manfaat gerakan sholat

Sholat merupakan rukun Islam yang mana setiap muslim wajib melaksanakannya sebanyak lima kali dalam sehari. Tak hanya sebuah kewajiban umat Islam, sholat ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Manfaat gerakan sholat diantaranya adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan mental seseorang. 

Perlu Sedulur ketahui bahwa sholat merupakan bentuk olahraga yang dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Berikut manfaat gerakan sholat bagi kesehatan yang perlu Sedulur ketahui.

BACA JUGA : Makna 1 Mayam dalam Maskawin dan Perhitungannya

Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan fisik dan mental

1. Melancarkan sistem perncernaan

manfaat gerakan sholat
Orami

Beberapa manfaat gerakan shalat untuk kesehatan di antaranya adalah baik untuk sistem pencernaan. Manfaat ini didapat ketika kita melakukan duduk tasyahud, yang mana posisi duuduk menopang hanya pada satu kaki melengkung di bawah. Tak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, posisi ini juga bermanfaat untuk mengendurkan usus dan juga dapat membantu meringan sembelit. 

2. Melancarkan aliran darah

Freepik

Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah dapat melancarkan sirkulasi darah. Seperti pada saat rukuk, yang mana aliran darah bagian atas di atur. Sementara itu,pada saat posisi duduk tasyahud, maka aliran pada bagian bawah diatur.

3. Membuat tubuh menjadi rileks

Freepik

Selanjutnya manfaat gerakan sholat menurut medis adalah mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini terjadi pada posisi duduk tasyahud yang mana pada posisi ini bagian paha, lutut, tulang belakang dan juga persendirian berada dalam posisi yang memberikan efek relaksasi pada seluruh bagian tubuh. Pada posisi duduk tahiyat ini juga akan mendapatkan sensasi pijatan yang membuat tubuh menjadi lebih rileks.

BACA JUGA : Bacaan Takbiratul Ihram Lengkap dengan Arab, Latin & Artinya

4. Baik untuk pergerakan sendi

Freepik

Manfaat gerakan sholat yang selanjutnya adalah baik untuk pergerakan persendian bagi tubuh. Hal ini karena ketika sedang sholat, sendiri bergerak dan juga saling bertumpu. Ketika hal itu terjadi maka akan ada aliran nutrisi dan oksigen ke seluruh anggota tubuh. Aliran nutrisi dan oksigen tersebut bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko tadang sendi, nyeri persendian hingga lumpuh.

5. Baik untuk postur tubuh

Freepik

Untuk jangka waktu yang panjang, ternyata postur tubuh yang tidak baik dapat menyebabkan penyakit lain. Itulah sebabnya, gerakan sholat bermanfaat untuk membantu postur tubuh menjadi lebih ideal. Contohnya adalah pada gerakan takbir. Pada posisi ini tubu benar-benar tagak dan sudah benar-benar mengetahui bagaimana cara menopang berat badan.

6. Peregangan tubuh

manfaat gerakan sholat
Freepik

manfaat rukuk bagi Kesehatan adalah membantu peragangan pada tubuh. Pada posisi rukuk, tubuh akan membungkuk 90 derajat yang membuat punggung, paha, betis beregang secara bersamaan sekaligus dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

7. Mengendalikan otot perut

manfaat gerakan sholat
Freepik

Selanjutnya adalah manfaat sujud. Posisi sujud dapat membantu tubuh mengendalikan otot perut supaya tidak mengenmbang terlalu besar. Ketika seseorang rajin sholat 5 waktu bahkan lebih, maka gerakan sujud juga dilakukan terus menerus dan ini dapar memperkuat otot-otor abdominal.

BACA JUGA : Bacaan Dua Kalimat Syahadat: Arab, Latin & Keutamaannya

8. Terapi psikologis

manfaat gerakan sholat
iStock

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, gerakan sholat sholat juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan psikologis. Banyak gerakan sholat yang harmoni, lembut dan juga koordinasi yang bermanfaat untuk membantu menenangkan jiwa dan juga melepaskan beban.

BACA JUGA : 10 Jenis Hamster yang Cocok Dipelihara & Cara Merawatnya

9. Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan mental

manfaat gerakan sholat
Freepik

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan psikologis, gerakan sholat juga bermanfaat untuk kesehatan mental lho. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pengalaman damai dan inspirasi

Gerakan sholat bermanfaat untuk memberikan pengalaman damai dan inspirasi bagi seseorang. Hal ini karena ketika melaksanakan sholat, maka seseorang sedang berbicara kepada Allah sehingga akan merasa dekat dengan sang pencipta. Kedekatan seorang hamba dan Tuhannya juga dijelaskan dalam Alqu’an surat Al-Mukmin ayat 60 yang artinya : “Dan Tuhanmu berfirman, berdoalan kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan” (QS Al-Mukmin:60).

Solusi terbaik untuk setiap masalah

Manfaat selanjutnya adalah dapat menjadi solusi terbaik bagi setiap masalah yang dihadapi. Dijelaskan bahwa gerakan sholat itu membuat seseorang mempunyai keyakinan untuk menghadapi suatu masalah. Allah Swt juga telah menegaskan permasalahan ini dalam Al-Qur’an surat ar-Rad ayat 22 yang mampu merefleksikan hubungan antara sholat dan kebahagiaan.

Artinya “Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan sholat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik).”(QS Ar-Rad:22)

Mudah memafkan

Ketika seseorang rajin melaksanakan sholat akan bermanfaat untuk ia bisa lebih mudah memafkan, baik memaafkan dirinya sendiri maupun orang lain. Dalam hal ini Allah juga sudah menerangkan dalam Al-Qur’an durat Hud ayat 114.

Artinya : “Dan dirikanlah sholat pada kedua tepi siang dan pada bahagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan perbuatan- perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

10. Manfaat gerakan sholat untuk ibu hamil

Berikut manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil yang perlu Sedulur ketahui. 

Freepik

Gerakan sholat juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Apa saja ? Simak ulasannya berikut ini!

  1. Meningkatkan kecerdasan ibu dan bayi
  2. Mencegah bayi lahir sungsang
  3. Terhindari dari penyakit syaraf
  4. Membantu menghilangkan sakit kepala
  5. Menghindari risiko wasir
  6. Melancarkan ASI
  7. Melatih pernafasan ketika persalinan

Demikianlah rangkuman informasi mengenai manfaat gerakan sholat beserta gambarnya. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, gerakan sholat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan juga psikologis. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.