kejatuhan cicak

Cicak sudah seperti penghuni tetap di rumah yang sering tidak dianggap. Keberadaannya sering dianggap angin lalu. Namun apabila hewan ini sudah menjatuhkan diri dan mengenai manusia, bakalan heboh urusannya. Pasalnya, kejatuhan cicak diidentikkan dengan berbagai pertanda buruk.

Biasanya, orang yang mengalami hal ini bakal mengalami hal yang kurang menyenangkan. Apa sajakah arti dari mitos kejatuhan cicak? Apakah semuanya membawa pertanda buruk? Atau ternyata ada hal baik yang bakal menghampirimu?

BACA JUGA: Arti Kedutan Pada Bibir Atas, Ini Mitos dan Faktanya!

1. Arti kejatuhan cicak secara umum

Arti kejatuhan cicak secara umum
Unsplash

Apabila ada cicak yang jatuh ke bagian tubuhmu, dipercaya akan ada kesialan yang menimpa orang terdekatmu. Akan ada kabar kurang menyenangkan yang melibatkan orangtua, saudara, bahkan sahabatmu. Tidak menutup kemungkinan, hubunganmu dan pasangan yang bakal diterpa kesialan. Misalnya saja pertengkaran yang bermula dari cekcok sepele. Apabila tidak diselesaikan dengan kepala dingin, ada kemungkinan akan kandas di tengah jalan.

Supaya hal di atas tidak terjadi kepadamu, lakukan hal ini untuk menghidanrinya. Caranya adalah dengan mengganti pakaian yang terkena cicak. Selain itu, lupakan mitos buruknya agar sugestinya tidak terpatri di kepalamu. 

2. Kotoran cicak

Kotoran cicak
Pexels

Selain cicak, kejatuhan kotorannya ternyata juga bisa menjadi pertanda jika seseorang akan jatuh sakit. Menurut cerita lama, dulunya cicak dimanfaatkan oleh dukun dan paranormal untuk mengirimkan santet dan penyakit kepada seseorang. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang menghindari cicak di atasnya. Bila kejatuhan kotorannya, bisa jadi kesialan berupa sakit akan dialami.

Apabila ada kotoran jatuh di tubuhmu, ada baiknya untuk segera membersihkannya. Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidak beraktivitas di luar rumah. Dikhawatirkan, nantinya kondisi tubuhmu bisa tiba-tiba menurun di saat tak terduga.

BACA JUGA: Fakta Nanas Muda Bisa Sebabkan Keguguran Kehamilan, Mitos?

3. Kepala

kejatuhan cicak di kepala
Pixabay

Bila memungkinkan, hindari agar tidak kejatuhan cicak di kepala. Pasalnya, arti dari mitosnya cukup mengerikan. Ada yang bilang jika dalam waktu dekat akan ada anggota keluarga yang berpulang ke pangkuan Tuhan. Arti lainnya, dalam waktu dekat kamu akan mengalami kecelakaan yang bisa membuat nyawamu terancam.

4. Pundak

kejatuhan cicak di pundak
Pexels

Mitos dari kejatuhan cicak di pundak juga cukup bikin waswas. Diprediksi bahwa akan ada keluarga dan orang terdekatmu yang mengalami kesialan. Kamu diharuskan untuk memberi peringatan kepada mereka agar hal ini bisa dihindari segera. Apabila kamu adalah seorang istri, segera beritahu suamimu untuk ikut lebih aware. Jika tidak, kesialan ini akan menimpa sang suami. 

BACA JUGA: Begini Arti Haid Menurut Hari, Tanggal, Waktu Primbon Jawa

5. Tangan kanan

kejatuhan cicak di tangan kanan
Pexels

Cukup berbeda dengan arti sebelumnya, kejatuhan cicak di tangan kanan ternyata menjadi pertanda yang baik. Banyak yang percaya apabila kamu akan mendapatkan rezeki nomplok di segi finansial dan pekerjaan. Tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan tawaran pekerjaan baru, keuangan semakin lancar, dan mendapat apresiasi dari orang di sekitarmu.

6. Tangan kiri

kejatuhan cicak di tangan kiri menurut islam
Pexels

Hal baik serupa juga bakal didapatkan apabila kamu kejatuhan cicak di tangan kiri menurut Islam. Selain ada peningkatan kualitas hidup yang didongkrak dari finansial, ternyata mitos ini juga dipercaya oleh beberapa kepercayaan di Eropa. Mereka menganggap bahwa cicak yang merayap di tangan menjadi pertanda dia akan bisa menolonh banyak orang di masa depan.

BACA JUGA: Arti Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Primbon Jawa dan Medis

7. Punggung

Punggung
australiangeographic

Menurut kepercayaan di agama Hindu, cicak jatuh di punggung menjadi salah satu pertanda buruk yang mendekati kehancuran. Hal ini dikaitkan karena orang tersebut menanggung beban berat di dalam hidupnya yang berkaitan dengan keluarga dan hubungan dengan orang di sekitarnya.

8. Pantat

Pantat
kidadl

Masih dari kepercayaan yang sama seperti kejatuhan cicak di punggung, ternyata hal yang berbanding terbalik akan dirasakan apabila ada cicak yang jatuh di pantat. Ini menjadi pertanda baik. Biasanya, kamu akan mendapatkan rezeki uang yang bertambat, performa di tempat kerja yang meroket, serta mendapatkan teman baru yang baik.

BACA JUGA: Cara Menghitung Weton Jodoh Sesuai Primbon & Artinya

9. Paha

Paha
thaizer

Kejatuhan hewan cicak di paha? Ini bisa menjadi pertanda bahwa akan ada kesialan yang menimpamu. Apesnya, hal ini ternyata disebabkan oleh orang lain. Jika ada cicak yang jatuh di paha kanan, musih yang menimpamu disebabkan oleh orang yang kamu kenal. Bila di kiri, kesialannya berasal dari orang lain yang tidak pernah kamu kenal sebelumnya.

10. Kaki

kaki
abc

Bagi yang mempercayai tradisi Hindu, cicak yang jatuh di kaki menjadi pertanda jika akan ada hal buruk yang menimpa. Biasanya, kesialan ini memiliki kaitan erat dengan finansial, kesehatan, dan rencana yang seringkali gagal. Selain kejatuhan cicak dari atas, bila kaki dipanjat oleh cicak juga memiliki pertanda yang kurang lebih sama. 

Apabila terlanjur kejatuhan hewan ini dan tidak ingin kesialan menimpamu, segera panjatkan doa kejatuhan cicak yang diambil dari QS Ar-Ra’d ayat 11 agar kamu tetap ber-positive thinking dan husnuzon kepada Allah:

Lahu mu’aqqibatum mim baini yadaihi wa min khalfihi yahfazunahu min amrillah, innallaha la yugayyiru ma biqaumin hatta yugayyiru ma bi`anfusihim, wa iza aradallahu biqaumin su`an fa la maradda lah, wa ma lahum min dunihi miw wal

Artinya: “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Selain itu, kamu juga melafalkan doa dari QS Ath-Thalaq ayat 3 agar tetap bertawakal kepada Allah. Berikut bacaan dan arti doanya:

Wa yarzuq-hu min aisu la yahtasib, wa may yatawakkal ‘alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja’alallahu likulli syai`ing qadra.

Artinya: “Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Rasulullah juga pernah mencontohkan dan membaca doa agar terhindar dari kesialan. Berikut adalah bacaan dan artinya yang diambil dari H.R. Ibnu Sunni:

Allahumma la ya’ti bil hasanati illa anta, wa la yazhabu bis sayyi-ati illa anta, wa la haula wa la quwwata illa billah.

Artinya: “Ya Allah, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Engkau, tidak ada yang menghilangkan kejahatan kecuali Engkau, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (izin) Allah”. 

Pada dasarnya, ada hal baik yang bisa diambil sebagai hikmah kejatuhan cicak. Pertama, ini menunjukkan bahwa kamu tidak ingin ada hal buruk yang menimpa dirimu dan orang-orang tersayang. Selain itu, kamu juga secara tidak langsung akan lebih peduli dengan yang ada di sekitaran rumahmu. Yang dulunya tidak peduli dengan cicak yang merayap di tembok dan langit-langit, sekarang jadi lebih peka dengan keberadaan mereka. Semoga sedulur dijauhkan dari kesialan dan pertanda buruk lainnya, ya.