layang layang unik dan mudah dibuat

Layang-layang atau layangan merupakan salah satu permainan tradisional yang tidak akan pernah bisa terlupakan. Ya, walaupun permainan yang mengandalkan intensitas angin ini cukup sederhana, namun benar-benar terasa sangat mengasyikkan. Nah, bicara soal layangan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal layang layang unik dan mudah dibuat.

Mungkin Sedulur sudah tahu dengan jenis layang-layang biasa. Namun ternyata ada banyak sekali bentuk layang-layang yang sangat menarik untuk diterbangkan. Jadi selain terasa mengasyikkan, permainan ini juga akan terasa sangat unik karena benda yang diterbangkan tersebut bentuknya bisa berbagai macam.

Nah, bagi Sedulur yang sudah tidak sabar untuk mengetahui apa saja layang layang unik dan mudah dibuat, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Permainan Gobak Sodor, Keseruan, Aturan Main & Manfaatnya

1. Model klasik, cocok untuk nostalgia

layang layang unik dan mudah dibuat
borneo24

Model yang pertama ini, adalah model layangan yang paling umum dan banyak ditemukan di berbagai daerah, dari dalam hingga luar negeri. Ya, seperti itulah gambar layang-layang biasa, layangan sederhana yang umumnya memiliki bentuk belah ketupat.

Nah, Sedulur bisa membuat jenis layangan tersebut hanya dengan bermodalkan kertas minyak dan bambu saja. Walaupun rata-rata bentuknya sama, namun masing-masing daerah di Indonesia memiliki model dasar layangan klasik khasnya tersendiri. 

Sedulur bisa memainkan layangan yang satu ini di halaman yang luas atau lapangan terdekat dari rumah sembari bernostalgia. Selain itu, ukuran dari jenis layangan ini juga umumnya tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, layangan klasik tradisional bisa Sedulur jadikan sebagai pilihan yang tepat untuk dimainkan bersama anak, adik, maupun saudara yang masih kecil.

2.Model stunt kite/sport kite, mudah untuk dikendalikan

layang layang unik dan mudah dibuat
aliexpress

Stunt kite atau sport kite, merupakan sebuah model layangan yang memungkinkan Sedulur tidak hanya ingin menerbangkannya saja. Namun juga mengendalikan layangan tersebut secara bebas sesuai keinginan.

Jadi tidak hanya sebatas bisa terbang seperti halnya layangan pada umumnya, model stunt kite atau sport kite ini juga dapat dikontrol oleh orang yang menerbangkannya. Perlu untuk Sedulur ketahui, sport kite sendiri sudah menjadi olahraga resmi dan terkenal.  Bahkan sudah ada banyak turnamen sport kite internasional yang diselenggarakan di kawasan Eropa dan Amerika. 

Nah, jika Anda masih tergolong sebagai pemain pemula, mungkin saja masih sedikit kesulitan dalam menerbangkan dan juga mengendalikan layangan ini sesuai dengan keinginan. Untuk itu, perhatikanlah kondisi di sekitar ketika Sedulur akan menerbangkannya. Selain itu, minta bantuan pada yang ahli untuk mengajari Sedulur.

BACA JUGA: 15 Pilihan Mainan Anak 1 Tahun yang Dukung Perkembangan Otak

3. Model BioKite, generasi paling baru

layang layang unik dan mudah dibuat
my-best

BioKite yang menjadi layangan generasi terbaru ini telah menggunakan teknologi aerodinamik yang juga digunakan pada pesawat terbang. Berat dari layangan inipun hanya kurang lebih sepertiga dari layangan umumnya, jadi tetap dapat diterbangkan meskipun intensitas angin tidak terlalu kencang.

Keunggulan lain dari BioKite ini juga ada pada bentuk serta desainnya yang variatif. Yang paling penting adalah bentuk bagian kiri dan kanan layang-layang simetris, maka layangan tersebut sudah bisa terbang dengan baik.

Nah, karena BioKite ini dapat terbang dan menyesuaikan kecepatan angin, maka Sedulur tetap bisa menerbangkannya meskipun cuaca mendung dan minim angin selama tidak turun hujan. Ada lagi keunggulan dari layangan ini, yakni dapat terbang secara vertikal.

Untuk para pemain pemula, ternyata juga bisa menerbangkannya hingga ketinggian mencapai 1000 meter tanpa kesulitan. Tidak hanya untuk hiburan, layangan ini juga digunakan untuk ilmu pengetahuan. Hal ini karena BioKite dibuat berdasarkan sains dan teknologi, seperti ilmu fluid dynamics, mechanics, dan lain sebagainya.

4. Model gayla kite, ringan dan mudah terbang

layang layang unik dan mudah dibuat
my-best

Perlu untuk Sedulur ketahui, jika gayla kite ini merupakan model layangan yang dibuat dan dikembangkan oleh seorang insinyur NASA. Layangan yang dibuat dengan bahan vinyl dan rangka plastik ini, mulai diperkenalkan sekitar tahun 1965.

Karena bahan dan rangka yang digunakan tersebut, mode layangan yang satu ini beratnya jauh lebih ringan. Sehingga bisa diterbangkan dengan lebih mudah jika dibandingkan dengan berbagai jenis layangan lain.

Gayla kite ini memang diciptakan dengan karakteristik khusus dan dirancang gara dapat segera terbang asalkan ada angin berembus, walaupun itu kecil. Bahkan anak kecil pun dapat menerbangkannya hingga ketinggian lebih dari 20 meter.

Akan tetapi, mudahnya menerbangkan layangan dengan sembarang angin itu juga menjadi sisi kekurangannya. Jadi penggunaan dari layang-layang ini memang harus dilakukan secara ekstra hati-hati.

BACA JUGA: 10 Game PSP Terbaik ini Wajib Kamu Mainkan, Bisa di Android

5. Model layangan hias, bentuk unik yang beragam

layang layang unik dan mudah dibuat
pegipegi

Layangan hias merupakan salah satu jenis layangan yang cukup populer. Oleh karena itu, Sedulur bisa mendapatkan model layangan ini dengan mudah. Salah satu bentuk yang paling terkenal adalah kerangka layang layang kelelawar.

Pada umumnya, layangan ini dibuat dengan bahan kain nilon dan tanpa menggunakan kerangka. Namun ada juga layangan yang dibuat dengan kerangka, bahkan ada pula yang harus dirakit lebih dulu. Tidak perlu khawatir, karena sebenarnya cara membuat layang layang unik dari bambu ini cukup mudah. Walaupun angin yang bertiup tidak kencang, namun layangan ini bisa dengan mudah diterbangkan.

Selain banyak varian bentuk, motif layang-layang hias ini juga sangat beragam. Sedulur bisa membuat model layangan ini sesuai dengan keinginan. Tentu saja rasanya akan senang melihat sesuatu yang unik terbang di langit kan?

6. Model layang-layang delta, bentuk keren di langit

layang layang unik dan mudah dibuat
anasio

Pada umumnya, bentuk dari layang-layang delta ini adalah segi empat. Ya, model layangan ini memang sering dijadikan sebagai ajang gengsi para pemain layang-layang. Tidak hanya dilihat dari bentuknya saja, namun motif dari layangan tersebut juga sangat diperhatikan.

Mungkin saja dulu hanya motifnya yang berbeda. Namun untuk saat ini, bentuk dari model layang-layang delta ini sangatlah beragam dan juga unik-unik. Jadi tidak jarang sering diadakan lomba hanya sekedar menilai bentuk dan motif layangan manakah yang paling bagus.

Seperti yang telah diketahui, bentuk yang rumit itu tentu dibuat dengan langkah-langkah yang tidak mudah. Hal ini juga berlaku untuk layang-layang delta, yang proses pembuatannya membutuhkan banyak bahan, waktu yang lama, dan juga tingkat ketelitian yang tinggi.

BACA JUGA: 8 Manfaat Permainan Lompat Tali Untuk Fisik & Mental Anak

7. Model layang-layang berderet, indahnya kebersamaan

my-best

Model layangan berderet ini terdiri dari beberapa layangan kecil yang disusun secara vertikal dari atas ke bawah. Layangan yang satu ini, dapat memberikan Sedulur sebuah kesenangan tersendiri ketika melihatnya terbang dan juga bergerak di langit.

Bergantung pada kondisi angin, jika angin yang berhembus itu cukup kuat, maka layangan berderet ini akan terbang secara lebih cepat dibandingkan dengan model layangan tunggal. Nah, Sedulur bisa saja mengajak teman untuk memainkan model layangan yang satu ini.

Namun, sayangnya layang-layang ini membutuhkan angin dengan intensitas yang cukup tinggi. Jika tidak, maka layang-layang tidak akan bisa terbang dengan baik. Selain itu, penerbangan layangan ini juga harus dilakukan di halaman atau lapangan yang benar-benar luas.

8. Model layang-layang naga, si ekor panjang di langit

antarafoto

Apakah Sedulur ingin mencoba layangan yang unik dengan bentuk menyerupai seekor naga dengan ekor yang sangat panjang? Nah, Sedukur dapat mencoba jenis layangan yang satu ini. Layang-layang naga ini dibuat dengan panjang ekor yang hampir mencapai 6 meter.

BACA JUGA: 8 Manfaat Permainan Lompat Tali Untuk Fisik & Mental Anak

Karena ukurannya yang terbilang besar dan juga memiliki ekor yang panjang, maka Sedulur butuh bantuan dari teman atau orang lain untuk menerbangkannya. Selain itu, layangan ini hanya bisa terbang dengan menggunakan angin yang kuat. 

Oleh sebab itu, model layangan yang satu ini dapat dijadikan sebagai sarana yang baik untuk mendekatkan hubungan kekeluargaan dan juga melatih kerja sama tim. Dari segi desain, desain layangan naga yang unik pasti akan membuat Sedulur dan orang-orang yang melihatnya merasa terpukau. Dapat dipastikan, bahwa semua mata pasti akan tertuju pada layangan naga milik Sedulur.

BACA JUGA: 10 Jenis Permainan Tradisional Super Seru, Sudah Coba?

9. Model layang-layang parasut, bentuk unik dengan warna mencolok

pxfuel

Model layang layang unik dan mudah dibuat dengan bentuk parasut ini sangat cocok bagi Sedulur yang ingin menerbangkan layangan warna-warni yang terlihat sangat mencolok. Sesuai dengan namanya, bentuk dari layangan ini mirip seperti parasut yang sering digunakan oleh profesional.

Namun yang membuatnya terlihat unik, yakni penggunaan motif warna-warni semacam pelangi. Dengan warna pelangi yang lengkap ini, maka layangan tersebut juga diyakini mampu membawa kesan keceriaan kepada Sedulur dan juga orang-orang yang melihatnya.

Mode Layangan yang satu ini, dibuat dengan menggunakan bahan nilon. Hal ini akan membuatnya menjadi lebih elastis, kuat, dan yang paling penting adalah tahan terhadap air. Dengan ini, maka Sedulur tidak perlu khawatir bahwa layangan ini akan rusak terkena air hujan.

10. Model layang-layang wau, model kuno yang naik daun

duniaibuibu

Istilah untuk layang-layang wau Indonesia itu sebenarnya kurang tepat. Ini dikarenakan model layang-layang tersebut sebenarnya berasal dari Malaysia. Jika Sedulur pernah melihat serial Upin&Ipin episode layang-layang, maka sudah tidak asing dengan model layangan yang satu ini.

Jika dilihat dari bentuknya, maka model layangan tersebut sangat mirip seperti hiasan kepala untuk bangsawan melayu. Ya, itu tidak salah karena desain dari layangan tersebut memang mencotohnya. Ukuran dari layangan ini memang cukup besar, dan anak-anak akan cukup kesulitan menerbangkannya.

Kemudian untuk motif, tidak ada ketentuan tertentu untuk motif yang harus digunakan dalam pembuatan layang-layang wau ini. Jadi jika Sedulur membuat layang-layang wau, maka motifnya bisa menyesuaikan dengan keinginan sendiri.

BACA JUGA: 10 Jenis Permainan Tradisional Super Seru, Sudah Coba?

11. Model layang-layang eddy, simple dan mudah dibuat

kerjausaha

Gambar layangan simple itu adalah layang-layang eddy. Selain bentuknya yang sederhana, cara membuat layangan ini juga cukup mudah. Banyak orang yang saling mengadu kekuatan dari layang-layang eddy yang dimilikinya.

Namun ada satu tips penting ketika Sedulur ingin menerbangkan dan mengadu layangan ini. Jadi tips tersebut, yakni semakin panjang benang yang digunakan, maka layang-layang akan semakin baik, seperti yang ada pada gambar layang layang aduan di atas.

Meskipun pada dasarnya layangan ini digunakan untuk aduan, namun jangan lupakan tampilannya begitu saja. Pastikan bahwa tampilan dari layang-layang eddy yang Sedulur miliki terlihat sangat keren.

Itulah beberapa model layang layang unik dan mudah dibuat yang bisa Sedulur jadi sebagai rekomendasi. Silahkan pilih mode layangan yang akan digunakan. Sedulur bisa membuatnya sendiri maupun membeli layangan yang sudah jadi.

Namun tidak semua layangan di atas bisa dibuat sendiri ataupun dibeli dengan mudah. Pasalnya ada model layangan yang hanya bisa dibuat dengan keahlian dan perhitungan khusus, dan ada juga layangan yang tidak umum dijual di Indonesia.