kedutan bibir kiri atas

Banyak orang yang percaya bilakedutan bibir kiri atas adalah sebuah pertanda bakal datang keberuntungan maupun kemalangan. Di Indonesia sendiri khususnya, terdapat penjelasan mengenai makna kedutan bibir kiri atas dalam primbon Jawa.

Dalam hal ini, Sedulur boleh memercayainya atau pun tidak. Namun yang jelas, arti kedutan di bibir kiri atas ternyata memiliki ulasannya tersendiri secara medis. Baik itu dari segi penyebab maupun cara mengatasinya. Sebelum dijelaskan lebih detailnya, berikut arti kedutan yang dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Arti Mimpi Melahirkan Anak Laki-Laki, Apakah Membawa Keberuntungan?

1. Arti kedutan bibir kiri atas menurut medis

10 Arti Kedutan di Bibir Atas Bawah Menurut Primbon Jawa - Ringtimes Bali
Ringtimes bali

Arti kedutan bibir kiri atas menurut media adalah sebuah hasil dari miskomunikasi antara saraf bibir dan otot-otot yang dikendalikannya. Ini bisa disebabkan oleh hal yang dilakukan setiap hari. Misalnya saja adalah terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Namun, peristiwa ini juga bisa menjadi sebuah pertanda yang lebih serius dan tidak baik. Apabila Sedulur mengalami kedutan bibir kiri atas atau bagian bibir mana pun, pasti akan terasa tidak nyaman, ‘kan? Hal ini terjadi karena memang beberapa syaraf terganggu dan membuat imbas kurang nyamannya sampai di area bibir

BACA JUGA: Mimpi Dikejar Ular, Pertanda Baik Atau Buruk? Ini Penjelasannya!

2. Penyebab kedutan bibir kiri atas menurut medis

Serin Kedutan di Bibir? Ini Loh Artinya
sehatq

Ternyata, tidak hanya selalu berkaitan mitos tentang terjadinya  bibir kiri atas kedutan. Namun secara medis, ada pula penjelasan secara lengkapnya. Berikut penyebab terjadinya kedutan bibir atas menurut medis.

Konsumsi kafein

Salah satu penyebab umum terjadinya bibir kedutan ialah ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein. Unsur senyawa yang ada pada minuman berenergi dan jenis makan lainnya ini cukup membahayakan jika sampai dikonsumsi secara berlebihan.

Bukan tanpa alasan mengapa terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa menimbulkan bibir kedutan. Kafein dapat menyebabkan kegugupan, energi yang berlebihan, dan otot menjadi berkedut. Kafein adalah salah satu senyawa yang umum ditemukan dari mana saja selain minuman energi, kopi, teh, minuman ringan, dan beberapa makanan ringan lainnya.

Kekurangan kalium

Penyebab selanjutnya bisa datang dari kekurangan kalium. Hal ini bisa memberikan dampak negatif pada otot sehingga menyebabkan kejang dan kram hampir di mana saja, termasuk bagian bibir.

Kalium diperlukan untuk membawa sinyal saraf dengan benar ke dalam tubuh. Jika Sedulur mengalami kedutan bibir kiri atas, penyebab yang mendasarinya mungkin adalah kekurangan kalium dan kamu harus segera memenuhi asupan tersebut sesegera mungkin.

Konsumsi obat

Masalah selanjutnya akibat terjadinya kedutan di bibir kiri adalah mengonsumsi obat secara berlebihan melebihi resep yang diberikan oleh dokter. Beberapa obat memang bisa menyebabkan otot berkedut. Pasalnya, steroid dan estrogen dapat menyebabkan kedutan. Selain itu, obat yang diresepkan oleh dokter atau obat yang dijual bebas yang mencantumkan fasikulasi sebagai efek samping juga bisa menyebabkan sensasi berkedut pada bibir.

Stres dan kelelahan

Masalah stres dan kelelahan jangan dianggap sebagai persoalan yang enteng. Bisa saja jika stres dan kelelahan akibab beban kerja berlebihan. Hal ini karena saat stres dan kelelahan ekstrim, respons tubuh di bawah tekanan konstan mungkin terkunci yang dapat membuat otot-otot di wajah mengencang dan pada akhirnya kedutan.

Bell’s palsy

Penyebab selanjutnya terjadinya sebuah kedutan di bibir kiri adalah adanya bell’s palsy. Keadaan ini bisa menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan pada otot-otot wajah. Kondisi ini dapat memiliki gejala  yang berbeda pada setiap kasus. Beberapa orang yang mengalami peristiwa Bell’s Palsy mungkin mengalami bibir berkedut. Sementara itu yang lain mungkin mengalami kesulitan mengendalikan  otot-otot wajah mereka.

Trauma

Trauma bisa disebabkan oleh segala hal. Dari mulai peristiwa yang tidak mengenakan pada masa lal, ataupun hal lainnya. Namun, tahukah kamu bila trauma bisa jadi penyebab terjadinya kedutan di bibir kiri. Adanya cedera pada batang otak yang mungkin telah merusak saraf wajah sehingga menyebabkan otot-otot wajah berkedut. Cedera pada otot-otot wajah juga dapat merusak saraf yang dapat menyebabkan sinyal campuran di otak dan kedutan di daerah sekitarnya.

Penyakit parkinson

Parkinson mungkin bisa menjadi penyebab selanjutnya mengapa seseorang mengalami bibir berkedut cukup sering. Khususnya kedutan pada bibir bawah bisa menyebabkan awal terjadinya parkinson. Penyakit ini semakin memburuk dari waktu ke waktu dan belum ada obat yang diketahui bisa menyembuhkannya secara total.

Meski penyakit ini tidak terlalu berbahaya tetapi bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Menurut penjelasan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang dikutip dari Parkinson Foundation, komplikasi yang disebabkan oleh penyakit Parkinson menjadi penyebab kematian yang paling banyak ke-14 di Amerika Serikat.

Ketidakseimbangan hormon

Masalah selanjutnya adalah ketidakseimbangan hormon. Ya, masalah ini mungkin bisa menjadi pemicu terjadinya kedutan di bibir atas atau bawah. Ketidakseimbaangan hormon terjadi seiring bertambahnya usia atau karena kondisi seperti hipoparatiroidisme.

Orang yang mengalami masalah hipoparatiroidisme memiliki produksi hormon paratiroid yang rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala berupa kedutan di wajah, mengalami rambut rontok dan kelemahan otot.

BACA JUGA: Arti Mimpi Hamil, Pertanda Baik atau Buruk?

3. Arti kedutan bibir kiri atas menurut mitos

Serin Kedutan di Bibir? Ini Loh Artinya
ringtimesbali

Selain penjelasan secara medis, kedutan bibir kiri atas juga bisa disangkut pautkan dengan hal-hal mistis. Bukan hal yang aneh jika hal mistis selalu populer di tengah masyarakat. Terkait peristiwa ini merupakan sebuah pertanda bahwa, Sedulur akan mengalami peristiwa seperti musyawarah dengan keluarga, saudara, atau teman.

Hal ini karena bibir bagian atas dipercaya sebagai sumber pemahaman dan komunikasi.Untuk tujuan dari musyawarah tersebut belum diketahui pasti. Namun, diskusi ini akan menyangkut hal atau masalah yang serius. Jadi, Sedulur mungkin perlu bersiap karena dalam proses diskusi tersebut bisa saja menimbulkan sebuah perdebatan.

Namun ada pula penjelasan lain mengenai arti kedutan secara primbon. Primbon dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai sebuah kita yang berisi tentang ramalan, perhitungan hari dan lain sebagainya. Terkait arti kedutan bibir kiri yang perlu Sedulur ketahui, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

BACA JUGA: Jenis Phobia, Penyebab, dan Gejalanya yang Umum Terjadi

Kedutan bibir kiri bagian atas

Mengalami kedutan di bibir kiri atas tidak boleh dianggap sebelah mata begitu saja. Sebab, peristiwa ini bisa saja merugikan Sedulur. Menurut primbon jawa, jika kamu mengalami kedutan bibir kiri bagian atas, tandanya dalam waktu dekat kamu akan melaksanakan kegiatan rembukan atau musyawarah. Kamu akan bermusyawarah dengan saudara, keluarga, bahkan kerabat. Namun, isi dari rembukannya belum dipastikan untuk tujuan apa.

Kedutan bibir kiri bagian bawah

Setelah tadi membahas mengenai kedutan bibir bagian atas, selanjutnya adalah pembahasan mengenai kedutan bibir bagian bawah. Diketahui orang yang mengalami persoalan ini biasanya akan mujur dalam urusan karier dan lain sebagainya.

Menurut primbon Jawa, jika kamu mengalami kedutan bibir kiri bagian bawah tandanya kamu akan segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, profesi, atau dengan kemampuan masing-masing. 

Demikian penjelasan mengenai arti kedutan bibir kiri atas yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Tak selamanya berbau mistis, ada penjelasan medis yang bisa menunjukkan tanda bahwa tubuhmu sedang tidak dalam kondisi prima. Untuk tetap sehat dan terjaga pola makan teraturnya, jangan sampai menunggu stok sembakomu habis. Segera dapatkan barang rumah tanggamu di Aplikasi Super untuk mendapatkan pengalaman belanja yang praktis dan murah.