manfaat sedih

Sedulur tentu pernah merasakan kesedihan. Banyak orang yang beranggapan jika rasa sedih akan berdampak buruk bagi kesehatan. Akan tetapi, anggapan tersebit ternyata salah lho. Ternyata sedih dapat bermanfaat bagi seseorang. Salah satu  manfaat sedih bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan daya ingat. 

Berbagai penelitian yang sudah dilakukan, rasa sedih ternyata bermanfaat sebagai bagian dari adanya adaptasi terhadap lingkungan dan tantangan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja manfaat sedih bagi kesehatan? Yuk simak rangkuman informasinya berikut ini!

BACA JUGA : Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

1. Meningkatkan daya ingat

manfaat sedih
Freepik

Manfaat sedih yang pertama adalah mampu meningkatkan daya ingat. Sebuah penelitian dilakukan guna menguji kekuatan daya ingat pada seseorang ketika sedang turun hujan, dibandingkan dengan pada saat hari cerah. Ternyata, efek cuaca hujan yang dianggap memicu emosi negatif justru menyebabkan informasi yang diingat malah lebih mendetail, dan lebih sedikit terjadi kesalahan informasi.

2. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Freepik

Manfaat yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Ketika seseorang sedang keadaan maupun sedih, maka orang tersebut cenderung lebih memperhatikan detail dan lebih perhatian terhadap yang yang sedang dibicarakan oleh orang lain. Emosi negative tersebut juga bisa mendorong seseorang untuk menggunakan opini yang persuasif untuk menyakinkin orang lain dan juga lebih mudah untuk bisa dipahami.

3. Meningkatkan motivasi

manfaat sedih
Freepik

Tanpa disadari, kesedihan ternyata mampu menjadi sinyal peringatan yang akan mendorong seseorang untuk melakukan lebih banyak usaha dan juga meningkatkan motivasi ketika sedang menghadapi tantangan baru. Saat sedang bersedih, seseorang cenderung akan merasakan dorongan yang membuatnya ingin bisa mengubah kondisi buruk menjadi yang lebih baik lagi.

BACA JUGA : 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Meningkatkan interaksi

Freepik

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Joseph P. Forgas menemukan bahwa orang dengan suasana hati yang buruk cenderung bisa lebih persuasif dan membuat argumen yang lebih efektif. Orang yang sedang bersedih ternyata lebih mudah meyakinkan orang lain jika dibandingkan orang-orang yang suasana hatinya sedang baik.

5. Meningkatkan fokus

manfaat sedih
Freepik

Kesdihan ternyata bermanfaat untuk meningkatkan tingkat kefokusan seseorang terhadap seseuatu. Sebagai mekanisme adaptasi, perasaan bad mood juga dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus terhadap masalah atau situasi maupun tantangan yang sedang dihadapi. Hal ini juga dapat mendorong otak menjadi lebih baik untuk berpikir kritis dalam mencari solusi dari suatu masalah. 

6. Membuat pengambilan keputusan yang baik

manfaat sedih
Freepik

Kekhawatiran akan terjadinya kegagalan di masa lalu dapat memberikan seseorang pelajaran tentang apa yang harus dilakukan dan harus dihindari. Sehingga, jika digunakan dengan tepat, rasa cemas tersebut dapat bermanfaat sebagai bahan perencaaan dan pengambilan keputusan di masa yang akan datang. Sehingga kesalahan dan kegagalan yang pernah terjadi di masa lalu tidak terulang kembali. 

BACA JUGA : 10 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Tubuh & Mental

7. Berperan sebagai katalis

Freepik

Pada dasarnya, rasa takut merupakan suatu hal yang normal untuk dirasakan setiap orang. Di satu sisi, rasa takut merupakan mekanisme yang melindungi diri dari bahaya yang mungkin akan terjadi, akan tetapi rasa takut akan kegagalan juga dapat memicu dorongan terkuat untuk melakuakn sesuatu dan membuat perubahan menjadi lebih baik lagi. Itulah sebabnya, menghindari rasa takut ataupun rasa cemas untuk berubah juga dapat menyebabkan seseorang justru akan kehilangan kesempatan untuk berkembang.

8. Meningkatkan kemampuan analisis dan penilaian

Freepik

Emosi negatif yang ada dalam diri seseorang seperti kekhawatiran, kecemasan atau ketakutan dapat meminimalisir akan terjadinya bias dalam menilai suatu hal, karena seseorang cenderung akan lebih sensitif terhadap kesalahan. Tak hanya itu, menghadapi rasa takut dan cemas juga mampu mendorong seseorang memproses informasi dengan lebih efektif.

BACA JUGA : : 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

Sedih menurut Islam 

Freepik

Islam tidak pernah melarang seorang muslim untuk bersedih, karena kesedihan merupakan sesuatu yang wajar dan umum terjadi. Meski kesedihan memiliki beberapa manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas, akan tetapi Islam tidak menganjurkan seorang muslim untuk terus berlarut dalam kesedihan. 

Adapun cara yang dapat seorang muslim lakukan agar tidak terus berlarut-larut dalam kesedihan diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Memperbanyak zikir 

Cara pertama yang dapat muslim lakukan untuk menghadapi kesedihan agar tidak semakin berlarut adalah dengan memperbanyak mengingat Allah Swt atau dengan berzikir. Selain dapat menenangkan hati dan pikiran, orang yang berzikir juga akan mendapatkan pahala dari Allah Swt. 

2. Perbanyak sholat sunah

Memperbanyak sholat sunah terutama saat malam hari merupakan salah satu cara untuk mengatasi rasa sedih. Bangun pada malam hari di saat orang-orang sedang terlelap, kemudian melaksanakan salat sunah merupakan bentuk komunikasi kepada Allah Swt. Yang mana seorang hamba dapat mengadu semua permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan begitu hati yang awalnya merasa gelisan akan menjadi lebih tenang. 

Demikianlah penjelasan tentang manfaat rasa sedih dan amarah bagi seseorang. Meski kesedihan sering dianggap berdampak buruk namun ternyata memiliki beberapa manfaat seperti mampu meningkatkan daya ingat pada otak. Akan tetapi perlu Sedulur ingat, kita tidak boleh terlalu berlarut-larut dalam kesedihan, jadi boleh sedih tapi sewajarnya aja ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.