan zona nyaman di mana mereka dapat menjadi diri sendiri. Tak hanya itu, rumah juga menjadi lingkungan yang paling dikenal karena menjadi tempat yang ditinggali setiap hari. Namun mimpi tersesat di rumah sendiri rupanya tetap menjadi hal yang tidak menyenangkan.

Secara umum, mimpi tersesat di rumah bisa menjadi pertanda bahwa Sedulur tengah dalam keadaan kehilangan arah, tidak merasa aman, hingga diliputi oleh perasaan khawatir atas berbagai hal yang sedang dihadapi beberapa waktu belakangan. Di samping itu, lokasi di mana Sedulur tersesat memiliki makna tersendiri, misalnya kamar tidur yang mewakili kehidupan pribadi maupun hubungan dengan pasangan. 

2. Mimpi tersesat di jalan

arti mimpi tersesat
Freepik

Mimpi buruk yang banyak dialami orang selanjutnya adalah mimpi tersesat di jalan raya yang padat akan kendaraan. Mimpi tersebut tentu akan membuat siapa saja merasa cemas dan khawatir lantaran berada di tengah lalu lintas yang padat terlebih di lokasi yang tidak dikenali. Namun siapa sanga, mimpi tersesat di jalan raya ternyata dapat menjadi pertanda akan kabar baik.

Dikatakan bahwa mimpi tersesat di jalan raya merupakan petunjuk akan datangnya rezeki yang melimpah hingga kondisi finansial yang membaik. Kendati begitu, dalam makna yang kurang baik, mimpi ini bisa menandakan adanya kegelisahan akan sesuatu dalam kehidupan nyata Sedulur.

3. Arti mimpi tersesat dalam perjalanan jauh

Banyak orang meyakini, perjalanan jauh di dalam mimpi mewakili masa depan. Sedangkan arti mimpi tersesat dalam perjalanan jauh merupakan pertanda bahwa Sedulur memiliki rasa khawatir bahkan rasa takut akan masa depan. Meski merupakan mimpi buruk, jika ditanggapi secara positif, ternyata mimpi ini bisa menjadi cambuk untuk mempersiapkan diri lebih baik dalam menyambut masa yang akan datang. 

4. Mimpi tersesat dan tidak tahu jalan pulang

arti mimpi tersesat
Freepik

Tersesat dan tidak tahu jalan pulang juga merupakan kejadian yang banyak dialami orang di dalam mimpi. Adapun arti mimpi tersesat jalan pulang berkaitan dengan sikap Sedulur dalam mengambil keputusan. Mimpi ini mungkin menjadi pertanda bahwa Sedulur akan dihadapkan pada situasi di mana harus memilih di antara dua hal yang sama pentingnya. Di sisi lain, mimpi ini juga bisa mewakili keadaan Sedulur yang sedang dihadapkan pada situasi tersebut. Akan tetapi saat ini Sedulur belum menemukan jawaban atas masalah tersebut sehingga di dalam mimpi, Sedulur tersesat dan tidak menemukan jalan keluar.

5. Arti mimpi tersesat dan menemukan jalan pulang

Mimpi tersesat namun kemudian dapat menemukan jalan pulang dapat memiliki arti yang berbeda dengan mimpi yang dibahas pada poin sebelumnya. Sebab, mimpi ini bisa menjadi pertanda bahwa masalah yang sedang dialami saat ini akan segera ditemukan jalan keluarnya. Dengan kata lain, mimpi ini mewakili kondisi Sedulur yang tengah dilanda masalah. Akan tetapi kabar baiknya, Sedulur akan segera dapat menyelesaikan permasalahan tersebut yang diwakili oleh kejadian menemukan jalan pulang setelah tersesat di dalam mimpi.

6. Mimpi tersesat di tengah cuaca buruk

arti mimpi tersesat
Freepik

Tersesat di tengah cuaca buruk bukanlah hal yang menyenangkan, sekalipun itu hanya terjadi di dalam mimpi. Adapun mimpi seperti ini dapat menjadi pertanda akan adanya peristiwa kurang menyenangkan yang menimpa Sedulur. Entah itu adanya orang ketiga dalam hubunganmu dengan pasangan maupun permasalahan lain yang dapat merusak suasana hatimu.

7. Arti mimpi tersesat di hutan

Freepik

Mimpi tersesat di tengah hutan belantara dapat menjadi pertanda akan datangnya keburukan dan kesulitan. Di samping itu, Sedulur juga akan mendapati kenyataan yang jauh berbeda dari apa yang dilihat selama ini. Misalnya, teman atau seseorang yang kamu anggap baik ternyata sebenarnya buruk, pekerjaan yang kamu idam-idamkan ternyata tidak berjalan sesuai harapanmu, dan lain sebagainya.

Di sisi yang lain, mimpi tersesat di hutan juga bisa memiliki arti berbeda jika dalam mimpi itu Sedulur tengah sendirian atau bersama teman. Jika tersesat sendirian di hutan, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Sedulur membutuhkan seseorang yang dapat memahami dan percaya kepadamu. Sementara jika tersesat bersama teman, mimpi tersebut merupakan petunjuk bahwa Sedulur dan seseorang di dalam mimpi tersebut memiliki ikatan atau hubungan yang sangat baik.

8. Mimpi tersesat bersama teman

Arti mimpi tersesat bersama teman namun tidak diketahui di mana lokasinya bisa menjadi pertanda buruk. Mimpi tersebut menunjukkan bahwa Sedulur tidak akan memperoleh hasil usaha yang selama ini telah diupayakan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Namun mimpi ini juga bisa ditanggapi secara positif sebagai pengingat untuk mempersiapkan diri bahwa selalu ada risiko buruk dalam setiap rencana. Selain itu, jangan lupa untuk selalu melibatkan Tuhan di setiap agenda yang akan dilakukan dengan cara berdoa.

9. Arti mimpi tersesat di kampung orang

Freepik

Mimpi tersesat di sebuah perkampungan atau pemukiman juga memiliki arti tersendiri. Mimpi ini dapat mewakili situasi Sedulur yang sedang menjauhkan diri dari sejumlah orang. Sehingga Sedulur memilih untuk menyendiri dan tidak perlu menghabiskan waktu bersama mereka.

Di sisi lain, mimpi ini juga bisa menjadi pertanda bahwa keputusan Sedulur untuk menarik diri dari lingkungan telah membuat khawatir orang-orang yang menyayangimu. Sebab mereka tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi kepada Sedulur.

10. Mimpi tersesat di kuburan

Freepik

Bagi kebanyakan orang, kuburan merupakan tempat yang sarat akan hal-hal menyeramkan. Tak sedikit pula yang enggan melewati jalan di dekat kuburan sendirian. Oleh karenanya, tersesat di kuburan tentu merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, bahkan meski itu hanya terjadi di dalam mimpi.

Sementara, mimpi tersesat di kuburan juga dapat memiliki arti tertentu. Dikatakan bahwa mimpi ini dapat menandakan bahwa ada seseorang di dekatmu yang sedang membutuhkan pertolongan. Di samping itu, mimpi tersebut juga dapat mewakili ketakutan Sedulur akan kondisi kesehatan diri sendiri maupun orang lain.

11. Arti mimpi tersesat di pasar

arti mimpi tersesat
Freepik

Mimpi tersesat di pasar diyakini sebagai peringatan akan datangnya sesuatu yang kurang baik dalam hidup si pemimpi. Dikatakan bahwa jika Sedulur bermimpi tersesat di pasar, hal ini menandakan bahwa ada seseorang yang memiliki niat jahat kepada Sedulur. Tak hanya itu, seseorang tersebut juga akan memanfaatkan Sedulur untuk memperoleh keuntungan. Oleh karenanya mimpi ini hadir sebagai peringatan untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

12. Arti mimpi tersesat di lapangan

Arti mimpi tersesat secara umum adalah merupakan pertanda atau peringatan akan datangnya suatu hal yang kurang baik. Meski begitu, ada pula mimpi tersesat yang ternyata membawa pertanda baik. Satu di antaranya adalah mimpi tersesat di lapangan.

Dikatakan bahwa mimpi tersesat di lapangan yang luas dapat menjadi petunjuk akan datangnya suatu hal yang baik. Tepatnya, jika Sedulur bermimpi tersesat di lapangan, boleh jadi tak lama lagi akan datang kabar baik dari seseorang yang akan membawa kebahagiaan di hidup Sedulur.

13. Mimpi tersesat di gunung

Freepik

Tersesat di gunung merupakan pengalaman yang mendebarkan bagi para pendaki. Tersesat di gunung juga bisa menjadi hal yang menakutkan, sekalipun itu hanya terjadi di dalam mimpi. Mimpi tersesat di gunung juga dapat menjadi pertanda akan hal yang kurang baik.

Dijelaskan bahwa gunung merupakan simbol dari tanggung jawab dan tantangan dalam hidup. Sementara arti mimpi tersesat di gunung memiliki makna bahwa Sedulur tengah mengalami kesulitan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Selain itu, mimpi tersebut juga menjadi pertanda bahwa di masa yang akan datang, Sedulur akan memperoleh tanggung jawab lebih di samping adanya kepercayaan dari orang-orang di sekitar.

14. Arti mimpi tersesat dan ditolong orang

Terakhir adalah mimpi tersesat dan ditolong orang. Pertolongan orang lain dalam mimpi merupakan pertanda bahwa Sedulur akan menemukan jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi. Jalan keluar ini bisa datang dari orang-orang terdekat maupun dari orang yang tidak dikenal sebelumnya.

Tak hanya itu, mimpi tersesat dan ditolong orang juga berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan berbagai hal yang dilakukan orang dewasa. Mimpi ini juga dapat membawa dampak pada perubahan suasana hati si pemimpi.

Demikian tadi pembahasan tentang arti mimpi tersesat. Sudah dijelaskan bahwa mimpi tersesat dapat mengandung berbagai makna, terutama berkaitan dengan detail yang muncul di dalam mimpi tersebut. Nah, semoga informasi seputar arti mimpi ini bisa menjawab rasa penasaran Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.